Masa persiapan pensiun selalu menjadi diskusi di dalam semua kalangan. Sebenarnya, kapankah masa yang cocok untuk memulai persiapan pensiun, berapa lamakah dan apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi pensiun? Ada beberapa kalangan menganggap, masa persiapan pensiun yang paling tepat adalah pada saat mendekati pensiun, sekitar usia 40 tahun ke atas. Tetapi sebagian besar kalangan menganggap bahwa itu terlalu terlambat dan tidak efektif. Seharusnya pensiun sudah mulai dipersiapkan sejak dini. Lalu apakah alasannya? Mari kita simak pembahasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Pelatihan Masa Persiapan Pensiun yang Diadakan 5 Tahun Sebelum Pensiun Tidak Efektif?

Ada beberapa perusahaan swasta yang sudah berdiri lama, mulai mengadakan pelatihan bagi karyawannya yang mulai mendekati usia pensiun, bahkan dari mereka ada yang beberapa tahun lagi memasuki usia pensiun karyawan di perusahaan mereka masing-masing. Tetapi masalahnya adalah karyawan tersebut belum siap dalam memasuki masa pensiun mereka. Terutama masalah dana pensiun dikarenakan jumlahnya yang cukup besar. Oleh karena itu, mereka mulai gencar mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai persiapan pensiun.

Mengapa Pelatihan Masa Persiapan Pensiun, yang Diadakan 5 Tahun Sebelum Pensiun Tidak Efektif 02 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

Tetapi pada kenyataannya pelatihan yang mereka ikuti, tidak banyak yang benar-benar menjawab kebutuhan mereka. Kebanyakan pelatihan tersebut malah pada akhirnya mengajak para karyawan tersebut untuk membuka usaha pribadi pada masa pensiun, padahal untuk membuka usaha pribadi dibutuhkan modal, kemampuan dan pengalaman. Dan sebenarnya membuka usaha dan mempersiapkan pensiun adalah dua hal yang berbeda, walaupun salah satu kegiatan semasa pensiun yang bisa dilakukan adalah membuka usaha.

Apalagi orang-orang yang mengikuti pelatihan tersebut adalah orang-orang yang 5 tahun lagi atau kurang dari 5 tahun lagi memasuki masa pensiun mereka. Jadi masa persiapan pensiun mereka sebenarnya tinggal kurang lebih 5 tahun lagi. Dan di pelatihan tersebut mereka didorong dan dimotivasi untuk membuka usaha, sehingga setelah mengikuti pelatihan tersebut, mereka merasa bahwa jalan keluar satu-satunya adalah membuka usaha. Tetapi bagaimanakah kenyataan yang sebenarnya?

Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan]

 

Kenyataan yang sebenarnya adalah baru mau mulai membuka usaha pada usia mendekati pensiun sangatlah berisiko, karena kita membutuhkan modal, kemampuan dan pengalaman. Jika usaha kita tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka harapan kita untuk pensiun akan sirna. Oleh karena itu, membuka usaha bukanlah tujuan kita pada saat pensiun. Dan pelatihan masa persiapan pensiun yang dilakukan 5 tahun sebelumnya terbukti tidak efektif. Kecuali tujuan pelatihannya adalah untuk hal yang berbeda, bukan untuk masa persiapan pensiun, tetapi lebih kepada perkembangan dari perencanaan pensiun yang telah disiapkan dari sebelum-sebelumnya. Jadi pelatihannya lebih bersifat advance, bukan baru mulai membahas masa persiapan pensiun.

Lalu sebenarnya kapankah waktu yang tepat untuk memulai pensiun? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita sama-sama melihat tabel dibawah ini.

Mengapa Pelatihan Masa Persiapan Pensiun, yang Diadakan 5 Tahun Sebelum Pensiun Tidak Efektif 03 - Finansialku

 

Tabel diatas saya ambil sebagiannya saja dengan tujuan untuk memperlihatkan masa persiapan pensiun yang baik. Ya, tabel diatas hanya berbicara spesifik tentang dana pensiun yang kita butuhkan dan harus kita siapkan. Dapat kita lihat bersama bahwa semakin lama kita berinvestasi untuk mencapai kebutuhan dana pensiun yang sama, maka jumlah dana investasi yang harus kita alokasikan akan semakin kecil. Yang harus Anda ketahui adalah investasi diatas adalah per bulan dengan tingkat pertumbuhan investasi 20%, yang sebenarnya tergolong moderat-agresif. Untuk data yang lainnya seperti dari mana angka kebutuhan dana pensiun tersebut berasal, akan dibahas selanjutnya.

6 Langkah Perencanaan Pensiun yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Sebelum Usia 50 Tahun 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Langkah Perencanaan Pensiun yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Sebelum Usia 50 Tahun]

 

Dari tabel tersebut, bisa kita simpulkan masa persiapan pensiun yang terbaik adalah sedini mungkin dan sejauh mungkin dari usia pensiun kita, supaya jumlah uang yang akan kita investasikan tiap bulannya juga semakin kecil. Jika kita mempersiapkan pensiun terlambat, maka jangan heran jika dana yang harus kita sisihkan tiap bulannya akan semakin besar. Aturan ini berlaku juga untuk semua tujuan keuangan yang Anda rencanakan, semakin Anda menunda untuk merencanakan dan menyisihkan, semakin mahal harga yang harus kita bayar.

 

Hitung Kebutuhan Dana Hari Tua

Dari tabel yang diatas, terlihat bahwa kebutuhan dana pensiun kita saat pensiun nanti sangatlah besar. Pasti terlintas di benak Anda, bagaimana bisa sebesar itu? Apa saja yang mengakibatkan dana sebesar itu? Bagaimana cara menghitungnya?

Ada beberapa faktor yang dibutuhkan untuk menghitung kebutuhan dana pensiun:

  • Inflasi, semakin tinggi inflasi, maka akan semakin besar dana yang dibutuhkan, begitu pula sebaliknya.
  • Usia pensiun, semakin besar usia pensiun, maka semakin besar dana yang dibutuhkan karena setiap tahunnya inflasi terus berjalan, tetapi positifnya adalah semakin lama waktu yang bisa kita gunakan untuk mempersiapkannya.
  • Lama masa pensiun, semakin lama masa pensiun yang kita siapkan, maka semakin besar dana yang dibutuhkan, begitu pula sebaliknya.

Para Karyawan, Ini 5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun Anda]

 

Untuk menghitung secara langsung kebutuhan dana hari tua, Anda harus menghubungi salah seorang perencana keuangan yang Anda kenal, atau perencana keuangan yang ada di Finansialku, atau Anda juga bisa melakukannya sendiri. Anda bisa menghitungnya sendiri secara langsung dengan menggunakan aplikasi yang ada di website kami, finansialku.com atau aplikasi yang bisa di-download melalui mobile phone android.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Sumber Pemasukan Saat Pensiun dan Bagaimana Cara Menyiapkannya

Untuk mengumpulkan dana pensiun tersebut tentu saja kita harus menyisihkan sebagian dari pemasukkan kita. Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan, biasanya perusahaan akan secara otomatis memotong penghasilan Anda untuk diinvestasikan ke BPJS Ketenagakerjaan, yang nantinya diharapkan dapat menjadi sumber dana untuk pensiun nanti. Atau beberapa perusahaan juga ada yang menginvestasikan sebagian penghasilan karyawannya, untuk dana pensiun, ke lembaga-lembaga yang menyediakan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) dan dikelola disana.

Ada juga beberapa perusahaan yang memberikan apresiasi bagi karyawan yang telah mengabdi selama bertahun-tahun, sejumlah uang yang dapat digunakan sebagai dana pensiun. Selain sumber-sumber dana diatas, BPJS Ketenagakerjaan, DPLK, apresiasi perusahaan, yang biasanya secara otomatis akan Anda dapatkan sebagai karyawan, bisa juga Anda menggunakan tabungan Anda atau investasi dana Anda sebagai sumber dana pensiun Anda. Dan tentu saja, Anda juga bisa memulai dari sekarang usaha-usaha yang dapat membuat Anda memperoleh penghasilan secara pasif (pasif income) pada saat Anda pensiun nanti.

Apakah para Pemilik Bisnis Perlu Pensiun Pensiun seperti Apa yang Cocok 1 - Finansialku

[Baca Juga: Jenis Pensiun Seperti Apa yang Cocok Bagi Anda?]

 

Apakah Cukup Realistis dengan Waktu Persiapan 5 Tahun Saja?

Dari pembahasan kita diatas, Anda semakin tahu bahwa tidak cukup realistis untuk memulai masa persiapan pensiun Anda dalam waktu 5 tahun saja. Karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain yang terutama masalah dana, yang sudah kita bahas, Anda juga harus mempersiapkan mental Anda dalam memasuki usia pensiun Anda, biasanya mental akan terkait erat dengan kegiatan apa yang harus dilakukan saat masa pensiun, gaya hidup seperti apa yang Anda ingin lakukan, dan lain sebagainya.

Karena di masa pensiun, fisik juga tidak mendukung lagi untuk melakukan hal yang biasanya bisa Anda lakukan pada saat muda, sehingga gaya hidup dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat pensiun pun akan berbeda. Juga tidak mungkin Anda diam saja, tidak melakukan apa-apa, setelah seumur hidup Anda bekerja keras, mempunyai kegiatan yang positif untuk dilakukan. Pada saat pensiun pun, keinginan untuk melakukan kegiatan yang positif dan menjadi dampak bagi lingkungan Anda pun tetap akan ada. Oleh karena itu hal-hal seperti itu harus dipersiapkan.

 

Sekarang Adalah Waktu Yang Tepat

Dengan demikian, Anda harus memulai memikirkan dan merencanakan sedini mungkin. Jika Anda belum pernah mendengar ataupun mengikuti pelatihan yang diberikan perusahaan Anda tentang masa persiapan pensiun, Anda bisa mencari tahu sendiri atau mulai mencari perencana keuangan. Dan Anda bisa memulainya sekarang. Karena dengan memulai sekarang, persiapan Anda untuk memasuki pensiun nanti akan semakin matang.

 

Jika pensiun sedemikian penting bagi Anda dan menjadi tua adalah kepastian hidup jika kita diberikan umur yang panjang. Apakah yang menghambat Anda untuk memulai pensiun Anda sekarang juga? Berikan komentar Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Pelatihan Masa Pensiun – https://goo.gl/vEVaqe
  • Masa Pensiun – https://goo.gl/K6bYj8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang