Apa saja yang harus diperhatikan para pebisnis atau yang ingin memulai bisnis saat memilih lokasi bisnis waralaba?  Memilih lokasi yang tepat bisa menunjang kesuksesan tersendiri dalam menjalankan bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

10  Hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi bisnis waralaba

Memulai sebuah bisnis waralaba memang cukup mudah, hanya dengan membeli sebuah hak usaha sudah dapat memulai bisnis tersebut. Namun tidak banyak orang yang mampu dan tahu cara memilih lokasi  yang tepat untuk dijadi tempat bisnis waralaba. Walaupun memulai usaha memang mudah namun belum tentu semudah menjalani bisnis tersebut.

 

kenali-10-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-pilih-lokasi-bisnis-waralaba-finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Perjanjian Waralaba dan Prospektus Waralaba]

 

Sebelum mengeluarkan biaya investasi bisnis waralaba, pastikan terlebih dulu lokasi untuk bisnis waralaba yang akan Anda jalankan. Bukan sekedar strategis namun juga pastikan kesanggupan untuk biaya yang dikeluarkan setiap bulan untuk menyewa sebuah lokasi untuk bisnis yang dijalankan.

Secara umum lokasi yang representatif untuk bisnis akan dikenakan biaya sewa yang cukup tinggi. Oleh karenanya sebelum menentukan lokasi Bisnis waralaba yang akan dijalankan, alangkah baiknya mempertimbangkan 10 hal berikut, antara lain :

 

#1. Strategi Bisnis

Strategi bisnis merupakan hal utama yang perlu diperhatikan, karena terkait dengan jenis bisnis waralaba yang akan Anda jalankan nantinya. Sebagai contoh Anda akan memulai bisnis kedai kopi (coffee shop), maka lokasi harus di daerah ramai, seperti di perkotaan, daerah perbelanjaan dan sejenisnya. Atau jika ingin memulai bisnis toko berjalan, dengan kata lain konsepnya menggunakan booth, jadi mudah berpindah-pindah. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis waralaba yang Anda pilih.

 mau-nambah-penghasilan-bulanan-pertimbangkan-8-bisnis-waralaba-ini-finansialku

 [Baca Juga : Mau Nambah Penghasilan Bulanan, Pertimbangkan 6 Bisnis Waralaba Ini]

 

#2. Lalu lintas Pejalan Kaki

Beberapa jenis bisnis waralaba, membutuhkan keramaian, seperti mini market, tempat belanja modern dan gerai retail. Jika lokasi usaha Anda jauh dari keramaian maka potenti bisnis untuk berkembang akan sulit termasuk dalam mempromosikan bisnis waralaba yang Anda bangun. Oleh karenanya pastikan Anda sudah mensurvey lokasi yang dipilih untuk bisnis waralaba dengan cermat.

 

#3. Pahami Target Pasar

Ketika Anda akan memilih lokasi bisnis waralana, Anda harus memahami target calon konsumen Anda. Sesuaikan target pasar Anda dengan jenis waralaba dan cari lokasi yang sesuai. Contoh Anda sedang membuka bisnis potong rambut khusus pria, atau barber shop, tentunya Anda akan mencari lokasi yang didatangi banyak pria.

Melirik Bisnis Potong Rambut dengan Franchise Barbershop - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Melirik Bisnis Potong Rambut dengan Franchise Barbershop]

 

Lokasi yang tepat, akan mempengaruhi dari gaya hidup dan sifat belanja terhadap produk yang Anda jual. Ingat tidak semua komunitas memiliki tingkat kemampuan belanja yang sama pada masing-masing anggota. 

 

#4. Kemudahan Akses dan Parkir

Pastikan lokasi bisnis waralaba yang dipilih mudah untuk konsumen masuk dan keluar dari tempat usaha Anda. Kemudahan tersebut ditujukan tidak hanya untuk konsumen, namun juga untuk karyawan dan supplier yang mengirimkan stok barang. Kemudahan akses akan memiliki nilai tambah jika dapat mendukung konsumen yang disabilitas. sehingga bisnis Anda akan dapat menjangkau beragam jenis konsumen. Pastikan lahan parkir luas bukan hanya untuk parkir konsumen namun juga untuk hilir mudik kendaraan supplier dan konsumen.

  

#5. Kompetisi

Namanya bisnis, pasti saja ada kompetisi dengan perusahaan lain. Oleh karena itu ketika melakukan survey lokasi yang akan dipilih sebaiknya perhatikan juga pesaing Anda. Tujuannya Agar Anda dapat menentukan strategi yang akan dipergunakan untuk bersaing apakah dari segi kualitas produk atau dari sisi harga yang bersaing. Buat agar kompetisi yang berlangsung secara sehat sehingga tetap memicu kreatifitas bukan sebaliknya.

kenapa-cabang-waralaba-perlu-dibatasi-jumlahnya-finansialku

 [Baca Juga : Kenapa Cabang Waralaba Perlu Dibatasi Jumlahnya?]

 

#6. Kedekatan dengan Bisnis serta layanan lainnya

Dalam beberapa kasus, ekosistem bisnis dapat memberikan keuntungan lho. Sebagai contoh bisnis Anda adalah bisnis kuliner, dan lokasinya berdekatan dengan bisnis waralaba cuci mobil atau bisnis waralaba kursus pendidikan. Ada peluang besar konsumen Anda adalah orang yang cuci mobil atau murid-murid les. 

 

#7. Pastikan Pandangan Masyarakat dan Riwayat Lokasi

Tidak ada salahnya, Anda cek riwayat lokasi yang akan Anda pilih. Tanyakan kepada masyarakat sekitar atau pemilik gedung, sebelumnya digunakan untuk bisnis apa. Jika kebetulan bisnis sebelumnya sama dengan bisnis yang akan Anda kerjakan, cari tahu penyebab perusahaan sebelumnya menuutup usaha. Jika memang lokasi tersebut kurang bagus, sebaiknya pilih lokasi lainnya.

90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Jadi Pengusaha - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga :  Baca Illustrasi Waralaba dengan Cermat]

 

#8. Masuk dalam Zona Usaha

Ketika memilih lokasi bisnis waralaba, pastikan tidak melanggar peraturan yang berlaku. Misal ada lokasi yang termasuk zona merah untuk minuman keras dan makanan non-halal, maka Anda sebaiknya menghindari waralaba yang menjual minuman keras dan makanan non-halal. Ada juga beberapa lokasi yang tidak diperbolehkan untuk dibangun usaha toko modern atau pusat perbelanjaan ritel.

 

#9. Infrastruktur Gedung dan Bangunan

Ketika memilih lokasi bisnis waralaba, pastikan Anda mengecek seluruh infrastruktur yang ada dengan infrastruktur yang dibutuhkan, misal listrik, air, internet, teleokomunikasi dan lain sebagainya. Beberapa usaha waralaba, seperti rumah makan membutuhkan listrik yang cukup besar dan fasilitas internet dengan kecepatan tinggi. 

 

Apakah Bisnis Waralaba Aman Ini Regulasi Bisnis Waralaba di Indonesia - Finansialku

 [Baca Juga: Apakah Bisnis Waralaba Aman dan Bagaimana dengan Regulasinya?]

 

#10. Biaya dan Fasilitas

Pastikan juga biaya yang akan Anda keluarkan untuk menyewa lokasi bisnis waralaba masih dalam anggaran. Ingat perusahaan waralaba yang akan Anda beli adalah perusahaan profit, jadi Anda harus benar-benar menghitung biaya sewanya.

 

Memilih Lokasi Bisnis Waralaba Sangat Penting

Dari sepuluh hal dalam memilih lokasi untuk usaha waralaba tersebut, jika diterapkan akan membuat bisnis waralaba Anda dapat dijalankan dengan mudah dan lancar di lokasi yang Anda pilih tersebut.

 

 

Selain kesepuluh pertimbangan di atas, apakah Anda memiliki kriteria khusus dalam memilih lokasi bisnis warlaba?

 

Sumber Gambar

  • Ilham Hanifa. Unsplash.com – https://goo.gl/U9isyb

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]