Yah, salah dong saya memilih asuransi unitlink? Ada banyak fakta mengenai unitlink yang sering dijadikan kontroversi. Kali ini Finansialku akan membahas beberapa kontroversi mengenai asuransi unitlink.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kontroversi Asuransi Unitlink

Sejak dikenalkan di Indonesia, asuransi unitlink merupakan sebuah produk yang dianggap cukup kontroversial. Banyak pihak yang mempertanyakan kredibilitas asuransi unitlink karena memiliki konsep yang terlihat berbeda jauh dengan asuransi tradisional. Unitlink sempat dipertanyakan oleh lembaga-lembaga perlindungan hak konsumen. Bahkan beberapa perencana keuangan pun pernah mempertanyakan keoptimalan kinerja unitlink.

Sama halnya dengan produk investasi, produk asuransi pun sangat beragam. Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sayangnya sering terjadi kesalahpahaman mengenai asuransi unitlink. Akibatnya Anda mempertanyakan apakah memilih asuransi unitlink adalah suatu kesalahan?

Uang Terbatas, Mau Asuransi dan Investasi, Apakah Unitlink Solusinya - Finansialku

[Baca Juga: Uang Terbatas, Mau Asuransi dan Investasi, Apakah Unitlink Solusinya?]

 

Setiap orang memiliki kebutuhan asuransi yang berbeda-beda. Karenanya tidak ada jawaban yang mutlak untuk pertanyaan tersebut. Semua tergantung dengan kebutuhan dan pilihan Anda. Namun sebelum memilih produk asuransi, sebaiknya Anda menilai setiap produk yang ditawarkan secara objektif untuk mendapatkan keputusan yang optimal. Jangan sampai pilihan Anda terbias oleh kesalahpahaman yang tidak dapat dipastikan. Karena itu Finansialku akan membahas beberapa kesalahpahaman mengenai asuransi unitlink yang berasal dari berbagai sudut pandang.

Berikut adalah beberapa kesalahpahaman mengenai asuransi unitlink yang sering beredar:

 

#1 Unitlink adalah Produk Investasi yang Merugikan

Banyak orang yang mengatakan bahwa unitlink adalah produk investasi yang merugikan. Hal ini bisa saja benar, namun bisa juga salah. Bagaimana bisa begitu? Sebelumnya, mari kita samakan persepsi. Unitlink memang adalah sebuah produk yang menggabungkan asuransi dengan investasi. Tetapi pada dasarnya tujuan utama diciptakannya asuransi unitlink adalah untuk melindungi nasabah, bukan untuk investasi. Sayangnya banyak pihak yang sering menyalahartikan kegunaan fitur investasi dalam unitlink.

apakah-karyawan-perlu-membeli-asuransi-unitlink-kan-ada-asuransi-perusahaan-1-finansialku

[Baca Juga: Apakah Karyawan perlu Membeli Asuransi Unitlink, Kan Ada Asuransi Perusahaan?]

 

Idealnya investasi diharapkan dapat menghasilkan keuntungan. Keuntungan yang dimaksud adalah keuntungan dalam bentuk uang yang dapat dibelanjakan atau digunakan untuk keperluan tertentu. Dalam skema unitlink, sebenarnya investasi juga diharapkan menghasilkan keuntungan. Hanya saja keuntungan tersebut pada dasarnya diperuntukkan bagi pembayaran premi, bukan untuk Anda gunakan secara langsung.

Banyak orang yang merasa terbeban jika harus membayar premi asuransi secara terus-menerus. Karena itu asuransi unitlink diharapkan menjadi solusinya. Dalam skema unitlink Anda memiliki peluang cuti premi. Cuti premi merupakan kondisi dimana Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk terus membayar premi karena premi yang seharusnya dibayar tersebut ditutupi dengan hasil investasi. Disinilah keuntungan investasi yang Anda dapatkan. Keuntungan investasi tetap berbentuk uang, namun uang tersebut langsung digunakan untuk membayar premi. Dengan begitu pada masa cuti premi Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Tetapi jangan sampai salah persepsi, dalam unitlink pun Anda tetap harus membayar premi sampai meninggal. Perbedaannya premi tersebut bisa ‘dibayarkan’ oleh keuntungan hasil investasi yang terdapat di unitlink. Berbeda dengan asuransi tradisional dimana Anda harus terus mengeluarkan uang sendiri untuk membayar premi sampai meninggal nanti.

apakah-mahasiswa-dan-anak-muda-perlu-asuransi-jiwa-unitlink-1-finansialku

[Baca Juga: Apakah Mahasiswa dan Orang Muda Perlu Asuransi Jiwa Unitlink?]

 

#2 Unitlink adalah Produk Asuransi yang Mahal

Besarnya premi asuransi sangat beragam antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Secara umum asuransi unitlink memang memiliki premi yang lebih besar daripada asuransi lainnya. Tetapi harga tersebut bukanlah harga yang mahal. Premi yang lebih besar belum tentu lebih mahal. Premi asuransi unitlink memang lebih besar dibandingkan asuransi jiwa tradisional, tetapi manfaat yang didapatkan pun beragam. Jika dalam asuransi jiwa tradisional Anda hanya mendapatkan manfaat uang pertanggungan ketika meninggal dunia, Anda mendapatkan berbagai manfaat dalam asuransi unitlink. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi lainnya.

Anda tentu tidak dapat membandingkan harga satu apel dengan harga 4 apel. Pada dasarnya harga setiap apel sama saja, perbedaannya adalah berapa jumlah apel yang Anda beli. Semakin banyak apel yang dibeli tentu saja harganya semakin besar, bukan berarti lebih ‘mahal’. Jika disebut lebih mahal, kira-kira seperti ini kasusnya:

asuransi-jiwa-tidak-cuma-unitlink-ada-juga-asuransi-jiwa-tradisional-finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Tidak Cuma Unitlink, Ada Juga Asuransi Jiwa Tradisional]

 

1 apel harganya Rp10.000. Tetapi jika Anda membeli lebih dari 1 apel, harganya akan naik Rp1.000 per apel. Misalnya Anda membeli 4 apel maka harganya:

Apel 1 = Rp10.000

Apel 2 = Rp11.000

Apel 3 = Rp12.000

Apel 4 = Rp14.000

 

Jika kasusnya seperti ini maka layak disebut lebih ‘mahal’. Sementara kasus unitlink tidaklah seperti itu. Anda membayar harga yang lebih besar untuk manfaat yang lebih banyak sehingga harga untuk setiap manfaat adalah sama saja, bahkan bisa lebih murah dibandingkan jika Anda membelinya satu per satu.

apakah-unitlink-itu-proteksi-sekaligus-investasi-yang-dibutuhkan-keluargaku-finansialku

[Baca Juga: Apakah Unitlink, Proteksi Sekaligus Investasi yang Dibutuhkan Keluargaku?]

 

#3 Proteksi yang Diberikan Unitlink Tidak Mencukupi Kebutuhan

Uang pertanggungan yang ditawarkan dalam asuransi unitlink dapat beragam. Besarnya uang pertanggungan dapat diperhitungkan sesuai kebutuhan Anda. Dalam asuransi unitlink, Anda mendapatkan beberapa proteksi sekaligus, artinya manfaat yang diberikan bukan hanya manfaat asuransi jiwa. Anda dapat menyesuaikan sendiri berapa pertanggungan yang dibutuhkan. Tentunya semakin besar manfaat yang didapatkan, semakin tinggi harga premi yang harus dibayarkan. Tetapi itu semua kembali lagi pada pilihan anda. Karena itu jika ada pernyataan bahwa asuransi unitlink tidak mencukupi kebutuhan proteksi, Anda dapat mempertanyakannya.

 

Menilai Produk Secara Objektif

Banyak orang mengandalkan pendapat orang lain dalam menentukan sebuah keputusan membeli produk. Seringkali hal ini memang dibutuhkan agar Anda tidak hanya termakan oleh apa yang dikatakan penjual. Di belahan dunia manapun seorang penjual pasti akan mengatakan bahwa produk yang ia jual bagus, karena seorang penjual pasti ingin mendapatkan keuntungan. Karena itu Anda memang membutuhkan penilaian sendiri serta pendapat orang lain untuk dipertimbangkan. Tetapi pastikan Anda dapat mencerna informasi dengan baik. Jika hanya menelan sebuah informasi bulat-bulat, Anda dapat terbawa ke dalam arus kesalahpahaman yang bisa merugikan diri sendiri. Nilailah sebuah produk secara objektif, dengan begitu Anda bisa menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Ceritakan pengalaman Anda pada saat memilih asuransi unitlink! Anda boleh menuliskan pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Darusin, B. R. 2012. Untung Ada Unitlink. Jakarta: Penerbit Change Publication.
  • Madjid, A. A. 2011. Shocking Unitlink. Jakarta: Penerbit Rabka Publisher.

 

Sumber Gambar:

  • Confused – https://goo.gl/7bs4om

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang