Bagaimana cara agar sepasang suami istri dapat memperoleh kebahagian secara finansial? Ternyata agar rumah tangga bahagia secara finansial, ada rahasianya lho! Mereka yang telah sejahtera secara finansial memiliki 5 rahasia yang akan dibagikan melalui tulisan ini. Apa saja kelima rahasia itu?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa Saja Rahasia Pasangan yang Bahagia Secara Keuangan?

Finansial merupakan faktor penentu keberlangsungan hubungan rumah tangga. Mereka yang hidupnya pas-pasan atau bahkan kekurangan, mereka tak henti-hentinya bekerja keras tiap hari demi tercukupinya kebutuhan. Tak sedikit di antara mereka yang sampai harus berpisah karena sang pencari nafkah merantau ke pulau lain atau bahkan sampai bekerja di luar negeri. Namun, sebagian orang lainnya justru merasakan kebahagiaan dalam hal keuangan. Mengapa bisa begitu? Ada 5 rahasia pasangan yang bahagia secara keuangan. Kelima rahasia tersebut telah mereka praktekkan dalam mengelola keuangan rumah tangga mereka. Yuk, kita bongkar rahasianya.

 

#1 Mereka Menjadikan Uang sebagai Prioritas

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa uang bukanlah hal terpenting yang perlu dicari dalam hidup. Sementara yang lain cenderung fokus dalam mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dan bagaimana cara menggunakannya. Pendapat kedua inilah yang tentunya akan disetujui oleh muda-mudi yang telah berumah tangga. Mereka menyusun langkah dalam mengelola keuangan dan menentukan target dan kebutuhan keuangan untuk masa depan mereka. Seperti yang dikatakan oleh Robert T. Kiyosaki bahwa uang bukanlah yang terpenting dalam hidup Anda, tetapi uang mempengaruhi segala hal yang penting.

5 Rahasia Pasangan yang Bahagia Secara Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hemat Dompet Anda agar Masa Depan Sejahtera]

 

#2 Mereka Membicarakan dan Menyetujui Adanya Tujuan Finansial

Tujuan finansial merupakan topik yang kerap kali menjadi bahasan mereka, baik itu berkaitan dengan dana pensiunan, menabung untuk membeli rumah atau lebih mandiri secara finansial. Mereka tak segan-segan bertukar pikiran tentang seperti apa tujuan finansial mereka dan tentunya diiringi dengan bekerja keras untuk mewujudkannya.

 

#3 Mereka Menentukan Batasan Pengeluaran

Dari sebuah laporan, diketahui bahwa pasangan-pasangan yang berbahagia secara finansial memberikan batasan terhadap pengeluaran rumah tangga mereka. Misalnya saja setiap pembelian lebih dari Rp5 juta perlu dirundingkan terlebih dahulu.

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta?]

 

Adanya batasan pengeluaran bisa menjadi cara yang tepat untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan Anda memiliki komunikasi yang terbuka seputar keuangan. Menghabiskan uang dalam jumlah banyak tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan pasangan Anda dapat menimbulkan rasa tak percaya atau penuh curiga dari pasangan Anda. Dengan demikian, bersikap terbuka seputar keputusan-keputusan keuangan di depan pasangan dapat memperkuat kesolidan hubungan Anda.

 

#4 Mereka Telah Membuka Akun Perbankan

Memiliki akun bank atau rekening bank juga merupakan rahasia pasangan yang bahagia secara keuangan. Pasalnya, cara ini bisa cukup ampuh dalam mendukung komunikasi yang dingin atas suatu pasangan. Jika keuangan Anda ditautkan bersama, Anda akan memiliki lebih banyak alasan untuk berbicara seputar bagaimana Anda mengeluarkan uang atau menabung sebagai sebuah tim. Perlu diingat pula bahwa tidak ada yang salah dengan memiliki akun bank yang terpisah antara Anda dan pasangan Anda, selama pasangan Anda menyadarinya.

Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda Baru Menikah]

 

Apapun itu, kuncinya ialah komunikasi. Memiliki akun rahasia atau uang simpanan yang tidak diketahui oleh partner Anda bukanlah suatu indikasi suatu hubungan yang sehat. Namun, pastinya ada manfaat dari tindakan Anda memasukkan uang yang Anda peroleh ke dalam akun yang terpisah. Misalnya saja saat ada masalah dengan pasangan Anda, Anda terbebas dari jeratan legal yang menyebalkan pada akun bersama kalian.

 

#5 Mereka Berbagi Tanggung Jawab seputar Rencana Pensiun dan Keputusan Investasi

Berdasarkan sebuah studi, ditemukan sebanyak 92% responden yang setuju dengan adanya target tabungan pensiun. Sebagaimana Anda ketahui, pensiun merupakan waktu yang luar biasa untuk menenangkan pikiran dan mengejar hal-hal yang Anda cintai bersama dengan seseorang yang Anda cintai juga tentunya. Banyak orang yang berharap untuk dapat menghabiskan waktu lebih dengan pasangan ketika pensiun. 

Sayangnya, pensiun kerap kali menjadi waktu yang paling penuh tekanan dan menghadirkan depresi dalam kehidupan pasangan rumah tangga. Jika mereka tidak mempersiapkannya dengan benar atau mengkomunikasikan apa yang menjadi harapan dan tujuan mereka saat menjalani pensiun nantinya, lalu waktu santai dan membahagiakan apa yang dapat melenyapkan depresi dan kegelisahan. Itulah mengapa pasangan yang berbahagia akan membicarakan hal-hal seputar pensiun dan bekerja demi tercapainya target pensiun mereka bersama.

Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga 1 - Finansialku

[Baca Juga: Dari Mana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

Komunikasi Adalah Kuncinya

Komunikasi menjadi hal terpenting yang harus mendapat perhatian khusus, terutama jika berkenaan dengan kebahagiaan finansial suatu pasangan. Faktanya, ada hampir 7 dari 10 (68%) yang menjelaskan komunikasi masalah keuangan dengan pasangan hidup mereka sebagai sesuatu yang ‘sempurna’ atau ‘sangat bagus’.

Komunikasi seharusnya dimulai sejak di awal hubungan. Berkaitan dengan hal ini, ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Robert T. Kiyosaki berkaitan dengan tujuan dan kebiasaan finansial pada saat pertama kali pacaran.

Inilah beberapa pertanyaan bagus yang akan menginspirasi Anda:

  • Apa yang orangtua Anda katakan pada Anda tentang persoalan keuangan?
  • Apakah jalan pikiran Anda sendiri berbeda dengan jalan pikiran orangtua Anda?
  • Gambaran apa yang terlintas dalam benak Anda saat melihat uang?
  • Seperti apa pandangan umum Anda terhadap orang-orang yang sangat kaya?
  • Seberapa kaya-kah orang yang “sangat kaya” itu?

apakah-kebahagiaan-dibeli-bagaimana-cara-membeli-kebahagaiaan-finansialku

[Baca Juga: Apakah Kebahagiaan Dibeli? Bagaimana Cara Membeli Kebahagiaan?]

 

Jika Anda telah menjalin sebuah hubungan atau Anda telah menikah tetapi belum melakukan percakapan semacam ini, belum terlambat.  Banyak orang yang tidak nyaman berbicara masalah uang sehingga mereka tidak memikirkannya dan hanya menganggap remeh.

 

Menurut Anda, kesulitan apa saja yang dihadapi saat menjalani hubungan sebagai pasangan yang baru? Silakan memberikan tanggapan, pengalaman atau pertanyaan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Setiap informasi yang Anda dapatkan melalui Finansialku.com dapat Anda bagikan kepada orang-orang di sekitar Anda. Siapa tahu mereka memerlukannya juga.

 

Sumber Referensi:

  • Kim Kiyosaki. 06 Oktober 2016. The Secret of Financially Happy Couple. Richdad.com – https://goo.gl/KvJebX

 

Sumber Gambar:

  • Happy Couple of Asia – https://goo.gl/MT8IT9 dan https://goo.gl/l55vZF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang