Apa saja keuntungan dan kerugian investasi emas untuk pemula? Jangan sampai menyesal, karena salah menentukan investasi emas. Berikut ini penjelasan dan panduan untuk Anda yang masih pemula dalam investasi emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Emas untuk Pemula

Logam mulia atau emas merupakan investasi yang sangat digemari kaum awam karena dianggap aman dan nilainya (harga) cenderung naik. Apakah Anda sudah pernah beli dan berinvestasi logam mulia? Mari kita bahas apa saja kelebihan dan kekurangan investasi logam mulia dan jenis-jenis investasi logam mulia.

 apa-untung-ruginya-dan-apa-saja-jenis-investasi-emas-finansialku

[Baca Juga : Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Apakah Bisa?]

 

Berikut ini kelebihan dan kekurangan investasi emas yang harus diketahui oleh para pemula :

 

Kelebihan investasi emas

Investasi emas memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Tahan terhadap inflasi (jika inflasi naik, harga emas pun naik).
  2. Likuiditas tinggi (tidak seperti properti) yang berarti mudah dijadikan uang kembali.
  3. Risiko cenderung rendah karena harga emas akan cenderung naik secara jangka panjang.

 

Kekurangan investasi emas

Beberapa kerugian investasi emas adalah:

  1. Jika investasi dalam jumlah banyak, tempat penyimpanan akan menjadi masalah.
  2. Keuntungan tidak terlalu tinggi dan bertahap (tidak cocok untuk pembiayaan jangka pendek).
  3. Penjual emas biasanya kurang transparan mengenai standar jual beli emas serta pertimbangannya.

 

Jenis-Jenis Investasi Emas yang Harus Anda Ketahui!

Dalam prakteknya orang-orang berinvestasi emas dalam dua jenis yaitu dalam logam mulia ANTAM dan juga emas perhiasan. Keduanya memiliki cara investasi yang berbeda dan harganya juga berbeda. Mari kita bahas satu persatu.

 

Logam mulia (Emas Batangan)

Logam mulia atau yang bisa dikenal dengan emas batangan. diperjualbelikan dengan disertai sertifikat untuk menunjukkan keaslian dan spesifikasi (tanggal produksi, berat, ukuran) produk. Sertifikat keaslian ini hanya dikeluarkan oleh 4 asosiasi pedagang logam mulia dunia yang terakreditasi yaitu NYMEX (New York Mercantile Exchange), LBMA (London Bullion Market Association), DMCC (Dubai Multi Commodities Centre), TOCOM (Tokyo Commodity Exchange).

 Tabungan Emas, Bisa kok Mulai dari Rp 5.000 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Tabungan Emas Bisa Kok Mulai dari Rp 5.000]

 

Di Indonesia, logam mulia yang dijual dan diterima di pasaran adalah logam mulai produksi PT. Aneka Tambang Tbk. (ANTAM) dengan kadar emas 999.9% dengan berat yang beragam 1 gr sampai dengan 1 kg. Tidak semua toko emas menjual logam mulia, sehingga anda akan sedikit repot untuk mencari logam mulia di pasaran.

 

Karena beratnya yang beragam, investasi emas memungkinkan untuk para karyawan atau ibu rumah tangga yang bermodal rendah. Walaupun emas batangan dijual dari gram yang sangat kecil hingga besar, tetapi semakin berat logam mulia tersebut, semakin murah harga per gramnya, ini dikarenakan pembeli akan dikenai biaya produksi untuk logam mulia yang lebih ringan.

 

Emas batangan lebih dianggap menguntungkan karena tidak adanya biaya desain. Begitu pula ketika anda menjual logam mulia, harga jual anda tidak akan dipotong ongkos pembuatan seperti pada emas perhiasan. Logam mulia pun diterima di banyak tempat karena adanya standardisasi, dibandingkan emas perhiasan yang terkadang ditolak pada beberapa toko. Untuk dapat menghitung apakah investasi emas Anda untung atau rugi, silahkan hitung dengan Aplikasi Finansialku (studi kasus: kalkulator investasi – emas).

 Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Fluktuasi harga emas sangat dipengaruhi oleh nilai tukar dolar terhadap rupiah. Harga emas ditentukan dalam satuan USD di pusat London Metal Exchange berdasarkan harga pasaran emas dunia. Jika mata uang dolar terhadap rupiah melemah, maka harga emas akan menurun, begitu pula sebaliknya. Selain nilai tukar dolar, harga emas juga bergantung pada demand (permintaan) dan supply (penawaran) dunia.

 

Kelebihan: Kenaikan harga lebih tinggi dibandingkan perhiasan emas dan bersertifikat.

Kekurangan: Tidak fleksibel (tempat penyimpanan yang sulit) dan kurang mudah diperoleh.

 

Emas perhiasan

Emas perhiasan adalah salah satu contoh investasi emas yang dapat dilakukan oleh masyarakat awam dan telah dimulai dari zaman dahulu. Membeli emas perhiasan dapat dilakukan dimana-mana, anda juga tidak perlu repot harus mengunjungi tempat tertentu.

 

Biasanya emas perhiasan dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada harga emas seharusnya. Ini dikarenakan harga per gram emas perhiasan meliputi biaya pembuatan bentuk perhiasan tersebut, yang mana ketika anda menjualnya kembali, harga jual anda juga akan terpotong ongkos tersebut. Ongkos tersebut juga beragam; Semakin rumit perhiasan tersebut, semakin tinggi biaya yang dikenakan.

 Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi?]

 

Harga emas perhiasan juga didasarkan pada berat dan kadar emas yang dimiliki. Kadar emas pada perhiasan, dihitung dalam satuan karat. Standar karat emas menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah:

24 K 99.00% -99.99%

23 K 94.80% -98.89%

22 K 90,60% -94,79%

21 K 86,50% -90,59%

20 K 82,30% -86,49%

19 K 78,20% -82,29%

18 K 75,40% -78,19%

 

Jika anda memiliki emas perhiasan seberat 25 gr (22 K) berarti anda memiliki:

22 K / 24 K x 25 gr = 22,91 gr

 

22,91 gr emas tersebut merupakan berat emas murni yang terkandung pada perhiasan anda dimana sisanya merupakan logam campuran (perak dan tembaga). Semakin tinggi karatnya, semakin sedikit logam campuran yang terkandung di dalamnya. Standar karat pada emas perhiasan berkisar antara 18 K sampai dengan 22 K.

 

Harga emas perhiasan dengan berat yang sama dan karat yang sama dapat berbeda dari satu toko ke toko lainnya. Ini dikarenakan campuran logam (biasanya logam perak lebih mahal dibandingkan tembaga) dan biaya pembentukan perhiasan tersebut. Logam lain dibutuhkan untuk memperkuat emas agar perhiasan tidak mudah rusak.

 

Kelebihan: Dapat digunakan sebagai perhiasan (nilai estetika), Fleksibel (mudah dibawa).

Kekurangan: Biaya pembuatan yang mahal.

 

Jika Anda Baru Dalam Hal Investasi, Coba Saja Investasi Emas

Bagi anda yang gemar berinvestasi dan mencoba, tidak ada salahnya untuk mulai dari investasi emas. Anda dapat memilih opsi investasi emas untuk pembiayaan masa depan seperti biaya edukasi anak, biaya traveling, atau pendanaan masa pensiun. Sebaiknya gunakan emas batangan sebagai sarana investasi anda, agar lebih bernilai dan tahan terhadap inflasi.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan atau masih bingung dengan investasi emas? Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan Anda, perencana keuangan kami akan bantu menjawab pertaayan Anda seputar investasi emas.

 

Referensi:

  • Mengenal Investasi Emas. https://goo.gl/1OeWrD
  • 23 Januari 2012. Investasi Emas: Perhiasan atau Logam Mulia?. https://goo.gl/33Updr
  • Pakar Investasi. 12 Februari 2015. Cara Menghitung Karat dan Tingkat Kemurnian Emas. https://goo.gl/OBxFV5

 

Sumber Gambar :

  • Gold and Silver Investment – https://goo.gl/97NmtP

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]