Masa pensiun karyawan merupakan salah satu hal penting yang sering terlambat untuk direncanakan. HR mempunyai peran yang cukup penting dalam mempersiapkan masa pensiun karyawan. Tidak sedikit HR yang sudah membuat program pelatihan perencanaan dana hari tua untuk mempersiapkan masa pensiun karyawan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kurangnya Perencanaan Dalam Masa Persiapan Pensiun

Program pelatihan perencanaan dana hari tua untuk karyawan adalah salah satu program yang cukup penting bagi karyawan dalam mempersiapkan masa pensiun. Banyak karyawan yang dalam masa pensiunnya tidak berhasil untuk mengumpulkan investasi atau dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka saat pensiun, sehingga mereka harus mencari pekerjaan lagi untuk menambah penghasilan atau dana tersebut.

HR Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan]

 

Agar masa pensiun mereka dapat berhasil dengan baik, karyawan Anda harus mempersiapkan masa pensiun mereka. Mereka harus mengumpulkan sejumlah dana atau investasi yang bisa memberikan hasil untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap bulannya pada saat mereka pensiun. Perencanaan dana hari tua sangat dapat membantu karyawan Anda untuk melihat apa saja yang diperlukan dan bagaimana untuk dapat memenuhi dana tersebut untuk masa pensiun mereka.

 

Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Mempersiapkan Masa Pensiun

Pada saat karyawan Anda mulai melakukan perencanaan dana hari tua, mereka akan mulai diajak untuk melihat realita yang ada tentang hari tua, seperti kebutuhan mereka akan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup, kebutuhan akan perlindungan kesehatan, apa saja tantangan yang harus mereka hadapi dan apa saja yang harus mereka rencanakan sehingga mereka siap untuk memasuki masa pensiun mereka. Perencanaan dana hari tua akan memberikan beberapa pengetahuan dan manfaat bagi karyawan Anda. Mereka akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan gaji yang mereka dapat saat ini dan mereka akan memulai merencanakan keuangan pribadi mereka sehingga saat pensiun nanti, mereka akan mempunyai dana pensiun mereka, keamanan keuangan jika terjadi risiko yang tidak diinginkan dan kebebasan pikiran dari utang mereka.

Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pelatihan Masa Persiapan Pensiun, yang Diadakan 5 Tahun Sebelum Pensiun Tidak Efektif?]

 

#1 Menjadi Lebih Bijak Dalam Menggunakan Uang Mereka

Ketika karyawan Anda memulai perencanaan hari tua, mereka akan diajarkan untuk menabung dengan lebih baik, karena untuk dana hari tua mereka dibutuhkan sejumlah dana. Dan untuk mendapatkan dana tersebut, karyawan Anda diwajibkan untuk menabung secara konsisten. Karena hal tersebut, karyawan Anda akan mulai lebih bijak dalam menggunakan uang mereka. Mereka akan belajar untuk membuat anggaran keuangan setiap bulannya. Anggaran keuangan itu dapat menjaga mereka dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak terkontrol.

Karyawan Anda juga akan mulai belajar untuk membedakan mana pengeluaran yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Mereka disadarkan akan kebutuhan mereka untuk menabung, untuk mempersiapkan masa pensiun mereka. Setelah ini menjadi kebiasaan, hal ini tentunya akan membuat karyawan Anda lebih bijak dalam mengatur keuangan mereka setiap bulannya.

Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

#2 Memiliki Pemahaman Pengelolaan Keuangan Yang Baik

Mulai dari kesadaran untuk merencanakan dana hari tua mereka, karyawan Anda akan mengetahui pentingnya pengelolaan keuangan pribadi dan bagaimana mencapai tujuan keuangan mereka. Hal itu membuat mereka dengan sendirinya terdorong untuk mengatur keuangan pribadi mereka. Mereka akan semakin mengerti arti pentingnya menabung, terutama untuk dana darurat mereka. Kenapa dana darurat selalu ditekankan dalam perencanaan keuangan pribadi? Karena untuk melindungi perencanaan yang telah mereka buat dari hal-hal tidak terduga yang dapat terjadi. Karyawan Anda akan mulai mengerti tentang hal itu dan mulai mempersiapkannya.

Selanjutnya mereka juga akan mulai sadar tentang utang konsumtif. Bahwa utang konsumtif bukanlah hal yang baik. Banyak sekali karyawan yang suka terlibat dalam utang konsumtif yang sulit diselesaikan. Karyawan Anda akan mulai belajar untuk mencari solusi untuk utang-utang mereka, dan mengurangi utang mereka sampai nanti mereka pensiun. Karena pada saat masa pensiun, bebas dari utang adalah salah satu hal yang paling penting bagi mereka.

Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan]

 

Perencanaan Dana Hari Tua Harus Dilakukan Setiap Karyawan

Perencanaan dana hari tua yang didapatkan oleh karyawan-karyawan untuk masa persiapan pensiun mereka akan memberikan keuntungan, bukan hanya bagi karyawan Anda tetapi juga bagi perusahaan. Karyawan Anda akan menjadi lebih siap dan tenang menghadapi masa pensiun mereka. Mereka juga akan semakin baik dalam melakukan pengelolaan keuangan dan taraf hidup mereka meningkat. Hal ini secara otomatis akan berdampak ke kualitas pekerjaan karyawan Anda. Mereka akan bekerja dengan lebih baik dan produktif, terutama mereka yang sudah memiliki kebiasaan untuk menabung dan melakukan perencanaan. Perusahaan pun menjadi diuntungkan ketika karyawannya secara produktif bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, menjadi hal yang cukup penting bahwa karyawan Anda dibekali dengan pelatihan dalam merencanakan dana hari tua mereka.

 

Perencanaan dana hari tua adalah langkah awal karyawan untuk mempersiapkan masa pensiun. Sudahkah karyawan Anda melakukan perencanaan dana hari tua untuk persiapan masa pensiun mereka?

 

Sumber Referensi:

  • Lasey Herchek. 22 Desember 2016. How a Financial Wellness Solution Can Help Your Employees Retire Better. Hellowallet.com – https://goo.gl/G5sKTv

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan – https://goo.gl/OZ0J6n
  • Karyawan Bahagia – https://goo.gl/cDpe2I

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang