Banyak orang yang merasa jika tahun baru itu rasanya sama saja, keuangan tidak ada yang berubah, dan itu bisa jadi karena mereka tidak memahami kesalahan mengatur keuangan di tahun sebelumnya.

Daripada membiarkan kesalahan yang berlarut, lebih baik take action untuk menciptakan perubahan khususnya dalam mengatur keuangan di tahun 2019 ini.

Mari simak pembahasan selengkapnya melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Keuangan Tahun 2019 yang Lebih Baik

Saya adalah orang yang cukup meyakini bahwa tahun baru itu membawa semangat dan kesempatan baru.

Tentunya untuk menuju perubahan yang lebih baik lagi, saya enggak bisa menyia-nyiakan kesempatan yang datang dan jangan sampai mengulang kesalahan yang sama, terutama dalam mengatur keuangan.

Saya merasa jika tahun baru adalah momentum yang tepat untuk membuat perubahan besar dalam kebiasaan mengelola keuangan.

Berapa gaji yang kita terima, seberapa besar pengeluaran kita, di mana saja uang diinvestasikan, dan apapun yang berhubungan dengan uang, tentunya kita sendiri yang mengerti keadaan keuangan kita, bukan orang lain.

Sama seperti kebanyakan orang, saya membuat banyak resolusi di tahun baru dengan tujuan untuk memperbaiki kebiasaan buruk, dan menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik lagi ke depannya.

Kesalahan Mengatur Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Terlambat Lagi! Begini Cara Menyiapkan Dana Pendidikan di Awal Tahun]

 

Salah satu tekad saya adalah mencoba untuk terus belajar membuat perencanaan keuangan yang benar dan tepat, melihat dari pengalaman sebelumnya. Kenapa?

Karena saya tidak ingin terjerumus pada kesalahan yang sama, boros, tidak bisa manage uang, dan masih banyak lagi.

Oh ya, saya juga punya daftar kesalahan umum merencanakan keuangan yang biasa dilakukan kebanyakan orang, apakah kamu melakukannya juga? Mari kita cek!

Tapi sebelum itu, ingat ya! Jangan pernah lupa dengan yang namanya perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan itu sangat penting lho! Kamu dapat mengetahui hal apa saja yang dapat kamu rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Dengan begitu, kamu pun bisa segera mencapai berbagai tujuan keuangan seperti yang diinginkan oleh setiap orang.

Jika ingin memahami perencanaan keuangan lebih dalam, alangkah lebih baik mempelajarinya terlebih dahulu melalui ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Kamu bisa memperolehnya secara GRATIS! Tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Yuk segera download dan rasakan manfaatnya!

 

10+ Kesalahan Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan bisa dibilang susah-susah gampang. Karena, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya.

Hal utama yang harus dimengerti ialah mengenai kebutuhan dan keinginan. Dua hal ini lah yang menjadi salah satu faktor dalam mengatur keuangan.

Jika belum memahaminya, maka cobalah untuk berdiam diri sejenak dan mencari tahu antara perbedaan kedua itu.

Jika tidak, maka kamu akan melakukan dengan sejumlah kesalahan dalam mengatur keuangan, seperti:

 

#1 Terlalu Mengedepankan Gengsi

Di Indonesia sendiri gengsi seolah sudah menjadi budaya, anak harus sekolah di international school, nanti kalo anak nikah resepsinya harus di hotel mewah, ingin ganti gadget padahal baru beli sebulan yang lalu, dan masih banyak lagi.

Tidak nyaman rasanya jika hidup harus terus-terusan mengikuti gengsi, padahal dengan gaya hidup yang biasa pun kita bisa bahagia lho!

Pikirkan apa yang kamu mampu beli dan tidak mampu beli, selanjutnya kritis menilai perbedaan antara “mau” dan “butuh”.

Jujurlah pada diri sendiri akan kemampuan yang kita miliki, jangan sampai gengsi merusak target-target keuangan yang sedang ingin kamu kejar.

TTS Sudah Bisakah Anda Mengatur Arus Kas Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tolok Ukur Kesehatan Keuangan Mahasiswa! Bagaimana Denganmu?]

 

#2 Tidak Memiliki Anggaran

YOLO (You Only Life Once) nikmati hidup selagi bisa, ingin ini ingin itu beli saja, toh hidup cuma satu kali bukan?

Ini adalah pemahaman yang sering menyebabkan seseorang gagal mengatur keuangannya, karena orang seperti ini tidak memiliki anggaran yang disusun untuk mengontrol pos-pos keuangan.

Dengan anggaran, kamu akan mengetahui pengeluaran yang tidak terkontrol itu ada di bagian yang mana.

Jika masih kebingungan cara membuat anggaran, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu membuat anggaran. Silakan isi sesuai kolomnya, Finansialku telah menyusun anggaran dari hal terpenting.

 

#3 Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tidak percaya diri dengan apa yang kamu miliki bisa membuat kamu membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan hanya demi pamer.

“Tetangga aja bisa beli mobil baru, TV baru, motor baru, kulkas baru, anaknya bisa kuliah di London, masa kita enggak bisa seperti mereka”.

 

Lebih baik, fokus dengan hal terbaik yang telah kamu miliki, dan ingatlah bahwa orang lain mungkin tidak semakmur seperti yang kita lihat.

 

 

#4 Kebiasaan Lapar Mata

Lihat sepatu bagus-beli, lihat tas bagus-beli, lihat makanan lagi diskon-beli, padahal baru makan, pernah mengalami hal seperti ini?

Jika kamu sering jalan-jalan di mall pasti pernah mengalami yang namanya lapar mata, dan membeli barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan, dan tidak terlalu penting.

Meskipun murah, lama-lama, kebiasaan ini akan berimbas pada kesehatan keuangan kamu lho, percaya deh. Itu tadi kenapa kamu harus memiliki anggaran untuk dijadikan patokan pengeluaran disetiap pos-pos keuangan.

 

#5 Pinjam Uang untuk Hal yang Tak Penting

Hindari terlalu banyak berutang sana-sini, dan jangan terdorong meminjam uang walaupun sedikit.

Hidup dari kerja dan usaha yang kamu hasilkan akan membuat kamu lebih mandiri dan pintar dalam mengatur keuangan.

Jika kamu harus meminjam, ambil fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk membiayai keperluan produktif saja, dan manfaatkan promo-promo KTA dengan bijak.

Sudah Siap Jadi Single Parents Cara Mengatur Keuangan Menentukan Masa Depan Finansialku 4

[Baca Juga: Apakah Aman Membeli Kendaraan Secara Online? Gimana Caranya?]

 

#6 Memberi Pinjaman ke Orang Lain

Memberikan orang lain bantuan adalah hal yang mulia, tapi jangan juga terlalu baik dalam meminjamkan uang ke orang lain, apalagi kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

Terkadang, kamu harus berkata tidak walau pada keluarga sendiri, terlebih jika kondisi keuangan kamu sedang pas-pasan.

 

#7 Telat Membayar Kartu Kredit

Jika kamu menggunakan kartu kredit, jangan sampai telat membayar tagihan kartu kredit, atau kamu akan berurusan dengan bunga berbunga.

Jika pembayaran terlalu sering telat, riwayat kredit akan menjadi buruk.

Karena itu, bandingkan bunga kartu kredit, annual fee, dan fitur lainnya supaya kamu menemukan kartu kredit yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

 

#8 Salah Membeli Asuransi

Kurangnya pengetahuan tentang produk-produk keuangan menyebabkan banyaknya orang yang salah beli produk keuangan tersebut, salah satunya asuransi.

Sebelum membeli asuransi dan lain-lainnya, kamu musti baca dengan cermat kontrak yang disodorkan. Jangan ragu bertanya pada orang-orang yang memiliki pengalaman lebih.
Kamu bisa bertanya melalui fitur tanya jawab yang ada di aplikasi Finansialku, para perencana keuangan siap membantu kamu.

Asuransi ini penting, selain tabungan darurat, kamu membutuhkan asuransi, baik itu kesehatan dan jiwa, yang bagus untuk melindungi diri dan keuangan.

Carilah asuransi dengan coverage yang cocok sesuai kebutuhan, dan memiliki premi yang bersahabat.

 

#9 Banyak Pengeluaran Tak Terlalu Penting

Lihat daftar pengeluaran, dan carilah pengeluaran yang tidak terlampau penting seperti paket premium TV berbayar. Jika kamu tidak terlalu membutuhkannya, jangan dibeli.

Oh ya, untuk memudahkan pencatatan pemasukan dan pengeluaran kamu bisa menggunakan fitur catat keuangan di aplikasi Finansialku, simple, dan ada fitur widget-nya.

Cara Mengatur Keuangan 1 Finansialku

[Baca Juga: Teman-Teman HRD Sudah Tahu, Bagaimana Cara Perhitungan Upah Lembur sesuai Undang-Undang?]

 

#10 Tak Punya Dana Darurat

Semua orang tahu betapa pentingnya dana darurat. Kamu perlu memiliki dana darurat yang akan berguna untuk kejadian-kejadian tak terduga. Seperti, kehilangan pekerjaan atau tiba-tiba harus membayar pengeluaran medis yang besar.

Dana darurat ini harus cukup untuk menutup kebutuhan hidup atau pengeluaran hidup kamu setidaknya untuk tiga bulan kedepan.

 

#11 Tidak Memikirkan Masa Pensiun

Saat usia baru menginjak 20-an, mungkin kamu tidak terlalu memikirkan bagaimana masa pensiun nanti.

Namun, terlalu lama menunda membuat rencana pensiun adalah hal yang tidak baik.

Semakin cepat kamu menyiapkan dana pensiun dan menabung untuk masa pensiun, maka semakin besar dana yang terkumpul dan karena itu, semakin aman pula masa tua kamu.

 

Take Action, Menuju Keuangan Lebih Baik di Tahun Ini

Gimana nih, dari 11 poin tersebut berapa banyak kesalahan yang kamu lakukan?

Sebaiknya, targetkan di tahun ini kamu mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam mengatur keuangan.

Tahun baru, resolusi baru, dan harapan baru tentunya harus seiring dengan perubahan baru dong. Saatnya lakukan perubahan menuju keuangan lebih baik di tahun 2019. Semangat!

 

Apakah kamu punya pendapat dan pengalaman lainnya tentang kesalahan dalam mengatur keuangan? Jika ada, boleh share di kolom komentar ya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman supaya mereka juga bisa mengatur keuangannya lebih baik.

 

Sumber Referensi:

  • Compareas. 31 Desember 2014. 15 Kesalahan Mengatur Keuangan untuk Dihindari Di 2015. Halomoney.co.id – https://goo.gl/z2Jgxq

 

Sumber Gambar:

  • Kesalahan Mengatur Keuangan 1 – https://goo.gl/JaCyCn
  • Kesalahan Mengatur Keuangan 2 – https://goo.gl/G2Khh2