Adakah tips dan trik untuk berbelanja di supermarket agar Anda hemat? Supermarket kini menjadi salah satu solusi bagi ibu rumah tangga untuk memudahkan proses belanja. Namun berbelanja di supermarket bukan berarti boros, Moms. Mari kita lihat bagaimana tips dan trik berbelanja di supermarket agar hemat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berbelanja Hemat di Supermarket

Banyak yang menghindari berbelanja di supermarket dengan anggapan harganya yang mahal. Banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih untuk berbelanja di pasar tradisional karena harganya yang murah dan dapat ditawar.

Namun ternyata belanja di supermarket tidak berarti pemborosan. Moms, praktikkan tips dan trik berbelanja di supermarket dari Finansialku berikut ini agar hemat.

Moms, Praktikkan 25 Tips dan Trik Berbelanja di Supermarket agar Hemat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan?]

 

#1 Belanja Sesuai Kebutuhan

Supermarket menggunakan beberapa trik cerdas untuk meningkatkan pembelian, salah satunya adalah dengan menyimpan makanan ringan seperti permen di dekat kasir agar mendorong Anda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Hindari membeli lebih dari yang Anda butuhkan dan ikutilah list belanja yang sudah Anda buat.

 

#2 Atur Anggaran

Daripada mencari cara untuk membeli sebanyak-banyaknya dengan harga semurah-murahnya, aturlah anggaran dan perhitungkan apa yang sebaiknya Anda beli terlebih dahulu dengan anggaran tersebut.

 

#3 Mahal Bukan Berarti Bagus

Hilangkan pola pikir bahwa harga yang lebih mahal berarti kualitas yang lebih tinggi. Anda dapat menggunakan downshift challenge, yaitu belilah seluruh kebutuhan yang setingkat lebih murah dan jika Anda tidak merasakan perbedaan kualitasnya, maka selanjutnya belilah produk yang lebih murah tersebut.

 

#4 Bandingkan Harga

Selalu bandingkanlah harga dari berbagai merek untuk setiap produk sehingga Anda memperoleh beberapa pilihan untuk berhemat.

 

#5 Cari Alternatif Produk Pembersih

Produk pembersih seperti sabun cuci piring, cairan pembersih toilet dan kaca merupakan salah satu produk yang dapat dihemat. Anda dapat menggantinya dengan alternatif tradisional seperti cuka atau lemon sebagai pembersih sehingga dapat menghemat sejumlah uang.

 

#6 Carilah Review Produk

Carilah review produk yang akan Anda beli agar Anda tidak menghabiskan uang Anda secara percuma. Maksimalkan nilai uang Anda dengan membeli produk yang tepat.

Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Suka Belanja Berlebihan? Ini Cara Mengendalikannya!]

 

#7 Bandingkan Produk dari Perusahaan yang Sama

Umumnya sebuah perusahaan memiliki beberapa anak perusahaan yang memproduksi berbagai merek berbeda dengan target pasar yang berbeda, sehingga biasanya terdapat produk serupa dengan harga yang lebih murah. Namun bukan berarti produk yang lebih murah lebih buruk kualitasnya, tidak ada salahnya dicoba kan?

 

#8 Hindari Berbelanja saat Lapar

Jika berbelanja dalam keadaan lapar, kemungkinan untuk membeli benda yang tidak dibutuhkan lebih besar.

 

#9 Manfaatkan Kupon Belanja

Anda dapat memperoleh potongan harga atau promo menarik lainnya dengan menggunakan kupon belanja. Kupon ini dapat Anda peroleh di koran atau via internet.

 

#10 Jangan Mudah Terpengaruh oleh Promo

Kebiasaan ibu rumah tangga adalah membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan hanya karena adanya potongan harga. Hindari kebiasaan ini untuk menghemat biaya belanja bulanan Anda.

 

#11 Diskon Belum Tentu Murah

Jika terdapat promo atau potongan harga, jangan mudah terpengaruh dan langsung membelinya. Bandingkan dahulu harganya dengan supermarket lain atau via internet, sehingga Anda tidak akan tertipu dengan potongan yang tidak menguntungkan.

 

#12 Gunakan Voucher Belanja Online

Supermarket terkadang memberikan promo atau voucher belanja dengan syarat tertentu, seperti mem-follow sosial medianya atau mendaftar di website.

8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan (Ga Pake Ribet) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Agar Uang Belanja Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan?]

 

#13 Pilihlah Supermarket yang Lengkap dan Murah

Kini supermarket sudah tersebar dimana-mana dan sangat banyak ragamnya. Dengan demikian, Anda dapat membandingkan harganya dengan mudah dan memilih supermarket yang murah dan lengkap.

 

#14 Manfaatkan Cashback

Beberapa supermarket juga menawarkan sistem cashback dengan nominal pembelanjaan tertentu. Anda dapat memanfaatkan sistem ini apabila memungkinkan.

 

#15 Manfaatkan Buy One Get One Free

Terkadang terdapat produk yang memberikan promo berupa BOGOF (Buy One Get One Free), namun jangan mudah tergoda dan langsung membelinya. Pikirkan terlebih dahulu apakah Anda membutuhkannya atau tidak.

 

#16 Gunakan Kartu Member

Beberapa supermarket menawarkan kartu member, namun tidak seluruhnya menguntungkan. Pertimbangkanlah dan pilihlah supermarket sesuai keuntungan member yang sesuai. Jangan sampai Anda memilih supermarket yang mahal hanya karena promo member-nya yang tidak sepadan.

 

#17 Manfaatkan Ketentuan Supermarket

Salah satu ketentuan supermarket yang sering Anda dengar mungkin “Jika Anda menemukan produk sejenis dengan harga lebih murah, kami akan menggantinya 2x lipat”. Manfaatkan ketentuan seperti ini untuk penghematan tambahan.

 

#18 Carilah Promo Malam Hari

Terdapat salah satu jenis promo yang biasanya muncul di malam hari dan umumnya berlaku untuk produk makanan seperti roti atau buah. Produk yang mudah kadaluarsa biasanya akan dijual lebih murah di malam hari untuk menghindari kerusakan.

Bernakah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Benarkah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan?]

 

#19 Hindari Membuang-buang Makanan

Bedakan tanggal kadaluarsa (expiry date) dan tanggal makanan sebaiknya dikonsumsi (best before). Jika yang tertera adalah tanggal kadaluarsa, maka makanan memang sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi, namun jika yang tertera adalah tanggal makanan sebaiknya dikonsumsi, maka makanan masih layak dimakan.

 

#20 Gunakan Memo di Kulkas

Untuk menghindari kerusakan makanan akibat kadaluarsa, tempelkan memo berisi tanggal kadaluarsa dari isi kulkas sehingga Anda dapat mengatur makanan yang sebaiknya dimakan terlebih dahulu.

 

#21 Belilah Produk yang Sudah Dekat Tanggal Kadaluarsanya

Mungkin Anda bingung mengapa disarankan untuk membeli produk yang sudah hampir kadaluarsa? Biasanya supermarket memberi potongan harga besar-besaran untuk produk yang sudah hampir kadaluarsa, namun bukan berarti produk tersebut sudah rusak. Produk masih aman digunakan atau dikonsumsi, namun Anda harus cepat menghabiskannya sebelum tanggal kadaluarsanya.

 

#22 Atur Prioritas

Buatlah list belanja sebelum Anda berbelanja, dan aturlah prioritas mulai dari yang terpenting sehingga Anda akan membeli barang yang betul-betul dibutuhkan tanpa melanggar budget yang sudah Anda tetapkan.

 

#23 Buatlah Perencanaan Makan

Aturlah menu makan siang dan makan malam Anda untuk menentukan kebutuhan yang akan Anda beli di supermarket. Dengan demikian, Anda tidak akan membeli lebih dari yang Anda butuhkan.

Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

#24 Manfaatkan Sisa Makanan

Jika Anda menyisakan makanan, jangan langsung membuangnya. Kunjungi beberapa website yang menyediakan resep untuk sisa makanan atau sisa bahan makanan. Olah sisa makanan Anda menjadi menarik dan tentunya Anda menghemat banyak uang.

 

#25 Manfaatkan Promo Hari Besar

Umumnya supermarket memberikan banyak promo dan potongan harga pada hari besar tertentu. Maksimalkanlah belanja Anda pada saat seperti ini, Anda dapat mencicil kebutuhan bulan depan dengan harga yang lebih murah.

 

Berbelanja Murah di Supermarket

Dengan menggunakan beberapa tips dan trik di atas, berbelanja di supermarket tidak akan mahal dan boros seperti yang Anda bayangkan. Nikmati kemudahannya tanpa pengeluaran tambahan yang tidak terduga dan Anda dapat merasakan manfaatnya, Moms.

 

Apakah Anda mengetahui tips dan trik berbelanja di supermarket agar hemat lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jenny. 12 Desember 2016. Supermarket Shopping Tips (33 tools & tricks to slash food bills). Moneysavingexperet.com – https://goo.gl/Zrk2g6

 

Sumber Gambar:

  • Berbelanja di Supermarket – https://goo.gl/26mCSN
  • Supermarket – https://goo.gl/VloZX7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang