Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink?

Berbicara mengenai asuransi jiwa, sebenarnya tidak selalu berbicara mengenai asuransi unitlink. Produk asuransi jiwa yang ada di Indonesia sebenarnya ada 2 jenis, yaitu asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa non-tradisional atau yang lebih dikenal dengan nama asuransi jiwa unitlink. Ketika ingin membeli asuransi jiwa tentunya kita dapat memilih, asuransi jiwa tradisional atau asuransi jiwa unitlink. Manakah yang harus kita pilih?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Jiwa Tradisional

Dalam sejarah dunia asuransi, produk asuransi jiwa yang pertama kali ditawarkan adalah asuransi jiwa berjangka. Belum ada sebutan asuransi jiwa tradisional pada saat itu. Sebutan asuransi jiwa tradisional muncul sejak dikeluarkannya produk asuransi jiwa non tradisional atau asuransi jiwa unitlink. Hal ini menyebabkan semua produk asuransi jiwa sebelum asuransi jiwa unitlink dikategorikan menjadi asuransi jiwa tradisional.

Produk Asuransi Jiwa Pilih Tradisional atau Unit Link 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak?]

 

Asuransi jiwa tradisional terdiri dari 3 jenis asuransi, yaitu asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa dwiguna (endowment), berikut penjelasannya:

 

#1 Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa yang memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia dalam jangka waktu tertentu. Jadi perlindungannya, hanya dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam jangka waktu 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan atau jangka waktu lainnya. Asuransi ini biasa digunakan sebagai perlindungan finansial untuk tujuan khusus misalnya pada saat membeli KPR rumah (KPR rumah memiliki jangka waktu 5, 10, dan 15 tahun). Atau asuransi ini dapat digunakan pula untuk tujuan keuangan lainnya yang memiliki jangka waktu tertentu. Biaya premi yang harus dibayarkan asuransi jiwa tradisional relatif murah.

Dua Jenis Asuransi yang Perlu Dimiliki oleh Anda dan Masyarakat Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dua Jenis Asuransi yang Perlu Dimiliki oleh Anda dan Masyarakat Indonesia]

 

#2 Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup adalah perkembangan produk asuransi jiwa berjangka. Asuransi jiwa seumur hidup adalah asuransi jiwa yang memberikan perlindungan sampai seumur hidup (pada umumnya hingga 99 tahun), berupa uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia. Kelebihan dari asuransi jiwa seumur hidup adalah apabila tertanggung masih hidup sampai dengan usia berakhirnya pertanggungan (pada umumnya 99 tahun) maka uang pertanggungan asuransinya akan cair sebagai nilai tunai, sehingga tertanggung tetap akan dapat uang pertanggungan tersebut. Biasanya asuransi ini digunakan oleh orang yang ingin mendapatkan perlindungan dalam jangka waktu yang lama.

 

#3 Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna atau biasa dikenal dengan nama endowment. Asuransi jiwa dwiguna adalah asuransi jiwa yang digabungkan dengan tabungan berjangka. Asuransi jiwa endowment merupakan perkembangan produk asuransi jiwa, karena selain uang pertanggungan, terdapat juga tabungan atau nilai tunai yang dapat dicairkan pada waktu tertentu yang jumlahnya dijamin, agar tertanggung dapat memperoleh nilai tunai walaupun tidak terjadi risiko. Tetapi tentu saja jumlah dana dan perkembangan dananya sudah diperhitungkan terlebih dahulu dan sudah dipotong dengan adanya biaya-biaya sehingga dana yang cair tidak sebesar apabila Anda menabung di tabungan berjangka.

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Asuransi jiwa dwiguna mulai digunakan oleh orang-orang yang mempunyai tujuan keuangan khusus. Misalnya untuk dana pendidikan atau dana hari tua atau yang lainnya. Biasanya orang tersebut tidak hanya ingin mendapatkan perlindungan tetapi mereka juga sekaligus ingin menabung meskipun jumlahnya tidak signifikan.

 

Asuransi Jiwa Unitlink

Asuransi jiwa dwiguna yang cukup mendapatkan respon baik karena adanya nilai tunai atau tabungan di dalamnya, membuat perusahaan asuransi jiwa memikirkan ide untuk membuat produk yang lebih baik lagi, yaitu produk yang terdapat investasi di dalamnya. Oleh karena itu, dibuatlah suatu produk asuransi yang terdapat unsur investasi di dalamnya.

Asuransi jiwa unitlink adalah asuransi jiwa yang di dalamnya terdapat unsur investasinya. Berbeda dengan tabungan yang terdapat di dalam asuransi jiwa dwiguna, investasi yang terdapat di dalam asuransi jiwa unitlink tidaklah dijamin. Jadi investasinya memiliki risiko kerugian dan bisa saja dana tunainya habis. Tetapi seperti investasi pada umumnya, ada juga potensi untuk mengalami keuntungan. Investasi yang ada di dalam asuransi jiwa unitlink juga digunakan untuk membayar biaya-biaya yang ada di dalam asuransi unitlink.

Quiz Apakah Anda Mengenal Asuransi Jiwa 02 - Finansialku

 [ Baca Juga: Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi di Unitlink atau Reksa Dana untuk Pensiun Nanti?]

 

Biasanya orang-orang yang suka dengan investasi yang tidak mau repot untuk membeli produk asuransi dan investasi secara terpisah, mereka akan membeli unitlink. Tetapi tentu saja biaya yang dikenakan oleh jiwa unitlink ini lebih besar dibandingkan jika nasabah mengambil asuransi jiwa dan investasi secara terpisah.

Dengan banyaknya pilihan asuransi, sebenarnya mana yang harus dipilih pada saat kita ingin merencanakan asuransi?

 

Pilih Tradisional atau Unitlink?

Sebenarnya pada saat Anda ingin membeli asuransi jiwa, produk asuransi bukanlah hal pertama atau terpenting untuk Anda pertimbangkan. Ada hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda memilih untuk membeli produk asuransi yang mana. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan antara lain:

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Asuransi Jiwa?

 [Baca Juga: Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Asuransi Jiwa?]

 

#1 Apa Tujuan Keuangan Anda Saat Ini

Sebelum Anda membeli produk asuransi jiwa, yang harus Anda tentukan terlebih dahulu adalah tujuan keuangan Anda saat ini. Apabila Anda sedang mengutamakan untuk merencanakan dana pendidikan anak Anda, tentu yang terutama adalah investasi dana pendidikan anak Anda. Setelah itu, Anda dapat menentukan asuransi pendidikan mana yang terbaik untuk anak Anda. Anda dapat membeli asuransi jiwa tradisional dwiguna atau asuransi jiwa unitlink yang memang keduanya adalah untuk melindungi dana pendidikan anak Anda. Saya tidak menyarankan Anda untuk merencanakan dana pendidikan anak Anda di asuransi pendidikan, tetapi gunakan asuransi pendidikan untuk melindungi investasi dana pendidikan anak yang sudah disiapkan sebelumnya.

Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup?] 

 

Jika Anda ingin memiliki tujuan untuk membeli rumah pertama, tentu yang terutama adalah dana untuk membayar DP rumah dan cicilannya. Di dalam cicilan biasanya sudah terdapat asuransi berjangka sesuai dengan lama Anda mencicil rumah tersebut, sehingga apabila tertanggung terkena risiko meninggal dunia maka cicilan rumah akan lunas dengan sendirinya. Disini Anda dapat berpikir untuk membeli asuransi jiwa sebagai pengganti penghasilan untuk melindungi keluarga Anda.

Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu tujuan keuangan Anda baru memilih produk apa yang akan Anda ambil.

 

#2 Berapa Besar Uang Pertanggungan Yang Anda Butuhkan

Setelah menentukan tujuan keuangan, hal kedua yang sama pentingnya adalah Anda harus mengetahui berapa besar uang pertanggungan yang Anda butuhkan. Jika untuk dana pendidikan anak berarti uang pertanggungannya sebesar dana pendidikan anak yang dibutuhkan anak Anda untuk sekolah. Jika untuk cicilan rumah secara otomatis uang pertanggungan asuransinya akan sebesar sisa utang rumah tersebut.

Yah, Salah Dong Saya Memilih Asuransi Unitlink - Finansialku

 [Baca JugaYah, Salah Dong Saya Memilih Asuransi Unitlink?]

 

Ada banyak aplikasi atau cara untuk menghitung uang pertanggungan Anda sekarang ini. Jadi, hitung dahulu uang pertanggungan Anda, baru Anda dapat dengan mudah memilih produk asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#3 Bagaimana Kondisi Keuangan Anda Saat Ini

Hal ini adalah hal yang juga penting menjadi pertimbangan. Setelah Anda mengetahui tujuan keuangan Anda dan berapa besar uang pertanggungan yang Anda butuhkan, kondisi keuangan Anda juga menentukan produk mana yang dapat sesuai dengan kebutuhan Anda. Produk asuransi tradisional memiliki premi yang relatif lebih murah dibandingkan produk asuransi unitlink. Dan tidak semua tujuan keuangan selalu membutuhkan asuransi unitlink sebagai produk asuransinya. Anda dapat menggunakan keuangan Anda untuk hal yang lainnya dibandingkan untuk membeli suatu produk asuransi yang mahal yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Uang Terbatas, Mau Asuransi dan Investasi, Apakah Unitlink Solusinya - Finansialku

[Baca Juga: Uang Terbatas, Mau Asuransi dan Investasi, Apakah Unitlink Solusinya?]

 

Pilih Produk Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Ketika Anda memilih produk asuransi, dapat saya katakan bahwa tidak ada satupun produk yang dapat menjawab semua kebutuhan keuangan Anda. Karena sebelum memilih Anda harus mempertimbangkan tujuan keuangan Anda, berapa besar uang pertanggungan asuransi yang Anda butuhkan dan bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Setiap orang pasti akan mendapatkan jawaban yang berbeda untuk semua pertimbangan diatas.

Ada orang yang ingin membeli asuransi jiwa unitlink tetapi kondisi keuangannya setelah direncanakan, ternyata tidak mencukupi. Orang tersebut tidak harus memaksakan untuk membeli asuransi unitlink dengan menurunkan uang pertanggungannya. Tetapi orang tersebut dapat membeli produk asuransi jiwa tradisional yang lebih murah preminya untuk mendapatkan uang pertanggungan sesuai dengan tujuan keuangan dan kebutuhan Anda. Jadi pilihlah produk asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi tentu saja, jika Anda merasa bahwa produk asuransi jiwa unitlink lebih baik daripada yang lainnya dan tetap ingin meskipun uang pertanggungannya tidak sesuai, itu adalah pilihan Anda. Bagaimanapun juga pilihannya ada di tangan Anda.

 

Bagaimana dengan Anda? Apakah yang Anda lakukan untuk merencanakan perlindungan bagi keluarga Anda? Manakah yang Anda pilih, asuransi jiwa tradisional atau asuransi jiwa unitlink? Bagikan Pengalaman Anda dalam membeli produk asuransi jiwa di kolom bawah dan jangan lupa untuk terus bagikan artikel Finansialku kepada rekan dan keluarga Anda. Terima Kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Jiwa – https://goo.gl/dLBZ4L
  • Future Ready – https://goo.gl/xkTlPJ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download