Apa saja fakta menarik uang Negara Zimbabwe? Bagaimana uang Negara Zimbabwe bisa memiliki keistimewaan dibanding uang negara lain? Kali ini Finansialku akan membahas fakta menarik uang Negara Zimbabwe.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku LifeStyle

 

Pengertian Uang

Uang adalah segala sesuatu yang bisa diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran, baik untuk barang maupun untuk jasa. Sebelum ada uang, masyarakat melakukan perdagangan dengan cara tukar menukar barang. Kegiatan tukar menukar barang yang disebut barter ini, dirasa kurang nyaman karena sulit mempertemukan dua pihak yang sama-sama ingin menukarkan barang yang dimilikinya. Muncul barang yang disepakati digunakan sebagai alat tukar menukar barang seperti logam emas.

Penggunaan logam emas untuk alat pembayaran dalam perdagangan juga menemui kesulitan dalam hal perlunya tempat yang digunakan untuk penyimpanan uang logam emas. Masyarakat akhirnya menggunakan uang kertas sebagai alat pembayaran dalam kegiatan perdagangan. Penggunaan uang dalam kegiatan perdagangan akan sangat membantu masyarakat dalam melakukan kegiatan perdagangan.

Temukan Fakta Menarik Uang Negara Zimbabwe, Zimbabwean Dollar - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

Uang Negara Zimbabwe

Berbeda dengan di negara lain, uang di Zimbabwe hampir tidak bernilai sama sekali. Hal ini berawal dari krisis moneter yang terjadi sejak akhir tahun 1990an hingga awal tahun 2000an. Saat harga bahan pokok terus meningkat, Bank Sentral Zimbabwe justru terus memproduksi uang yang pada akhirnya menyebabkan inflasi besar-besaran.

Setelah itu, pada tahun 2008 hingga 2009, krisis yang terjadi semakin memperparah keadaan ekonomi di sana. Tingkat inflasi sudah dinyatakan sebagai hiperinflasi. Bahkan, jumlah persentase inflasi menurut Ekonom dari Cato Institute mencapai 7,0 miliar persen di tahun 2008. Namun demikian, pemerintah belum memperkirakan besarnya inflasi yang dialami negara di Benua Afrika ini.

Berdasarkan data yang dimiliki bank dunia, keadaan ekonomi Zimbabwe mengalami kemunduran sampai 18%. Tidak hanya itu, IMF selaku lembaga yang menangani tentang dana moneter internasional menjelaskan bahwa keadaan ekonomi Zimbabwe sangat lemah.

Apakah Benar Mata Uang NKRI Mirip Mata Uang Asing - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Benar Mata Uang NKRI Mirip Mata Uang Asing?]

 

Bahkan, karena beberapa kekeringan yang melanda Zimbabwe, negara yang kaya hasil pertanian ini menjadi semakin tidak mampu dalam mengekspor segala jenis hasil pertanian. Tidak hanya itu, karena tragedi moneter ini pemerintah sampai merumahkan 25.000 PNS dari berbagai lini karena tidak mampu lagi membayar gajinya. Jadi, semakin terpuruklah keadaan negara yang berbatasan langsung dengan Botswana ini.

 

Fakta Menarik Uang Negara Zimbabwe

Terdapat 5 fakta menarik uang Negara Zimbabwe yang akan membuat Anda heran, berikut penjelasannya:

 

Fakta 1: Saking Tidak Berharganya, Uang Dijual Sebagai Oleh-Oleh

Karena nilai kurs yang sangat rendah, banyak masyarakat yang menjadikan uang sebagai oleh-oleh yang dijual pada wisatawan. Mungkin mereka berpikir, menjual uang dengan harga berapapun lebih baik daripada menukarnya secara tidak wajar. Bayangkan saja, harga sebuah benda bisa naik dua kali lipat dalam 24 jam. Dengan tingkat inflasi yang sudah demikian parah, tentu keinginan untuk mengumpulkan uang hampir hilang sama sekali.

Apa Saja Fakta Unik Uang Rupiah Baru Emisi 2016 Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Fakta Unik Uang Rupiah Baru Emisi 2016 Indonesia?]

 

Fakta 2: Pecahan Uang Kertas Terbesar Mencapai 100 Triliun

Jika Anda heran, maka sangat wajar bagi seseorang untuk sangsi apabila melihat di suatu negara terdapat pecahan uang kertas sebesar 100 triliun yang hanya setara Rp1.000. Hal ini tentu sangat membingungkan. Bahkan, jumlah nol pada uang tersebut pun cukup panjang untuk dicetak dalam lembaran.

Namun, nasi sudah menjadi bubur. Tingkat keparahan laju inflasi tidak bisa dibendung lagi hingga pemerintah pun terpaksa membuat nilai tersebut menjadi pecahan layaknya uang Rp100.000 di Indonesia. Karena, jika tidak dicetak uang dengan nominal yang besar, para warga bisa membawa uang satu tas penuh saat hanya ingin membeli makanan. Hal ini sudah sedikit terjadi, karena untuk membeli roti saja warga harus membawa uang sebanyak satu kantong penuh.

 

Fakta 3: Sistem Keuangan Perbankan Hampir Runtuh

Sisa uang yang dimiliki bank pusat tidak mencukupi banyak penarikan. Hal ini dipengaruhi juga oleh oknum pemerintah yang melakukan kecurangan dengan menarik uang yang menjadi aset bank saat mulai mengetahui bahwa inflasi terjadi secara besar-besaran.

Menurut Eddie Cross yang merupakan salah satu anggota pemerintahan yang diusung partai oposisi, jika perbankan runtuh di Zimbabwe, maka tidak ada lagi yang tersisa dari negara ini. Kondisinya sudah sangat buruk dan korupsi yang menjalar akan semakin memperparah keadaan.

Traveller, Hati-Hati Tukarkan Mata Uang Jika Mau Berlibur ke Luar Negeri - Finansialku

[Baca Juga: Traveller, Hati-Hati Tukarkan Mata Uang Jika Mau Berlibur ke Luar Negeri]

 

Fakta 4: Kelaparan Setelah Polemik Keuangan

Seperti negara di Benua Afrika lainnya, Zimbabwe merupakan negara dengan cuaca panas yang tinggi. Karena tragedi keuangan yang melanda, ditambah dengan fenomena El Nino, sektor pertanian negara ini juga terkena imbasnya. Kelaparan yang terjadi sejak awal tahun 2000 menjadi bencana yang cukup mengerikan karena berlangsung lama dan panjang.

 

Fakta 5: 9 Mata Uang Bawaan Pedagang Skala Kecil

Bayangkan saja, jika setiap pedagang harus memiliki semua mata uang mulai Pound sterling Inggris, Dolar Amerika Serikat, Dolar Australia, Yen Jepang, Euro, Yuan China, serta Rupee India. Tidak ketinggalan, mata uang negara terdekat yakni Rand Afrika Selatan dan Pula Botswana pun mereka kantongi. Hal ini harus dilakukan karena banyak yang menolak mata uang Zimbabwe yang hampir tidak bernilai.

 

Negara Mengalami Inflasi Besar-besaran

Hingga saat ini Negara Zimbabwe masih menjadi pemegang rekor sebagai negara yang mengalami inflasi besar-besaran. Di Zimbabwe, yang terletak di Benua Afrika, uang sebanyak 100 triliun tidak ada artinya. Uang sebanyak itu hanya cukup untuk membayar ongkos bus saja.

 

Dengan berbagai fakta di atas, manakah yang paling unik menurut Anda? Apakah Anda juga ingin menjadikan uang Negara Zimbabwe sebagai koleksi? Jawablah pertanyaan di atas menurut pertimbangan yang Anda pikirkan, lalu bagikan juga informasi tersebut dengan orangorang yang ada disekitar Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Riau Aktual. 14 September 2016. 5 Fakta Menyedihkan Zimbabwe, Uang Tak Berharga & 25.000 PNS Dipecat. Riauaktual.com – https://goo.gl/DxKqD7
  • Bimo Win. 30 November 2016. Fakta Menarik Tentang Mata Uang Zimbabwe Yang Harus Sampeyan Tahu. Dagelan.co – https://goo.gl/8tMTyd

 

Sumber Gambar:

  • Zimbabwean Dollar – https://goo.gl/aUkdEl dan https://goo.gl/CuWvo9

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang