Uang merupakan alat pembayaran yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang untuk melakukan transaksinya. Apakah Anda tahu fakta-fakta unik tentang uang? Berikut 11 fakta unik mengenai uang yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

11 Fakta Unik Tentang Uang

Ada banyak hal unik yang selalu menarik untuk disimak mengenai uang, bahkan meskipun hampir setiap hari kita memegang dan menggunakan alat tukar yang satu ini. Uang menjadi sesuatu yang begitu familiar dengan kehidupan kita, dimana sejumlah urusan dan juga berbagai kebutuhan kita memang akan dipenuhi dengan alat tukar tersebut.

Uang kertas menjadi uang yang paling menarik, mengingat dari segi fisiknya uang ini memang memungkinkan untuk dibuat/dicetak dengan semenarik mungkin. Bukan hanya warnanya saja, namun pemilihan tokoh-tokoh yang akan digambarkan pada permukaan uang ini juga menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Setiap negara tentu akan memiliki kebijakan dan juga pertimbangan tersendiri mengenai pemilihan tokoh ini, mengingat ada beberapa atau bahkan bisa saja belasan lembar pecahan uang kertas yang akan mereka cetak dan sebarkan kepada masyarakat. Lalu, uang kertas pecahan mana yang paling Anda sukai di antara semuanya?

Financial Hacks! Atur Uang Sebelum Uang Mengatur Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: Financial Hacks! Atur Uang Sebelum Uang Mengatur Anda]

 

Bukan hanya saat ini saja, namun penggunaan uang juga telah dimulai sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Hal inilah yang membuat mengapa uang memiliki kisah panjang terkait dengan penggunaannya. Simak beberapa fakta unik tentang uang berikut ini:

 

#1 Istilah Kepala atau Ekor

Jauh sebelum uang mulai digunakan, orang-orang melakukan transaksi jual-beli dengan menggunakan berbagai benda, dimana mereka melakukan sistem barter (pertukaran barang). Bukan hanya itu saja, beberapa wilayah bahkan menghargai/menilai sesuatu atau satu hal dengan menggunakan barang yang bahkan tidak terlihat lazim bagi kita. Lihat saja di Nauru, Benua Pasifik, dimana orang lebih menghargai tikus daripada uang itu sendiri. Hal ini juga menimbulkan istilah kepala atau ekor bagi mereka.

 

#2 Jumlah Cetakan Uang Tunai Monopoli

Anda tahu jumlah cetakan uang tunai permainan monopoli setiap tahunnya? Ini akan membuat Anda terkejut, sebab jumlahnya mencapai US$30 miliar, ini bahkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan uang tunai yang dicetak di Bureau of Engraving and Printing AS yang hanya berjumlah US$ 11 miliar saja.

11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Grafik Ini Menggambarkan Cara Mendapatkan Uang Miliaran Rupiah untuk Siapa Pun]

 

#3 Celengan Babi

Kata “piggy” memiliki arti tersendiri dalam Bahasa Inggris kuno, dimana kata ini digunakan untuk menggambarkan sejenis gerabah tanah liat yang digunakan untuk menyimpan uang. Namun di dalam perkembangannya, bunyi kata ini lebih mirip dengan kata “pig” yang berarti babi, dan hal inilah yang menjadi penyebab mengapa celengan-celengan di negeri Ratu Elizabeth tersebut lebih banyak berbentuk babi.

 

#4 Uang Kertas Pertama

Pada abad ke-10, untuk pertama kalinya uang kertas di cetak di negeri tirai bambu. Ketika Genghis Khan mengalahkan dan menguasai negara tersebut, maka ia merebut emas dan perak dari sana, lalu memberikan uang kertas sebagai gantinya.

 

#5 Simbol Dolar

Simbol $ yang digunakan dalam mata uang dolar berasal dari Spanyol, yang merupakan singkatan dari kata Peso. Namun untuk mempersingkat kata tersebut, maka huruf S di dalamnya ditambahkan dengan huruf P, sehingga dihasilkan rumus P+S = $. Sebenarnya simbol ini telah cukup banyak digunakan sebelum tahun 1875, waktu di mana simbol tersebut akhirnya dicetak untuk pertama kalinya di mata uang Amerika Serikat, namun tidak untuk uang kertasnya.

11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Benar]

 

#6 18 juta Pound Sterling Rusak per tahunnya

Di Inggris, setiap uang yang rusak atau bernoda akan diganti oleh Bank Sentral Inggris, melalui Mutilated Note Service mereka. Jumlahnya mencapai 18 juta Pound Sterling setiap tahunnya. Ini tentu jumlah yang sangat besar, bahkan tak kurang dari setengah bagian uang yang dicetak setiap tahunnya. Beragam alasan menjadi penyebab terjadinya penukaran uang rusak ini oleh masyarakat, antara lain: terbakar di oven, tertinggal di mesin cuci, atau bahkan karena digigit oleh hewan peliharaan mereka.

 

#7 Uang Pecahan Terbesar

Pada tahun 1948, uang kertas terbesar ini dicetak oleh Bank Central Inggris untuk membantu Eropa pasca Perang Dunia II. Pecahan 1 juta Pound Sterling ini hanya bisa digunakan oleh tentara Amerika Serikat dan langsung dibatalkan beberapa bulan kemudian. Namun pada tahun 2008, satu dari 2 lembar uang pecahan ini yang masih beredar, laku terjual senilai 78 ribu Pound Sterling dalam sebuah lelang.

11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah 04 - Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

#8 Uang Kertas dan Tokohnya

Sejak tahun 1970, sudah banyak tokoh yang mengisi pecahan uang kertas di Inggris, sebab Bank Central negara ini memang sangat terbuka dengan berbagai ide yang masuk terkait dengan tokoh-tokoh tersebut. Bukan hanya tokoh sejarah semata, masyarakat Inggris bahkan memberi saran untuk menggunakan Agatha Christie atau bahkan The Beatles untuk cetakan uang kertas tersebut.

 

#9 Uang Koin dan Tepiannya yang Bergerigi

Dahulu uang logam (koin) dibuat dengan tepian yang terbuat dari emas, sehingga pencuri kerap memotong dan mencuri bagian tepian tersebut, sehingga pemerintah berupaya untuk mengubahnya dan membuatnya bergerigi. Bukan hanya itu saja, penggunaan gerigi pada tepian uang logam ini juga berfungsi untuk menghindari berbagai tindak pemalsuan terhadap uang tersebut.

[Baca Juga: Bagaimana Cristiano Ronaldo Mengelola Keuangannya? Yuk Kita Intip Gaya Hidupnya!]

 

#10 Mengapa Uang Dolar Amerika Serikat Berwarna Hijau?

Ada 3 alasan hal yang menjadi penyebab, yaitu:

  • Tersedianya jumlah tinta hijau yang cukup banyak dan bisa digunakan untuk mencetak uang tersebut.
  • Warna hijau juga memiliki ketahanan yang maksimal terhadap perubahan berbau kimiawi.
  • Warna hijau identik dengan keuangan Amerika Serikat yang kuat dan stabil.

 

#11 Potret Ratu Elizabeth dalam Uang Kertas

Saat Sang Ratu masih berusia 9 tahun pada tahun 1935, Kanada menjadi negara pertama yang menggunakan gambar Sang Ratu dalam pecahan uang kertas bernilai US$20. Beberapa tahun kemudian, sebanyak 26 potret Ratu Elizabeth telah digunakan sebagai mata uang di negara Inggris dan juga berbagai wilayah jajahannya. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 33 negara pernah menggunakan potretnya sebagai tokoh di cetakan uang mereka.

 

Ada Alasan dan Nilai Sejarah

Inilah fakta-fakta unik tentang uang yang dapat ditemukan. Setiap keunikan memiliki alasan dan nilai sejarah tersendiri. Semoga Anda artikel ini memberikan pengetahuan baru untuk Anda. Bagaimana fakta unik uang baru Indonesia emisi 2016 dan uang negara lainnya? Temukan faktanya di artikel selanjutnya, ditunggu ya.

 

Berbagai ulasan dan pemaparan menarik disuguhkan oleh Finansialku.com. Apabila Anda memiliki pertanyaan, komentar atau tanggapan, silakan menulis tanggapan Anda tersebut pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk menyebarluaskan setiap informasi kepada rekan-rekan atau kenalan Anda agar dapat menambah pengetahuan mereka. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Siska Amelie F. 30 Juli 2013. 11 Fakta Unik dan Lucu Tentang Uang. Liputan6.com – https://goo.gl/H5SW6x

 

Sumber Gambar:

  • Money – https://goo.gl/2xiMKg
  • Uang monopoli – https://goo.gl/lKe4zE
  • Piggy bank – https://goo.gl/wZEwXR
  • 1 juta Pound Sterling – https://goo.gl/7azvu9
  • Koin Rp25 Indonesia – https://goo.gl/5B8YbF
  • Koin Rp100 Indonesia – https://goo.gl/zHix0b
  • Koin Rp500 Indonesia – https://goo.gl/3xMRPo
  • Koin Rp1.000 Indonesia – https://goo.gl/drTYfd

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang