Adakah aktivitas keluarga yang dapat dilakukan tanpa biaya besar? Berikut ini beberapa tips yang akan dibahas oleh Finansialku.com mengenai aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan anggaran besar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sarana Bermain yang Murah dan Penuh Edukasi

Membawa keluarga untuk liburan agaknya cukup mahal biayanya. Adakah sarana bermain untuk anak yang tidak perlu mengeluarkan biaya mahal namun masih tetap dapat mengedukasi mereka dan memiliki waktu yang berkualitas bersama mereka? Berikut ini beberapa saran yang diberikan agar Anda dapat menghabiskan waktu luang atau waktu libur bersama anak-anak dengan biaya yang murah tanpa mengurangi sisi edukasi bagi mereka.

Ada 9 Aktivitas Keluarga yang Seru dengan Biaya Hemat untuk Keluarga Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah]

 

#1 Permainan Indoor & Outdoor

Anda dapat membeli beberapa permainan indoor yang dapat Anda mainkan bersama dengan seluruh anggota keluarga, diantaranya adalah papan ular tangga, kartu, video games dan permainan indoor lainnya yang dapat memberi waktu menyenangkan bagi Anda dan anak-anak. Permainan tradisional juga dapat Anda pilih seperti congklak. Permainan-permainan tersebut dapat mengedukasi mereka untuk belajar memiliki strategi, berbagi dan berkompetisi secara adil dan sehat. Anak senang melakukan aktivitas yang menantang. Anda dapat bermain Lego atau UNO. Setiap permainan itu membuat anak untuk belajar memecahkan setiap masalah melalui permainan tersebut.

Permainan outdoor yang dapat Anda lakukan bersama anak-anak diantaranya bermain bola, bermain lempar tangkap dan permainan olahraga outdoor lainnya yang dapat memberi efek kebugaran juga. Anda juga dapat bersepeda bersama mereka mengelilingi komplek rumah atau ke taman kota/alun-alun.

 

#2 Bermain sambil Belajar

Pada saat liburan anak, Anda dapat mengajak mereka untuk pergi mengunjungi museum di kota. Anda dapat belajar mengenai sejarah bersama dengan anak-anak Anda. Mengunjungi perpustakaan umum juga dapat menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan sambil belajar bersama mencari pengetahuan dan menambah wawasan melalui media internet. Anda juga dapat download aplikasi audio books dan Anda bersama keluarga dapat mendengarkannya.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It!]

 

#3 Berwirausaha Kecil-kecilan

Apabila ada kesempatan, ajak anak Anda untuk belajar untuk bersosialisasi dengan sesama melalui berdagang. Pada sebuah bazar yang diadakan sekolah atau komunitas tertentu, sewa sebuah stand untuk dapat berjualan bersamanya. Atau apabila memungkinkan, buat halaman rumah Anda untuk membuat stand jualan sementara. Beri pengalaman anak Anda untuk melakukan tugasnya dan memberi pelayanan kepada para pelanggan. Hal ini dapat dilakukan pada saat liburan panjang anak-anak dan bersifat sementara (mungkin hanya 3 hari atau selama bazar sekolah berlangsung).

 

#4 Mendengar Musik, Bernyanyi & Menari

Luangkan waktu untuk mendengar musik kesukaan keluarga Anda dan bernyanyi bersama. Ajak mereka menarikan irama-irama dari lagu yang mereka sukai tersebut. Buatlah gerakan-gerakan yang unik, lucu dan dilakukan bersama-sama dengan kompak. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya satu dengan yang lain dan menambah rasa keterbukaan dengan anak Anda.

 

#5 Berpartisipasi dalam Aksi Amal

Ajak anak Anda untuk terlibat dalam aksi-aksi amal dan menolong sesama, diantaranya mengumpulkan barang-barang layak pakai seperti mainan, pakaian dan didonasikan kepada panti-panti asuhan atau korban bencana alam. Usahakan mereka ikut terlibat langsung dalam memberikan donasi kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini dapat membuat rasa empati anak akan semakin bertumbuh terutama terhadap mereka yang membutuhkan bantuan dan yang kekurangan. Kemampuan emosional mereka akan semakin baik dan peduli terhadap sesama.

7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

#6 Buat Aktivitas Keluarga yang Menyehatkan

Memasak kue bersama atau masak masakan bersama-sama adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu senggang dengan anak-anak sambil mengajari mereka pola asupan yang bergizi, sehat, bersih dan seimbang. Menu masakan dapat Anda cari via internet untuk dapat mengkreasikan makanan yang Anda masak bersama anak-anak Anda. Sebelum memasak, Anda dapat belanja bersama mereka untuk memilih setiap bahan makanan yang akan dimasak.

 

#7 Perang Bantal

Perang bantal dapat menjadi satu ritual perang di atas kasur yang aman dan menyenangkan. Tetap berikan beberapa peraturan untuk menjamin keamanan dan keselamatan mereka. Perang pistol air dapat dilakukan saat Anda bermain di halaman rumah atau saat berenang di kolam renang.

 

#8 Menambah Teman

Saat bermain ke taman kota atau tempat bermain umum, ajak anak Anda untuk berani berkenalan dengan teman baru mereka. Belajar berbagi dengan mereka dan bermain berbagai fasilitas permainan yang disediakan di taman kota.

Moms Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatur Dana Liburan - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatur Dana Liburan]

 

#9 Nikmati Keindahan Alam

Atur jadwal liburan dengan keluarga Anda untuk berwisata alam. Nikmati suasana hutan, bukit atau gunung dan keluar untuk sejenak dari hiruk-pikuk kota bersama keluarga. Sesekali jadwalkan untuk pergi kemping bersama mereka dan menikmati udara malam dengan hamparan bintang di langit sembari bercerita hal-hal menarik untuk anak-anak Anda. Anda dapat meminjam perlengkapan kemping kepada beberapa teman Anda yang senang berkemping. Mengenai dana, Anda perlu mempersiapkannya jauh hari. Anda dapat mengajak anak Anda untuk ikut menabung demi terlaksananya jadwal kemping keluarga ini. Anak-anak akan merasa bangga karena dilibatkan untuk menabung bersama demi terlaksananya rencana keluarga.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-1-finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

Momen Indah Harga Murah

Tidak perlu berpikir dan memusingkan diri untuk liburan ke tempat-tempat yang mahal bersama keluarga. Anda dapat melakukan beberapa opsi di atas untuk aktivitas-aktivitas menyenangkan bersama keluarga.

 

Masih banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menikmati waktu bersma keluarga. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan, silakan isi kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan setiap informasi bermanfaat dari setiap artikel Finansialku.com kepada teman-teman Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tony Robbins. 10 Free Family Activities – Budget-Friendly Ways to Have Fun with the Kids this Summer. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/56H8bT

 

Sumber Gambar:

  • Holidays with Family – https://goo.gl/TAz9Uq
  • Cycling – https://goo.gl/bDDyPk

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang