Apakah Anda Ingin Mengajukan KPR? Mari Kenali Produk KPR Mandiri dan Persyaratannya! (Studi Kasus)

Ada banyak produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satunya KPR Mandiri. Kenali produk ini dan ketahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan.

 

Kredit Pemilikan Rumah, Apa Sih Itu?

Beli rumah tentu tidak semudah membeli handphone. Sebelum membeli sebuah rumah, kita tidak hanya mempertimbangkan faktor fitur, benefit, dan kriteria yang kita impikan.

Harga rumah tinggal di kota-kota besar di Indonesia yang saat ini terus bertambah tinggi dan menyebabkan banyak masyarakat hidup tanpa memiliki sebuah rumah tinggal.

Apa penyebabnya? Kondisi fisik rumah, aksesibiltas rumah dari pusat bisnis, lokasi yang strategis dan kepadatan penduduk turut serta mempengaruhi kenaikan harga properti di Indonesia.

Hampir mustahil dengan budget minim atau penghasilan rutin bulanan kita dapat membeli rumah dalam waktu singkat.

Untungnya, banyak bank yang menyediakan fasilitas kredit untuk menyicil rumah, yaitu KPR.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah salah satu fasilitas bank yang diberikan kepada nasabah secara perseorangan untuk membeli rumah tinggal, apartemen, rukan ataupun ruko, baik melalui developer atau tidak, dengan tenor dan suku bunga tertentu.

Salah satu bank yang menyediakan fasilitas KPR adalah bank BUMN ternama, yaitu Bank Mandiri.

Bank Mandiri menyediakan fasilitas KPR dengan tenor hingga 20 tahun dan telah bekerja sama dengan kurang lebih 900 proyek developer di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fasilitas KPR Bank Mandiri, mari kita kenali ragam fasilitas KPR Bank Mandiri dan persyaratannya.

 

Ragam Fasilitas KPR Bank Mandiri

Ada beberapa jenis fasilitas KPR yang disediakan oleh Bank Mandiri, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 KPR Take Over

KPR Take Over adalah fasilitas KPR untuk Anda yang sebelumnya pernah atau sedang melakukan cicilan pembayaran kredit rumah di bank lain dan ingin melanjutkan cicilan pembayaran melalui Bank Mandiri.

Limit kredit yang diberikan oleh Bank Mandiri adalah sebesar sisa tagihan Anda di bank sebelumnya (oustanding), namun Bank Mandiri juga dapat memberikan limit kredit yang berbeda sesuai dengan perhitungan bank.

 

#2 KPR Top Up

Berbeda dengan KPR Take Over, KPR Top Up adalah fasilitas untuk penambahan limit KPR Anda, dengan syarat bahwa Anda telah melakukan cicilan KPR selama 1 tahun dan kolektibilitas Anda lancar selama 6 bulan terakhir.

Apa itu kolektibilitas? Kolektibilitas adalah keadaan pembayaran kredit Anda, baik pembayaran pokok atau angsuran pokok dan bunga kredit yang dinilai oleh bank. Apabila kolektibilitas Anda buruk karena kredit Anda macet, maka pengajuan kredit Anda hampir selalu akan ditolak oleh bank.

Mari-Kenali-Produk-KPR-Mandiri-2-Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

#3 KPR Flexible

Selain kedua produk di atas, Bank Mandiri juga menyediakan fasilitas KPR Flexible. Fasilitas ini memberikan Anda kesempatan untuk memilih tenor dan pembagian jumlah kredit sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Untuk fasilitas KPR Flexible juga disediakan rekening revolving untuk memudahkan Anda dalam pembayaran KPR.

 

#4 KPR Angsuran Berjangka

Bank Mandiri memberikan fasilitas khusus bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan untuk dapat menikmati KPR Angsuran Berjangka. Apa perbedaannya dengan fasilitas KPR lain?

Pada fasilitas KPR Angsuran Berjangka ini Anda dapat mengajukan cicilan yang lebih ringan untuk tiga tahun pertama, dan cicilan Anda akan kembali normal di tahun keempat dan seterusnya.

Dengan demikian Anda dapat mengatur cash flow Anda dan tidak terlalu terbebani dengan cicilan KPR yang besar.

Anda juga dapat menyisihkan dana Anda untuk ditabung atau diinvestasikan.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Syarat dan Ketentuan Pengajuan KPR

Untuk dapat mengajukan fasilitas KPR di Bank Mandiri, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Usia

Bank Mandiri memberikan kesempatan kepada Anda yang berusia minimal 21 tahun, dan maksimal 55 tahun (untuk Anda yang berstatus sebagai karyawan) dan 60 tahun (untuk profesional dan wiraswasta) saat masa kredit Anda berakhir.

 

#2 Kewarganegaraan

Fasilitas KPR Mandiri dikhususkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia, dan memiliki KTP.

Mari-Kenali-Produk-KPR-Mandiri-3-Finansialku

[Baca Juga: Take Over Kredit Rumah Apa Untung Ruginya? Dan Apa Saja Tipsnya?]

 

#3 Penghasilan

Sangat penting bagi bank untuk dapat meyakini bahwa kredit yang diajukan oleh debitur tidak akan berujung macet, karena itu bank menyaratkan agar debiturnya memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap dengan maturity minimal 1 tahun untuk karyawan/pegawai dan 2 tahun untuk profesional/wiraswasta.

 

#4 Dokumen

Untuk pengajuan KPR di Bank Mandiri, dokumen persyaratan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Formulir pengajuan KPR yang diisi dengan lengkap dan benar.
  • Fotokopi KTP applicant dan suami atau istri.
  • Fotokopi surat nikah atau surat cerai (bagi yang telah menikah atau bercerai).
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi buku tabungan atau rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi NPWP applicant.
  • Fotokopi bukti kepemilikan agunan, misalnya Surat Hak Milik (SHM), Surat Hak Guna Bangunan (SHGB), IMB (Izin Mendirikan Bangunan), dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).
  • Untuk Anda yang bekerja sebagai karyawan/pegawai, Anda perlu menyertakan slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan dan surat keterangan jabatan.
  • Untuk Anda yang bekeja pada suatu bidang profesi, Anda perlu menyertakan fotokopi izin praktik profesi dan juga laporan keuangan Anda.
  • Untuk wiraswasta, Anda perlu menyertakan Surat/Akte Pendirian Usaha dan surat izin usaha, serta melampirkan laporan keuangan Anda.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Tips Mengajukan KPR

Setelah menyimak ulasan di atas, mari simak beberapa tips mengajukan KPR berikut ini.

 

#1 Memilih Properti yang Akan Diajukan Melalui KPR

Anda dapat mencari informasi dan melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan pilihan mengenai properti mana yang akan anda ajukan KPR-nya.

Pilihlah properti yang sesuai dengan minat Anda dan memahami rumah yang Anda pilih sebaik mungkin.

Anda bisa mendatangi event yang diselenggarakan seperti pameran properti dan mencari promo KPR yang ditawarkan oleh bank.

Setelah Anda mantap dengan pilihan rumah Anda, Anda dapat mendatangi developer dan melakukan booking. Beberapa developer mewajibkan Anda untuk membayar biaya tanda jadi atau tanda booking agar rumah yang Anda pililh tidak ditawarkan ke orang lain.

 

#2 Mempersiapkan Dokumen Dengan Benar

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan dokumen yang dipersyaratkan oleh bank untuk dapat mengajukan KPR.

Pastikan Anda memahami prosedur dan persyaratan pengajuan KPR dan mempersiapkan dokumen dengan lengkap dan benar.

Apabila dokumen persyaratan Anda sudah benar dan lengkap, bank akan melakukan verifikasi dan appraisal terhadap agunan yang akan menjadi jaminan Anda selama Anda belum menyelesaikan pembayaran KPR Anda.

Selanjutnya Bank akan memberikan penawaran suku bunga dan menjelaskan detail biaya KPR Anda untuk selanjutnya dilakukan pengikatan perjanjian KPR.

 

#3 Mengatur Keuangan

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengatur keuangan Anda sebaik mungkin. Usahakan untuk memperisapkan uang down payment (DP) yang lebih besar daripada yang diminta agar cicilan Anda ke depannya menjadi lebih ringan.

Anda dapat melakukan simulasi perhitungan angsuran KPR di website www.bankmandiri.co.id untuk dapat memperkirakan kecukupan dana Anda.

 

Persiapkan Syarat-syaratnya Demi Kelancaran Proses Pengajuan KPR

Secara singkat, saat Anda merencanakan untuk membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas kredit rumah atau KPR, maka perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Syarat dan ketentuan KPR dari bank terkait
  2. Biaya-biaya yang mungkin muncul dalam pengajuan KPR
  3. Prosedur pengajuan KPR dari bank terkait

 

Anda akan memperoleh kesepakatan yang lebih baik dan menguntungkan jika Anda teliti dalam hal-hal kecil sekalipun.

Pelajari dan persiapkan dengan matang demi kelancaran proses kredit rumah Anda mulai dari pengajuannya hingga pelaksanaannya kelak.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan terkait pengajuan KPR? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kredit Kepemilikan Rumah. Bankmandiri.co.id – https://goo.gl/XTDSDM

 

Sumber Gambar:

  • KPR Mandiri 1 – https://goo.gl/3Ydbo2
  • KPR Mandiri 2 – https://goo.gl/CMePkW
  • KPR Mandiri 3 – https://goo.gl/efgwNC

 

Summary
Apakah Anda Ingin Mengajukan KPR? Mari Kenali Produk KPR Mandiri dan Persyaratannya! (Studi Kasus)
Article Name
Apakah Anda Ingin Mengajukan KPR? Mari Kenali Produk KPR Mandiri dan Persyaratannya! (Studi Kasus)
Description
Ada banyak produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satunya KPR Mandiri. Kenali produk ini dan ketahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Laela Wulandari Tatuningtyas, S.Mat.
Laela Wulandari Tatuningtyas, S.Mat. Seorang perempuan ISTJ. Memiliki background pendidikan S1 Matematika di FMIPA Universitas Padjadjaran. Memiliki ketertarikan di bidang perbankan, musik, seni & budaya, wisata, gaya hidup dan psikologi.

Leave A Comment