Salah satu tujuan kreator konten adalah mendapat pemasukan. Biasanya, pemula akan mencari cara daftar Google Adsense YouTube lewat HP. Lalu, bagaimana caranya?

Simak pembahasan berikut untuk mengetahui informasi lengkapnya!

 

Summary:

  • Setiap konten kreator yang menggunakan YouTube sebagai wadah untuk berkreasi bisa memanfaatkan platform tersebut untuk memperoleh keuntungan melalui Goodge Adsense YouTube. 
  • Untuk bisa menampilkan iklan YouTube di kanal kamu terdapat sejumlah syaratnya, salah satunya yaitu jumlah subscriber

 

Luasnya Kesempatan Mendapat Pemasukan dari Dunia Maya

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat cepat. Hal tersebut berdampak di banyak cara hidup, salah satunya adalah kesempatan mendapat pemasukan.

Kini internet menjadi rumah untuk banyak kreator digital. Mereka mendapat pemasukan dari konten yang diunggah atau melalui kemitraan.

Salah satu layanan yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapat pemasukan dari konten adalah dengan Google AdSense melalui YouTube. 

Sebagai situs berbagi video terbesar, YouTube mencetak banyak miliarder berkat kebijakannya yang menguntungkan kreator.

Lantas, bagaimana cara daftar Google AdSenses YouTube lewat HP? Untuk membantumu, silakan simak ulasan di bawah. Baca dengan saksama, ya!

 

Apa Itu Google Adsense

Google AdSense merupakan salah satu produk Google yang kini banyak pengguna internet manfaatkan. 

Layanan ini merupakan program iklan CPC (cost per click) yang memungkinkan pemilik konten mendapat pemasukan dari iklan yang tampil di webnya.

Saat ini, AdSense menjadi salah satu opsi mendapat keuntungan. Bahkan, ada sekitar 2 juta penerbit AdSense di dunia dan terus bertambah tiap waktu.

Google AdSense bisa menampilkan iklan di web berbasis teks, gambar, atau video.Iklan yang pun tampil dapat menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna yang mengakses web.

Misal, seseorang kerap menonton video makanan, maka iklan yang muncul tak jauh-jauh dari peralatan dapur, bahan masak, dan sebagainya. Sederhananya, mereka mempelajari pola pengguna untuk menyesuaikan iklan.

Tak hanya di web pribadi, AdSense juga bisa kita terapkan di YouTube melalui Program Kemitraan YouTubeKreator video bisa mengumpulkan pemasukan dengan mendaftar di program ini.

Lewat YouTube kamu juga bisa belajar banyak hal, termasuk tentang bagaimana cara menambah pemasukan seperti video berikut: 

 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebelum memahami cara daftarnya, ada baiknya kamu paham cara kerjanya. Jika kamu menguasai teknik SEO, potensi pendapatan dari AdSense bisa meningkat.

Berikut adalah cara kerja Google AdSense yang perlu kamu ketahui:

  1. Menyediakan ruang iklan. maksudnya memberi space untuk menaruh iklan, misalnya di bagian footer, header, sidebar, atau di dalam video.
  1. Penayangan iklan. Nantinya, pengiklan akan menawarkan harga agar bisa tampil di space yang disediakan.
  1. Pendapatan dihitung berdasarkan jumlah klik iklan. Makin banyak orang yang mengekliknya, maka pendapatan makin meningkat.

[Baca Juga: Sultan Sejak Dini! 3 Anak YouTuber Ini Warisi Kekayaan Fantastis]

 

Cara Daftar Google AdSense Lewat HP

AdSense juga dapat kamu gunakan untuk menjalin kemitraan. Jika menggunakan layanan ini, kreator dapat menampilkan iklan di konten mereka dan mendapat pemasukan dari sana.

YouTube melalui AdSense memiliki beberapa jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan keinginan kreator.

Cara daftar Google AdSense YouTube lewat HP mengharuskan kreator memenuhi beberapa ketentuan YouTube, seperti minimal subscribers dan jumlah jam tayang. Berikut adalah cara daftarnya:

 

#1 Masuk Ke Google Chrome

Sebelum daftar, pastikan kamu telah memiliki channel YouTube dengan minimal 1.000 subscribers dan total 4.000 jam tayang. Jika belum memenuhi, kreator tidak bisa menggunakan fitur ini.

Setelahnya, silakan masuk ke aplikasi Chrome di smartphone. Silakan atur tampilan situs menjadi mode desktop agar mendapat fitur lengkap.

 

#2 Masuk ke Situs Youtube

Selanjutnya, silakan masuk ke situs YouTube. Pastikan kamu login dengan akun yang ingin didaftarkan dalam program monetisasi.

Cara daftarnya dapat kamu lanjutkan dengan memilih menu YouTube Studio. Dari sanalah kamu akan memulai pendaftaran.

[Baca Juga: Mengenal YouTube Shorts dan Cara Dapatkan Keuntungannya!]

 

#3 Buka YouTube Studio

Cara daftar Google AdSense YouTube lewat HP adalah masuk ke menu YouTube Studio yang ada di tab kiri. Silakan klik ikon YouTube Studio untuk melanjutkan.

Di tampilan yang muncul, kamu akan menerima informasi lengkap tentang channel, mulai dari daftar komentar, jumlah penonton, jumlah subscribers, dan informasi tentang monetisasi.

Saat ini, YouTube memberlakukan ketentuan berikut untuk daftarnyar:

  1. Mendapatkan 1.000 subscribers dengan 4.000 jam tayang yang valid selama 12 bulan terakhir.
  1. Mendapatkan 1.000 subscribers atau 10 juta tayangan YouTube Shorts yang valid selama 90 hari terakhir.

 

Batas kelayakan ini tujuannya untuk menjaga kualitas konten dan memastikan penonton mendapatkan tayangan yang baik. 

Jika saat ini kamu belum memenuhi kelayakan untuk, silakan tingkatkan jumlah subscribers dan jam tayang. Sebab, program ini tersedia setiap saat.

 

#4 Memilih Menu Monetisasi

Silakan pilih menu monetisasi untuk melanjutkan. Di sini, web akan menampilkan kelayakan channel untuk melakukan monetisasi. Jika layak, maka kamu bisa lanjut ke proses berikutnya.

Biasanya, YouTube akan mengirimkan email jika channel layak dimonetisasi. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di laman yang sama.

[Baca Juga: Cara Meningkatkan Viewer YouTube untuk Channel Kamu]

 

#5 Isi Data dan Formulir

Terakhir adalah mengisi data diri. Silakan lengkapi informasi yang diminta dengan benar. Nantinya, YouTube akan mengevaluasi informasi yang kamu kirim.

Perlu kamu ingat, bahwa proses pemeriksaan mungkin akan berlangsung lama karena banyaknya kreator lain yang mendaftar program serupa.

YouTube menggunakan peninjauan channel yang dimonetisasi dengan fokus sebagai berikut:

  1. Tema  utama channel
  1. Video yang paling sering dan banyak ditonton
  1. Video terbaru
  1. Proporsi waktu tonton terbesar
  1. Metadata video

 

Karena arus informasi yang cepat, bisa jadi YouTube melakukan pemeriksaan lebih banyak di channel kamu. 

Pemeriksaan tersebut untuk memastikan apakah channel yang kamu daftarkan terafiliasi, mendukung, atau terlibat dalam pelanggaran komunitas atau tidak.

Jika pengajuan program AdSense berhasil, kamu akan melihat ikon dolar hijau di tiap video yang relevan (orisinal, tidak berisi materi kreator lain, seperti musik, potongan video, dan sebagainya). 

Di tahap ini, kamu bisa mengatur iklan yang akan kamu tampilkan di video.  Agar pendapatan tinggi, kamu perlu tahu cara memasarkan konten dan rajin membuat konten baru.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense

Setelah tahu cara daftar Google AdSense YouTube lewat HP, yuk, pahami juga opsi lain agar mendapat pemasukan dari layanan ini.

 

#1 Membuat Situs yang Tepat

Jenis situs berpengaruh terhadap pendapatan dari Google AdSense. Situs yang menarik akan membantu meningkatkan trafik. Perlu kamu ingat, bahwa kamu juga harus memiliki konten yang berkualitas.

Ada dua jenis konten yang berhasil untuk menjaring pengunjung, yakni konten yang menarik pengunjung baru dan yang membuat pengunjung lama tetap betah. 

Kamu bisa menggunakan jenis situs blog, berita, forum, jaringan khusus, dan fitur online.

 

#2 Menggunakan Beberapa Jenis Iklan

Jenis iklan memengaruhi jumlah pendapatan. Pengunjung akan tertarik dengan iklan teks sederhana, gambar, dan video. 

Selain isi iklan, sebaiknya kamu juga mengatur keterlihatan iklan di situs. Dengan begitu, pengunjung mudah menemukannya.

 

#3 Menggunakan Iklan Penelusuran Khusus AdSense

Jika kamu punya konten beragam, menggunakan penelusuran khusus AdSense juga bisa jadi pilihan untuk memaksimalkan pemasukan dari layanan.

[Baca Juga: Aplikasi YouTube Vanced, Nonton Bebas Iklan! Aman Gak, Ya?!]

 

Manfaatkan Teknologi untuk Mendapat Pemasukan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat pemasukan dari YouTube. Setelah ini, tentu kamu perlu membuat anggaran keuangan agar dana tidak habis untuk keperluan yang tidak penting. 

Kamu bisa mempelajari cara membuat anggaran lewat ebook gratis dari Finansialku Cara Membuat Anggaran dengan Tepat.

Dengan membiasakan diri dalam membuat anggaran, memungkinkan kamu untuk bisa menjaga cash flow, lebih mudah merencanakan keuangan dan memastikan kondisi keuangan dalam keadaan sehat.

Setelah membaca ebook-nya, kamu bisa langsung menyusun anggaran secara praktis di Aplikasi FinansialkuYuk, download aplikasinya sekarang juga.

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Itulah ulasan tentang cara daftar Google AdSense YouTube lewat HP. Yuk share info ini ke teman-teman kamu dan raih pemasukan bersama! Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi: 

  • Admin. 05 Februari 2022. Apa Itu Google Adsense dan Cara Daftar Google Adsense dengan Mudah. Idwebhost.com – https://bit.ly/3w6MCQk
  • Admin. Cara Kerja AdSense. Support.google.com – https://bit.ly/3Xi6goq
  • Admin. Ingin tahu cara meraih penghasilan dengan iklan di situs Anda? Coba Google AdSense. Google.com – https://bit.ly/3IZCL6a
  • Admin. Kebijakan monetisasi channel YouTube. Support.google.com – https://bit.ly/3XA5CSG
  • Admin. Kebijakan Monetisasi. Youtube.com – https://bit.ly/3IS8Ih0
  • Siti Nur Aeni. 25 November 2021. 5 Cara Daftar Google Adsense YouTube dari HP dengan Mudah dan Cepat. Katadata.co.id – https://bit.ly/3ZyrfVz
  • Sri Rahayu. 30 November 2021. Daftar Google AdSense YouTube Lewat HP, Mudah dan Cepat. Harianrakyat.com – https://bit.ly/3QK2mlq