Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal?

Bagaimana dengan asuransi pendidikan untuk dana pendidikan jika anak meninggal? Saya sering menemukan bahwa ketika dihadapkan dengan pertanyaan ini, kebanyakan orangtua akan menghindarinya, karena tidak pernah dalam benak mereka bahwa sang anak akan meninggal dunia terlebih dahulu sebelum mereka. Tetapi pertanyaan ini bukanlah pertanyaan yang aneh atau tabu untuk ditanyakan. Ketika Anda membaca artikel ini, Anda akan mulai mendapatkan informasi-informasi yang mungkin belum pernah Anda dapatkan sebelumnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Pendidikan

Seperti yang kita ketahui bersama, memberikan yang terbaik untuk anaknya adalah impian setiap orangtua, salah satunya adalah pendidikan yang terbaik. Oleh karena itu banyak orangtua yang mengambilkan asuransi untuk pendidikan untuk sang buah hati. Dalam pengalaman saya berinteraksi dengan para orangtua dan bertanya kepada beberapa keluarga, ada banyak sekali orangtua yang mengambil asuransi untuk pendidikan  karena kecintaannya kepada anaknya tanpa mengerti produk seperti apakah asuransi pendidikan itu. Tidak sedikit juga dari mereka, tidak memiliki asuransi jiwa, tetapi mereka memiliki asuransi untuk pendidikan  anak mereka.

Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Orangtua Harus Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak?]

 

Ketika saya bertanya lebih jauh, para orangtua tersebut berpikir bahwa asuransi pendidikan yang mereka ambil adalah tabungan atau investasi untuk dana pendidikan anak mereka, yang suatu saat nanti uangnya dapat dicairkan untuk anak mereka masuk sekolah atau kuliah. Apakah kenyataan demikian?

Sayangnya asuransi pendidikan tidak sepenuhnya merupakan tabungan pendidikan anak. Melainkan memiliki fungsi utama sebagai pengalihan risiko atau perlindungan finansial terhadap risiko yang dapat mengakibatkan dana pendidikan anak menjadi hilang, sehingga anak tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Jika asuransi pendidikan memiliki fungsi utama sebagai perlindungan finansial dan bukan sebagai tabungan atau investasi, apakah mungkin dana pendidikan itu akan cukup jika orangtua hanya memiliki asuransi pendidikan tanpa menyiapkan dana pendidikan itu sendiri?

5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak]

 

Jawabannya tentu saja tidak. Oleh karena itu, saya menyarankan untuk mengambil asuransi pendidikan ketika Anda sebagai para orangtua, sudah menyiapkan atau merencanakan dana pendidikan anak Anda sebelumnya. Ini adalah hal pertama yang penting harus diketahui oleh Anda ketika Anda ingin mengambil asuransi pendidikan untuk anak Anda.

Hal kedua yang tidak kalah pentingnya, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, banyak sekali orangtua yang mengambil asuransi pendidikan untuk anak mereka, tetapi bahkan mereka sendiri sebagai orangtua belum memiliki asuransi jiwa untuk melindungi mereka sebagai orangtua dan pencari nafkah. Pertanyaan yang seringkali saya tanyakan kepada mereka adalah “Kenapa?”

Sekali lagi dasar dari jawabannya adalah karena besarnya kasih sayang orangtua kepada anaknya. Mereka berpikir bahwa anaklah yang harus didahulukan daripada orangtuanya. Oleh karena itu mereka lebih mengutamakan anak mereka terlebih dahulu daripada diri mereka sendiri, dengan membelikan asuransi pendidikan terlebih dahulu. Tetapi ada hal yang sering terlupakan, yaitu bahwa asuransi pendidikan anak terdapat berbagai macam manfaat dan jenisnya.

Rahasia Memilih dan Membeli Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Keluarga Anda

[Baca Juga: Konsultasi: Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Asuransi Pendidikan Anak?]

 

Sebagian besar asuransi pendidikan anak yang tidak memberikan uang pertanggungan jiwa maupun sakit kritis kepada orangtuanya apabila orangtuanya mengalami risiko meninggal dunia ataupun sakit kritis. Memang ketika orangtua mengalami risiko sakit kritis atau meninggal dunia, maka asuransi pendidikan sang anak akan ditabungkan atau dilanjutkan oleh pihak asuransi. Tetapi ada kerugian finansial yang harus ditanggung ketika orangtua mengalami risiko tersebut.

Coba pikirkan, jika orangtua sendiri tidak memiliki asuransi, apalagi orangtua yang berfungsi sebagai pencari nafkah, uang dari manakah untuk biaya pengobatan dan kebutuhan hidup sang anak? Biasanya dana yang akan diambil adalah dana tabungan dan investasi, jika masih belum cukup maka dana dari asuransi pendidikan dan dana pendidikan anaklah yang akan diambil, sebelum menjual aset-aset yang ada jika masih belum mencukupi. Alhasil, dana pendidikan untuk sang anak pun tidak akan ada jika orangtua tidak menyiapkan asuransi untuk dirinya sendiri.

Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak - Finansialku 01

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Ketika Anda memahami informasi ini, Anda akan mulai mempertimbangkan dan merencanakan dengan baik, bahkan Anda dapat bertanya kepada para perencana keuangan independen bagaimana merencanakan dana pendidikan dan asuransi pendidikan Anak yang terbaik untuk anak Anda. Selanjutnya saya akan menjawab, bagaimana jika sang anak meninggal? Apa yang terjadi dengan asuransi pendidikannya?

 

Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan Jika Anak Meninggal?

Tentunya pertanyaan ini adalah pertanyaan yang tidak pernah kita bayangkan untuk ditanyakan. Tetapi masa depan dan risiko adalah hal yang tidak pernah dapat kita prediksi dan duga sebelumnya, selalu ada kemungkinan jika sang anak meninggal dunia. Ketika hal tersebut terjadi, maka tentunya akan ada kedukaan yang mendalam, yang bahkan sampai melupakan segala hal tentang finansial maupun materiil yang ada yang telah disiapkan untuk sang anak.

Setelah keadaan tersebut berlalu, maka baru mulailah muncul pertanyaan berikut, bagaimana dengan asuransi pendidikannya?

Untuk menjawab pertanyaan berikut, kita harus sama-sama mengetahui manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh asuransi pendidikan tersebut. Secara umum, asuransi pendidikan dapat memberikan manfaat pertanggungan jiwa untuk sang anak, manfaat sakit kritis untuk sang anak, rumah sakit untuk sang anak dan tabungan otomatis (jika orangtua mengalami risiko sakit kritis atau cacat tetap total, atau meninggal dunia). Dan biasanya asuransi pendidikan memiliki nilai tunai, baik yang berupa tabungan (asuransi pendidikan dwiguna) atau investasi (asuransi pendidikan unitlink).

Produk Asuransi Jiwa Pilih Tradisional atau Unit Link 02 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink?]

 

Jika sang anak meninggal dunia, pada umumnya, polis asuransi pendidikan tersebut akan membayarkan uang pertanggungan jiwa sang anak ditambah dengan nilai tunai yang terdapat dalam polis anak tersebut. Dan itu berarti asuransi pendidikan anak tersebut sudah berakhir atau ditutup. Dana yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi adalah dana cash yang dapat ditabung kembali atau digunakan untuk keperluan lainnya.

Oleh karena itu, sangatlah penting ketika Anda merencanakan dana pendidikan Anak Anda dan mengambil asuransi pendidikan untuk anak Anda, Anda harus mengetahui dengan jelas produk seperti apa yang Anda ambil. Anda dapat berkonsultasi dengan tim Finansialku terlebih dahulu dengan orang-orang yang memang mengerti tentang asuransi, terutama untuk pendidikan.

 

Rencanakan dan Berharap Yang Terbaik Akan Terjadi

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi sang buah hati. Tentu saja demikian, bahkan saya pun ingin yang terbaik untuk sang anak karena mereka adalah generasi penerus kita semua. Tetapi tidak ada kepastian di masa depan, ada banyak hal dan risiko yang dapat terjadi.

Oleh karena itu, ketika Anda merencanakan keuangan Anda, khususnya ketika merencanakan dana pendidikan anak Anda, jangan lupa agar Anda mengetahui dengan jelas tujuannya dan produk apa yang sebaiknya Anda ambil. Setelah itu serahkan semuanya kepada yang Maha Kuasa dan berharap bahwa yang terbaiklah yang akan terjadi di depan sana.

 

Sudahkah Anda memiliki asuransi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda? Bagaimana dengan asuransi pendidikan untuk dana pendidikan anak Anda? Berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pendidikan – https://goo.gl/EZ4x1m
  • Keluarga – https://goo.gl/tUKBRZ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment