Mengekspresikan rasa syukur menjadi salah satu faktor penting penentu keberhasilan. Tidak percaya? Setidaknya ada 7 entrepreneur yang membuktikannya.

Simak rubrik berikut ini dan buktikan kesuksesan bisnis Anda dengan memiliki gaya hidup yang penuh dengan rasa syukur. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rasa Syukur Mempengaruhi Kehidupan dan Kesuksesan Anda

Tahukah Anda bahwa mengekspresikan rasa syukur setiap waktu (tidak hanya selama musim liburan atau ketika weekend) memiliki manfaat yang besar bahkan untuk bisnis apapun yang kita kerjakan.

Rasa syukur yang erat kaitannya dengan rasa terima kasih membuat para pelanggan merasa dihargai. Selain itu, para karyawan yang terlibat mendapatkan dampak positif karenanya.

Mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih adalah penting.

Kita sering menerima begitu saja semua hal dalam kehidupan yang ditawarkan kepada kita, tanpa bersyukur.

Ayo Mengekspresikan Rasa Syukur Seperti 7 Entrepreneur Sukses Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil!]

 

Dalam kehidupan modern yang maju cepat ini, ungkapan rasa terima kasih cenderung luntur.  Ketika seseorang menolong atau bersikap ramah kepada kita, sudahkah kita mengucapkan rasa syukur kita dengan berkata terima kasih?

Ketika office boy membawakan secangkir kopi yang harum setiap pagi atau ketika bawahan kita sudah menyelesaikan bahan presentasi mereka, atau salah satu pelanggan membeli sebuah produk di toko kita, apakah ekspresi rasa syukur Anda sudah terpancar dalam raut muka Anda dan berkata terima kasih atas apa yang mereka telah lakukan?

 

Apa itu Rasa Terima Kasih atau Rasa Syukur?

Rasa syukur adalah timbal balik dari perasaan yang baik dan itulah kenapa kita mendefinisikannya sebagai sikap bersyukur.

Ungkapan rasa syukur artinya menganggap orang lain penting, mengakui bahwa setiap kejadian dan setiap hal di sekitar kita itu baik.

Mengekspresikan rasa syukur lebih dari sekedar perasaan batin yang baik, yang membawa efek menenangkan bagi perasaan kita. Rasa syukur mampu meningkatkan sebuah kualitas hubungan.

Ketika kita merasakan berbagai kejadian terjadi dalam kehidupan kita atau ketika kita bersama orang yang kita cintai, dan di saat itu kita bersyukur dengan mengucapkan terima kasih, perasaan dan batin kita akan terasa lebih ringan meskipun masalah tidak dapat dihindari.

Mengekspresikan rasa syukur itu lebih dari hanya sekadar mengucapkan “terima kasih” dan bersikap sopan. Ketika kita mengucapkan terima kasih, itu adalah awal dari kemurahan hati, rasa sopan dan menunjukkan perhatian serta penghargaan kita terhadap orang lain.

Ungkapan rasa terima kasih adalah cara yang efektif untuk secara positif mempengaruhi perilaku dan sikap kita sendiri kepada orang lain.

Law-of-Attraction-5-Bersyukur-Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Sukses Negosiasi dan Memenangkan Transaksi Bagi Para Investor Properti]

 

Secara spiritual, tentu setiap kepercayaan mengajarkan perlunya bersyukur dan mengucapkan terima kasih untuk segalanya, terlepas dari apakah itu terlihat baik atau buruk.

Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini, tentu ada sebuah pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil agar kita menjadi pribadi yang lebih baik.

 

“As we express our gratitude, we must never forget that the highest appreciation is not to utter words, but to live by them.” ~ John F. Kennedy

“Saat kita mengucapkan terima kasih, kita tidak boleh lupa bahwa penghargaan tertinggi bukan hanya sekadar mengucapkan kata-kata, tetapi untuk hidup berdasarkan rasa syukur.”

 

Manfaat Mengungkapkan Rasa Syukur

Ekspresi rasa syukur memperkuat ikatan, baik itu antara anggota keluarga, anak-anak, pasangan, atau teman, bahkan dengan rekan kerja ataupun dengan para pelanggan dan klien.

Ketika kita mengucapkan terima kasih kepada siapapun itu, mereka akan tahu bahwa kita menghargai hal-hal yang mereka lakukan, dan upaya yang mereka lakukan.

Itu membuat kita merasa bahwa kita benar-benar mendapatkan hikmah atau berkat dalam banyak cara.

8-Cara-Hidup-Sukses-Usia-Muda-1-Finansialku

[Baca Juga: 10 Prinsip dari Dale Carnegie untuk Negosiasi Harga Properti dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi]

 

Beberapa manfaat dari rasa syukur antara lain:

  • Rasa syukur mampu menciptakan perasaan positif dan menumbuhkan kebahagiaan.
  • Rasa syukur dapat memperkuat hubungan.
  • Rasa syukur membuat kita merasa tenang dan merasa baik.
  • Rasa syukur memberi kita lebih banyak energi untuk melakukan sesuatu.
  • Rasa syukur mengurangi atau menghilangkan stres dalam beberapa kasus.
  • Rasa syukur meningkatkan kualitas tidur.
  • Rasa syukur menguntungkan baik si pemberi dan penerima karena rasa syukur meningkatkan kepuasan.

 

“Gratitude unlocks the fullness of life. It turns what we have into enough, and more. It turns denial into acceptance, chaos to order, confusion to clarity. It can turn a meal into a feast, a house into a home, a stranger into a friend. Gratitude makes sense of our past, brings peace for today, and creates a vision for tomorrow.” ~ Melody Beattie

“Rasa syukur membuka kepenuhan hidup. Ternyata apa yang kita miliki menjadi cukup, dan lebih banyak lagi. Rasa syukur mengubah penolakan menjadi penerimaan, kekacauan menjadi keteraturan, kebingungan menjadi kejelasan. Rasa syukur bisa mengubah makanan menjadi pesta, rumah menjadi tempat tinggal, orang asing menjadi teman. Rasa syukur membuat kita menerima masa lalu kita, membawa kedamaian untuk hari ini, dan menciptakan visi untuk esok hari.”

 

Beberapa Cara Mengungkapkan Rasa Syukur

Ada begitu banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kita kepada orang lain. Beberapa orang melakukannya dengan mengirim kartu, surat, hadiah dan bunga, sementara yang lain melakukannya melalui kata-kata dan tindakan mereka.

Dalam makna spiritual yang lebih dalam, kita perlu bersyukur dan mengucapkan terima kasih bahkan terhadap setiap atau peristiwa yang terjadi dalam hidup kita.

Berikut ini beberapa cara sederhana dan praktis dalam mengungkapkan rasa syukur kita.

It's OK to Fail, Seperti Kata D'MASIV JANGAN MENYERAH 01 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Miliarder Mengelola Kebiasaan, yang Anda harus Tiru!]

 

#1 Hargai Apa yang Anda Miliki

Apakah Anda pernah mendengar kalimat berikut ini?

“Jika kita menginginkan lebih banyak dalam hidup kita, pertama-tama kita harus menghargai apa yang telah kita miliki.”

  • Bersyukur untuk setiap pagi yang bisa Anda nikmati.
  • Bersyukur untuk makanan yang bisa kita makan.
  • Bersyukur untuk pakaian yang kita kenakan.
  • Bersyukur untuk kendaraan yang bisa kita gunakan – walaupun kendaraan umum atau tidak cukup mewah.
  • Bersyukur untuk tempat tinggal yang saat ini kita tempati – meskipun masih mengontrak.

 

Itu adalah hal-hal yang patut kita syukuri. Bahkan untuk masakan yang keasinan yang bisa kita rasakan dari sang istri.

Namun, seringkali kita melupakan rasa syukur sehingga terlalu terfokus pada diri sendiri dan masalah yang sedang dihadapi sehingga pikiran kita hanya terisi dengan masalah, problematika dan berbagai kasus.

Alhasil, kita menjadi pribadi yang mementingkan diri sendiri dan tidak terkoneksi secara batin dengan orang lain.

Kita sering cenderung melupakan semua yang telah kita terima atau semua yang telah kita miliki. Kita malahan terfokus pada apa yang dimiliki orang lain yang tidak kita miliki.

30 Kata-kata Bijak Selebriti Dunia Agar Hidup Menjadi Sukses 04 - Finansialku

[Baca Juga: HR: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

#2 Jadikan Rasa Syukur Sebagai Gaya Hidup

Biasanya kita akan mengungkapkan rasa syukur jika sesuatu yang baik terjadi dalam hidup kita, seperti hidup sehat, punya rumah bagus, kendaraan mewah, kesuksesan atau keberhasilan dan lain sebagainya.

Namun rasa syukur itu bersifat sementara. Jika kita tidak mendapatkan apa yang kita harapkan, masihkah kita bersyukur atas hidup ini?

Ketika kita mengalami musibah atau kecelakaan, maukah kita mengucap syukur atas apa yang terjadi pada hidup kita?

Rasa syukur akan menjadi tidak sementara jika kita menerapkan rasa syukur sebagai gaya hidup dengan tetap bersyukur bahkan ketika hal buruk atau kejadian negatif terjadi atas hidup kita.

 

“Be thankful for what you have; you’ll end up having more. If you concentrate on what you don’t have, you will never, ever have enough.” ~ Oprah Winfrey

“Bersyukur untuk apa yang kamu miliki; Anda akan mendapatkan lebih banyak. Jika Anda berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, Anda tidak akan pernah merasa cukup.”

 

Kesaksian 7 Entrepreneur Sukses Dalam Bisnis dengan Mengekspresikan Rasa Syukur

Rasa syukur terbukti meningkatkan kesuksesan bahkan bisnis yang dilakukan. Seperti kesaksian dari 7 entrepreneur sukses di bawah ini yang telah mengekspresikan rasa syukur dan membawa perjalanan bisnis mereka meningkat.

 

#1 Badger Maps – Steven Benson

Menurut Steven Benson, pendiri dan CEO Badger Maps, bagian favoritnya dari budaya perusahaan Badger adalah ketika mereka saling menunjukkan rasa terima kasih antar karyawan atau pekerja setiap minggunya.

Dalam kesaksiannya, ia menceritakan bahwa setiap minggunya mereka mengadakan rapat dan setiap anggota tim bisa memberikan rasa terima kasih mereka kepada anggota tim lain yang telah melaksanakan tugas mereka dengan baik.

Mereka juga dapat memberikan ucapan selamat atau rasa syukur atas pekerjaan dari anggota tim lain ketika menghadapi pelanggan yang memiliki sifat yang unik dan agak sulit dihadapi.

8 Langkah Menjadi Seorang Investor Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

Kegiatan tersebut membuat setiap pekerja merasa dihargai dan dianggap sebagai individu yang bekerja dan memberikan kontribusi positif kepada perusahaan.

Praktik ini telah membantu perusahaan Steven Benson dalam membangun tim yang kuat.

Keberhasilan bisnis Anda bergantung pada karyawan Anda dan sangat perlu dalam membangun budaya positif, dimana semua orang merasa dihargai dan senang bekerja. Ini akan membuat perbedaan besar dalam meningkatkan kepuasan dan kesejahteraan karyawan.

 

#2 Brāv Online Conflict Management – Remi Alli

Brāv Online Conflict Management telah melatih banyak orang dalam strategi manajemen konflik. Brāv membantu mengelola konflik orang lain melalui platform chat online tatap muka, pesan instan, dan berbagai strategi.

Remi Alli, sang CEO mempraktikkan pentingnya menerapkan rasa syukur dalam bisnisnya, tak heran jika kesuksesannya bisa terlihat ketika ia bersama dengan tim menjadi penyelenggara Konferensi Mediasi Asia-Pasifik Tom Giglione, disamping mengikuti pertemuan APEC yang dihadiri oleh Presiden Donald Trump dan banyak orang penting dunia.

 

#3 VisibilityVixen.com – Michelle Lewis

“Advanced gratitude is the best perspective you can ever adapt into your life and business!” – Michelle Lewis of VisibilityVixen.com.

“Ucapan terima kasih adalah perspektif terbaik yang bisa Anda adaptasikan ke dalam hidup dan bisnis Anda!”

 

Michelle sempat depresi dengan usaha wiraswasta yang ia jalani. Ia berusaha mengubah perspektifnya dengan mempraktikkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan dan anggota yang baru masuk.

Alhasil, ia membuktikan bahwa pendapatan dari usaha bisnisnya meningkat ada banyak kemenangan yang ia rasakan setelah menerapkan rasa syukur dalam hidupnya yang mempengaruhi bisnisnya secara langsung.

Resep Dari John Maxwell Rutinitas Pemimpin Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

#4 Mooring Advisory Group – Nina Pfister

“Gratitude allows me as an Entrepreneur to embrace abundance instead of lacking in times of doubt, and for that, I am thankful.” – Nina Pfister

“Rasa bersyukur memungkinkan saya sebagai pengusaha untuk menerima kelimpahan daripada merasa kurang dalam saat-saat keraguan, dan untuk itu, saya bersyukur.” – Nina Pfister

 

Dunia wirausaha memang tidak menentu, ini membuatnya harus bekerja secara sempurna, namun harapannya untuk melakukan setiap usaha dengan sempurna tampaknya selalu membuatnya kecewa.

Melalui rasa syukur, keinginannya yang seringkali perfeksionis lama-kelamaan luntur dan pikiran positif dapat berkuasa atas kehendak dan pikirannya.

 

#5 Inspirational Speaker, Author, Founder of the Yoga Movement & Co-Founder of Elevate Higher Ed – Dr. Jodi Ashbrook

Dalam kesibukannya, Dr. Jodi Ashbrook sering mengambil waktu 30 detik untuk menghirup napas dalam-dalam dan menghembuskan napas termasuk afirmasi terima kasih untuk melepaskan stres dan mengenali betapa bersyukurnya ia dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang positif.

Rasa syukur mampu membelokkan pikiran negatif dan ia mampu menemukan ketenangan, fokus, serta inspirasi untuk memvisualisasikan jalan keluar yang lebih jelas, dan membuat keputusan penting dengan keyakinan.

Pembelajaran Dari Miliarder Agar Anda Sukses Dalam Karier 01 - Finansialku

[Baca Juga: Awas, 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang dapat Merusak Keuangan]

 

#6 Emerging Skincare Brand, JaquaBathandBody.com – Cindy Georghiou

Cindy Georghiou percaya bahwa membuat pelanggan merasa penting dan dihargai adalah kunci untuk membangun hubungan yang langgeng dengan mereka.

Cindy memberikan penawaran khusus kepada pelanggan setia mereka sebagai salah satu jalan untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesetiaan mereka menggunakan produk dari brand Cindy Georghiou.

 

#7 Leone Marketing Solutions – Rachel Leone

“I have always strived to form solid relationships with the individuals that I partner with and really understand their business goals and what they are looking to achieve. It is key to longevity and the overall reputation of Leone Marketing Solutions.” Rachel Leone

“Saya selalu berusaha untuk membentuk hubungan yang solid dengan setiap individu yang menjalin kerjasama dengan saya dan saya benar-benar memahami tujuan bisnis mereka serta apa yang ingin mereka capai. Ini adalah kunci untuk umur panjang dan reputasi dari Leone Marketing Solution.”

 

Selain mendapatkan komentar atas kepuasan para pelanggan, mereka juga memberikan rekomendasi yang baik kepada calon pelanggan baru untuk menggunakan jasa dari Leone Marketing Solution.

 

Rasa Syukur Jadikan Gaya Hidup

Rasa syukur mampu meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan bisnis seperti kesaksian para pebisnis di atas. Lantas, bagaimana dengan Anda?

Apa yang telah Anda syukuri selama hari ini? Buktikan sendiri kesuksesan Anda dengan menerapkan rasa syukur menjadi gaya hidup sehari-hari.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Robert Emmons. 12 November 2013. What Gets in the Way of Gratitude? Greatergood.berkeley.edu – https://goo.gl/xkxYkz
  • Herleena Singh. 29 Juni 2012. Why We Need to Express Gratitude. Aha-now.com – https://goo.gl/qjNkbq
  • Yitzi Meiner. 5 Oktober 2017. 20 Examples of How Showing Gratitude Helped a Business. Journal.thriveglobal.com – https://goo.gl/1iYhdq

 

Sumber Gambar:

  • Mengekspresikan Rasa Syukur 01 – https://goo.gl/vCjp7D
  • Mengekspresikan Rasa Syukur 02 – https://goo.gl/oWF6wQ

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Summary
Ayo Mengekspresikan Rasa Syukur Seperti 7 Entrepreneur Sukses Ini! Oprah Winfrey Juga Melakukannya, Anda Bagaimana?
Article Name
Ayo Mengekspresikan Rasa Syukur Seperti 7 Entrepreneur Sukses Ini! Oprah Winfrey Juga Melakukannya, Anda Bagaimana?
Description
Mengekspresikan rasa syukur menjadi salah satu faktor penting penentu keberhasilan. Tidak percaya? Setidaknya ada 7 entrepreneur
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo