Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah

Pilih mana, asuransi pendidikan unitlink atau investasi untuk biaya anak sekolah? Mempersiapkan pendidikan anak selalu menjadi pertimbangan bagi keluarga yang sudah mempunyai anak. Banyak sekali pertanyaan yang muncul pada saat ingin merencanakan pendidikan anak. Rubrik kali ini akan menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berapa Besarnya Biaya Pendidikan?

Pada umumnya, pertanyaan pertama yang timbul adalah berapa besar biaya pendidikan anak sekarang ini? Biaya pendidikan sebenarnya relatif tergantung dimana kita akan menyekolahkan anak kita. Saya mengambil contoh dari salah satu sekolah yang ada di Indonesia sebagai perkiraan biayanya. Kita bisa memperkirakan total biaya pendidikan anak untuk TK dan SD.

 

Biaya Pendidikan TK Ipeka Tomang

Jenjang PendidikanBiaya Uang Masuk atau Pangkal (Rp)Biaya Uang Sekolah (Rp)Total Biaya (Rp)
KB8.900.0001.725.000 x 11 = 18.975.00027.875.000
TK A6.900.0001.800.000 x 11 = 19.800.00026.700.000
TK B4.900.0001.835.000 x 11 = 20.185.00025.085.000

 

Biaya Pendidikan SD Ipeka Tomang

Jenjang PendidikanBiaya Uang Masuk atau Pangkal (Rp)Biaya Uang Sekolah (Rp)Total Biaya (Rp)
SD 117.400.0001.825.000 x 11 = 20.075.00037.475.000
SD 217.400.0001.840.000 x 11 = 20.240.00037.640.000
SD 317.400.0001.855.000 x 11 = 20.405.00037.805.000
SD 411.500.0001.960.000 x 11 = 21.560.00033.060.000
SD 511.500.0001.940.000 x 11 = 21.340.00032.840.000
SD 611.500.0001.985.000 x 11 = 21.835.00033.335.000

*Untuk perhitungan uang sekolah SMP dan SMA dapat menggunakan cara yang sama untuk sekolah yang diinginkan anak Anda masing-masing.

 

Memang untuk biaya pendidikan anak sekarang ini relatif lebih mahal, tetapi biasanya biaya untuk TK dan SD, bahkan sampai SMP maupun SMA masih dapat diambil dari pendapatan bulanan pencari nafkah di keluarga. Tetapi ada juga yang mulai merencanakan menabung untuk biaya sekolah anak sejak dari lahir. Yang biasanya sering kali tidak disangka dan sulit untuk dikumpulkan adalah biaya kuliah atau universitas anak.

Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Risiko Asuransi Pendidikan Anak Plus Investasi yang Tidak Diberitahu oleh Agen Penjual]

 

Tabel diatas merupakan biaya pendidikan anak yang diambil pada tahun 2007/2008. Dan kolom paling kanan ada estimasi biaya kuliah anak beserta biaya hidupnya 10 tahun mendatang, yang berarti pada tahun sekarang 2017/2018. Biaya pendidikan kuliah anaklah yang terkadang sering tidak disangka-sangka oleh orangtua. Orang tua lupa untuk merencanakan atau menabung sejak dini untuk biaya pendidikan kuliah dikarenakan terlalu berfokus pada pendidikan TK-SMA, sehingga sang anak tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah.

 

Disclaimer: Penyebutan merek sekolah pada artikel ini hanya bertujuan untuk sarana edukasi, bukan untuk tujuan lainnya.

 

Bagaimana Cara Membiayai Pendidikan Anak?

Sekarang ini ada banyak sekali program perencanaan pendidikan anak yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga keuangan. Ada banyak keluarga yang memanfaatkan program ini untuk membiayai pendidikan anak mereka. Tetapi ada juga keluarga yang membiayai pendidikan anak mereka dengan menabung atau mengambil investasi sendiri.

Sebenarnya ada beberapa keluarga yang memiliki penghasilan per bulan yang cukup untuk membiayai pendidikan anak mereka mulai dari TK sampai SMA sehingga mereka tidak melakukan perencanaan pendidikan anak sejak dini. Tetapi alangkah baiknya jika kita dapat merencanakan dan menabung untuk membiayai pendidikan anak kita sejak dini.

Sekarang ini, kebanyakan program tabungan atau perencanaan pendidikan anak yang ditawarkan oleh tenaga penjual adalah asuransi pendidikan anak atau investasi pendidikan anak. Baik asuransi maupun investasi pendidikan anak dapat digunakan untuk merencanakan pendidikan anak, karena kedua program ini memiliki uang tunai yang dapat digunakan untuk membiayai pendidikan anak Anda.

Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Sebenarnya Apa Itu Asuransi Pendidikan?

Sebenarnya asuransi pendidikan adalah suatu perlindungan bagi pendidikan anak apabila terjadi suatu risiko yang tidak diinginkan kepada orang yang menjadi sumber penghasilan di dalam keluarga, bisa ayahnya atau ibunya. Jadi apabila terjadi sesuatu kepada pencari nafkah/penghasilan, maka sang anak tetap dapat meneruskan pendidikannya karena pihak asuransi yang akan menanggung biaya pendidikannya.

Tetapi seiring perkembangan zaman, asuransi pendidikan tradisional berkembang menjadi asuransi yang memiliki investasi di dalamnya seperti asuransi unitlink. Oleh karena itu banyak sekali tenaga pemasar yang mulai menawarkan asuransi unitlink ini sebagai produk investasi untuk merencanakan pendidikan anak. Tetapi pada dasarnya tetap saja asuransi unitlink merupakan produk asuransi yang dapat digunakan secara maksimal untuk perlindungan, tidak untuk investasi. Makanya banyak sekali orang yang harus membayar lebih mahal daripada yang seharusnya untuk menggunakan produk unitlink ini untuk merencanakan dan membiayai anak mereka.

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 01- Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Mengapa Lebih Baik Berinvestasi daripada Membeli Asuransi Pendidikan?

Banyak sekali produk-produk investasi yang dapat Anda gunakan untuk membiayai pendidikan anak Anda. Fokus utama ketika kita berinvestasi adalah mengenai imbal hasil (return) yang akan didapatkan juga risiko yang dapat kita tanggung. Biasanya produk investasi sangat kecil sekali biaya yang dikenakan kepada nasabah. Terkadang bahkan untuk jangka panjang, biayanya akan semakin berkurang. Oleh karena itu hasil investasi yang didapat akan maksimal.

Bedanya dengan unitlink adalah pada dasarnya produk unitlink adalah produk asuransi, oleh karena itu terdapat banyak biaya-biaya yang berkenaan dengan manfaat asuransi yang diambil. Dan oleh karena investasi yang ada di unitlink adalah fasilitas tambahan yang diperlukan untuk membayar biaya asuransi mendatang yang akan terus naik, maka biaya investasi yang ada di unitlink jauh lebih besar daripada biaya investasi yang terdapat pada produk-produk investasi. Sebagai contoh, beberapa produk unitlink memiliki biaya investasi 5%, sedangkan untuk beberapa produk investasi biayanya 0-2% tergantung lamanya berinvestasi (kedua biaya ini bukan biaya manajer investasi tetapi biaya investasi pada saat kita berinvestasi). Tentu saja biaya 5% itu sangat besar jika kita berinvestasi dalam jumlah yang besar atau waktu yang lama.

Produk investasi sekarang, sudah sangat beragam dengan berbagai jenis pilihan investasi dan dengan modal yang cukup kecil. Yang harus kita lakukan adalah melakukan investasi secara berkala dengan menggunakan sistem auto debet layaknya kita membayar premi asuransi unitlink. Karena dengan kita berinvestasi secara berkala maka hasilnya akan jauh lebih baik dan lebih besar daripada invetasi unitlink.

5 Pendidikan Keuangan yang Harus Diajarkan Seorang Ibu Kepada Anaknya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pendidikan Keuangan yang Harus Diajarkan Seorang Ibu Kepada Anaknya]

 

Asuransi unitlink lebih tepat jika digunakan untuk melindungi investasi pendidikan anak yang sudah Anda siapkan terlebih dahulu melalui instrumen investasi lainnya. Apabila unitlink digunakan sebagai perlindungan investasi pendidikan anak, tentu saja akan lebih berdampak maksimal. Jika dalam kondisi baik-baik saja, maka anak Anda tetap akan mendapatkan pendidikan yang terbaik, tetapi jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, maka anak Anda tetap akan mendapatkan pendidikan yang terbaik karena asuransi unitlink telah melindungi pembiayaannya.

Oleh karena itu, untuk perencanaan pendidikan anak, jauh lebih baik kita berinvestasi terlebih dahulu di instrumen investasi yang murni, tanpa ada asuransi di dalamnya. Dan setelah kita berinvestasi dengan baik, kita dapat membeli asuransi unitlink untuk melindungi investasi pendidikan anak kita.

 

Sudahkah Anda merencanakan pendidikan anak Anda dengan investasi pendidikan anak? Dan melindunginya dengan asuransi pendidikan anak?

 

Sumber Referensi:

  • Sekolah. 2 Oktober 2015. Sekolah Cathy – https://goo.gl/rHj2ds

 

Sumber Gambar:

  • Siswa – https://goo.gl/KLPOGN
  • Siswa Sekolah Dasar – https://goo.gl/xGA2OA
  • Biaya Pendidikan – https://goo.gl/4Kh2mE

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download