Apa saja kesalahan dalam mengatur keuangan versi generasi milenial? Terdapat beberapa kesalahan fatal yang dilakukan generasi milenial dalam mengatur keuangan. Yuk ketahui kesalahan apa saja yang harus kamu hindari!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

Halo guys! Apakah kamu sudah mengatur keuanganmu sendiri? Sebagai generasi milenial, kamu dituntut untuk bisa mengatur keuanganmu sendiri.

Apalagi, jika kamu merantau ataupun sudah hidup mandiri. Mengatur keuangan yang baik dan benar sangat diperlukan.

Bahkan pengaturan keuangan kamu saat ini dapat menentukan kondisi keuangan kamu di masa yang akan datang lho, guys.

 

Kesalahan Mengatur Keuangan 02 Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Bagaimana Cara Ahli Keuangan Mengatur Keuangan Pribadinya]

 

Namun, terkadang anak generasi milenial kurang memerhatikan bagaimana cara mengatur uang yang baik.

Banyak hal-hal sederhana yang kurang diperhatikan. Bahkan juga sering diabaikan sehingga banyak generasi milenial yang melakukan kesalahan dalam mengatur keuangannya.

Memang apa saja sih kesalahan dalam mengatur keuangan versi generasi milenial? Penasaran ya?

Sebelum masuk ke pembahasannya, kamu bisa download e-book gratis Finansialku tentang perencanaan keuangan untuk usia 20-an lho.

E-book ini akan menuntun kamu untuk merencanakan keuangan dengan mudah dan tepat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

7 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Versi Generasi Milenial

Artikel Finansialku kali ini akan membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh generasi milenial. Berikut 7 kesalahan dalam mengatur keuangan versi generasi milenial.

 

#1 Tidak Memiliki Anggaran (Budgeting)

Banyak sekali anak generasi milenial yang tidak memiliki anggaran (budgeting). Kebanyakan dari mereka malas untuk membuatnya. Mereka menganggap anggaran adalah hal yang ribet, sulit, tidak penting, dan sebagainya.

Padahal, perlu diketahui bahwa dengan adanya anggaran dapat memudahkan kamu untuk mengontrol pengeluaran kamu. Jika kamu tidak memiliki anggaran, maka pengeluaran kamu jadi kurang terbatasi.

Selain itu, dengan tidak adanya anggaran membuat anak generasi milenial menderita di akhir bulan. Mereka biasa menyebutnya tanggal tua. Mereka harus berhemat sekali di akhir bulan karena mereka sudah kehabisan banyak uang di awal bulan.

Kesalahan Mengatur Keuangan 03 Budgeting - Finansialku

[Baca Juga: #LangsungCatat, Cara Mengatur Keuangan yang Mudah dan Praktis : Aplikasi Keuangan untuk Mencatat Pengeluaran]

 

Bahkan, mirisnya mereka ada yang sampai tidak makan karena tidak memiliki uang lagi. Wah.. kalau sudah begini kan kasihan juga guys. Kebutuhan yang  utama saja jadi tidak bisa terpenuhi. Kalian jangan sampai gini ya guys!

Membuat anggaran sangat mudah kok, guys. Kamu juga bisa membuat anggaran dengan mudah melalui Aplikasi Finansialku.

Yuk download aplikasinya di Google Play Store secara gratis. Mulai buat anggaran kamu dari sekarang, jangan malas ya!

 

#2 Tidak Memprioritaskan Pengeluaran yang Penting

Generasi milenial cenderung kurang memerhatikan prioritas dalam pengeluaran. Mereka hanya mengeluarkan untuk hal yang mereka inginkan. Alhasil, pengeluaran yang penting jadi kurang diperhatikan.

Pengeluaran yang penting seharusnya kamu utamakan. Pengeluaran yang penting itu seperti dana darurat. Dana darurat seringkali diabaikan oleh anak generasi milenial. 

Kesalahan Mengatur Keuangan 04 Pengeluaran - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Kebiasaan dan Cara Investasi dari Generasi Milenial?]

 

Setiap orang terutama yang sudah hidup sendiri seharusnya sudah memiliki dana darurat. Dana darurat sangat diperlukan untuk berjaga-jaga jika suatu hal terjadi. Dana darurat harus dipersiapkan sedini mungkin.

Paling tidak, kamu memiliki tabungan untuk hidup 3 hingga 6 bulan ke depan. Dana darurat pada umumnya adalah untuk 6 bulan.

 

#3 Menghabiskan Banyak Uang untuk Liburan

Generasi milenial cenderung menggunakan uang mereka untuk pergi liburan. Mereka bisa liburan 3 hingga 4 kali atau bahkan lebih dalam setahun.

Seperti yang kita ketahui, pergi liburan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi kalau kamu pergi liburan ke luar negeri, kamu akan membutuhkan biaya untuk transportasi, tempat tinggal, biaya hidup dan lain sebagainya.

Bahkan, saat liburan biasanya kamu cenderung untuk shopping. Alhasil kamu menjadi sangat boros. Hal inilah yang membuat pengeluaran para generasi milenial menjadi melonjak.

Liburan sesekali memang diperlukan. Dengan liburan kamu bisa lebih fresh dan rileks. Namun, kamu juga perlu membatasi pengeluaran kamu untuk liburan.

Kamu bisa membuat anggaran terlebih dahulu sebelum kamu pergi berlibur. Sehingga, pengeluaran kamu tetap bisa terkontrol walaupun ketika kamu sedang liburan.

Kesalahan Mengatur Keuangan 05 Liburan - Finansialku

[Baca Juga: Guys, Yuk Cek 5 Tips Liburan Murah Ala Mahasiswa yang Bisa Kamu Lakukan!]

 

#4 Boros Belanja dengan Menggunakan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit sudah sangat umum di kalangan generasi milenial. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya kartu kredit. Namun, hal inilah yang membuat generasi milenial menjadi lupa diri.

Mereka terlalu asik berbelanja menggunakan kartu kredit. Memang tidak ada salahnya jika kamu mau menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, tetapi akan lebih baik jika kamu tetap membatasi penggunaanya.

 

#5 Mengabaikan Laporan Kartu Kredit

Setelah berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, perlu diingat bahwa kartu kredit memiliki tagihan yang harus dibayar. Namun banyak dari generasi milenial yang mengabaikan laporan tagihan dari kartu kredit.

Padahal, kamu harus membayar tagihan tersebut dengan tepat waktu. Jika kamu terlambat membayar tagihan kartu kredit kamu, kamu bisa dikenakan denda lho guys.

Sayang kan uangnya kalau untuk bayar denda? Mending untuk investasi kan guys? Jadi, jangan sampai terlambat bayar ya!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#6 Menghamburkan Uang untuk Berbelanja (Shopping)

Generasi milenial cenderung ingin show off. Mereka ingin memiliki barang-barang yang sedang hitz dan trend zaman now seperti tas, baju, sepatu dan lain-lain. Mereka tidak membatasi diri mereka untuk shopping.

Padahal, terkadang mereka tidak terlalu membutuhkan barang-barang tersebut. Mereka hanya ingin memuaskan diri mereka dengan memilikinya. Alhasil banyak uang yang sudah mereka keluarkan untuk belanja barang-barang tersebut.

 

#7 Menunda Investasi

Banyak generasi milenial yang menganggap menabung sudah cukup. Mereka menjadi menunda investasi. Mereka pikir bahwa investasi itu bisa dilakukan nanti-nanti, tidak perlu dari sekarang.

Padahal, perlu diketahui bahwa menabung saja tidak cukup, inflasi terus bertumbuh. Jadi, kamu perlu melakukan investasi, maka harus dari sekarang.

 

Sekarang sudah ada berbagai investasi lho guys. Ada investasi saham, reksa dana, emas, deposito, obligasi, dan lain sebagainya.

Karena itu jangan menunda-nunda investasi lagi yuk! Mulailah berinvestasi dari sekarang.

 

Kamu Bisa Memperbaiki Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

Sudah tahu kan kesalahan apa saja yang sering dilakukan generasi milenial dalam mengatur keuangan?

Kalau kamu melakukan kesalahan sama seperti yang tertera di atas, tenang saja, kamu masih bisa memperbaikinya kok.

Tentunya 7 kesalahan dalam mengatur keuangan versi generasi milenial ala Finansialku ini dapat menyadarkan kamu supaya kamu dapat berusaha untuk menemukan solusi dan memperbaikinya.

 

Jadi kesalahan apa nih guys yang kalian lakukan dalam mengatur keuangan? Yuk langsung saja berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah disediakan.

Finansialku akan membantu kamu mengatasinya. Good luck! Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Annissa Wulan. 19 Januari 2018. 8 Kesalahan Paling Serius Generasi Milenial dalam Mengatur Uang. Liputan6.com – https://goo.gl/Dy56EH

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Keuangan – https://goo.gl/GdU8sH
  • Keuangan – https://goo.gl/eh9MNM
  • Budgeting – https://goo.gl/MpBwEQ
  • Pengeluaran – https://goo.gl/CvUNdz
  • Liburan – https://goo.gl/uorNo5