Apa saja kebiasaan mengatur keuangan yang harus ditanamkan pada karyawan perusahaan? Literasi keuangan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup karyawan karena dapat membangun kebiasaan mengatur keuangan yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Berikut adalah 9 kebiasaan mengatur keuangan yang harus ditanamkan pada karyawan perusahaan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Literasi Keuangan

Uang bukanlah segalanya, tetapi uang memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Literasi keuangan merupakan salah satu cara untuk memajukan kehidupan seseorang. Seseorang yang telah terliterasi keuangan dengan baik akan memiliki kehidupan keuangan yang sehat dan secara otomatis juga akan memiliki kehidupan yang lebih baik secara keseluruhan.

Meningkatkan literasi keuangan karyawan merupakan salah satu program yang penting untuk dijalankan HR dalam setiap perusahaan bagi setiap karyawannya. Secara keseluruhan hasil yang diharapkan dari program tersebut adalah peningkatan kualitas kehidupan karyawan sehingga produktivitas dan efektivitas kerjanya di perusahaan akan meningkat pula. Dengan peningkatan produktivitas maka peluang keuntungan perusahaan secara umum akan meningkat.

Berikut adalah 9 kebiasaan keuangan yang diharapkan menjadi output dari program peningkatan literasi keuangan:

 

#1 Membuat Tujuan Keuangan yang SMART

Setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Setiap kebutuhan dan keinginan yang terkait dengan uang dapat disebut sebagai tujuan keuangan. Misalnya keinginan untuk membeli mobil, rumah pribadi, rencana pernikahan, dan keinginan lain sebagainya. Setiap orang sebenarnya pasti sudah memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Tetapi tidak semua tujuan keuangan tersebut SMART.

Tujuan keuangan yang direncanakan diharapkan memiliki sifat SMART sehingga nantinya bisa dicapai dengan langkah-langkah yang jelas. Tanpa tujuan keuangan yang SMART kemungkinan besar hanya akan menjadi angan-angan belaka. Seorang karyawan yang telah terliterasi keuangan dengan baik diharapkan dapat membuat tujuan keuangan yang SMART. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tujuan keuangan yang SMART Anda dapat membaca artikel berikut ini:

HR 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART)]

 

#2 Memahami Kebutuhan Dana Darurat dan Memilikinya

Dana darurat adalah tujuan keuangan utama yang harus dipenuhi setiap orang. Baik yang masih single, sudah menikah maupun sudah memiliki anak. Dana ini berfungsi sebagai proteksi keuangan dalam keadaan tidak terduga dan bersifat darurat. Misalnya jika mengalami kecelakaan sehingga mobil rusak dan butuh biaya perbaikan atau ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit tetapi memiliki asuransi dengan sistem reimburse. Walaupun Anda telah memiliki berbagai asuransi, seringkali dibutuhkan dana yang harus dikeluarkan di awal. Dana darurat dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan mendadak dan mendesak tersebut.

Sangat berbahaya jika seseorang tidak memiliki dana darurat, karena jika kejadian-kejadian mendadak tersebut terjadi akhirnya Anda terpaksa berutang. Utang pasti selalu diikuti dengan bunga yang biasanya tidak kecil. Padahal sebenarnya bunga tersebut tidak harus dibayarkan jika Anda mempersiapkan dana darurat. Seseorang yang tidak terliterasi keuangan dengan baik kemungkinan besar akan mengabaikan pentingnya dana darurat. Dengan program peningkatan literasi keuangan karyawan diharapkan memahami pentingnya dana darurat dan segera memilikinya.

HR 6 Masalah Keuangan Karyawan yang Dapat Terselesaikan dengan Literasi Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Masalah Keuangan Karyawan yang Dapat Terselesaikan dengan Literasi Keuangan]

 

#3 Memiliki Anggaran Pengeluaran Bulanan

Anggaran adalah salah satu alat pengendali keuangan yang paling penting bagi setiap orang. Apapun profesinya, seseorang harus memiliki anggaran bulanan agar cashflow-nya dapat terkendali. Dengan memiliki dan menggunakan anggaran karyawan diharapkan dapat mengelola keuangannya agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan. Diharapkan selanjutnya karyawan dapat terhindar dari lilitan utang tidak sehat yang dapat menjadi beban pikiran. Tanpa beban pikiran mengenai utang, produktivitas karyawan akan dengan sendirinya meningkat.

 

#4 Memiliki Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

Pemahaman mengenai pentingnya asuransi perlu ditanamkan kepada setiap karyawan. Selama ini kebanyakan karyawan hanya bergantung kepada asuransi yang diberikan perusahaan tanpa mengetahui berapa sebenarnya keperluan asuransinya sendiri. Memang benar saat ini setiap perusahaan diwajibkan untuk memberikan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawannya. Tetapi kebutuhan asuransi setiap orang bisa berbeda-beda. Penting untuk menanamkan kepada karyawan mengenai kebutuhan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Misalnya karyawan harus mengetahui berapa besar uang pertanggungan yang dibutuhkannya dari asuransi jiwa. Dengan begitu karyawan tidak akan memilih produk asuransi jiwa yang terlalu murah atau terlalu mahal. Baik proteksi yang kurang ataupun berlebihan tetap tidak efektif bagi karyawan Anda. Akan lebih baik jika setiap karyawan memiliki perlindungan yang tepat.  

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

#5 Memiliki Proporsi Utang yang Sehat

Di zaman modern ini utang sudah menjadi hal yang biasa. Dalam perencanaan keuangan yang baik Anda tidak dilarang untuk memiliki utang. Utang bahkan bisa menjadi sesuatu yang baik jika utang tersebut adalah utang produktif yang nantinya justru dapat menghasilkan keuntungan bagi Anda. Sementara untuk utang konsumtif masih diperbolehkan selama masih dapat dipertanggungjawabkan setiap bulannya. Rasio yang disarankan untuk utang konsumtif seseorang adalah tidak lebih besar dari 15% pemasukan orang tersebut. Dengan literasi keuangan karyawan diharapkan dapat membatasi dirinya untuk mengambil utang konsumtif agar tidak lebih dari rasio yang disarankan.

 

#6 Memiliki Strategi Persiapan Dana Hari Tua

Biasanya setiap perusahaan menyediakan program Masa Persiapan Pensiun untuk karyawannya. Tetapi biasanya program tersebut dilakukan hanya beberapa tahun sebelum jatuh tempo pensiun karyawan. Padahal kenyataannya kebutuhan pensiun seseorang begitu besar. Jika tidak dipersiapkan dari jauh-jauh hari maka dana yang harus disediakan setiap bulannya menjadi sangat besar. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi akhirnya karyawan terpaksa hanya ‘pindah kantor’ ketika sudah pensiun. Misalnya dengan membuat bisnis kecil-kecilan (yang seringkali kurang menghasilkan) atau mencari pekerjaan lain untuk mendapatkan sedikit uang setiap bulannya.

Dengan literasi keuangan setiap karyawan akan memahami besarnya dana hari tua yang dibutuhkan. Karena itu dana tersebut harus dipersiapkan sedini mungkin. Jika memanfaatkan waktu yang panjang untuk menginvestasikan dana hari tua, karyawan tidak perlu khawatir ketika akan menjelang usia pensiun nanti karena dana tersebut telah dicicil sedikit demi sedikit sejak belasan tahun sebelumnya.

HR Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda]

 

#7 Memahami Pengaruh Waktu terhadap Risiko

Setiap produk investasi memiliki risiko yang berbeda-beda. Risiko tersebut seringkali juga dipengaruhi oleh waktu. Secara umum semakin panjang periode yang digunakan untuk berinvestasi maka akan semakin tinggi risikonya. Sementara jika investasi berjangka pendek risikonya cenderung lebih rendah. Pemahaman ini bisa didapatkan oleh karyawan yang telah terliterasi keuangan dengan baik. Dengan begitu para karyawan perusahaan dapat mengetahui produk investasi mana yang risikonya sesuai dengan kebutuhan tujuan keuangan yang ingin dipenuhi.

 

#8 Memahami Kepentingan Administratif Keuangan

Yakinkah Anda bahwa seluruh karyawan sudah mengetahui kebutuhan-kebutuhan administratif keuangan? Misalnya bagaimana cara membuka tabungan dan deposito, bagaimana cara membeli reksa dana, dan lain sebagainya. Jangan salah, hal ini mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang. Tetapi pada kenyataannya tidak semua orang mengerti hal-hal yang bersifat administratif terkait keuangan. Jika tidak memahami hal tersebut nantinya karyawan bisa mengalami berbagai kesulitan. Literasi keuangan dapat menjembatani permasalahan ini dengan meningkatkan pengetahuan mengenai berbagai hal administratif dalam keuangan.

Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan]

 

#9 Menjalankan Strategi Investasi Secara Disiplin

Setelah memiliki sebuah strategi investasi, setiap orang harus berkomitmen untuk menjalankannya. Sebuah rencana investasi tidak akan berguna jika tidak dijalankan dengan disiplin. Sedikit saja kekurangan dana investasi dalam satu bulan maka hasilnya akan berbeda. Seseorang yang telah terliterasi keuangan akan memahami pentingnya berdisiplin menjalankan rencana investasi yang telah dibuat agar tujuan keuangan dapat tercapai sesuai jumlah dan waktu yang telah ditentukan.

 

Karyawan yang Terliterasi Keuangan

Program peningkatan literasi keuangan karyawan adalah salah satu program penting yang wajib diberikan oleh para HR di setiap perusahaan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari literasi keuangan bagi karyawan yang pada akhirnya akan meningkatkan performa perusahaan. Ada 9 kebiasaan dan pemahaman keuangan yang baik yang bisa dimiliki para karyawan perusahaan dengan literasi keuangan yang baik. Karena itu pastikan karyawan perusahaan Anda sudah terliterasi keuangan dengan baik. 

 

Apakah Anda memiliki kebiasaan mengatur keuangan yang buruk untuk tidak dilakukan? Kebiasaan apa yang sering Anda lakukan dalam mengatur keuangan? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asian Woman – https://goo.gl/Wa2pQO
  • Employee – https://goo.gl/VQF9aK

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana