Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif

Familiarkah Anda dengan King Auto Interior, pelaku bisnis otomotif yang sudah meraja di bidangnya?

King Auto Grup memang sudah lama melanglangbuana di bidang otomotif, mulai dari bidang cover jok hingga interior dan aksesoris mobil. Tetapi seperti apa perjalanan bisnisnya?

Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Bisnis waralaba terdapat di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang otomotif. Oleh karena itulah, Anda perlu mengenal bisnis franchise King Auto Interior, salah satu pelaku bisnis otomotif terbesar di Indonesia.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan mengenali franchise King Auto Interior serta seluruh serba serbinya.

 

Bisnis Otomotif

Mungkin Anda menggunakan kendaraan setiap hari, namun besar kemungkinan Anda masih asing dengan bisnis otomotif.

Mengutip dari Wikipedia, otomotif ialah merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual kendaraan bermotor dunia.

Namun kini bisnis otomotif telah berkembang luas, bisnis otomotif menghadapi persaingan dari sektor lain, dimana kebutuhan dan permintaan konsumen pun terus berubah.

Oleh karena itulah, bisnis otomotif tidak melulu berhubungan dengan perbaikan dan perawatan kendaraan saja, namun sudah meluas ke bisnis aksesoris mobil.

Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Ini Dia 8 Jenis Franchise yang Perlu Anda Ketahui]

 

Konsumen kini bukan hanya mementingkan perawatan kendaraannya, namun juga mulai memperhatikan kelengkapannya, seperti cover jok, kaca film, paint protection, dan sebagainya.

Dengan demikian, tidak heran mengapa bisnis otomotif terus berkembang dan tidak pernah mati.

Sebagai contohnya adalah King Auto Interior, sebuah unit usaha dari King Auto Grup yang berada di bawah PT Intimex International.

Penasaran dengan perjalanan bisnisnya? Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan sejarah dan perkembangan King Auto Interior hingga menjadi salah satu franchise bidang otomotif terbesar di Indonesia.

 

King Auto Interior

King Auto Interior awalnya berdiri di Bandung, dan mulai berkiprah di bidangnya sejak tahun 2004.

Bisnis yang sudah melanglangbuana selama kurang lebih 13 tahun ini bergerak dalam bidang cover jok dan interior mobil berbahan kulit maupun sintetis.

Hendrawan, pendiri sekaligus pemilik dari King Auto Interior mengungkapkan bahwa dengan usianya yang sudah bisa dibilang cukup lama, King Auto Interior memiliki banyak pengalaman dan tentunya sistem kerja yang solid, sehingga tak ragu lagi King Auto Interior kuat dalam pasar cover jok dan interior mobil.

“Cover jok adalah kebutuhan aksesoris utama dengan pangsa pasar yang besar, sekitar 90% cover jok mobil baru dari dealer itu masih berbahan dasar kain. Kami ingin menjadikan brand King Auto Interior identik dengan produk cover jok dan interior di Indonesia, seperti halnya air mineral yang identik dengan brand Aqua.”

 

Produk Lain King Auto Grup

Selain bergerak di bidang cover jok dan aksesoris mobil, King Auto Grup juga memiliki unit bisnis lainnya, sebagai contoh adalah berikut ini:

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#1 The King Film

Perusahaan yang juga merupakan bagian King Auto Grup ini bergerak di bidang kaca film untuk keperluan mobil, gedung, dan kaca security.

Hendrawan mengungkapkan bisnis ini justru telah berdiri lebih dahulu yakni pada  tahun 2003, dimana pada awalnya mereka menjual kaca film terkenal dari Amerika dengan merek Llumar.

Kini, bukan hanya Llumar, namun The King Film telah menjadi distributor dan dealer resmi dari 7 merek kaca film internasional lainnya.

Hendrawan menjelaskan:

“Awal main di bisnis kaca film, kami adalah outlet Llumar pertama di Indonesia pada tahun 2003. Produk Llumar adaah brand kaca film terbesar di dunia saat ini. Prospeknya sangat besar karena permintaannya sangat tinggi, perhatikan, hampir tidak ada mobil yang tidak pakai kaca film!”

 

#2 King Sound

Unit bisnis lainnya yang merupakan bagian King Auto Grup yakni King Sound. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang audio, lighting, alarm, dan aksesoris elektrikal kendaraan.

King Sound baru mulai berdiri sejak tahun 2008 dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

 

#3 King Detailer

Terhitung sejak tahun 2016, King Auto Grup melebarkan kembali sayapnya dan membuka unit usaha berikutnya yaitu King Detailer.

Perusahaan ini ditujukan dalam bidang jasa salon, paint protection, dan anti karat kendaraan. King detailer juga menjadi satu-satunya distributor dari Cosmics Glass Coating Jepang di Indonesia.

Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Hendrawan menjelaskan perusahaan ini dibangun karena melihat besarnya permintaan atas paint protection dan anti karat kendaraan di Indonesia.

Hal ini muncul akibat kebijakan produsen mobil yang mayoritasnya tidak memberikan paint protection pada kendaraan yang diproduksinya.

 

#4 King Auto Services

Bersamaan dengan King Detailer, King Auto Services muncul untuk memberikan jasa penunjang.

Kelebihan yang ditonjolkan berupa peralatan canggih dengan teknologi terkini sehingga memberikan service lebih cepat, akurat dan terjamin baik hasilnya.

Beberapa service yang tersedia antara lain:

  • Digital automatic AC service
  • Automatic injection cleaner
  • Automatic oil changer
  • Nitrogen, dan sebagainya

 

Hendrawan mengungkapkan:

“Layanan ini lebih kepada easy and mild service kendaraan saja, tidak sampai service yang bobotnya lebih berat seperti kerusakan engine, penggantian spare part, dan lain-lain.”

 

#5 King Accessories

Pada tahun 2017, rencananya King Auto Grup akan kembali melebarkan unit bisnisnya dengan membentuk King Accessories, sebuah perusahaan di bidang accessories garnis, list grill, wood panel, muffler, spoiler, dan sejenisnya.

Menurut Hendrawan, untuk unit bisnis yang satu ini, King Auto Grup akan bekerja sama dengan perusahaan lain yang merupakan perusahaan aksesoris terbesar di Indonesia.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Profit Margin King Auto Interior

King Auto Interior tidak berhenti sampai disitu, karena kini perusahaan ini berhasil memiliki lebih dari 48 outlet yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia, dimana mayoritasnya adalah milik mitra.

Ya, King Auto Interior kini sudah menganut konsep waralaba, dimana mereka membuka peluang lebar bagi calon mitra yang tertarik untuk membeli waralaba di bidang otomotif.

Hendrawan menjelaskan bahwa dalam satu hari rata-rata tiga sampai lima mobil akan masuk untuk mengganti cover jok di King Auto Interior. Dengan harga yang berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp15 juta, maka menurutnya bisnis ini cukup menjanjikan.

Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif 05 - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Selain itu, Hendrawan juga mengungkapkan bahwa biasanya outlet akan memperoleh profit margin sekitar 50% hingga 100% baru dari cover jok saja, belum dari karpet dasar atau aksesoris lainnya.

Apabila konsumen mengambil bungkus steer, plafon, dashboard, hingga full interior, Hendrawan mengestimasi profit margin yang diperoleh bisa mencapai 1000%.

Bahkan King Auto Interior juga memberi kelebihan lain, yakni kualitas bahan yang terjamin karena merupakan supply langsung dari supplier bahan interior terbaik seperti Autoleder, MBtech, Blackleder, Aclass, Carviero, dan sebagainya.

 

Jenis Investasi King Auto Interior

Sebagai sebuah one stop business aksesoris mobil terbesar di bidangnya, King Auto Interior menawarkan beberapa jenis investasi yang bisa Anda ambil.

Adapun 3 jenis investasi waralaba yang tersedia adalah sebagai berikut:

Unit Bisnis       Total Investasi (Rp)              Estimasi Return of  Investment (ROI)
King Auto Interior (authorized outlet)345 juta14 bulan
King Auto Interior (production house)525 juta14 bulan
The King Film (basic film)127 juta9 bulan
The King Film (complete film)255 juta9 bulan
King Detailer75 juta6 bulan
King Sound150 juta8 bulan

*Harga per tahun 2017 dan dapat berubah-ubah setiap waktu tanpa pemberitahuan

 

Merupakan penggabungan dari paket investasi King Auto Interior, The King Film, King Detailer, dan King Sound.

Total Investasi (Rp) :      1 miliar
Estimasi Return of Investment (ROI) :      12 hingga 24 bulan

*Harga per tahun 2017 dan dapat berubah-ubah setiap waktu tanpa pemberitahuan

Merupakan paket waralaba yang diperuntukkan bagi calon mitra pasif. Keuntungan yang dapat diperoleh berupa pembagian franchise fee senilai 50:50 setiap ada permintaan mitra di wilayahnya.

Keuntungan lainnya yakni adanya potensi pengembangan bisnis waralaba di satu wilayah yang cukup besar.

Total Investasi (Rupiah) :      800 juta
Estimasi Return of Investment (ROI) :      12 hingga 24 bulan

*Harga per tahun 2017 dan dapat berubah-ubah setiap waktu tanpa pemberitahuan

 

Terakhir, Hendrawan menyampaikan:

“Kami menyediakan sistem yang bisa disesuaikan dengan kondisi franchise. Mulai dari tipe franchisee yang berminat aktif menjalankan usaha atau pasif sebagai silent investor. Kami juga sediakan sistem autopilot bagi franchisee yang tidak sepenuh waktu dapat menjalankan bisnis ini. Artinya kami ingin bisnis mitra itu bisa berkembang dan meminimalisir outlet mereka tersendat karena keterbatasan waktu atau hal lainnya.”

 

 

Tertarik Membeli Waralaba King Auto Interior?

Setelah melihat perkembangan bisnis dan berbagai jenis paket yang ditawarkan oleh King Auto Interior, apakah Anda ingin menjadi mitra bisnisnya?

Jika berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui kontak berikut ini:

Jl. Surya Sumantri Kav. 1-5, Bandung 40151

Jawa Barat – Indonesia

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang otomotif yang tentunya sudah berpengalaman di bidangnya.

Share artikel ini via WhatsApp atau media sosial lainnya.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai franchise King Auto Interior lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Industri Otomotif. https://goo.gl/dMJe7e

 

Sumber Gambar:

  • King Auto Interior – https://goo.gl/62HRi7 dan https://goo.gl/3f6jGu
  • Bisnis Otomotif King Auto Interior – https://goo.gl/Dvu6NM dan https://goo.gl/C4vjsk
  • Franchise King Auto Interior – https://goo.gl/vWV5ke

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-04T11:03:20+00:00 December 4th, 2017|Categories: Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment