Bagaimana perencanaan dana pendidikan jika mempunyai anak kembar? Mempunyai anak kembar merupakan salah satu hal yang terindah yang terjadi di dalam keluarga. Dan mempersiapkan pendidikan yang terbaik bagi mereka merupakan impian setiap orangtua. Dalam mempersiapkan pendidikan yang terbaik, tentu saja butuh perencanaan yang matang pula untuk dana pendidikan mereka. Bagaimana cara merencanakan dana pendidikan bagi keluarga yang mempunyai anak kembar?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Perencanaan Dana Pendidikan

Memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak merupakan tanggung jawab sekaligus hal yang paling diutamakan oleh setiap orangtua. Begitu pula jika anak tersebut kembar, menyiapkan pendidikan anak yang terbaik bagi anak kembar tersebut adalah hal yang utama setelah mencukupi kebutuhan hidup sang anak, karena pendidikan anak biasanya identik dengan karakter yang lebih baik sehingga masa depan sang anak diharapkan menjadi lebih baik.

Mempersiapkan pendidikan anak yang terbaik tentu saja tidak lepas dari dana pendidikan anak yang harus dipersiapkan. Semakin mahalnya dana pendidikan anak akibat dari inflasi biaya pendidikan setiap tahunnya, dapat membuat sang anak tidak mendapatkan pendidikan yang terbaik atau bahkan tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Biasanya dana pendidikan terbesar yang dibutuhkan dan seringkali tidak dipersiapkan adalah dana untuk kuliah. Biaya pendidikan untuk universitas biasanya membengkak menjadi sangat besar akibat inflasi yang terjadi selama bertahun-tahun, sehingga tidak jarang sang anak harus menyesuaikan tempat universitasnya dengan dana yang sudah tersedia. Apalagi jika orangtua tersebut memiliki anak kembar.

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya?]

 

Anak kembar berarti orangtua harus mempersiapkan biaya pendidikannya dua kali lebih besar. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan adanya perencanaan dana pendidikan anak kembar tersebut. Karena tanpa perencanaan dana pendidikan, maka dana yang besar tersebut dapat saja tidak tercapai sehingga anak kembar tersebut harus menurunkan harapannya untuk mendapatkan pendidikan terbaik di universitas pilihannya. Untuk itu, perencanaan dana pendidikan anak menjadi salah satu yang harus dilakukan oleh keluarga yang memiliki anak kembar. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan dana pendidikan anak kembar.

Langkah-Langkah Merencanakan Dana Pendidikan

Berikut ini langkah-langkah dalam merencanakan dana pendidikan agar Anda dapat mempersiapkan dengan baik untuk anak kembar, buah hati Anda.

 

#1 Menentukan Tempat Terbaik untuk Mendapatkan Pendidikan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam merencanakan dana pendidikan anak adalah mencari tempat pendidikan atau sekolah yang terbaik untuk sang anak. Anda dapat memilih apakah anak Anda ingin mendapatkan pendidikan di sekolah nasional, nasional plus atau internasional. Atau mungkin Anda ingin anak Anda bersekolah di rumah atau homeschooling. Apabila Anda sudah menemukan standar sekolah yang Anda inginkan, Anda harus mencari lebih spesifik sekolah mana yang Anda inginkan untuk sang anak.

Jika Anda ingin menyekolahkan kedua anak kembar Anda di sekolah yang sama, maka Anda hanya cukup mencari satu tempat saja untuk keduanya. Tetapi jika Anda ingin menyekolahkan anak Anda di 2 tempat yang berbeda tentu saja Anda harus mencari kedua sekolah dimana Anda ingin mereka disekolahkan.

Dalam hal ini yang lebih penting adalah dimana mereka akan berkuliah, karena seperti yang telah dijelaskan diatas, biaya kuliah adalah biaya pendidikan dengan nominal paling besar diantara semua jenjang pendidikan. Apalagi jika anak Anda ingin berkuliah di luar negeri. Setelah Anda menemukan semua tempat yang Anda lihat baik untuk anak kembar Anda, Anda dapat ke langkah selanjutnya.

 

#2 Mencari Informasi Biayanya dan Menghitung Totalnya

Setelah menemukan tempatnya, Anda harus mencari informasi biaya-biaya yang ada di tempat tersebut. Setelah mendapatkan rincian biayanya, Anda harus menjumlahkan biayanya sampai anak tersebut lulus sekolah atau kuliah.

Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Jika anak kembar Anda ingin Anda mendidik mereka di sekolah yang sama, maka Anda hanya perlu mengalikan dua total biaya keseluruhannya. Tetapi jika mereka akan bersekolah atau mengambil universitas di tempat yang berbeda, maka Anda harus menghitungnya untuk masing-masing anak, lalu menjumlahkannya. Sampai di tahap ini, Anda sudah mendapatkan tempat dimana anak Anda akan bersekolah dan berapa total biaya yang Anda butuhkan apabila anak Anda akan bersekolah disana.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

#3 Menghitung Jumlah Dana Yang Harus Dialokasikan

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah bagaimana cara mempersiapkan dana yang cukup untuk membiayai total biaya pendidikan yang sudah dihitung tadi. Tetapi sebelum Anda menghitung dana yang harus dialokasikan, jangan lupa bahwa hal yang harus diperhatikan adalah inflasi yang akan terjadi setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda harus menghitung kapan biaya itu akan dibutuhkan dan berapa besar biaya tersebut apabila terkena inflasi.

Untuk menghitung hal yang demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi yang ada di finansialku.com. Contoh Aplikasi Finansialku untuk dana pendidikan anak sebagai berikut:

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Risiko Asuransi Pendidikan Anak Plus Investasi yang Tidak Diberitahu oleh Agen Penjual]

 

Di dalam Aplikasi Finansialku, Anda dapat mengisi nama anak Anda dan jenjang pendidikan yang ingin Anda persiapkan untuk anak Anda. Nantinya secara otomatis angka usia masuk dan lama pendidikannya akan muncul.

Saya ambil contoh menghitung dana yang harus dialokasikan untuk membiayai kuliah anak S1, dimana total uang pangkalnya sekarang adalah Rp200 juta dan biaya setiap tahunnya adalah Rp10 juta. Jika usia anak Anda saat ini adalah 0 tahun (baru lahir), maka contoh input yang dapat dilakukan adalah:

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Menyimpan Dana Pendidikan Anak pada Produk Investasi Ini]

 

Hasil perhitungannya:

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 05 - Finansialku

[Baca Juga: STOP Gunakan KTA untuk Dana Pendidikan Anak!]

 

Kekurangan dana pendidikan yang Anda perlukan adalah Rp4,2 miliar, maka Anda perlu berinvestasi sebesar Rp5.498.036 per bulan selama 216 bulan dengan asumsi hasil investasi 12% per tahun.

Jika anak Anda kembar, Anda hanya perlu mengkalikan dua angka yang tertera di dana yang harus dialokasikan atau Anda dapat menghitungnya satu per satu jika Anda ingin menyekolahkan anak kembar Anda di tempat yang berbeda.

#4 Mengevaluasi Keuangan Anda

Langkah berikut setelah Anda mendapatkan dana yang harus dialokasikan, Anda harus juga melihat dimanakah posisi keuangan Anda pada saat ini. Hal ini penting agar kita menjadi realistis terhadap tujuan keuangan kita sehingga kita tidak akan berputus asa atau merasa terlalu berat pada saat mengalokasikan dana pendidikan untuk sang anak.

Apabila Anda merasa angka yang harus Anda alokasikan terlalu besar, maka Anda dapat menyesuaikan tempat pendidikan anak Anda atau sebaliknya Anda dapat semakin termotivasi untuk berusaha mencari penghasilan yang lebih besar untuk memenuhi dana pendidikan sang anak. Setiap tahunnya, Anda juga perlu mengevaluasi besarnya hasil perkembangan dana pendidikan anak Anda yang diinvestasikan. Biasanya beberapa keluarga dibantu oleh para perencana keuangan independen untuk hal ini, tetapi Anda juga dapat melakukannya sendiri apabila Anda ingin meluangkan waktu untuk mempelajari hal tersebut.

Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Pentingnya Perencanaan Dana Pendidikan Anak

Memberikan pendidikan yang terbaik memang merupakan impian setiap orangtua bagi anak-anaknya. Terkadang ada hal yang diluar pertimbangan kita, yang membuat kita tidak dapat memberikan pendidikan yang terbaik, apabila kita sebagai orangtua tidak merencanakan dana pendidikan anak kita terlebih dahulu. Bahkan setelah kita merencanakannya terlebih dahulu pun, terkadang ada hal yang masih berada diluar pertimbangan atau kendali kita, apalagi jika kita tidak merencanakannya. Ketika kita tidak merencanakan dana pendidikan anak kita maka kondisi atau keadaanlah yang akan menjalankan rencananya untuk pendidikan anak kita. Oleh karena itu, perencanaan dana pendidikan anak adalah hal yang penting yang harus diperhatikan, apalagi jika kita dikaruniai dengan anak kembar. Semoga artikel ini membantu Anda untuk merencanakan dana pendidikan anak Anda dengan lebih baik.

 

Bagikan pengalaman Anda ketika mempersiapkan dana untuk anak-anak tercinta melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Anak Kembar – https://goo.gl/a11Wy2 dan https://goo.gl/kvnlxf

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana