Anda perlu mengelola keuangan, apakah Anda sudah mencakup 5 komponen manajemen keuangan efektif dalam mengelola keuangan?

Ternyata manajemen keuangan yang efektif memiliki 5 komponen utama yang tak boleh terlupakan. Lihat selengkapnya dengan klik artikel ini sekarang juga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sudah Punya Aplikasi Finansialku Belum?

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasi Finansialku di smartphone Anda?

Jika belum, Anda ketinggalan banyak benefit-nya loh. Mengapa demikian?

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda. Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Membuat anggaran
  • Mencatat keuangan
  • Merencanakan keuangan
  • Memantau kinerja investasi
  • Mengecek kesehatan keuangan
  • Mengikuti kursus online keuangan
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi

 

Dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih praktis dan mudah. Tidak perlu lagi menghitung secara manual, disini Anda bisa memperoleh hasil perhitungan hanya dengan klik tombol saja.

4 Tips Manajemen Keuangan Keluarga Bagi Masa Depan Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Beberapa benefit lainnya yang bisa Anda peroleh dari aplikasi Finansialku antara lain sebagai berikut:

  • Up to date dengan kondisi keuangan Anda
  • Miliki kontrol atas keuangan Anda
  • Cari tahu dan perbaiki kebocoran-kebocoran keuangan
  • Perbaiki kondisi utang konsumtif
  • Merencanakan dan mewujudkan kepemilikan kebutuhan mulai dari dana darurat, rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, dana pensiun, dan masih banyak lagi.

 

Banyak sekali bukan benefit-nya?

Jadi tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Takut mahal? Tenang, aplikasi Finansialku tersedia GRATIS bagi Anda. Yuk download aplikasi Finansialku sekarang dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

 

Nah, jika Anda masih ragu untuk mengunduh aplikasi Finansialku, mari melihat pentingnya manajemen keuangan.

Sebenarnya, manajemen keuangan keluarga bisa kamu baca juga di buku Finansialku yang berjudul Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True.

Buku ini merupakan panduan praktis yang bisa Anda ikuti bebarengan dengan Aplikasi Finansialku.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

MAU BUKU FINANSIALKU

 

Selain itu, Finansialku sudah merangkum 5 komponen utama dalam sebuah manajemen keuangan efektif. Simak ulasannya berikut ini:

 

Mengenal Manajemen Keuangan Efektif

Setiap orang tentu mendambakan manajemen keuangan efektif. Namun untuk dapat memanfaatkan aplikasi Finansialku dalam mengelola keuangan, Anda perlu memahami bagaimana cara manajemen keuangan efektif.

Manajemen keuangan memang cukup luas cakupannya, dan Anda sebaiknya mengetahui apa komponen yang harus ada di dalamnya untuk mulai memperbaiki perencanaan keuangan Anda.

Secara garis besar, manajemen keuangan mencakup 5 komponen utama berikut ini:

 

#1 Pencatatan Keuangan

Ahli keuangan kerap meminta klien-nya untuk mencatat pengeluaran dengan lengkap agar mengetahui kemana uangnya pergi dan bagaimana memperbaikinya.

Hal tersebut dikarenakan pencatatan atau akuntansi sangatlah berguna sebagai tolok ukur perusahaan dalam melihat serta menganalisis kondisi keuangan.

Dengan demikian, Anda bisa tahu kondisi keuangan secara detail, serta Anda bisa mengestimasikan berapa banyak uang yang dapat dialokasikan untuk ditabung.

Sebaliknya jika Anda bahkan tidak ingat berapa besar pengeluaran setiap harinya, ujung-ujungnya malah kekurangan uang di akhir bulan.

 

#2 Anggaran

Bagi Anda yang sudah menjadi orang tua tentunya paham sulitnya mengurus rumah tangga. Mulai dari merawat sang buah hati, mengurus kebutuhan pendidikannya, merawat dan membersihkan rumah, hingga menyediakan makan bagi keluarga dan lain sebagainya.

Disinilah pentingnya membuat anggaran.

Definisi Budget atau Anggaran Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Membuat anggaran merupakan tahap yang paling penting dalam manajemen keuangan. Anda harus melakukannya dengan teliti dan menggunakan perkiraan yang tepat, agar tidak ada ketimpangan di dalam perencanaan yang telah Anda atur.

Kabar baiknya adalah ahli keuangan pun berpendapat demikian. Mereka membuat anggaran dengan mengalokasikan pemasukannya ke dalam beberapa kebutuhan.

Plus mereka membuat akun rekening berbeda dari tabungan dan dana untuk jajan (misalnya untuk entertainment, shopping, dan sebagainya).

Anda juga bisa melakukan hal serupa dengan para ahli keuangan tersebut.

Catatlah setiap perencanaan dan penerapan anggaran secara rinci dan jelas. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui pola pemasukan dan pengeluaran Anda.

Setelah mengetahui pola keuangan, Anda bisa memprediksi jumlah pengeluaran di waktu yang akan datang dan mulai menyiapkan dananya mulai dari sekarang.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku sebagai alat bantu membuat anggaran dan catatan keuangan untuk Anda. Dengan demikian membuat anggaran menjadi mudah dan praktis.

 

#3 Laporan Keuangan

Apakah Anda menganggap laporan keuangan hanya untuk sebuah perusahaan atau bisnis? Laporan keuangan bukan melulu buat perusahaan/bisnis. Rumah tangga pun perlu punya laporan keuangan.

Laporan keuangan ini menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan yang terjadi. Jadi Anda sebagai pribadi juga bisa memanfaatkan laporan keuangan ini untuk mengetahui kondisi keuangan Anda setiap bulannya loh.

Laporan keuangan sederhana biasanya dicatat dan bentuknya kira-kira seperti ini:

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 04 Laporan Keuangan Sederhana - Finansialku

[Baca Juga: Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku]

 

#4 Kontrol Internal

Komponen selanjutnya dalam manajemen keuangan yaitu kontrol internal.

Seperti Anda ketahui, dalam mencapai tujuan keuangan umumnya ada berbagai rintangan, baik itu yang dapat dikendalikan atau tidak oleh kita.

Disini kita hanya memiliki kendali akan rintangan yang dapat dikendalikan, oleh karena itulah kita perlu punya kontrol internal.

Kontrol internal adalah tindakan yang perlu diambil guna mencegah atau mendeteksi dan juga memperbaiki ancaman yang berada dalam kendali.

Kontrol internal misalnya meliputi pemeriksaan laporan keuangan, pembatasan akses, dan juga melakukan rekonsiliasi.

 

#5 Teknologi

Komponen terakhir dalam manajemen keuangan yakni dengan teknologi. Sebagai contoh, perusahaan kerap memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan manajemen keuangannya.

Misalnya saja dengan mengimplementasi solusi teknologi, perusahaan bisa dengan mudah mengelola kegiatan utama akuntansi.

Namun mengingat perencanaan keuangan pribadi tidak serumit itu, Anda bisa memulainya dengan aplikasi Finansialku.

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, aplikasi Finansialku akan mempermudah manajemen keuangan Anda. Dengan demikian, manajemen keuangan tentu semakin efektif dan praktis.

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA Beserta Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Bekali Diri dengan Pengetahuan Umum tentang Keuangan

Melalui artikel ini, Anda bisa mempelajari sedikit mengenai manajemen keuangan yang efektif termasuk komponennya. Dengan demikian terbukti bahwa belajar tidak harus selalu dengan cara yang membosankan dan menyebalkan.

Bekali diri Anda dengan pengetahuan umum keuangan melalui artikel menarik lainnya dari Finansialku. Temukan artikel keuangan terkini termasuk isu-isu terbaru di situs Finansialku sekarang juga.

 

Apa Anda memiliki pertanyaan mengenai manajemen keuangan efektif lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Researchers. 18 Juli 2018. Hal Yang Dibutuhkan Untuk Manajemen Keuangan Yang Efektif. 8thinktank.co.id – https://bit.ly/2Lv0MBT

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Keuangan Efektif – https://bit.ly/2BaZlom

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang