Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya?

Apa perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan? Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk pendidikan anak mereka, karena tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan erat kaitannya dengan masa depan sang anak, dan Anda pasti mendambakan masa depan yang baik bagi anak Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Sebagian orangtua yang berencana mempersiapkan dana pendidikan anak terkadang bingung memilih, karena ada dua jenis produk yang ditawarkan di masyarakat yaitu tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Seringkali kita menyamakan tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan. Hal tersebut memang sering terjadi di kehidupan kita sehari-hari, mengingat kedua produk ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk perencanaan dana pendidikan. Brosur dua produk yang berbeda ini pun hampir mirip. Di bawah ini adalah gambar brosur dari cabang Bank Mandiri. Yang satu adalah brosur tabungan rencana sedangkan yang satu lagi adalah brosur asuransi pendidikan. Sekilas keduanya tampak serupa, sama-sama memberikan janji untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya (Ada Contoh) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografik: Do’s and Don’ts Saat Membeli Asuransi Jiwa]

 

Tapi, secara kinerja, kedua produk ini jelas memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Asuransi pendidikan sebenarnya merupakan produk unitlink yang merupakan produk asuransi dengan investasi di dalamnya, maka sangatlah mungkin apabila dana yang ada di dalamnya malah berkurang. Sementara tabungan pendidikan sifatnya lebih kepada tabungan konvensional dengan bunga tertentu. Di mana nasabah baru dapat mencairkan dananya beberapa tahun kemudian sesuai dengan ketentuan produk. Karena itu, sebelum memutuskan produk mana yang akan dipilih, ada baiknya memahami lebih jauh karakteristik dan risiko dari dua produk tersebut.

 

Asuransi Pendidikan (Unitlink)

Asuransi pendidikan unitlink merupakan produk asuransi yang terdapat investasi di dalamnya. Produk ini bukan merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, jadi tidak ada jaminan dari pihak bank. Asuransi pendidikan merupakan produk dari perusahaan asuransi dan meskipun Anda membelinya di bank, bank hanya berperan sebagai agen penjual produk asuransi tersebut. Dalam asuransi pendidikan, meski ada peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi, namun dibalik itu ada risiko yang tinggi pula. Apalagi ditambah dengan biaya-biaya asuransi yang akan dibebankan.

Oleh karena itu, sangat mungkin apabila uang yang ada di dalamnya berkurang. Keuntungan dari asuransi pendidikan adalah nilai perlindungan atau proteksi dari asuransi pendidikan bisa dibilang tidak terbatas, tergantung pada kemampuan Anda membayar premi, karena memang tujuan utama asuransi pendidikan sebenarnya adalah untuk melindungi tabungan atau dana pendidikan yang ada.

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya (Ada Contoh) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan (atau ada yang menyebutnya sebagai tabungan rencana) merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, dan oleh karena itu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), setidaknya sampai jumlah tertentu dengan ketentuan bunga maksimum. Apabila terjadi sesuatu pada bank bersangkutan, tabungan Anda akan aman karena ada jaminan dari LPS.

Tabungan pendidikan dapat dikatakan tidak ada risiko karena keuntungan sudah pasti diperoleh dari bunga tabungan. Tingkat keuntungan yang diperoleh dari bunga tabungan itu sudah pasti, dalam arti Anda akan memperoleh pembayaran bunga sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh bank. Jadi, nilai simpanan Anda di tabungan pendidikan tidak akan berkurang. Tabungan pendidikan, pada umumnya, memiliki nilai perlindungan asuransi yang lebih rendah ketimbang asuransi pendidikan karena perlindungannya gratis. Premi untuk perlindungan asuransi dibayar oleh bank sehingga jumlah uang pertanggungannya terbatas, biasanya hanya sampai jumlah setoran tertentu.

 

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

 Asuransi Pendidikan (Unitlink)Tabungan Pendidikan
JaminanTidak dijamin, karena produk asuransiDijamin oleh LPS, karena produk bank
RisikoRisiko relatif tinggi, tergantung jenis investasi yang diambilRisiko hampir tidak ada, karena keuntungan berupa bunga bank
Keuntungan InvestasiNaik turun (berfluktuasi), tergantung harga yang terbentukPasti, karena keuntungan berasal dari bunga
PerlindunganTidak terbatas, tergantung premi yang dibayarTerbatas, karena fasilitas gratis

 

Contoh Tabungan Pendidikan

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya (Ada Contoh) 04 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik]

 

Gambar diatas adalah contoh tabungan pendidikan rencana dari Bank Mandiri.

 

Contoh Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya (Ada Contoh) 05 - Finansialku

[Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung, Biaya Berobat dan Asuransi yang Dapat Digunakan]

 

Gambar diatas adalah contoh asuransi pendidikan dari bank Mandiri (Asuransi Mandiri Mapan sejahtera).

 

Jika Anda ingin membeli tabungan pendidikan dan masih bingung untuk memastikan apakah produk yang Anda pilih adalah benar produk tabungan pendidikan dan bukan produk asuransi pendidikan (unitlink), ada 2 pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan saat ingin membeli produk tersebut.

  • Pertama, tanyakan apakah produk ini dijamin oleh bank atau tidak. Jika dijawab tidak, maka pasti produk itu bukan tabungan pendidikan. Kemungkinan itu adalah Asuransi pendidikan. Sebaliknya, jika dijamin oleh bank, produk itu adalah tabungan pendidikan. Dan bukan asuransi pendidikan.
  • Kedua, tanyakan apakah return (tingkat keuntungan) tersebut hasilnya pasti atau tidak. Jika dijawab pasti, itu artinya produk tersebut adalah tabungan pendidikan. Sebaliknya, jika return-nya tidak pasti, berarti itu adalah asuransi pendidikan. Hasil asuransi pendidikan tidaklah pasti, tergantung kinerja investasi pilihannya.

 

Dua pertanyaan sederhana ini cukup untuk menentukan, apakah ini produk tabungan atau produk asuransi. Dan Anda juga harus memastikan pada saat mengisi formulir pengajuan, apakah tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami perbedaan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan lainnya.

 

Sudahkah Anda mempersiapkan pendidikan anak Anda? Manakah yang Anda pilih, asuransi pendidikan (unitlink) atau tabungan pendidikan? Bagikan pandangan dan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Desember 2015. Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak. Cermati.com – https://goo.gl/Kv4wS3
  • Admin. 20 Maret 2014. Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan Risikonya Sangat Berbeda. Duwitmu.com – https://goo.gl/I8oMH5

 

Sumber Gambar:

  • Anak Indonesia – https://goo.gl/WzMuCi
  • Ibu dan Anak – https://goo.gl/8JVfiv
  • com – https://goo.gl/A7viFF
  • Axa-Mandiri.com – https://goo.gl/sj6fGs

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download