Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja itu sangatlah penting. Simak kiat-kiat jitu menjalin relasi dengan rekan kerja supaya membangun atmosfer kerja yang kondusif melalui pembahasan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Be true to yourself, help others, make each day your masterpiece, make friendship a fine art, drink deeply from good books –especially the Bible, build a shelter against a rainy day, give thanks for your blessings and pray for guidance every day.  – John Wooden

Jujurlah pada diri Anda sendiri, bantulah orang lain, buat setiap hari karya Anda, jalin persahabatan dengan seni, minum secara mendalam dari buku-buku yang bagus, bangunlah tempat perlindungan terhadap hari hujan, bersyukur atas berkat yang Anda terima dan berdoa untuk bimbingan setiap hari.

 

Sebagai makhluk sosial, kita diciptakan berdampingan dengan makhluk lainnya, terutama sesama manusia untuk dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, saling membangun dan bersinergi.

Dalam lingkungan tempat kerja, kita juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang, baik rekan kerja, atasan, dan juga bawahan sekalipun.

 

Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Bagi sebagian orang, memulai sebuah pertemanan itu bisa menjadi hal yang mudah –walaupun terkadang mereka juga memiliki kesulitan dalam menjaga hubungan baik– tapi bagi sebagian orang, untuk dapat berelasi dan membuka sebuah pintu pertemanan bukan perkara yang mudah.

Rasa canggung, takut tertolak atau mungkin merasa tidak percaya diri saat berkenalan bisa menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang merasa kurang “luwes” dalam hal menjalin hubungan pertemanan.

Mengingat pentingnya mencari teman sebanyak mungkin dan menjalin hubungan yang baik, terutama di lingkungan pekerjaan yang hampir sepanjang hari Anda menghabiskan waktu di dalamnya, mari simak cara jitu dalam menjalin hubungan baik di lingkungan kerja berikut ini!

 

#1 Asah Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah sebuah soft skill yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan sesama. Soft skill ini tentu saja bisa dipelajari dan Anda bisa memiliki pengalaman dengan hal ini asalkan Anda berani untuk membuka diri dalam sebuah percakapan dan menjalin pertemanan.

Dalam menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, komunikasi interpersonal sangat diperlukan, terutama dalam menerima pribadi dari rekan kerja Anda.

Setiap orang diciptakan unik adanya dan tidak ada orang yang memiliki kepribadian yang sama persis, sama seperti finger print setiap manusia, tidak ada yang sama. Bahkan mereka yang dilahirkan kembar identik sekalipun, tentu mereka memiliki keunikan dan perbedaan.

Trik Jadi Pemimpin yang Baik, Disegani dan Disukai Karyawan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

Luangkan waktu Anda untuk sejenak bercengkrama dan membuka sebuah percakapan dengan rekan kerja Anda. Berikan senyuman yang hangat dan sapalah mereka dengan tulus sambil berusaha untuk mengasah kemampuan berkomunikasi Anda secara personal.

Tahukah Anda bahwa ketika Anda memberikan sebuah kata penghargaan atau memberi sebuah hadiah kecil kepada teman Anda, self esteem mereka akan semakin meningkat dan perhatian Anda membuat mereka tidak ingin kehilangan Anda sebagai seorang teman?

Berikan hadiah kecil bagi teman Anda dengan memberikan ebook gratis mengenai perencanaan keuangan dari Finansialku di bawah ini, Anda bisa pilih panduan untuk usia 20-an atau usia 30-an. 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

#2 Miliki Inisiatif untuk Menolong

Inisiatif merupakan sebuah tindakan yang sangat disenangi ketimbang sebuah sikap yang pasif dan menunggu orang lain melakukan terlebih dahulu.

Inisiatif untuk menolong bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menjalin hubungan baik dengan rekan kerja Anda di kantor.

Miliki inisiatif ketika rekan kerja Anda sedang membutuhkan bantuan Anda, tentunya tanpa ada rasa pamrih atau ingin dibalas.

Lakukan dengan tulus inisiatif Anda untuk menolong mereka, bukan karena basa basi dan memberikan sebuah harapan palsu.

Misalnya ketika salah satu rekan Anda sedang menunggu redanya hujan karena akan pulang, Anda bisa menawarkan bantuan payung atua tumpangan kendaraan dan mengantarkannya.

Menolong mereka saat deadline kerja hampir tiba juga bisa membuat sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka atas kebaikan yang Anda berikan.

Kebaikan yang diberikan pada saat yang tepat (ketika orang benar-benar membutuhkan) akan membuat momen itu sangat diingat dan tak terlupakan.

Ada sebuah pengalaman, ketika seorang anak SMP yang lupa membawa dompet ketika akan membayar angkot, tiba-tiba temannya memberikan uangnya untuk membayarkan ongkos angkot tanpa harus mengembalikannya. Ini adalah salah satu momen yang tak terlupakan dan kebaikan hatinya terkenang hingga akhir hayat.

 

A tree is known by its fruit; a man by his deeds. A good deed is never lost; he who sows courtesy reaps friendship, and he who plants kindness gathers love. – Saint Basil

Pohon dikenal dari buahnya; manusia dikenal dari perbuatannya. Perbuatan baik tidak akan pernah hilang; dia yang menabur kesopanan akan menuai persahabatan, dan dia yang menanam kebaikan akan mengumpulkan cinta.

 

#3 Jalin Hubungan Pertemanan di Luar Kantor

Tidak hanya di dalam kantor, bahkan ketika Anda sedang berada di luar kantor atau sedang tidak di hari kerja, Anda bisa menjalin hubungan baik di luar kantor.

Sapa rekan kerja Anda ketika berpapasan di mall atau ketika Anda melihat mereka sedang berada di lokasi yang sama dengan Anda.

Jangan merasa canggung dan lemparkan senyuman persahabatan Anda kepada mereka.

Undang sesekali mereka ke acara ulang tahun salah satu anggota keluarga Anda, seperti acara ulang tahun anak Anda atau peresmian rumah baru Anda.

Apakah Gaya Berinvestasi Pria dan Gaya Berinvestasi Wanita Berbeda 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

Tak jarang ada rekan kerja yang memiliki kesamaan hobi atau minat yang sama dengan Anda, misalnya hobi bermain futsal, senang dengan salah satu genre musik, atau memiliki hobi traveling atau jalan-jalan dengan menikmati kuliner dari berbagai daerah.

Ajak mereka untuk bermain bersama, nonton film yang sedang “booming” di bioskop.

Jika diperlukan, Anda juga bisa merencanakan acara kebersamaan dengan mereka, seperti memberi kejutan kepada rekan kerja lainnya yang berulang tahun atau liburan bersama ke sebuah tempat baru yang belum pernah di kunjungi.

Mau merencanakan liburan Anda bersama dengan rekan kerja? Buat anggaran liburan Anda dengan detail sebelum berangkat!

Download Aplikasi Finansialku untuk memudahkan Anda dalam mencatat dana liburan yang perlu Anda alokasikan.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan bantuan fitur “Dana Rencana Perjalanan” di Aplikasi Finansialku, Anda bisa membuat anggaran liburan melalui gadget pintar Anda!

Selain fitur “Dana Rencana Perjalanan” yang dapat Anda gunakan dalam mencatat dana yang diperlukan untuk berlibur, Anda juga dapat melakukan pencatatan arus keuangan setiap waktu dengan bantuan fitur cerdas dari Aplikasi Finansialku.

Mempersiapkan dana akan menjadi lebih mudah dan praktis!

Jika Anda berniat untuk berlangganan, Anda sangat disarankan untuk berlangganan selama satu tahun. Selain untuk menghemat biaya berlangganan, Anda juga akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online Perencanaan Keuangan secara gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Perencana Keuangan Profesional dari Finansialku.

 

#4 Menjadi Pendengar yang Aktif

Ada kalanya rekan kerja Anda mengalami masalah dan membutuhkan teman untuk curhat dan mendengarkan setiap keluh kesahnya.

Dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, Anda bisa menjadi “telinga” bagi mereka untuk sekadar meringankan beban yang sedang mereka alami.

Posisikan diri Anda sebagai seorang pendengar yang baik dengan memberikan saran ketika rekan kerja Anda memintanya.

Tak selamanya rekan kerja yang sedang dalam masalah membutuhkan solusi dari Anda atau jalan keluar dalam masalah mereka.

Ada kalanya mereka sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan, namun mereka membutuhkan teman untuk sekadar berbagi cerita dan beban hidup.

Kondisi perekonomian Indonesia memang sedang tak menentu, hingga akhirnya berimbas pada perekonomian setiap keluarga. Merencanakan masa depan sekolah anak-anak pun menjadi hal yang sangat penting supaya tidak harus berutang di masa yang akan datang.

Jika Anda mendapati bahwa rekan kerja Anda sedang mengalami kesulitan dalam mempersiapkan dana pendidikan bagi anak mereka, Anda dapat memberikan bantuan berupa  Panduan Perencanaan Dana Pendidikan Anak dari Finansialku.

Bantu teman Anda supaya mereka bisa terlepas dari masalah tersebut!

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

#5 Bersikap Jujur & Terbuka

Basa basi seringkali membuat hubungan pertemanan hanya berada pada level yang sama.

Jika kualitas pertemanan Anda dengan rekan kerja ingin semakin meningkat, jangan biarkan Anda memberikan tanggapan yang sekadar basa basi dan berfokus hanya untuk menyenangkan hatinya.

Terkadang jujur itu tidak selamanya menyenangkan hati orang lain, namun mereka akan mengerti bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Jika hasil kerja rekan kerja Anda kurang maksimal saat deadline akan tiba, Anda harus jujur kapadanya.

Bayangkan apabila mereka diminta untuk merevisi tugas mereka oleh atasan karena kualitas hasil yang tidak sesuai, dan pada akhirnya mereka merasa bahwa peniliaian Anda tidaklah jujur.

Berikan apresiasi kepada rekan kerja Anda sesuai dengan porsinya, tidak melebih-lebihkan atau bahkan tidak memberi pujian sama sekali atas hasil kerja yang mereka tampilkan.

Pujian dan rasa penghargaan yang Anda berikan dapat menambah rasa percaya diri mereka untuk dapat menampilkan performa kerja dengan lebih baik, dan Anda menjadi salah satu rekan kerja yang berjasa bagi mereka dalam pengembangan karier di kantor.

 

#6 Jangan Pilih-pilih Teman

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.

Saran dari pepatah di atas memang menharuskan kita untuk tidak ikut-ikutan dalam sebuah pergaulan yang merusak, namun bukan berarti kita menutup diri untuk tidak membuka pintu pertemanan dengan mereka yang Anda anggap memiliki kebiasaan yang tidak baik.

Dalam posisi ini, tentu Anda harus memiliki keteguhan hati untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang buruk.

Sebaliknya, Anda dapat membawa pengaruh positif kepada lingkungan tempat kerja dan memberikan dampak yang membangun bagi rekan kerja Anda.

Cara Jitu Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja 01 Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

Rumor atau gosip memang menjadi sebuah ajang yang seru untuk bisa asyik berbincang dengan rekan kerja, terutama sambil break makan siang atau saat waktu santai tiba.

Tapi Anda perlu berhati-hati ketika obrolan dan kerumunan gosip ini sedang ada dalam lingkaran tempat Anda. Obrolan yang tidak sesuai dengan fakta dapat menyinggung orang yang menjadi objek pembicaraan dan melukai perasaan mereka.

Selain itu, siapapun rekan kerja Anda, bahkan bawahan Anda, mereka adalah juga makhluk sosial yang Tuhan ciptakan untuk hidup berdampingan dan berbagi kebahagiaan hidup dengan Anda.

Jangan pandang sebelah mata, mereka yang memiliki jabatan yang lebih bawah dari Anda. Siapa tahu, kelak mereka akan naik tingkat dan Anda membutuhkan bantuan mereka. Perluas jaringan pertemanan Anda tanpa memandang posisi, jabatan, gender, apalagi mengendepankan SARA.

 

Jadilah Rekan Kerja yang Dapat Diandalkan

Hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membawa atmosfer kerja yang baik, mengingat setidaknya 40 jam seminggu atau 8 jam sehari, Anda menghabiskan waktu Anda di kantor bersama dengan rekan kerja.

Salah satu cara jitu untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja adalah dengan menjadi rekan kerja yang dapat diandalkan, terutama saat dibutuhkan.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menjalin hubungan baik dengan rekan kerja di kantor? Bagikan pengalaman berharga Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Irene Didy. 18 Maret 2018.10 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Teman Kerja. Career.popbela.com – https://goo.gl/XUwhth
  • Maya. 5 Juli 2015. 10 Cara Membina Hubungan Baik dengan Rekan Kerja. Mayaarvini.com – https://goo.gl/AQVdTV
  • Admin. 26 Februari 2016. 7 Cara Penting Untuk Menjalin Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja. Ikhtisar.com – https://goo.gl/gTGeYG

 

Sumber Gambar:

  • Rekan Kerja – https://goo.gl/jeMZkv
  • Rekan Kerja 2 – https://goo.gl/xuY12d
Summary
Cara Jitu Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja
Article Name
Cara Jitu Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja
Description
Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja itu sangatlah penting. Simak kiat-kiat jitu menjalin relasi dengan rekan kerja supaya membangun atmosfer kerja yang kondusif melalui pembahasan berikut ini!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo