facebook_pixel

7 Alasan Anda Perlu Menabung Emas dan Berinvestasi Emas

Mengapa kita perlu menabung emas dan berinvestasi emas? Apakah keuntungan menabung emas dan berinvestasi emas?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menabung Emas dan Berinvestasi Emas

Setiap orang tentunya memiliki tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai, misal mau beli rumah, beli kendaraan, jalan-jalan ke luar negeri dan lain sebagainya. Tapi di sisi lain ada keterbatasan dari penghasilan, misal gaji bulanan yang jumlahnya tetap. Oleh sebab itu investasi menjadi salah satu solusi dan jalan keluarnya.

 7-alasan-anda-perlu-pertimbangkan-menabung-emas-dan-berinvestasi-emas-finansialku

[Baca Juga : Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

Investasi dapat diartikan sebagai proses dimana anda menyimpan uang atau membelanjakan uang dengan harapan mendapat keuntungan di masa depan. Menabung sekilas tampak sama dengan investasi, namun dalam beberapa hal menabung berbeda dengan investasi.

Salah satu produk investasi yang sudah dikenal dari zaman dahulu hingga sekarang adalah investasi emas. Investasi emas di sini bukanlah investasi pada emas perhiasan, melainkan investasi pada logam mulia. Investasi emas sangat diminati oleh banyak orang dengan alasan keamanan dan keuntungan yang dijanjikan. Di bawah ini adalah beberapa alasan lain seseorang berinvestasi atau menabung emas.

 

#1: Aman (Security)

Jenis emas yang dianjurkan untuk investasi adalah jenis emas logam mulia yang memiliki sertifikat yang diakui mancanegara dan dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang (ANTAM). Investasi Anda aman, karena investasi di logam mulia memiliki sertifikat yang diakui oleh negara dan secara global. Investasi emas juga memiliki tingkat privasi yang cukup tinggi, orang lain tidak dapat mengetahui berapa banyak emas yang Anda miliki.

 

#2: Menguntungkan (Profitable)

Harga emas ditentukan oleh nilai emas itu sendiri dan ditentukan oleh pasar internasional. Berkat kestabilan ini, harga emas cenderung naik setiap tahunnya, tercatat dari bulan Januari 2016 hingga Agustus 2016, harga emas telah meningkat sebanyak 18%. Tidak seperti investasi saham yang fluktuatif dan memiliki risiko tinggi. Untuk investasi jangka panjang, emas memiliki potensi untuk memberikan keuntungan.

 3 Jenis KTA di Indonesia, Mana Pilihan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Pilih Mana: Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya ?]

 

Selain keuntungannya, emas merupakan satu-satunya investasi yang terhindari dari pajak karena logam mulia termasuk dalam kategori bahan baku. Keputusan ini didasarkan pada keputusan Dirjen Pajak No. 15/PJ/2011, sehingga berapapun jumlah emas yang anda miliki, tidak akan ada pengenaan pajak. Hal ini tidak akan Anda temui pada instrumen investasi lainnya.

 

#3: Mudah dicairkan (High Liquidity)

Emas memiliki likuiditas tinggi, ini berarti Anda dapat menjual emas untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat. Hal ini berbeda dengan instrumen investasi lainnya, seperti obligasi atau properti dimana Anda membutuhkan pihak kedua untuk membeli investasi yang akan anda jual. Tempat pencairan emas pun dapat ditemui dimana-mana, sehingga Anda tidak perlu kerepotan mencarinya. Likuiditas yang tinggi juga bermanfaat bagi para investor yang tiba-tiba terkena masalah dan membutuhkan uang tunai darurat.

 

#4: Risiko rendah (Low risk)

Pada saat Anda menabung di bank, tentunya ada biaya-biaya lain seperti biaya administrasi atau biaya perpindahan uang dari rekening bank lain, biaya ini secara perlahan mengikis uang Anda apalagi jika bunga yang didapat tidak setinggi biaya tersebut. Tetapi hal ini tidak terjadi pada investasi emas.

 Pilih Mana Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Apa Untung Ruginya dan Apa Saja Jenis Investasi Emas?]

 

Uang pada tabungan pun dapat kandas nilainya seiring dengan inflasi, tetapi inflasi yang meningkat juga akan meningkatkan harga emas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan risiko inflasi. Selain risiko inflasi, Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan risiko harga emas yang fluktuatif akibat goncangan ekonomi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa emas memiliki risiko yang cukup rendah.

 

#5: Tidak memerlukan dana besar

Emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat yang cukup ringan yaitu 1 gram hingga 1.000 gram, ini berarti jika emas dijual dengan harga Rp 540 ribu – 600 ribu setiap gramnya, Anda dapat mulai menabung dan berinvestasi emas dengan uang Rp 540 ribu saja. Dana yang cukup rendah membuat investasi emas dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan.

 

#6: Mudah dipindahkan (Portable)

Bayangkan Anda memindahkan uang tunai sebesar Rp 300 juta dengan emas yang berharga Rp 300 juta. Uang tunai memiliki volume yang lebih besar sehingga memindahkannya pun lebih sulit. Selain perpindahan lokasi, emas pun dapat diubah bentuknya tanpa memengaruhi nilainya. Misalkan Anda mempunyai emas yang berbentuk batangan, anda dapat mengubahnya menjadi perhiasan.

 Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi?]

 

#7: Kepemilikan dan Pengelolaan Sendiri (Ownership & Stewardship)

Investasi emas menawarkan kepemilikan aset oleh diri Anda sendiri. Hal ini berarti Anda memiliki kuasa penuh atas aset (emas). Anda pun dapat dengan mudah menggunakan emas itu baik untuk menjualnya kembali (transaksi) atau dipindahkan.

 

Tidak Hanya Menguntungkan, Tetapi Ada Juga Risikonya        

Walaupun investasi emas dan menabung emas tampak menguntungkan, namun Anda tetap perlu mempertimbangkan risikonya. Wajarlah, setiap investasi pasti memiliki risikonya masing-masing.. Beberapa risiko investasi emas adalah:

  • Kehilangan, karena emas tidak dapat disimpan di sembarang tempat dan emas harus disimpan di tempat yang aman. Anda dapat mengatasi risiko ini dengan menyimpan emas di safe deposit box baik di dalam rumah atau menyewa tempat tersebut dari bank.
  • Penipuan, yang disebabkan kurangnya pengetahuan orang awam akan cara membedakan tingkat kemurnian emas, sehingga mereka mendapatkan emas palsu beserta sertifikat yang dipalsukan
  • Penurunan nilai akibat emas yang tidak terawat, emas dapat mengalami oksidasi dan memudar warnanya jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini akan mengurangi nilai tukar emas.

 

Layaknya investasi saham, properti, reksa dana atau investasi lainnya, memilih investasi emas juga memerlukan pemahaman yang baik akan pasar emas. Menimbang risiko yang mungkin terjadi, ada baiknya Anda lebih cermat dalam berinvestasi dan pelajari cara investasi emas yang benar.

 

Apakah Anda pernah berinvestasi emas atau menabung emas? Dimana Anda membeli emas? Silahkan tuliskan pertanyaan atau pendapat Anda mengenai menabung emas dan berinvestasi emas. Terima kasih.

 

Sumber Referensi

  • 10 Juni 2012. 11 Alasan Investasi Emas. https://goo.gl/EzMQdT
  • Aneka Logam. 1 September 2014. Logam Mulia Antam dan Keuntungan Investasi yang Ditawarkan. https://goo.gl/NytGoi
  • Asep Irwan. 7 September 2016. Ini 5 Keuntungan Berinvestasi Emas, Anda Tidak Akan Pernah Rugi. https://goo.gl/X0vyg0
  • Analisa Forex. 13 Agustus 2014. Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Investasi Emas. https://goo.gl/7JpSTm

 

Sumber Gambar

  • Gold Investment – https://goo.gl/a2ehzj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2017-06-07T08:25:03+00:00 November 26th, 2016|Categories: Emas, Real Asset|Tags: , , , |18 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

18 Comments

  1. desti 10 January 2017 at 11:14 - Reply

    saya salah satu org yg melakukan investasi ini… akan tetapi sy lebih tertarik dgn perhiasan emas. Sy biasanya membeli perhiasan emas pada saat Pegadaian mengadakan lelang.. jika belum ada uang tunai saya membelinya secara gadai juga.. jd emas yg sudah sy pilih dijadikan anggunan dgn membayar biaya administrasi dan 20% harga emas tersebut… ketika sudah ada uang baru sy tebus keseluruhan harganya… harga gadai jauh lebih murah dr pada harga beli di toko2 perhiasan…

    • Finansialku
      Finansialku 10 January 2017 at 22:06 - Reply

      Hi Desti, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Terima kasih juga atas informasi dan sharingnya.

    • Isma 14 January 2017 at 13:06 - Reply

      Mbak.desti saya mau tanya. Bagaimana cara kita mendapatkan info pelelangan emas d pegadaian ya? Mohon info nya trima kasih.

  2. perlin 11 January 2017 at 11:49 - Reply

    cara memastikan mas tsb mas antambah gmna??? trus biasanya klo kita pnya mas susah tuk jualnya..apalagi dngin nilai besar.

    • Finansialku
      Finansialku 11 January 2017 at 16:41 - Reply

      hi Perlin, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan perlin, emas logam mulia ANTAM memiliki ciri khusus
      cek artikel kami : Mengenal Investasi Logam Mulia Antam (lihat ciri-ciri logammnya)
      Memang dalam beberapa kasus logam mulia susah dijual jika gramnya terlalu besar.
      Anda dapat menyiasati dengan cara menggadaikan emas tersebut atau membeli emas dengan jumlah gram yang relatif lebih kecil.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  3. fadli 15 January 2017 at 20:31 - Reply

    Artikel yang bagus sekali,

    Saya baru berinvestasi 1 tahun terakhir, dan kebetulan saya berinvestasi perhiasan emas karena saya tidak faham berinvestasi emas logam. Pernah di tawari oleh penjual emas untuk membeli mas logam tapi saya masih ragu.

    • Finansialku
      Finansialku 17 January 2017 at 08:27 - Reply

      Hi Pak Fadli, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga artikel kami dapat berguna dan membantu.

  4. Herdi 17 January 2017 at 19:45 - Reply

    Saya pernah investasi emas lempeng 100gr setiap tahun beli kadang 4 s/d 6 lempeng beli di toko emas…pertanyaan saya ketika mau dijual ketoko emas yg sama harga jualnya ditentukan berbeda beda waktu membelinya..contoh harga jual yg dibeli th 2014 lebih murah dari th 2015 dan seterusnya padahal sama bentuk dan tidak ada yg cacat..mohon penjelasan..trims

    • Finansialku
      Finansialku 19 January 2017 at 08:58 - Reply

      Hi Pak Herdi, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Mohon maaf kami tidak mengetahui pertimbangan toko emas, kenapa berbeda-beda harganya.
      Jika Anda membeli logam mulia ANTAM dan bersertifikat, harganya tidak berpengaruh terhadap tahun pembelian.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  5. Un 22 January 2017 at 10:23 - Reply

    Saya tertarik untuk berinvestasi emas. Tapi takut juga. Zaman sekarang investasi banyak nipunya. Ada saran? Thanks

  6. Lyta 25 January 2017 at 17:23 - Reply

    Selain emas batangan produksi/keluaran Antam, adakah perusahaan emas batangan/ logam mulia lainnya? Yoko emas langganan saya prnh tawarkan emas batangan dari Jhonson, adakah perusahaan itu,?

    • Finansialku
      Finansialku 27 January 2017 at 17:49 - Reply

      Hi Bu Lyta, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Menjawba pertanyaan Ibu, mengenai logam mulia memang ada beberapa produsen di dunia ini.
      Salah satu yang besar di Indonesia adalah logam mulia buatan PT. Aneka Tambang Tbk (Logam Mulia ANTAM).
      Ada beberapa logam mulia diproduksi oleh perusahaan lain, seperti Logam Mulia Johnson Matthey, UBS.
      Mohon maaf sebelumnya, kami juga tidak terlalu tahu mengenai emas Johnson Matthey.
      Kami akan coba update artikel mengenai emas Johnson Matthey, setelah kami mendapat informasinya.
      Terima kasih ibu Lyta.

  7. Ari susanti 26 January 2017 at 11:31 - Reply

    Saya juga sudah melakukan investasi Emas tapi saya koreksi untuk harga emas per januari 2016 – Agustus 2016 kenaikan hanya 10 % untu harga Beli tapi kalo Qta mau menjual LM simpanan Qta maka kena harga Jual yang Harganya lebih rendah dari pas waktu Qta Beli jadi Cermati Harga Jual LM jika Qta mau menjual Emas Simpanan Qta,…saya juga Investasi LM lewat fasilitas Cicilan di pegadaian,…lebih mudah tanpa perlu biaya besar untuk sekali transaksinya,..Bisa Hanya modal sedikit karena cicilan,…

    • Finansialku
      Finansialku 27 January 2017 at 17:45 - Reply

      Hi Ibu Ari, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Terima kasih atas koreksinya ibu, kami sudah cek data lagi.
      Mohon maaf, Kami sudah melakukan kesalahan dalam perhitungan.
      Sebagai koreksi, kami sudah mengganti return yang semula 27% menjadi 18,26%.
      Berdasarkan data yang kami miliki, harga emas per 1 Januari Rp 479.000, sedangkan harga 31 Agustus Rp 566.500,
      jadi returnnya = 18,26%.
      Ada pun perbedaan hasil return, sangat mungkin terjadi, karena beberapa toko emas atau tempat menjual emas, memiliki variasi harga.
      Kami ucapkan banyak terima kasih atas koreksinya.
      Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

      • Ari susanti 31 January 2017 at 16:31 - Reply

        Memang Artikel dari Tim Finansialku sangat membantu dan bermaanfat untuk literasi keuangan keluarga saya ,….Terima Kasih,.dan .tetep semangat untuk Up date info tentang Finansial

  8. handoko 27 January 2017 at 18:13 - Reply

    Saya pertama investasi emas dengan cara beli gadai …buat pemula sangat simple ….bayar dp dengan harga saat itu sisanya di angsur sampai lunas …sambil nunggu lunas harga emas terus naik dari situ udah kelihatan keuntungannya

    • Finansialku
      Finansialku 31 January 2017 at 09:47 - Reply

      Hi Pak Handoko, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Terima kasih atas sharing mengenai investasi emas di Pegadaian.
      Semoga sharing Bapak juga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca lainnya.

Leave A Comment