Tahukah Anda seberapa besar pengaruh judul video YouTube terhadap kesuksesan vlog Anda? Bagaimana cara membuat judul video YouTube yang menarik? Ternyata judul bukan sekedar alat bantu yang memberikan deskripsi video lho. Judul memiliki fungsi dan pengaruh besar bagi kesuksesan vlog Anda. Judul seperti apa sih yang mengundang banyak viewers? Mari kita lihat beberapa cara membuat judul video YouTube yang menarik dan mengundang banyak viewers.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Cara Membuat Judul Video Youtube, Lebih dari Sekedar Kata-Kata

Pernahkah Anda melihat sebuah video YouTube hanya karena tertarik oleh judulnya? Kemungkinan banyak pernah, terutama jika judul yang dibuat adalah jebakan atau clickbait. Pastinya Anda kesal saat menyia-nyiakan waktu untuk membuka video dengan judul yang menipu. Cara ini merupakan salah satu cara yang banyak digunakan untuk menarik viewers. Namun cara tersebut merupakan cara yang salah!

Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

 

Sebuah judul bukanlah sekedar kata-kata, sehingga tidak diperkenankan membuat judul yang mengarahkan namun dengan tujuan menipu. Bayangkanlah kekuatan sebuah judul, selain mendeskripsikan isi, judul mampu memberi pengaruh bagi vlog, antara lain:

  1. Mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO)
  2. Memberi informasi singkat mengenai isi dengan menarik
  3. Menarik pengunjung secara cepat karena unsur penasaran

Oleh karena itu, penting untuk membuat judul yang menarik namun tetap mendeskripsikan isi dengan benar. Melalui artikel ini, Finansialku mengajak Anda untuk melihat beberapa cara mudah membuat judul video YouTube agar mengundang banyak viewers.

 

#1 Memberitahukan Viewers Apa yang Bisa Diekspektasikan

Coba bayangkan deh jika Anda membuka situs YouTube dan melihat video rekomendasi dengan judul sebagai berikut: HOT!!! KOREAN RAMEN WITH 100 CHILLI CHALLENGE!!!

Pastinya penasaran kan? Apa betul pakai 100 buah cabai? Eh, ternyata setelah dibuka hanya menggunakan 1 sendok saus cabai yang botolnya bertuliskan “Mengandung ekstrak 100 cabai”. Inilah yang disebut judul yang menipu. Ekspektasi viewers tentunya tantangan makan ramen dengan 100 buah cabai asli. Satu sendok saus cabai sih tidak berasa.

Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

Oleh karena itu, judul harus selalu mendeskripsikan isinya sesuai dengan ekspektasi viewers. Dengan kata lain, relevan dan akurat, alias tidak menipu. Sebagai contoh, jika Anda melakukan review saus cabai ekstrak 100 cabai, tulis saja sesuai kenyataannya. Anda bisa juga menuliskan merek produknya untuk memperkuat efektivitas judul tersebut.

pada point ini cara membuat judul video youtube yang menarik, Kuncinya adalah: buatlah judul yang relevan namun tetap menarik sehingga menarik viewers untuk membukanya, tetapi jangan sampai viewers kecewa setelah menontonnya.

 

#2 Gunakan Keywords yang Relevan

Pernah mendengar istilah Search Engine Optimization (SEO)? SEO adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman website di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari. Dengan kata lain, SEO membantu agar situs Anda muncul di tampilan pertama dalam pencarian di situs pencari tak berbayar.

Bagaimana caranya agar judul tersebut muncul pertama? Caranya adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan dengan isu terkini atau sesuai dengan pencarian banyak orang.

Sebagai contoh, saat Anda melakukan review Iphone 7+ vs. Iphone 7 terbaru, tentunya Anda menuliskan judul yang mengandung keywords: New, Iphone 7, Iphone 7+ dalam judul. Adapun contoh tampilan pencarian dengan memanfaatkan SEO adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

 

#3 Menimbulkan dan Membangun Antisipasi Viewers

Coba Anda ingat-ingat kembali! Tidak peduli seberapa kali tertipu judul yang bersifat clickbait, tetap saja Anda bisa tertipu kembali. Mengapa demikian? Karena judul tersebut menimbulkan antisipasi alias bikin Anda penasaran. Kita kerap kali penasaran dengan gosip terbaru atau smart hacks yang bisa mempermudah hidup kita.

Sebagai seorang vlogger, membuat judul yang menimbulkan antisipasi sah-sah saja lho, asal tidak menimbulkan kekeliruan akan isi video tersebut. Buatlah judul yang membangun antisipasi viewers sehingga mendorong mereka untuk membuka video Anda. Jika isinya sesuai dengan ekspektasi mereka dan berkualitas, tentunya viewers tidak akan kecewa dan merasa tertipu dengan judul tersebut.

 

#4 Gunakan Thumbnail Image yang Menarik dan Sesuai

Satu gambar lebih bermakna daripada ribuan kata. Dengan demikian, maksimalkanlah tools yang ada untuk membuat judul video Anda semakin menarik. Jika Anda sudah memaksimalkan dari segi kata-kata, kini saatnya memberi pelengkap berupa gambar. Gambar akan memberi alasan lebih bagi viewers untuk membuka video Anda.

Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube]

 

Tetapi bukan berarti Anda bisa menggunakan sembarang gambar ya. Gunakan gambar menarik (apabila memungkinkan custom) yang relevan dengan judul dan isi video. Anda juga bisa menambahkan tulisan di dalam gambar tersebut untuk mempertegas isinya.

 

Membuat Judul Video YouTube yang Menarik itu Mudah Kok

Bagaimana? Ternyata membuat judul menarik yang mengundang banyak viewers tidaklah sulit bukan? Anda bisa mencobanya sekarang juga dan cek perubahannya. Apakah viewers bertambah? Jika belum bertambah, cobalah mengubah judul lagi. Sebenarnya tips-tips di atas merupakan panduan, namun kembangkan kreativitas Anda tanpa batas dengan trial and error. Pasti lama kelamaan Anda terbiasa membuat judul video YouTube yang menarik.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara membuat judul video YouTube yang mengundang banyak viewers lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vlog Nation. How to Create Good YouTube Video Titles For More Views. Vlognation.com – https://goo.gl/NQqVKE

 

Sumber Gambar:

  • Kamera – https://goo.gl/6YszYf
  • Vlogger – https://goo.gl/V3mrgo

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana