Bisnis waralaba atau sering disebut franchise kini semakin menjamur di Indonesia. Bisnis ini menarik karena kesederhanaannya, dimana segala kebutuhan bisnis sudah disediakan oleh franchisor sehingga investor hanya perlu menanamkan dana saja.  Melalui artikel ini, mari kita lihat bagaimana cara untuk menjalankan bisnis waralaba yang sukses.

 

Rubrik Finansialku

Learn Franchise

 

Kenali Dahulu Sistem Waralaba

Sebelum memulai bisnis waralaba, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu waralaba dan bagaimana sistem yang diterapkannya.

Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis dimana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya. Pemberi waralaba disebut juga dengan franchisor dan penerimanya disebut franchisee.

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu. Finansialku akan membantu menjabarkan kepada Anda beberapa tips jitu untuk menjalani bisnis waralaba yang sukses.

Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba

[Baca Juga: 8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya]

 

#1 Tentukan Bidang yang Anda Minati

Sebelum Anda memilih bisnis waralaba, telusuri terlebih dahulu minat dan keterampilan Anda. Jangan sampai Anda memilih bidang yang tidak Anda sukai dan kuasai, karena tidak akan berujung kesuksesan.

Seperti pepatah “The only way to do great work is to love what you do”, kesuksesan hanya dapat dicapai jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan. Sebagai contoh, jika Anda gemar memasak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli franchise sebuah restoran yang sudah berkembang pesat di luar negeri.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Salah satu kelebihan bisnis waralaba adalah Anda dapat menyumbangkan ide-ide menarik yang menurut Anda akan memperbesar bisnis Anda yang tidak dapat Anda sampaikan saat Anda bekerja di sebuah perusahaan. Jika Anda memahami minat dan kemampuan Anda, maka Anda dapat memberi kontribusi lebih dalam pengembangan bisnis waralaba yang Anda jalani.

Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

#2 Perhitungkan Biaya Bisnis yang Dibutuhkan

Jika Anda sudah menentukan bisnis waralaba yang Anda inginkan, maka Anda harus mulai memperhitungkan berapa banyak biaya yang harus Anda siapkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis waralaba tentunya beragam dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat besar. Yang perlu diingat adalah modal besar belum menjamin kesuksesan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan keunikan produk atau jasa yang akan ditawarkan dan mencari tahu bagaimanakah potensi bisnis waralaba tersebut melalui kinerja cabang-cabang lainnya. Jika ternyata bisnis waralaba yang Anda pilih sudah berdiri sejak lama dan terus berkembang di seluruh dunia, mungkin terdapat potensi besar di baliknya.

Mau Beli Waralaba? Kenali Perjanjian Waralaba dan Prospektus Waralaba

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Perjanjian Waralaba dan Prospektus Waralaba]

 

#3 Pahami Bisnis Waralaba yang Akan Anda Jalani

Kenali dan pahami bisnis waralaba Anda mulai dari brand-nya, bagaimana sistem operasionalnya, aspek finansialnya, hingga bagaimana sistem pemasaran atau marketing-nya.

Umumnya, franchisor memiliki peraturan dan standar operasional yang ketat dan tertata agar brand yang telah ia bangun tidak akan rusak oleh pihak franchisee. Semakin jelas dan ketat sistem yang telah disediakan, maka bisnis waralaba tersebut lebih pantas untuk dipertimbangkan.

Selain itu, Anda juga harus memahami bagaimana sistem pembagian keuntungan atau fee yang diterapkan agar tidak dirugikan. Yang terakhir adalah sistem pemasaran atau marketing.

Anda perlu memahami sistem pemasaran yang baik dan sesuai bagi produk Anda, karena tidak peduli seberapa bagus produk atau jasa yang ditawarkan, produk tidak akan terjual dengan sendirinya tanpa sistem pemasaran yang baik.

 

#4 Kenali Pasar dan Temukan Lokasi yang Sesuai

Jika Anda mencoba menjual es krim di daerah yang dingin dan bersalju, besar kemungkinan usaha Anda tidak akan berjalan mulus. Sebelum memulai bisnis, Anda perlu mengetahui lokasi yang sesuai dimana konsumen potensial Anda berada.

Sebagai contoh jika Anda berniat membuka kedai kopi yang harganya terjangkau, maka konsumen yang Anda tuju adalah misal mahasiswa dan pekerja kantoran. Dengan demikian Anda dapat mencari lokasi sekitar kampus atau area perkantoran.

 Kenali 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Lokasi Bisnis Waralaba

 [Baca Juga: Kenali 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Lokasi Bisnis Waralaba]

 

#5 Jalani dengan Fokus dan Pantang Menyerah

Tips terakhir adalah jangan pernah menyerah dan tetaplah semangat dalam menjalani bisnis Anda. Dalam bisnis tentunya ada berbagai masalah dan hambatan, tapi semua itu dapat Anda lalui jika Anda fokus dan semangat menjalaninya.

Usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti. Kembangkan bisnis Anda dengan bertahap dan tetap fokus pada intinya, sehingga bisnis Anda dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut

 [Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

Carilah Inspirasi dan Mulai Dari Sekarang

Jika Anda lelah bekerja sebagai pegawai dan tertarik untuk memulai sebuah bisnis waralaba, mulailah mencari inspirasi dan mulailah bisnis waralaba milik Anda. Mulailah sejak dini untuk mempersiapkan masa depan Anda.

Perlu diingat, buatlah sebuah bisnis yang unik karena kesuksesan seorang wirausaha dimulai dengan melakukan sesuatu yang biasa dengan cara yang berbeda.

 

Apakah Anda mengetahui tips jitu untuk memulai bisnis waralaba sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • IFRA Indonesia. 5 Tips Cerdas Sebelum Memulai Bisnis Waralaba. Ifra-indonesia.com – https://goo.gl/bWcXMS
  • Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz. 27 September 2017. Cara Memulai Bisnis Waralaba Untuk Pemula. Bisnisa.biz – https://goo.gl/24RSoz
  • Kang Yuda. 29 April 2016. Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba Bagi Pemula. Ideusahabisnis.com – https://goo.gl/0iuHhU

 

Sumber Gambar:

  • Franchise – https://goo.gl/yeDWwu
  • My Own Business – https://goo.gl/PUHmk2

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang