Apakah Anda pernah ditawari produk unitlink, proteksi sekaligus investasi? Apakah produk tersebut adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan keluargaku? 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure 

Tanya ke Diri Anda dan Pasangan: Apakah Unitlink itu Proteksi Sekaligus Investasi yang Kami Butuhkan?

Setiap keluarga (terlebih jika Anda adalah pasangan baru menikah) membutuhkan proteksi khususnya proteksi untuk kesehatan seluruh anggota keluarga dan proteksi jiwa untuk tulang punggung keluarga. Dalam ilmu perencanaan keuangan, proteksi adalah hal yang penting dan menjadi bagian dasar dalam perencanaan keuangan.

apakah-unitlink-itu-proteksi-sekaligus-investasi-yang-dibutuhkan-keluargaku-finansialku

[Lihat Infografis: Lindungi Diri Anda dan Aset Anda dengan Asuransi]

 

Pada dasarnya unitlink adalah produk yang dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda sebagai nasabah, asalkan sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya banyak tenaga penjual unitlink, yang terkesan memaksakan produk unitlink untuk semua kebutuhan keuangan Anda. Mulai dari proteksi, biaya pendidikan rumah, biaya perjalanan ibadah, biaya pensiun dan lain sebagainya. Padahal produk unitlink bukan satu produk hebat yang bisa menjadi solusi dari semua tujuan keuangan Anda.

Hal ini menjadikan produk unitlink terkesan tidak memberikan banyak manfaat untuk nasabah. Berikut ini panduan yang dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan Anda

 

#1 Perlindungan Kesehatan untuk Anda dan Seluruh Anggota Keluarga

Asuransi kesehatan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota keluarga, Anda, pasangan dan anak-anak. Seperti yang saya dan Anda ketahu bersama, bahwa biaya berobat (rawat jalan dan rawat inap) sekarang ini biayanya sangat mahal. Jadi pertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan. Lebih bagus lagi kalau ada asuransi kesehatan yang memberikan diskon spesial jika seluruh anggota keluarga ikut serta.

 

#2 Perlindungan Jiwa untuk Tulang Punggung

Kedua Anda yang menjadi tulang punggung keluarga perlu membeli asuransi jiwa (life insurance). Ingat ya, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan itu berbeda. Asuransi jiwa lebih fokus untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran karena tertanggung meninggal dunia atau cacat, sehingga tidak bisa menghasilkan pemasukan. Seringkali produk unitlink sudah gabungan antara asuransi kesehatan, jiwa dan investasi.

Biasanya agen penjual produk unitlink akan menyodori Anda mengenai ilustrasi investasi. Mereka akan menunjukkan kinerja investasi alih-alih menjelaskan lebih dalam mengenai proteksi yang seharusnya Anda butuhkan. Namun harus Anda ingat, kebutuhan Anda pada poin 2 ini adalah asuransi jiwa. Jangan berpikir rugi sudah membayarkan premi asuransi jiwa.

Apakah Rugi, Sudah Bayar Asuransi Jiwa Tetapi Tidak Segera Meninggal - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Rugi Sudah Bayar Asuransi Jiwa, Tetapi Tidak Segera Meninggal?]

 

#3 Manfaat – Manfaat Tambahan

Jika Anda membeli asuransi unitlink, Anda juga bisa memilih dan membeli asuransi tambahan (rider). Nah fitur ini yang sebaiknya Anda perhatikan kembali apa saja asuransi tambahan yang diperlukan oleh keluarga Anda. Jangan beli semua asuransi tambahan, tetapi pilih yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Ingat menambah asuransi tambahan berarti menambah biaya asuransi.

Mengenal Rider Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Rider Asuransi Jiwa]

 

#4 Bagaimana dengan Investasinya?

Mungkin informasi berikut ini adalah akan menjelaskan fungsi utama investasi dalam produk unitlink. Unitlink, dipasarkan di Indonesia, karena dahulu banyak masyarakat Indonesia yang protes dan mengatakan, bayar premi asuransi jiwa itu rugi. Kenapa rugi? Dikatakan seolah-olah rugi karena jika nasabah sehat dan berumur panjang, maka perusahaan asuransi jiwa tidak akan bayar klaim.

Lalu, kalau bukan nasabah yang bayar premi tahunan, jadi siapa yang akan bayar premi asuransinya? Akhirnya para ahli asuransi berdiskusi dengan ahli investasi mengeluarkan konsep, gabungan proteksi sekaligus investasi. Jadi uang investasi tersebut dapat digunakan untuk membayarkan biaya-biaya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Hal ini mengakibatkan seolah-olah masyarakat tidak perlu lagi membayar biaya asuransi. Jika perhatikan skema cara kerja asuransi unit link, Anda akan mengetahui aliran uang untuk proteksi dan uang untuk investasi.

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Unit Link - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Skema Cara Kerja Asuransi Unit Link]

 

Kemudian produk asuransi unitlink ini dikembangkan lagi, terlebih dari sisi investasi. Seiring berjalannya waktu, terjadi banyak  perubahan dan pengembangan produk unitlink. Awalnya investasi dengan tujuan untuk membayar biaya-biaya asuransi, sekarang investasi lebih ditujukan untuk dana pendidikan anak, biaya pensiun dan lain sebagainya. Terkadang malah hal ini yang membingungkan Anda sebagai calon nasabah.

 

Bagaimana Langkah Selanjutnya?

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah unitlink adalah produk asuransi yang bermanfaat, jika sesuai dengan kebutuhan Anda. Supaya lebih bermanfaat Anda perlu:

  1. Kenali kebutuhan proteksi Anda dan keluarga
  2. Kenali produk asuransi unitlink: fitur produk, biaya, cara pembayaran, syarat klaim dan lain-lain.
  3. Hitung kebutuhan Anda dan beli sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan.
  4. Cek kembali polis yang sudah ada dan pastikan Anda memahami isi polis tersebut.
  5. Lakukan review secara berkala.

Semoga Anda mendapat gambaran yang lebih jujur mengenai asuransi unitlink, proteksi sekaligus investasi.

 

Apa yang Anda perhatikan ketika Anda membeli produk untiink? Apakah Anda membeli produk unitlink sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan saran penjual?

 

Sumber Gambar:

  • Family – https://goo.gl/zpWUY6

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang