Sebagai pasangan muda yang baru memulai hidup berkeluarga, mungkin hanya sebagian kecil pasangan yang memikirkan untuk memiliki asuransi jiwa. Padahal seharusnya, asuransi jiwa sudah menjadi salah satu pertimbangan saat berbicara tentang keuangan oleh pasangan muda baru menikah dan memulai suatu keluarga. Mengapa demikian? Mari kita simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Beberapa Alasan Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa

Memang pembicaraan atau pembahasan tentang asuransi bukanlah pembicaraan yang umum bagi pasangan muda yang baru saja menikah. Banyak sekali kebutuhan yang lain yang harus dipenuhi pada saat baru berkeluarga. Oleh karena itu, biasanya asuransi jiwa tidak berada pada urutan atas untuk hal yang harus dipersiapkan oleh pasangan muda.

Tetapi sebenarnya sebagai pasangan muda, justru asuransi jiwa adalah hal yang sangat penting dipertimbangkan untuk dimiliki. Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa pasangan muda harus memiliki asuransi jiwa.

 

#1 Tidak Ada Yang Kebal Dari Risiko

Hidup selalu mempunyai rahasianya sendiri. Seperti halnya hidup, begitu pula dengan risiko seperti musibah atau kecelakaan. Tidak ada seorangpun yang dapat terhindar dari yang namanya risiko apabila risiko itu datang.

Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda Baru Menikah]

 

Ada pepatah yang mengatakan, sedia payung sebelum hujan. Hujan datang dan tidak ada seorangpun yang dapat menghindari hujan, tetapi mereka dapat berteduh atau menyediakan payung terlebih dahulu sebelum hujan itu datang. Begitu pula risiko, risiko layaknya hujan, ada risiko tertentu seperti sakit penyakit atau kematian yang tidak bisa kita hindari, tetapi kita dapat menyediakan perlindungannya terlebih dahulu, yaitu asuransi jiwa. Oleh karena itu, pasangan muda harus serius memikirkan untuk memiliki asuransi jiwa.

 

#2 Risiko Dapat Menyerang Siapa Saja dan Kapan Saja

Kita tidak pernah tahu kapan hujan akan datang dan dimana itu terjadi. Sama seperti hujan, kita juga tidak tahu kapan risiko dan musibah itu terjadi. Risiko dapat terjadi kapan saja dan menyerang siapa saja. Dan jika hal tersebut terjadi, maka akan ada biaya yang sangat besar yang harus kita keluarkan, bukan saja untuk biaya pengobatan tetapi juga untuk pengeluaran biaya hidup setiap bulannya. Apalagi jika risiko itu datang kepada sang kepala keluarga atau pencari nafkah di dalam suatu keluarga.

Di saat seperti itulah peran asuransi jiwa sangat dibutuhkan. Asuransi jiwa dapat membantu untuk mengatasi masalah keuangan yang mungkin terjadi akibat risiko tersebut.

Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini]

 

#3 Kematian Merupakan Hal Yang Pasti

Salah satu hal yang pasti di dunia ini adalah kematian. Tidak ada seorangpun yang dapat luput dari kematian. Ada beberapa risiko yang dapat langsung menyebabkan kematian atau bisa juga menyebabkan kematian secara perlahan.

Pernahkah Anda membayangkan jika sewaktu-waktu pencari nafkah keluarga meninggal dunia secara tiba-tiba, siapakah yang akan membiayai dan melindungi keluarga dari masalah keuangan setelah dia pergi? Pada dasarnya manfaat utama asuransi jiwa adalah untuk melindungi keuangan keluarga yang ditinggalkan jika hal ini terjadi.

 

#4 Dapat Memberikan Ketenangan Batin

Dari semua hal yang dijelaskan diatas, tentunya dengan memiliki asuransi jiwa, Anda lebih memiliki ketenangan dan kesiapan dalam menghadapi risiko-risiko yang mungkin datang tidak tahu kapan waktunya dan dimana serta dapat menyerang siapa saja. Anda daapt lebih tenang untuk memikirkan hal-hal penting lainnya yang harus dilakukan sebagai pasangan muda dalam mempersiapkan kehidupan keluarga.

 

#5 Dapat Berfungsi Untuk Banyak Hal

Asuransi jiwa yang pasangan muda miliki dapat berguna untuk melindungi keuangan keluarga. Ada banyak hal yang dapat asuransi jiwa lakukan sebagai perlindungan keuangan keluarga.

Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah]

 

Asuransi jiwa dapat digunakan sebagai pengganti penghasilan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, apabila risiko itu datang kepada kepala keluarga. Asuransi jiwa juga dapat digunakan sebagai pengganti biaya rumah sakit yang mahal. Atau kadang kala asuransi jiwa digunakan untuk biaya akhir (biaya rumah duka dan pemakaman) akibat dari kematian. Dan mungkin kebutuhan keuangan lainnya yang diperlukan pada saat terjadi risiko yang dapat dilindungi oleh asuransi jiwa.

 

Berapa Besar Preminya? Apakah Rp500 Ribu Cukup?

Bagi pasangan muda yang sudah mengetahui manfaat dan kegunaan asuransi jiwa. Ada pertimbangan kedua yang biasanya mereka pikirkan. Sebagai pasangan muda tentu ada banyak biaya yang harus dikeluarkan dengan dana yang ada. Terkadang untuk mengeluarkan dana lagi untuk membeli asuransi jiwa menjadi sebuah dilema. Oleh karena itu, terkadang pasangan muda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa dengan dana yang tidak terlalu besar, yaitu Rp500 ribu. Pertanyaannya apakah cukup?

Ketika kita membeli asuransi jiwa, yang terpenting sebenarnya bukanlah besarnya premi yang harus kita bayarkan untuk memiliki asuransi jiwa tersebut. Yang lebih penting adalah berapa besar uang pertanggungan yang kita butuhkan agar keuangan keluarga kita terlindungi apabila risiko itu datang.

Kita harus terlebih dahulu menentukan tujuan asuransi jiwa tersebut, apakah untuk mengganti penghasilan? Atau untuk membiayai biaya sakit dan biaya akhir? Lalu bagaimana cara menghitung uang pertanggungan jiwa yang dibutuhkan?

 

Hitung Uang Pertanggungan Jiwamu

Untuk menghitung uang pertanggungannya, Anda dapat menggunakan alat bantu atau tools. Salah satu too­ls-nya adalah aplikasi yang ada di Finansialku.com.

Contoh layar aplikasi Finansialku.com:

Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup 03 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Asuransi Jiwa di Sepanjang Usia]

 

Dengan aplikasi ini, kita hanya perlu mengisi pengeluaran kita untuk keluarga dan pengeluaran pribadi kita. Lalu kita harus mengisi berapa persen hasil investasi yang akan kita terima ketika dana tersebut diinvestasikan untuk membiayai kebutuhan hidup setiap bulannya.

 

Contoh hasil perhitungannya:

Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup 04 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Langkah Perencanaan Pensiun yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Sebelum Usia 50 Tahun]

 

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode need approach, maka Anda membutuhkan uang pertanggungan sebesar Rp1.194.835.536 dengan asumsi inflasi 10% per tahun dan estimasi hasil investasi 12% per tahun.

 

Diskusikan Bersama Pasangan Anda

Ketika Anda sebagai pasangan muda ingin memiliki asuransi jiwa, Anda harus terlebih dahulu mendiskusikan dan mengkomunikasikannya dengan baik satu dengan yang lainnya sampai ada kesepakatan untuk perencanaan asuransi tersebut, sehingga Anda dan pasangan dapat mengetahui manfaat asuransi jiwa yang akan Anda dan pasangan Anda miliki. Selamat merencanakan asuransi jiwamu dan menghitung uang pertanggungannya.

 

Apakah Anda pasangan muda yang baru menikah? Sudahkah Anda merencanakan dan memiliki asuransi jiwa?

 

Sumber Gambar:

  • Happy Asian Couple – https://goo.gl/Z05aB3
  • Asian Couple – https://goo.gl/yhCjyn

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana