Mau menabung atau berinvestasi dengan deposito? Yuk cari tahu bagaimana cara menghitung keuntungan deposito bersama Finansialku.

Mari menyimak serba-serbi deposito dan menghitung keuntungannya pakai aplikasi Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menabung atau Investasi dengan Deposito

Tentunya Anda sudah pernah mendengar tentang deposito. Instrumen yang satu ini memang kerap digunakan di Indonesia, baik sebagai tabungan ataupun investasi.

Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Deposito biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan uang dingin, karena tidak dapat dicairkan kapan saja. Periode penyimpanan bervariasi bergantung pada bank, namun umumnya berkisar antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Karena Ada Website Financial Aggregator, Sekarang Membandingkan Produk Keuangan Jadi Ga Ribet]

 

Suku bunga yang ditawarkan berkisar pada angka 4% hingga 8%, namun jangan lupa suku bunga tersebut belum dipotong pajak.

Pajak bunga deposito di Indonesia adalah 20%. Jika ditulis bunga 10% per tahun, maka setelah dipotong pajak Anda akan menerima bunga: 10% x (100% – 20%) = 8%.

Sebagai informasi, berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari deposito:

KelebihanKekurangan
Lebih aman karena dana deposito di perbankan di bawah Rp2 miliar dijamin sepenuhnya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).Uang Anda tetap berwujud uang, sehingga besar kemungkinan uang tersebut akan tergerus inflasi seiring waktu.
Hampir tidak ada risiko penurunan jumlah atau kerugian. Skenario terburuknya hanyalah bunga yang terus mengecil.Tingkat keuntungannya cenderung datar, tidak ada perubahan drastis layaknya saham. Sehingga imbal hasilnya cenderung kecil.
Potensi risiko rendah (aman)

 

Anda dapat menggunakan deposito baik sebagai tabungan maupun investasi. Memang apa sih bedanya menabung dan investasi?

Jangan pusing dulu, simak rangkuman perbedaanya sebagai berikut:

KarakteristikInvestasiMenabung
TujuanJangka panjang, dengan harapan bisa mencapai tujuan utama di masa depanJangka pendek, siap digunakan kapan saja
Kemudahan aksesUmumnya tidak begitu likuid, namun bergantung pada instrumen investasi yang dipilih (contoh: emas tentu lebih likuid apabila dibandingkan dengan saham atau reksadana)Umumnya bersifat likuid sehingga bisa digunakan kapan saja
Tingkat risikoLebih tinggiUmumnya rendah
Sumber keuntunganUmumnya berupa potensi peningkatan berupa imbal hasilUmumnya berupa bunga
Instrumen

Beragam, sebagai contohnya:

  • Properti
  • Reksadana
  • Saham
  • Emas

Beragam, sebagai contohnya:

  • Disimpan di bawah kasur
  • Tabungan di bank
  • Deposito
  • Celengan
Kapan sebaiknya dipilih

Saat Anda sudah memiliki dana darurat dan tidak membutuhkannya dalam jangka waktu di atas 5 tahun

Saat Anda belum memiliki dana darurat dan memprediksi kebutuhannya dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun

 

Melihat karakteristik di atas, tampaknya deposito memang lebih cocok disebut tabungan.

Hal ini disebabkan imbal hasilnya kecil, namun kenyataannya deposito menjadi pilihan banyak orang untuk investasi jangka pendek di Indonesia.

Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito 01 - Finansialku

[Baca Juga: Baca Ini Sebelum Investasi di Website Peer to Peer Lending Indonesia]

 

Jika Anda juga tertarik untuk menabung atau berinvestasi dengan deposito, Anda harus tahu bagaimana cara menghitung keuntungannya.

Kabar baiknya bagi Anda adalah kini sudah banyak aplikasi yang siap membantu Anda merencanakan keuangan, misalnya saja aplikasi keuangan Finansialku.

Aplikasi Finansialku menyediakan fitur kalkulator investasi untuk menghitung berapa bunga yang Anda dapat (dalam rupiah) setelah dikenai pajak sehingga Anda bisa menghitung keuntungan deposito dengan cepat dan akurat.

Jika Anda merupakan pengguna baru, jangan ragu lagi dan silakan daftar di sini atau download di Google Play Store:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Menghitung Keuntungan Deposito dengan Aplikasi Finansialku (Panduan Mobile)

Setelah Anda men-download aplikasi Finansialku, Anda dapat menghitung keuntungan deposito dengan mengikuti tutorial singkat berikut ini:

  1. Pertama-tama masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Investasi”.
  2. Pilih “Deposito”.
  3. Masukan data yang diperlukan:
    • Dana yang didepositokan (dalam Rupiah)
    • Periode (dalam bulan)
    • Bunga deposito per tahun (dalam persen sebelum pajak)
  1. Kemudian tekan tombol “Hitung”.
  2. Anda akan dapat melihat hasil perhitungan pada bagian atas aplikasi Finansialku.

 

Ayo Rencanakan Dana Hari Tua Anda Bersama Dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Masih bingung? Simak panduan jelasnya dalam video berikut ini:

 

Bagaimana? Mudah sekali bukan menghitung keuntungan deposito pakai aplikasi Finansialku?

Tunggu apa lagi? Let’s start now!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apapun Instrumennya, Mulai Menabung atau Investasi dari Sekarang!

Mengingat artikel ini sangat bermanfaat, izinkan saya berbagi sedikit pengalaman saya tentang investasi. Agar tidak mengulang kesalahan yang sama, berikut sekilas kisah saya yang masih saya sesali hingga saat ini:

Saat saya masih berstatus mahasiswa, boro-boro berpikir untuk berinvestasi atau menabung dana darurat, saya hanya berpikir bahwa yang penting uang saya untuk bulan ini cukup. That’s all!

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur Lagi. Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

Kini setelah saya menikah dan berumah tangga, barulah saya belajar berinvestasi dan menabung dari suami saya. Namun saya merasa semuanya sudah terlambat.

Coba saya memulai dari dulu, mungkin saat ini saya sudah bisa memiliki uang tambahan untuk menyekolahkan anak saya, serta untuk berinvestasi lebih banyak.

Saya langsung berinvestasi dan menabung setelah menikah, namun tetap terasa terlambat karena setelah menikah kebutuhan hidup otomatis naik, sehingga makin sedikitlah peluang saya untuk menabung dan berinvestasi.

Alhasil, dana darurat pun masih belum ada sampai sekarang. Aset pun belum ada. Hasil investasi hanya saya gunakan untuk membayar angsuran KPR dan angsuran lainnya.

Padahal, di usia yang sama persis, teman-teman kuliah saya sudah bisa mencicil apartemen untuk disewakan kemudian hari, beberapa bahkan sudah membeli kendaraannya sendiri.

TIdak berinvestasi atau menabung apa pun adalah zonk. Masih muda saja tidak mau tahu apalagi setelah tua nanti? Jangan mau jadi seperti saya dan mulailah sebelum terlambat.

 

Keuntungan Menabung atau Investasi sejak Dini

Pernahkah Anda membayangkan, jika memulai menabung atau investasi dari sekarang, maka Anda cukup menabung atau investasi lebih sedikit di masa depan?

Berinvestasi atau menabung artinya mengorbankan kesenangan saat ini untuk kemudian dinikmati berlipat ganda di kemudian hari. Dan jika Anda masih memilih bersenang-senang sekarang, bagaimana dengan masa depan nanti?

Jika Anda tidak peduli dengan diri sendiri, coba bayangkan bagaimana nasib keluarga Anda kelak? Tentunya Anda tidak ingin keluarga tidak bahagia penuh utang yang terus terbebani hingga akhir bukan?

Untuk lebih membukakan mata Anda, cobalah lihat ilustrasi berikut ini:

Ini Buktinya! Mulai Belajar Investasi Sedini Mungkin Akan Menguntungkan (Studi Kasus) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Buktinya! Mulai Belajar Investasi Sedini Mungkin Akan Menguntungkan (Studi Kasus)]

 

Anda bisa melihat bahwa dengan berinvestasi dini, David memiliki jauh lebih banyak. Hal ini terjadi meski Bruce menginvestasikan lebih banyak uang.

Certified Public Accountant, Micah Fraim mengilustrasikan pentingnya berinvestasi sejak dini melalui infografis di atas. Sangat jelas tergambarkan bagaimana menghemat biaya hedon dan bersenang-senang.

Beberapa hal lainnya yang juga jelas terlihat melalui infografis tersebut adalah:

  1. Bahwa mereka yang mau berinvestasi lebih dulu akan memperoleh jumlah yang lebih besar hingga ratusan ribu dolar ketimbang mereka yang terlambat berinvestasi.
  2. Dan semua itu bisa terjadi meski jumlah yang Anda investasikan lebih sedikit dari mereka.
  3. Kenyataan lainnya yakni David sudah bisa bersantai di usia 27 tahun saat Bruce malah harus membanting tulang berinvestasi.

 

Jadi, masih mau menunda menabung atau berinvestasi? Lebih baik mulai dari sekarang yuk!

Dengan demikian masa depan cerah bisa menjadi milik Anda, dengan gaya hidup yang Anda inginkan, dan dengan pondasi finansial yang kokoh.

 

Investasi Sejak Dini adalah Keharusan

Artikel tadi menunjukkan bagaimana cara menghitung keuntungan deposito dengan aplikasi Finansialku.

Ditambah Anda diingatkan akan betapa pentingnya investasi sejak dini. Oleh karena itu, kini saatnya Anda menganggap investasi itu KEHARUSAN, dan bukanlah pilihan.

Percayalah, kerja keras tidak akan pernah mengecewakan. Jangan jadi mayoritas orang yang hanya mencita-citakan masa tua bahagia tanpa mempersiapkannya. Ujung-ujungnya mereka merasakan penyesalan yang teramat dalam karena hari tuanya tidak seindah yang dibayangkan.

Kesimpulannya, mulailah berinvestasi sedini mungkin, karena tidak akan pernah ada ruginya mengumpulkan banyak pengalaman sejak muda selagi masih mampu bekerja keras.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara instan menghitung keuntungan deposito dengan aplikasi finansialku lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tomorrow Makers. 19 April 2016. Savings vs Investment [Infographic]. Tomorrowmakers.com – https://goo.gl/TNJNc8
  • Matt Duczeminski. Why You Should Start Investing As Early As Possible [Infographic]. Lifehack.org – https://goo.gl/pi3zWQ

 

Sumber Gambar:

  • Menghitung Keuntungan Deposito – https://goo.gl/CDn9fR
  • Keuntungan Deposito – https://goo.gl/xGKmwj
Summary
Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku
Article Name
Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku
Description
Mau menabung atau berinvestasi dengan deposito? Yuk cari tahu bagaimana cara menghitung keuntungan deposito bersama Finansialku.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo