Uang rupiah baru emisi 2016 ternyata memiliki keunikan-keunikan tersendiri? Berikut pemaparan mengenai uang rupiah baru emisi 2016 oleh Finansialku.com

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Uang Rupiah Baru Emisi 2016

Pemerintah melalui Bank Indonesia pada tanggal 19 Desember 2016 yang lalu menerbitkan 11 uang rupiah baru, diantaranya 7 uang rupiah kertas dan 4 uang rupiah logam. 12 gambar pahlawan Indonesia termuat dalam pecahan uang rupiah baru tersebut, seperti Gambar Proklamator beserta Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta yang termuat pada pecahan Rp100.000 hingga Herman Johannes pada uang pecahan Rp100. Berikut beberapa fakta unik uang rupiah baru emisi 2016:

Apa Saja Fakta Unik Uang Rupiah Baru Emisi 2016 Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nasihat Warren Buffet untuk Keuangan, Sosial dan Investasi yang Perlu Anda Tahu]

 

#1 Uang Rupiah Baru Ramah bagi Penyandang Tunanetra

Uang rupiah baru emisi 2016 kali ini diperlengkapi dengan kode raba. Peningkatan kualitas dan kegunaan ini ditujukan untuk mempermudah para penyandang tunanetra dalam menggunakan uang rupiah baru tersebut. Fitur kode tunanetra atau blind code semakin menyempurnakan uang rupiah emisi 2016. Desain pada bentuk blind code berupa efek rabaan (tactilie effect) membantu penyandang tunanetra untuk membedakan antar pecahan uang rupiah.

Percobaan fitur blind code yang terdapat pada uang rupiah tersebut dilakukan kepada 10 orang oleh Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia. Kesepuluh orang yang melakukan uji coba tersebut dapat dengan mudah membedakan antara pecahan yang satu dengan pecahan lainnya.

Begitu mudahnya membedakan antar pecahan uang rupiah tersebut. Hanya dengan meraba lalu menghitung garis arsir pada bagian pinggir bawah uang rupiah, Anda dapat dengan mudah membedakannya. Jumlah garis arsir yang terdapat pada tiap pecahan uang kertas tersebut berbeda-beda dari uang kertas seribuan yang terdapat 7 garis arsir hingga uang seratus ribuan dengan 1 garis arsir.

 

#2 Uang Rupiah Baru Dibilang Mirip Yuan

Menurut penilaian para netizen di beberapa media sosial seperti Facebook dan Twitter, mereka menanggapi soal desain uang rupiah baru tersebut yang dinilai mirip dengan mata uang Yuan dari Negeri Tirai Bambu, Cina. Menanggapi hal tersebut, para netizen menyatakan bahwa pemerintah sekarang adalah merupakan para antek dari Tiongkok karena desain uang rupiah baru yang meniru Mata Uang Yuan. Alhasil Pemerintah melalui Bank Indonesia segera memberi penjelasan terkait desain baru uang kertas tersebut yang menggambarkan sebuah semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia, sesuai dengan Undang-undang no. 7 Tahun 2011 mengenai mata uang yang menekankan semangat NKRI tersebut. Penilaian lainnya yang diutarakan oleh para netizen diantaranya uang rupiah baru yang mirip dengan Euro, Dollar Kanada hingga Israeli New Shekel.

Apa Saja Fakta Unik Uang Rupiah Baru Emisi 2016 Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah]

 

#3 Tingkat Keamanan Termasuk yang Tertinggi di Dunia

Sistem keuangan yang terdapat dalam uang rupiah baru termasuk yang sangat kompleks dibandingkan dengan mata uang negara lain. Bagaimana tidak, uang rupiah yang baru ini memiliki sistem pengamanan 3 level dengan 9-12 jenis pengamanan. Level pengamanan tersebut diantaranya:

  • Level 1, disebut dengan sistem terbuka, dimana pada level ini dapat dideteksi secara langsung tanpa bantuan alat.
    • Colour Shifting, perubahan warna secara kontras yang terjadi apabila melihat dari sudut pandang yang berbeda.
    • Rainbow Feature, terlihatnya gambar tersembunyi multi warna yang berupa angka nominal dengan melihat dari sudut pandang tertentu.
    • Latent Image, teks BI pada bagian depan akan terlihat serta angka nominal pada bagian belakang apabila dilihat dari sudut pandang tertentu.
    • Rectoverso, Logo BI secara utuh akan terbentuk saat diterawang.
  • Level 2 atau sistem semi tertutup, yang dapat dideteksi dengan bantuan lampu ultraviolet (UV) dan kaca pembesar. Sistem ini dinamakan Violet Feature dimana UV feature akan membuat warna menjadi 2 warna di bawah sinar ultraviolet. 
  • Level 3 atau sistem tertutup, sistem pengamanan pada level ini dapat dideteksi hanya dengan menggunakan mesin sortasi. Biasanya mesin ini hanya dimiliki oleh Bank Sentral seperti Bank Indonesia atau peralatan forensik/laboratorium. Dengan peningkatan sistem keamanan yang demikian diharapkan rupiah akan sangat sulit untuk dipalsukan secara sempurna.

11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Rahasia Pasangan yang Bahagia Secara Keuangan]

 

#4 Uang Rupiah Didapatkan di 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia

Sebanyak 45 kantor perwakilan BI di 33 provinsi di seluruh Indonesia sudah mulai melayani penukaran uang rupiah tahun emisi 2016 seperti yang dipaparkan oleh Agus D.W. Martowardjojo yang menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Masyarakat Indonesia saat ini sudah bisa menukarkan uang rupiah mereka yang lama dengan uang rupiah baru di provinsi tempat tinggal mereka masing-masing.

 

#5 Biaya Pencetakan Uang Kertas Rupiah Baru Lebih Besar dibanding Uang Logamnya

Hal yang unik selanjutnya mengenai uang rupiah baru emisi tahun 2016 ini terletak pada biaya uang kertas yang lebih mahal dibandingkan uang logam. Hal ini tidak seperti biasanya, karena sistem pengamanan uang kertas yang sangat rumit dan kertas khusus yang digunakan dalam proses pencetakannya seperti yang diterangkan oleh Suhaedi, Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI. Namun demikian, pihak Bank Indonesia menganggap bahwa informasi mengenai biaya pencetakan uang rupiah baru tersebut adalah informasi yang rahasia sehingga pihak Bank Indonesia tidak mempublikasikan.

 

#6 Penggunaan Gambar Pahlawan sudah Mendapat Persetujuan dari Ahli Warisnya

Seperti yang dapat Anda lihat bahwa uang rupiah baru emisi 2016 terpampang Gambar Para Pahlawan Indonesia. Hal ini merupakan implementasi dari Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 31 Pasal 2 Tahun 2016 tentang Uang Rupiah Baru, menyatakan bahwa:

Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional.

 

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom 1 - Finansialku

[Baca Juga: 8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom]

 

#7 Lima Makna Uang Rupiah Baru

Dalam uang rupiah baru emisi 2016 mengandung 5 makna penting. Makna tersebut disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia sebagai berikut:

  1. Sebagai perwujudan kedaulatan Republik Indonesia dan pada uang rupiah baru tersebut mencantumkan frasa Negara Kedaulatan Republik Indonesia.
  2. Sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan untuk transaksi di Indonesia.
  3. Sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan uang.
  4. Untuk menjaga kualitas uang rupiah.
  5. Sebagai penghormatan terhadap jasa pahlawan Republik Indonesia.

 

Bangga dengan Indonesia

Sudahkah Anda menukarkan uang rupiah lama Anda dengan uang rupiah yang baru? Mari kita dengan bangga menggunakan uang rupiah di Negeri Indonesia sebagai bentuk kecintaan kita kita terhadap Tanah Air Indonesia.

 

Berikan komentar atau tanggapan Anda pada kolom di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan dari setiap artikel yang dipaparkan oleh Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fatih Daffa. 7 Fakta Seputar Uang Rupiah Baru Emisi 2016. INF Indonesia – https://goo.gl/nQJvrk

 

Sumber Gambar:

  • Uang Rupiah Emisi 2016 – https://goo.gl/l9BJx4
  • Uang Baru Indonesia – https://goo.gl/eWqhux
  • Tukar Uang Baru Indonesia – https://goo.gl/Q6dTD8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang