Moms, sudah tahu untung ruginya investasi perhiasan emas? Ternyata ada biaya-biaya tambahan saat moms, investasi perhiasan emas. Coba deh cek sebelumnya mengenai investasi perhiasan emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ketahui Terlebih Dahulu Untung Ruginya Investasi Perhiasan Emas Sebelum Memulainya

Seiring perkembangan zaman, emas juga semakin mudah untuk dimiliki. Tidak seperti zaman dahulu, dimana emas masih menjadi milik kalangan tertentu. Salah satu daya tarik emas sebagai investasi adalah harganya yang cenderung stabil (dan pernah meningkat tajam di antara tahun 2000 – 2011). Berikut ini gambar harga emas dalam perdagangan internasional.

Moms, Sudah Tahu Untung Ruginya Investasi Perhiasan Emas - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Berinvestasi Untuk Kamu yang Baru Jadi Ibu Rumah Tangga]

 

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang beranggapan harga emas pasti selalu naik. Padahal kenyataannya tidak seindah seperti itu, coba perhatikan grafik harga emas di atas. Anda pasti akan kaget bila emas saat ini sedang stagnan dan cenderung turun (jika dibandingkan kenaikan harga emas di 2000 – 2011).

 

Salah satu kebiasaan ibu rumah tangga adalah mengoleksi emas perhiasan. Banyak yang beranggapan perhiasan emas itu adalah investasi yang 2 in 1. Selain untuk mempercantik diri, perhiasan emas juga dapat dijual untung (baca: diharapkan jual untung, kenyataannya belum tentu untung). Sebelum Anda berinvestasi perhiasan emas, baca terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Moms, Sudah Tahu Untung Ruginya Investasi Perhiasan Emas 2 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Tahu Bedanya Investasi Emas Putih dan Emas Kuning Biasa]

 

Proses Peleburan Emas ke Perhiasan

Apakah Moms, pernah tahu bagaimana cara pembuatan perhiasan emas? Perhiasan emas ini dibuat dari bahan baku emas murni batangan, tembaga dan perak. Ketiga bahan tersebut dicampur dan dilebur menjadi satu dan dicetak.

Persentase campuran masing-masing emas yang akan mempengaruhi kadar karat emas. Jadi emas perhiasan yang Anda beli, belum tentu (dan jarang sekali) yang 24 karat. Harga emas perhiasan, tentu saja lebih rendah daripada harga emas antam. Contoh:

Harga emas hari ini Rp 521.000, maka

KaratPersenHarga (Rp)
2291,70%477.757
2083,30%433.993
1875,50%390.750
1666,70%347.507
1458,30%303.743

Keterangan:

  • 22 karat = 91,70% x Rp.521.000 = Rp.477.757
  • Perhitungan di atas tidak termasuk harga variabel seperti ongkos pembuatan dan pajak.

Jadi harga perhiasan emas dipengaruhi oleh beberapa variabel, seperti:

  • Harga emas hari ini (logam mulia)
  • Karat perhiasan emas
  • Biaya lain, seperti ongkos pembuatan, pajak dan lain sebagainya.

 

Kelebihan Investasi Perhiasan Emas

  1. Untuk penampilan. Emas tidak hanya digunakan untuk koleksi perhiasan saja tetapi dapat digunakan untuk investasi juga.
  2. Mudah ditemukan. Sangat mudah untuk menemukan perhiasan emas, karena saat ini banyak sekali toko emas yang menjual perhiasan emas seperti pasar ataupun mall. Belilah perhiasan emas di toko emas yang terpercaya, banyak dikenal dan memiliki reputasi yang bagus.
  3. Mudah disesuaikan dengan keuangan. Saat ini kita bisa membeli emas dengan harga terjangkau sesuai dengan kemampuan kita. Bahkan kita bisa membeli emas yang beratnya kurang dari 1 gram. Selain itu kita dapat memilih perhiasan emas berdasarkan karatnya, mulai dari 18K, 22K, sampai 24K. Dibeberapa tempat toko emas, kita juga dapat melakukan tawar menawar.

Moms, Sudah Tahu Untung Ruginya Investasi Perhiasan Emas 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Investasi di Logam Mulia atau Investasi Perhiasan Emas ya?]

 

Kelemahan Emas Perhiasan

  1. Nilai jualnya turun. Saat kita membeli emas di toko emas, kita akan membayar lebih tinggi karena dikenakan biaya proses pembuatan. Namun, saat kita ingin menjualnya kembali, biasanya toko emas hanya menghargai emasnya saja, tidak untuk proses pembuatannya. Sehingga nilai emas menjadi menurun.
  2. Perhiasan emas lebih cepat rusak. Karena sering dipakai, maka emas akan dengan mudah terbentur dengan benda lain yang menyebabkannya menjadi lecet dan tampilannya tidak menarik lagi. Sehingga hal tersebut dapat menurunkan harga jual emas. Oleh karena itu, rawatlah perhiasan emas dengan baik dan secara berkala agar keindahannya selalu terjaga dan nilainya tidak turun.

 

Pada Dasarnya Perhiasan Emas Bukan Produk Investasi, Berinvestasilah Pada Produk yang Tepat

Pada dasarnya perhiasan emas dibuat sebagai perhiasan, bukan untuk investasi. Memang ada kemungkinan harga jual perhiasan akan meningkat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan perhiasan emas harus dirawat dengan benar. Menurut kami, jika moms ingin berinvestasi emas, lebih baik Anda berinvestasi di emas logam mulia.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat memulai investasi. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Moms, apa yang menjadi pertimbangan Anda saat memilih investasi emas? Silakan share pendapat Anda di kolom komentar berikut ini, karena perencana keuangan kami akan menanggapinya. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Gold Ring – https://goo.gl/UQiCsQ
  • Gold Jewelry – https://goo.gl/ANJJ2I

 

 

Download E-Book Panduan Investasi Emas Untuk Pemula (GRATIS)

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang