Ada beberapa trik financial hacks yang dapat digunakan untuk mengatur kembali keuangan Anda. Mari kita bahas beberapa financial hacks yang dapat Anda gunakan sehari-hari.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Financial Hacks untuk Mengatur Keuangan Anda

Uang adalah salah satu kebutuhan utama seseorang. Di zaman modern ini Anda tidak dapat hidup tanpa uang. Tidak jarang uang justru mengendalikan Anda, padahal seharusnya Anda yang mengendalikan uang. Karena itu Anda harus mahir dalam mengendalikan keuangan setiap bulannya. Kali ini Finansialku akan membahas beberapa financial hacks yang akan bermanfaat bagi Anda.

Jika saat ini Anda tidak dapat mengendalikan keuangan bulanan, beberapa financial hacks berikut dapat membantu Anda kembali mengendalikannya:

Financial Hacks! Atur Uang Sebelum Uang Mengatur Anda 2 - Finansialku

[Ilustrasi: Kendalikan Uang Anda Sebelum Anda Dikendalikan oleh Uang]

 

#1 Beri Jeda Waktu Sebelum Membeli Sesuatu

Ketika Anda melihat sebuah barang yang sangat menarik di toko maupun di mall, jangan langsung memutuskan untuk membeli barang tersebut. Cobalah untuk memberikan jeda satu atau dua hari sebelum memutuskan membeli barang tersebut. Jika Anda memang benar-benar menginginkan barang tersebut maka dalam dua hari pun Anda akan tetap membelinya. Tidak masalah jika keinginan tersebut masih tetap bertahan, ini berarti keinginan membeli barang tersebut bukan sekedar keinginan impulsif yang bersifat sementara. Namun pada kenyataannya ada banyak orang yang ingin membeli suatu barang hanya karena emosi sesaat ketika melihat barang tersebut. Karena itu kemungkinan Anda akan tetap membeli barang tersebut setelah jeda beberapa hari hanyalah 1:3. Dengan begitu Anda bisa menjauhkan uang dari belanja barang-barang yang tidak berguna.

5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Segera Ditinggalkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Ditinggalkan]

 

#2 Cerdas Menanggapi Promosi

Ketika melihat kata ‘diskon’ biasanya setiap orang akan tertarik, terutama para wanita. Diskon bersifat seperti magnet berkekuatan sangat besar yang dapat menarik Anda untuk masuk ke dalam toko dan menggiring Anda untuk membayar barang di kasir. Tunggu dulu! Jangan sampai Anda terjebak dengan kata ‘diskon’. Sebelum membeli sebuah barang, berpikirlah lebih jauh. Apakah Anda benar-benar membutuhkan (atau paling tidak menginginkan) barang tersebut? Atau jangan-jangan Anda hanya ingin membelinya karena biasanya barang tersebut berharga Rp1 juga lalu mendadak hari itu harganya didiskon menjadi Rp500 ribu. Jika Anda hanya membelinya karena harga yang ‘kebetulan’ sedang murah, biasanya barang tersebut hanya akan menumpuk di lemari dan tidak berguna. Jadilah pembeli yang cerdas walaupun dihadapkan dengan diskon yang menggiurkan.

Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga untuk Orang yang Susah Disiplin - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Susah Disiplin]

 

#3 Belanja Pada Waktu yang Tepat

Dalam setiap perayaan biasanya banyak toko offline maupun online yang memberikan diskon atau promo-promo tertentu. Misalnya ketika perayaan Lebaran, Imlek, Natal, Tahun Baru dan perayaan-perayaan lainnya. Cobalah untuk mencari tahu produk-produk apa saja yang biasanya diberikan diskon pada periode-periode tersebut. Jika Anda telah memiliki rencana untuk membeli suatu barang, cobalah untuk membuat jadwal belanja yang disesuaikan dengan promo tersebut. Dengan begitu Anda bisa membeli barang-barang yang dibutuhkan dengan harga yang murah. Anda dapat menggunakan kalender promosi yang dimiliki oleh Finansialku sebagai salah satu referensi:

8 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah yang Harus Kamu Praktekkan - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah yang Harus Anda Praktekkan]

 

#4 Menghibur Diri di Rumah

Berapa kali dalam satu minggu Anda pergi ke cafe atau restoran bersama teman-teman? Berapa besar biaya yang Anda keluarkan setiap kali pergi ke tempat-tempat tersebut? Sekedar untuk membeli makanan saja paling tidak Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp50.000. Harga tersebut belum termasuk harga minuman serta PPN yang harus dibayar. Jika pengeluaran tersebut terjadi berkali-kali dalam satu bulan, bisakah Anda bayangkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan sekedar untuk ‘bersosialisasi’? Padahal ada cara lain yang lebih murah dan bisa jadi lebih nyaman. Cobalah untuk menghibur diri di rumah. Ajak teman-teman Anda untuk datang ke rumah dan makan bersama. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah, dan kemungkinan Anda akan merasa lebih nyaman jika dapat bersosialisasi di tempat yang lebih familiar.

Hai Pemilik Bisnis Online, Gini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan - Finansialku

 [Baca Juga: Ini Cara Mengatur Keuangan di Tengah Paksaan Gaya Hidup Glamor]

 

Cobalah memasak makanan tertentu yang Anda dan teman-teman sukai, ajak mereka menonton film bersama atau sekedar berbincang-bincang dan menikmati hari. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan pun akan jauh lebih murah. Apalagi jika Anda membagi biaya tersebut dengan teman-teman yang datang. Suasana keakraban akan lebih terasa dan biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih kecil.

 

#5 Gunakan Paket Internet yang Efisien

Saat ini jaringan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi kebanyakan orang. Ada belasan operator seluler yang menyediakan layanan internet untuk gadget Anda. Setiap operator memiliki produk dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cobalah kenali produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhitungkan berapa ukuran data internet yang Anda butuhkan setiap bulan. Biasanya ada operator yang menawarkan harga lebih murah untuk paket data yang lebih besar. Tetapi jangan sampai Anda tergoda untuk membeli paket data yang sangat besar hanya karena harganya terasa ekonomis. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil. Walaupun paket data yang besar lebih ekonomis, tetapi jika tidak sesuai kebutuhan akhirnya Anda hanya akan membuang-buang paket data dan uang.

Merencanakan dan Mengatur Keuangan untuk Keluarga Super Sibuk - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan dan Mengatur Keuangan untuk Keluarga Super Sibuk]

 

Kendalikan Uang Anda Secara Bijak

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatur keuangan Anda. Beberapa financial hacks yang telah dibahas di atas hanya sebagian dari banyak hal yang dapat Anda lakukan. Cobalah mempraktekkan trik-trik tersebut dalam kehidupan sehari-hari Anda. Hal-hal yang terlihat kecil sebenarnya dapat memberikan pengaruh besar jika dilakukan dengan tekun dan cermat.

 

Apakah Anda memiliki financial hacks lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencanaan Keuangan kami akan siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alexa Von Tobel. 2013. Financially Fearless.

 

Sumber Gambar:

  • People with Coins – https://goo.gl/bCPnbT
  • Woman with money – https://goo.gl/MhDiKK

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang