Apakah Anda menggunakan deposito sebagai investasi Anda? Bagaimanakah cara kerja deposito dan cara menghitung bunga deposito? Berikut ini Tim Finansialku akan memaparkannya untuk Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Deposito

Deposito adalah simpanan sejenis investasi sederhana. Produk ini ditawarkan oleh bank dengan menjanjikan suku bunga yang tetap dan relatif lebih tinggi dari suku bunga tabungan dengan jangka waktu tertentu. Namun, dalam jangka waktu yang telah disepakati, uang yang didepositokan tidak diperbolehkan untuk ditarik oleh sang pemilik rekening. Jangka waktu yang ditawarkan oleh bank bervariasi.

Anda dapat memilih jangka waktu deposito dari mulai 1, 3, 5, 12, atau 24 bulan, dimana setiap bank menawarkan suku bunga yang kompetitif. Tidak hanya dalam rupiah, Anda juga dapat mendepositokan uang Anda dalam bentuk valuta asing (valas).

Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito 02 - Finansialku

[Baca Juga: Informasi Seputar Deposito Bank yang Harus Diketahui Oleh Setiap Ibu Rumah Tangga]

 

Di Indonesia biasanya dikenal tiga jenis deposito, yaitu deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposito on call. Ketiga deposito tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Dari ketiga jenis deposito tersebut, deposito berjangka menjadi pilihan teratas dari ketiganya karena jenis deposito ini memiliki jangka waktu bervariasi di samping proses pendaftaran yang sangat mudah dan cocok bagi investor pemula.

 

#1 Deposito Berjangka

Instrumen investasi yang merupakan produk dari bank berupa tabungan berjangka dengan masa tenor tertentu dari 1-24 bulan dengan bunga yang akan dibayarkan pada akhir masa periode yang telah dipilih sebelumnya.

 

#2 Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito mirip dengan deposito berjangka hanya saja dapat dipindahtangankan dan kerugiannya adalah apabila sertifikat itu hilang, maka orang yang menemukan dapat dengan mudah mencairkannya.

 

#3 Deposito On Call

Deposito On Call merupakan deposito yang penarikan dananya harus disertai dengan pemberitahuan beberapa hari sebelumnya kepada bank dan juga bunganya dibayarkan dibelakang.

Edit Post ‹ Finansialku Perencana Keuangan Independen — WordPress

[Baca Juga: Apakah Reksa Dana Pendapatan Tetap Lebih Menguntungkan Daripada Deposito?]

 

Ada sedikit perbedaan antara deposito dan tabungan. Apabila Anda menabung di bank, Anda akan menerima bunga yang dihitung setiap harinya dan dibayarkan pada Anda setiap akhir bulan dikurangi dengan biaya administrasi bulanan.

Sedangkan deposito, Anda akan menerima bunga pada akhir periode investasi yang dipotong dengan pajak sebesar 20%.

 

Cara Kerja Deposito

Ketika Anda akan ingin berinvestasi deposito, Anda harus memilih masa atau jangka waktu (tenor), seperti 1, 2, 3, 6, 12 bulan atau 24 bulan dengan besaran bunga yang berbeda setiap jangka waktunya.

Jangka Waktu (Tenor)Suku Bunga
1 bulan3,00%
2 bulan3,00%
3 bulan3,05%
6 bulan3,10%
1 tahun3,15%

 

Apabila Anda memilih masa tenor 3 bulan, maka Anda akan menerima bunga sebesar 3,05% per tahun pada akhir periode (akhir bulan ke-3).

 

Cara Menghitung Bunga Deposito

Apabila Anda memiliki uang sebesar Rp20 juta dan Anda memilih untuk membagi dalam 2 periode yang berbeda yaitu 6 bulan dan 12 bulan, maka perhitungan perolehan bunga deposito sebagai berikut.

 

#1 Periode 6 Bulan (suku bunga 3,10%)

Besar Bunga = (Rp10.000.000 x 3,10% x 180 hari) : 366 hari = Rp152.459

Potongan Bunga = Rp152.459 x 20% = Rp30.491

Bunga yang diterima = Rp152.459 – 30.491 = Rp121.968

 

#2 Periode 12 Bulan (suku bunga 3,15%)

Besar Bunga = (Rp10.000.000 x 3,10% x 366 hari) : 366 hari = Rp310.000

Potongan Bunga = Rp310.000 x 20% = Rp62.000

Bunga yang diterima = Rp310.000 – 62.000 = Rp248.000

 

Pilih Mana Menabung di Deposito Bank atau Menabung di Saham Bank 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana: Menabung di Deposito Bank atau Menabung di Saham Bank?]

 

Keuntungan Deposito

Deposito sebagai alat investasi yang mudah bagi pemula memiliki berbagai keuntungan diantaranya sebagai berikut.

 

#1 Bunga Tetap dan Lebih Besar

Bunga dari deposito lebih besar dari suku bunga tabungan biasa, yaitu sekitar 3%-7%. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar hanya dari besarnya suku bunga yang relatif tinggi dan tetap.

 

#2 Bebas Administrasi Bulanan

Berbeda dengan tabungan biasa dimana ada biaya administrasi bulanan yang dikenakan, deposito tidak ada biaya administrasi yang harus Anda bayarkan, namun Anda perlu membayar  pajak dari besarnya bunga yang Anda dapatkan sehingga uang yang Anda depositokan tidak akan berkurang.

 

#3 Aman

Uang yang Anda depositokan akan aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simapanan (LPS) dengan dana deposito maksimal sebesar Rp2 miliar. Jadi pastikan dana yang Anda depositokan tidak lebih dari Rp2 miliar. Tahukah Anda bahwa pergerakan pasar dan kondisi keuangan Indonesia tidak akan mempengaruhi jumlah deposito Anda karena deposito tidak bergantung pada hal-hal tersebut.

 

#4 Proses yang Mudah

Proses deposito cenderung mudah dan cepat dimana Anda hanya mendatangi bank tertentu dan membuka rekening dengan memberikan data diri Anda secara lengkap dan juga menyetorkan uang yang akan Anda depositokan.

 

#5 Variasi Jangka Waktu

Sesuaikan kebutuhan Anda saat melakukan deposito dengan pilihan tenor antara 1, 2, 3, 6, 12 bulan bahkan 2 tahun.

 

#6 Minim Risiko

Instrumen investasi deposito memang dikenal dengan minimnya risiko dimana Anda tidak perlu pusing akan nilai tukar rupiah yang melemah atau kenaikan inflasi setiap tahunnya. Anda pun tidak perlu memutar otak sedemikian rupa seperti berinvestasi saham yang memerlukan perhitungan yang lebih kompleks.

Ketahui Pajak Bunga Deposito dan Cara Perhitungannya yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Pajak Bunga Deposito dan Cara Perhitungannya yang Benar]

 

Strategi Investasi Deposito

Bagaimana strategi yang perlu Anda ketahui dalam investasi deposito? Berikut ini masing-masing penjelasannya.

 

#1 Tentukan Jenis Deposito

Ada 3 jenis deposito yang telah dipaparkan sebelumnya, yaitu deposito berjangka, deposito on call dan sertifikat deposito. Deposito hanya berlaku untuk beberapa mata uang Negara lain, seperti USD, JPY, GBP, SGD, HKD dan EUR.

Deposito on call sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan dana mendesak dan ingin mencairkan transaksi tersebut kapan saja.

 

#2 Periode Jangka Waktu

Sesuaikan kebutuhan Anda dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh bank. Jangan lupa juga untuk menghitung bunga yang diperoleh saat time deposit berakhir.

 

#3 Membagi Dana Deposito

Seperti pada contoh cara menghitung deposito diatas, bagilah dana yang Anda sediakan untuk deposito ke dalam 2 masa masa periode yang berbeda.

Saat jatuh tempo pada tahap pertama, tariklah secara tunai lalu jangan ragu untuk menginvestasikannya lagi dalam bentuk deposito.

Anda akan mendapatkan keuntungan berupa uang tunai lebih cepat dan bebas dari penalti. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk meraih suku bunga lebih tinggi juga bisa didapat.

 

Pilih Strategi sesuai Kebutuhan

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi deposito, maka Anda harus memilih dengan tepat produk investasinya. Perhitungkan dengan teliti dan saksama serta jangan lupa untuk selalu memperhitungkan suku bunga sesuai jangka waktu dari dana yang Anda depositokan.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam melakukan investasi deposito melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 24 Februari 2016. 3 Strategi Deposito Jadi Investasi Menguntungkan. Aturduit.com – https://goo.gl/1iXf8C
  • Admin. 6 Januari 2015. 4 Strategi Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan. Cekaja.com – https://goo.gl/TY3iSF
  • Admin. 16 Maret 2017. Apa Deposito Itu? Bagaimana Cara Kerja Deposito? Aturduit.com – https://goo.gl/8nR6Pm
  • Admin. 14 Januari 2016. 6 Nilai Lebih Berinvestasi Deposito. Aturduit.com – https://goo.gl/N9orv7

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Deposito – https://goo.gl/y7K7vD
  • Deposito – https://goo.gl/hneEJZ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana