Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini

Bagaimana cara merencanakan keuangan untuk ibu muda? Sebagai ibu rumah tangga tentunya kepentingan keluarga dan rumah menjadi yang utama. Bagi Anda para ibu muda yang baru saja membangun keluarga, tidak perlu khawatir dalam perencanaan keluarga. Mari ibu muda kenali dan praktikkan cara merencanakan keuangan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Siapa Bilang Ibu Muda Tidak Mampu Merencanakan Keuangan

Banyak yang beranggapan bahwa biasanya kepala rumah tangga yang mampu merencanakan keuangan. Ibu muda terbiasa dengan memikirkan kebutuhan buah hati dan kehamilan serta perencanaan untuk melahirkan. Namun nyatanya di samping itu, ibu muda juga perlu merencanakan keuangan terutama setelah adanya buah hati yang akan mengubah seluruh kebutuhan sehari-hari. Melalui artikel ini, Finansialku mengajak para ibu muda untuk mengenali dan mempraktikkan cara merencanakan keuangan berikut ini.

Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini]

 

#1 Kembali Bekerja

Menjadi seorang ibu biasanya dihubungkan dengan kemampuan untuk multi tasking. Banyak ibu muda yang sebelum menikah meniti karier dan merupakan pekerja. Lalu bagaimanakah perencanaan Anda setelah menikah dan memiliki anak? Anda dapat merencanakan untuk kembali bekerja setelah melahirkan, namun perlu dipertimbangkan apakah hal tersebut memungkinkan atau tidak. Perlu dipikirkan siapakah yang akan menjaga sang anak, berapa biaya asisten rumah tangga atau mungkin biaya penitipan anak. Jika memang keadaan tidak memungkinkan, Anda dapat mencari alternatif seperti bekerja di rumah atau membuka usaha kecil-kecilan. Ingatlah bahwa peran seorang ibu di rumah sangatlah berarti, namun bukan berarti Anda tidak membantu suami dalam merencanakan keuangan.

 

#2 Mengambil Cuti Melahirkan

Terkadang keadaan memaksa seorang ibu untuk menjadi kepala rumah tangga yang mencari penghasilan, sehingga tidak bekerja bukanlah sebuah pilihan. Jika memang Anda terpaksa untuk tetap bekerja, ambilah cuti melahirkan yang panjang untuk mengurus buah hati Anda. Sesulit apapun itu, Anda perlu membagi waktu antara bekerja dan mengatur keluarga. Pertimbangkanlah bahwa memperpanjang cuti akan sangat sulit, sehingga sebaiknya Anda bernegosiasi dengan atasan untuk cuti yang panjang, dan jika Anda sudah membereskan urusan di rumah, Anda bisa saja masuk lebih awal dari yang sudah direncanakan bukan?

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom 1 - Finansialku

[Baca Juga: 8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom]

 

#3 Mencari Penitipan Anak

Sebelum Anda melahirkan, antisipasilah kebutuhan penitipan anak atau suster yang dapat membantu Anda mengurus buah hati Anda. Bukan hal yang mudah mencari seseorang yang dapat dipercaya untuk menjaga buah hati Anda, terlebih lagi dengan biayanya yang tidak sedikit. Dengan demikian dibutuhkan pencarian dan perencanaan keuangan yang akan memakan waktu cukup lama. Dengan demikian, lebih baik Anda mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum Anda benar-benar membutuhkannya.

 

#4 Mempersiapkan Dana Pendidikan

Mungkin Anda baru saja menikah dan memulai kehidupan berkeluarga, namun sebaiknya Anda dan pasangan meluangkan waktu untuk membicarakan masa depan keluarga. Seperti berapa banyak anak yang diinginkan, bagaimana pendidikan yang ingin disiapkan untuk buah hati Anda, dan sebagainya. Bagi keluarga baru yang mungkin baru saja dibangun, menyiapkan dana pendidikan bagi buah hati terasa masih sangat mengawang-ngawang dan belum menjadi prioritas. Namun kenyataannya adalah Anda harus mempersiapkan dana pendidikannya sedini mungkin, terkadang sejak Anda baru saja hamil. Pertimbangkan dan persiapkan bentuk investasi dana pendidikan yang sesuai untuk masa depan buah hati Anda, seperti contohnya reksa dana. Lebih baik berlebih daripada nantinya kekurangan dan anak Anda harus merelakan pendidikan terbaik bukan?

Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update) - Finansialku

 [Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

#5 Asuransi Jiwa

Banyak orangtua yang tidak pernah memperbarui asuransi jiwanya, padahal banyak kemungkinan kebutuhan asuransi berubah saat seorang ibu sedang mengandung. Pada usia kandungan trimester akhir, biasanya muncul potensi diabetes pada ibu, yang mungkin akan menimbulkan biaya lebih jika Anda tidak memperbaharui cakupan asuransi Anda sebelum waktunya. Setelah melahirkan, potensi diabetes dan kesehatan sang ibu akan kembali berubah, dan Anda dapat memperbarui jenis asuransi beserta cakupannya kembali.

 

#6 Membuat Perencanaan

Siapapun yang baru saja memulai kehidupan berkeluarga biasanya masih memiliki surat berharga atau kepemilikan yang masih diatasnamakan orangtua atau keluarga. Tidak peduli seberapa sibuk, Anda perlu mengatur prosedur pindah nama dan mempersiapkan rumah, serta seluruh keterangan hak waris yang jelas. Ini merupakan kewajiban bagi keluarga baru yang akan memulai kemandirian finansial. Anda perlu memastikan dengan jelas siapakah yang akan menjadi ahli waris untuk seluruh investasi Anda, dimulai dari asuransi jiwa, akun investasi, dana darurat dana pensiun agar tidak ada penyalahgunaan atas dana investasi Anda nantinya.

Moms, Praktikkan 25 Tips dan Trik Berbelanja di Supermarket agar Hemat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Praktikkan 25 Tips dan Trik Berbelanja di Supermarket agar Hemat]

 

Keseimbangan antara Pekerjaan dan Keluarga

Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya Anda tahu sulitnya untuk membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Untuk mengatasinya, persiapkanlah kehidupan berkeluarga dan keuangan Anda dengan mengenal dan mengaplikasikan beberapa tips di atas. Dengan demikian, ibu rumah tangga muda tetap dapat menjalankan tugasnya namun juga dapat membantu suami dalam merencanakan kebutuhan keuangannya.

 

Apakah Anda mengetahui cara-cara merencanakan keuangan bagi ibu muda lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Winnie Sun. 9 Mei 2014. A Financial Planning Guide For Expectant And New Moms. Forbes.com – https://goo.gl/OOIq6l

 

Sumber Gambar:

  • Asian Family – https://goo.gl/cX97w1
  • Happy Asian Family – https://goo.gl/cSRiYi

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-05T14:16:27+00:00 May 26th, 2017|Categories: Keuangan, Keuangan Keluarga, Perencana Keuangan|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download