Banyak cara untuk menabung demi masa depan, antara lain dengan investasi, deposito, atau reksa dana. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang menggunakan cara kuno dalam menabung, misalnya menyimpan uang di brankas rumah. Lalu bagaimanakah akhirnya? Mari kita lihat beberapa kisah penyimpanan uang yang berujung sia-sia.

 

Rubrik Finansialku

FInansialku Planner

 

Simpanan yang Hilang Dimakan Waktu

Simpanan atau tabungan masa depan memang harus dipersiapkan sejak dini, dan semakin cepat Anda mulai menabung maka semakin baik. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa faktor yang bisa mengurangi nilai uang Anda, seperti contohnya inflasi, atau rusaknya fisik uang. Dengan demikian simpanan Anda perlu direncanakan matang-matang agar tidak hilang dimakan waktu.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menceritakan beberapa kisah penyimpanan uang dengan tujuan berhemat dan menabung, namun bukannya berujung menguntungkan malah menjadi sia-sia.

 6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung

[Baca Juga: 6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung]

 

#1 Dikubur di Dalam Tanah

Kisah ini berawal dari seorang ibu di Provinsi Jiangsu, China yang berniat menabung untuk biaya pernikahan anaknya, Zhang kelak. Ia menyimpan uang senilai 100.000 yuan atau setara dengan Rp219.000.000.

Kesalahan yang dibuat sang ibu adalah ia memilih untuk membungkus uangnya dalam kantong plastik yang dimasukan dalam kotak besi lalu menguburnya di dalam tanah di bawah lantai dapurnya.

Beberapa tahun kemudian, ketika Zhang akan menikah, sang ibu berniat untuk memberikan uang tersebut. Ia pun menyuruh Zhang menggali tanah dan mengambil uang tersebut hanya untuk menemukan uang tersebut sudah membusuk dan sebagian besarnya telah hancur.

Saat Zhang berupaya untuk menukarkannya ke bank, pihak bank mengatakan akan membantunya, namun sang ibu dan anaknya tetap tidak memperoleh jumlah yang sama dengan jumlah uang tersebut.

Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia

[Baca Juga: Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar?]

 

#2 Terbakar Api Kompor

Hao Bin baru saja mengambil sejumlah uang untuk membayar upah karyawannya besok. Uang sejumlah Rp393.000.000 itu kemudian dibawanya pulang ke rumah.

Karena cemas uang tersebut hilang, Hao Bin berpikir untuk menyembunyikannya di tempat yang aman, dan ia kemudian menyimpannya di dalam kompor. Hao Bin telah memberitahukan istrinya mengenai keberadaan uang itu.

Namun keesokan harinya, istrinya lupa akan keberadaan uang tersebut dan menyalakan api kompor. Uang tersebut lantas langsung terbakar. Istri Hao Bin tersadar dan segera mematikan api, namun apa daya sebagian besar uang tersebut sudah habis terbakar.

Hao Bin berusaha menukarkan uang yang telah terbakar ke pihak bank, namun ditolak karena sebagian besar uang sudah terbakar dan tidak dapat diselamatkan.

Hao Bin berakhir meminjam uang kemana-mana untuk membayarkan gaji karyawannya. Saat ditanya apakah Hao Bin marah kepada istrinya, ia berkata bahwa ia memaklumi keteledoran istrinya dan telah memaafkannya.

Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia

[Baca Juga: Temukan Fakta Menarik Uang Negara Zimbabwe, Zimbabwean Dollar]

 

#3 Disembunyikan di Dalam Kasur

Berniat memberikan kejutan untuk ibunya, seorang gadis Israel di Tel Aviv membelikan kasur baru untuk ibunya dan membuang kasur lama tersebut ke tempat pembuangan. Tidak disangka-sangka, ibunya selama ini menyimpan uang di dalam kasur tersebut dan jumlahnya telah mencapai 1.000.000 dolar atau setara dengan Rp10 miliar.

Gadis tersebut langsung melakukan pencarian ke tiga tempat pembuangan sampah dan mencari kasur tersebut, namun pencarian itu berakhir sia-sia.

Sang gadis melaporkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian, namun menurut juru bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld, hingga kini tidak ada laporan penemuan uang yang masuk.

Yitzhak Borba, manajer tempat pembuangan sampah pun sudah berusaha membantu dan meningkatkan keamanan tempat pembuangan sampah di daerah tersebut untuk mencegah pencurian, namun sulit untuk menemukan kasur tersebut di antara ribuan ton sampah yang masuk setiap harinya.

Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia

[Baca Juga: Menabung di Reksa Dana Pasar Uang Apakah Lebih Untung daripada Deposito?]

 

#4 Habis Dimakan Rayap

Cai Hou, wanita asal Tiongkok mengumpulkan uang setiap bulannya dan menimbunnya di dalam lemari. Saat ditanya mengapa dia lebih memilih untuk menyimpan uangnya di lemari daripada di bank, dia berkata bahwa dia tidak percaya karena pernah dikecewakan oleh bank.

Kira-kira 10 tahun kemudian, Cai Hou mendapatkan hasil tabungannya selama ini yang sudah mencapai 10.000 yuan atau setara Rp19.000.000 habis dimakan rayap. Cai Hou, wanita yang kini telah berusia 70 tahun ini berkata dia menyangka uangnya akan aman jika disimpan di lemari, karena dia sangat tidak ingin berurusan dengan pihak bank lagi.

Pihak keluarga Cai Hou berusaha menyatukan kembali uang-uang yang rusak dan menukarkan uang tersebut ke pihak bank, namun pihak bank hanya menerima uang yang masih dalam kondisi baik yaitu sekitar 1.950 yuan.

Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia

 [Baca Juga: 7 Alasan Anda Perlu Menabung Emas dan Berinvestasi Emas]

 

Simpanlah Uang Anda dengan Bijak

Melalui beberapa kisah penyimpanan uang tersebut, Anda tentu dapat mengambil hikmahnya. Tidak semua penyimpanan uang dapat memberi keuntungan. Jika Anda tidak menyimpan uang dengan cara yang cerdas, mungkin saja uang Anda tidak bernilai lagi atau bahkan habis seluruhnya seperti contoh di atas.

Ambilah moral dari cerita di atas, dan simpanlah uang Anda dengan lebih bijak, jika Anda tidak percaya dengan pihak bank, masih banyak cara untuk menyimpan uang Anda, seperti misalnya dengan menginvestasikannya dalam bentuk tanah, rumah, emas, dan sebagainya.

 

Apakah Anda mengetahui kisah penyimpanan uang yang sia-sia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Apa kabar dunia. Kisah Penyimpanan Uang yang Sia-sia. Apakabardunia.com – https://goo.gl/TWFt8M
  • Tetalogi. 10 Februari 2016. 4 Kisah Ini Akan Membuatmu Lebih Berhati-hati saat Menyimpan Uang. Boombastis.com – https://goo.gl/fTw20P

 

Sumber Gambar:

  • Penyimpanan Sia-sia – https://goo.gl/g5R0E5
  • Uang Terkubur dalam Tanah – https://goo.gl/P50Jvg
  • Terbakar Api Kompor – https://goo.gl/GHqJfG
  • Disembunyikan dalam Kasur – https://goo.gl/u9gxzw
  • Uang Dimakan Rayap – https://goo.gl/iiN4NF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang