Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan

 

Apa saja tips dalam mempersiapkan dana pendidikan dan asuransi dana pendidikan? Apa yang ada di benak Anda ketika Anda memiliki seorang anak? Kita semua tahu bahwa pada saat memiliki seorang anak, selain kebutuhan hidup yang harus dipenuhi anak tersebut, kita akan langsung terpikirkan tentang bagaimana memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja tips praktis untuk mempersiapkan dana dan asuransi dana untuk pendidikan bagi anak mereka.

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan

Salah satu teman kami bertanya melalui Facebook Finansialku mengenai dana dan asuransi dana untuk pendidikan:

Pertanyaan: Selamat siang Finansialku. Saya ingin bertanya. Saya sudah menikah dan akan memiliki anak pertama. Saya ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak saya. Pertanyaan saya adalah apa saja tips dalam mempersiapkan dana dan asuransi dana untuk pendidikan? Mohon jawaban dari tim Finansialku ya. Ditunggu atas jawabannya, terima kasih.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan silakan like Facebook Finansialku dan kirimkan pertanyaan Anda.

 

Jawaban:

Seperti yang kita ketahui, setiap orangtua pasti sayang kepada anaknya dan ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Salah satu yang menjadi prioritas bagi para orangtua sebagai tanda sayang orangtua kepada anaknya adalah dengan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak mereka. Hal terutama agar dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi sang buah hati adalah dengan mempersiapkan dana pendidikan anak serta asuransi dana pendidikannya.

Manfaat dari mempersiapkan dana pendidikan anak adalah untuk memberikan kepastian bahwa sebagian besar atau bahkan seluruh dana tersebut telah tersedia pada saat anak Anda ingin sekolah atau kuliah. Sedangkan manfaat dari mempersiapkan asuransi dana pendidikan adalah untuk melindungi dana pendidikan anak atau mentransfer risiko kerugian finansial yang dapat menyebabkan dana pendidikan anak menjadi terpakai.

Konsultasi Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal?]

 

Di bawah ini, beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat mempersiapkan dana pendidikan anak Anda dan asuransi pendidikannya, agar anak Anda mendapatkan pendidikan yang terbaik.

 

Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan

Inilah tips praktis mempersiapkan dana dan asuransi yang saya siapkan untuk para pembaca. Semoga bermanfaat.

 

#1 Ketahui Jumlah Dana Pendidikan Yang Dibutuhkan

Tips pertama yang paling penting dalam mempersiapkannya adalah Anda harus mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan anak Anda. Anda harus menentukan apakah Anda ingin mempersiapkan dana untuk tingkat sekolah SD, SMP, SMA atau kuliah.

Setelah Anda menentukannya, Anda dapat ke sekolah atau universitas yang bersangkutan untuk menghitung berapa besar jumlah biaya uang sekolah atau universitas tersebut. Jumlah biaya tersebut harus Anda hitung kenaikan inflasi setiap tahunnya, sehingga sesuai dengan biaya pada saat anak Anda ingin menggunakannya. Anda dapat menggunakan aplikasi pada finansialku.com atau meminta perencanaan keuangan Anda untuk menghitungnya.

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Besarnya jumlah dana yang Anda butuhkan, juga merupakan jumlah uang pertanggungan asuransi dana pendidikan yang Anda harus siapkan. Jadi tips pertama yang Anda harus lakukan adalah mengetahui jumlah dana pendidikan yang dibutuhkan.

 

#2 Ketahui Kondisi Keuangan Anda Sekarang

Setelah Anda mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan, tentunya Anda harus menghitung besarnya dana yang harus Anda tabung setiap bulan atau tahun mulai dari saat ini. Oleh karena itu, Anda harus menuliskan kondisi keuangan Anda saat ini, baik investasi yang Anda miliki maupun asuransi yang telah Anda ambil sebelumnya.

Jika Anda memiliki tabungan atau investasi yang sebelumnya telah Anda siapkan untuk sang anak, Anda dapat memasukan dana tersebut di dalam perhitungan, sehingga dana yang harus Anda kumpulkan menjadi berkurang. Setelah Anda tuliskan dan hitung, maka Anda dapat menemukan berapa besar dana yang harus Anda prioritaskan setiap bulannya agar dana pendidikan anak Anda dapat terkumpul.

Jangan Menyimpan Dana Pendidikan Anak pada Produk Investasi Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Menyimpan Dana Pendidikan Anak pada Produk Investasi Ini]

 

Anda juga harus menghitung berapa besar uang pertanggungan asuransi dana pendidikan yang harus Anda miliki. Jika Anda sudah memiliki asuransi sebelumnya, Anda dapat menggunakan asuransi tersebut sebagai asuransi dana pendidikan sehingga Anda hanya perlu mempersiapkan sisa uang pertanggungannya.

 

#3 Cari Tahu Cara Untuk Memenuhi Kebutuhan Dana Pendidikan Tersebut

Sampai saat ini berarti Anda sudah mengetahui berapa besar dana dan uang pertanggungan asuransi pendidikan yang harus Anda persiapkan sebagai tujuan keuangan Anda. Tips berikutnya adalah Anda harus mencari tahu bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut, Anda mau tidak mau harus berinvestasi, karena setiap tahunnya uang yang Anda miliki akan terkena inflasi sehingga nilainya menurun. Anda harus berinvestasi di instrumen investasi yang dapat mengalahkan angka inflasi setiap tahunnya.

Kesalahan Saat Merencanakan Dana Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 6 Kesalahan saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak]

 

Sebenarnya Anda dapat memenuhi kebutuhan dana tersebut dengan menabung, tetapi karena bunga dari tabungan tidak akan mengalahkan angka inflasi, maka jumlah uang yang harus Anda tabung biasanya sangat besar. Oleh karena itu, jauh lebih baik Anda berinvestasi sesuai dengan tingkat risiko yang dapat Anda tanggung.

Ada beberapa instrumen investasi yang dapat Anda pilih, diantaranya reksa dana, obligasi atau saham. Anda dapat menyesuaikan investasi dengan tingkat pengembalian (return) yang Anda inginkan dan tingkat risiko yang Anda tanggung.

Anda dapat membaca informasi secara khusus mengenai investasi reksa dana. Silakan download e-book reksa dana secara gratis.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#4 Mulailah Berinvestasi dan Lindungi Investasi Anda

Setelah Anda memilih instrumen investasinya, mulailah berinvestasi. Tetapi jangan lupa bahwa Anda juga harus melindungi dana yang sedang Anda persiapkan. Anda harus mempunyai asuransi dana pendidikan yang sesuai dengan dana pendidikan yang Anda butuhkan, karena di dalam hidup selalu ada risiko yang tidak dapat Anda kontrol. Dengan adanya asuransi, setidaknya risiko yang ada dapat Anda pindahkan (transfer) atau dibagi (sharing), sehingga risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial tidak Anda tanggung sendiri.

Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Apakah Bisa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Apakah Bisa?]

 

Investasi dana dan asuransi pendidikan dapat berjalan secara bersamaan, sehingga memang untuk mempersiapkan keduanya, harus ada perencanaan dan perhitungan yang matang. Anda harus memprioritaskan dana untuk ditabung serta mengalokasikan dana untuk membayar premi asuransi dana pendidikan.

 

Rencanakan dan Jalankan Dengan Disiplin

Dengan mengikuti tips diatas, Anda juga jangan lupa bahwa perencanaan yang matang belom cukup. Anda harus menjalankan perencanaan tersebut dengan disiplin. Memprioritaskan dana pendidikan anak butuh kedisiplinan yang baik, karena terkadang kita dapat tergoda untuk menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang lainnya. Semoga tips diatas dapat Anda jalankan dan gunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan dan asuransi pendidikan anak Anda.

 

Apakah Anda sedang mempersiapkan dana dan asuransi pendidikan anak Anda? Bagikan tips Anda dalam mempersiapkan dana dan asuransi pendidikan anak Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pendidikan Anak – https://goo.gl/dBEmGh
  • Pendidikan Anak – https://goo.gl/GKCWbG

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download ebook Investasi Emas

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment