Ada yang bertanya, bagaimana cara investasi dari generasi kaum milenial? Sekarang ini, generasi milenial menjadi topik yang cukup hangat di kalangan masyarakat. Mulai dari segi pendidikan, teknologi, moral, budaya, bahkan kebiasaan dan cara investasi mereka.

Rubrik kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai kebiasaan dan cara investasi dari kaum generasi milenial.

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Siapa Generasi Milenial Itu?

Salah seorang teman kami di Facebook memiliki pertanyaan yang menarik untuk dibahas pada rubrik kali ini.

 

Pertanyaan: Halo Finansialku. Aku ingin bertanya. Langsung aja ya. Bagaimana kebiasaan dan cara investasi dari generasi milenial? Aku sangat ingin tahu dalam mempelajari kebiasaan dan cara investasi mereka. Terima kasih Finansialku

 

Jika Anda ingin mengajukan pertanyaan, Anda dapat memberikan pertanyaan di Facebook Finansialku. Tapi jangan lupa, silakan like Facebook Finansialku terlebih dahulu sebelum Anda mengajukan pertanyaan.

 

Jawaban:

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana kebiasaan dan cara investasi dari generasi milenial, akan jauh lebih baik jika kita tahu lebih jelas mengenai siapakah yang disebut generasi milenial itu.

 

Milenial atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980 – 2000 an.

Maka, ini berarti milenial adalah generasi muda yang berumur 17-37 pada tahun ini.

Milenial sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi milenial memiliki ciri khas tersendiri yaitu, mereka lahir pada saat TV berwarna dan handphone serta internet sudah diperkenalkan. Generasi ini sangat mahir dalam teknologi.

Konsultasi Bagaimana Kebiasaan dan Cara Investasi dari Generasi Milenial 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Bisnis: Berguru pada Entrepreneur Milenial dalam Bisnis Anda]

 

Di Indonesia sendiri dari jumlah 255 juta jiwa penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta jiwa merupakan generasi milenial atau berusia 17-37 tahun.

Artinya, Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk membangun negaranya. Tapi, kemanakah mereka pergi? Apakah mereka bersembunyi? Tentu tidak, jika kita melihat ke dunia media sosial, generasi milenial sangat mendominasi jika dibandingkan dengan generasi X.

Oleh karena berkembang di era teknologi, generasi milenial memiliki kebiasaan dan cara investasi yang tidak sama dengan generasi-generasi sebelumnya, atau bisa dibilang cukup unik.

 

Kebiasaan Dan Cara Investasi dari Generasi Milenial

Ada banyak kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh para investor, yang sebenarnya dapat dihindari dengan menerapkan pengetahuan, determinasi dan pemahaman tentang pasar modal.

Kegagalan untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia di sekitar mereka, baik tentang tren makroekonomi ataupun teknologi yang tersedia untuk memberi informasi perdagangan, menjadi salah satu kesalahan yang sering terjadi.

Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan]

 

Tetapi tidak demikian halnya dengan generasi milenial, yang memiliki beberapa kebiasaan unik yang terlahir dari inovasi dan evolusi.

Apalagi di negara-negara yang sudah maju dengan teknologinya, dimana tren sosial, ekonomi dan teknologi menjadi salah satu yang mempengaruhi pasar keuangan mereka.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ada 3 kebiasaan dan cara investasi yang dapat kita perhatikan dari generasi milenial di tahun 2017, antara lain:

 

#1 Generasi Milenial Sudah Beradaptasi Dengan Mobile Trading dan Virtual Trading

Trading atau melakukan jual beli secara online telah menghilangkan banyak batasan-batasan yang dulu pernah ada di pasar modal tentang sulitnya melakukan jual beli di pasar modal.

Hal ini mempunyai efek yang kuat bagi generasi milenial.

Sekarang ini, mereka dapat melakukan trading, secara penuh waktu atau paruh waktu, tanpa mengurangi ketepatan mereka dalam melakukan trading dan tanpa mempengaruhi gaya hidup atau kesibukan mereka sehari-harinya.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Seiring dengan perkembangan teknologi online trading, mulai banyak investor yang melakukan jual beli dari platform online trading atau dari aplikasi mobile mereka.

Para broker juga mendorong para investor untuk dapat mengakses akun mereka melalui aplikasi berbasis online yang berdasarkan kebutuhan mereka dan lokasi dimana mereka berada, sehingga investor dapat melihat perkembangan investasi mereka.

Ini berarti, para investor milenial sekarang ini dapat mengambil keputusan-keputusan kunci berkaitan dengan investasi mereka.

Mereka akan melakukan kegiatan yang lain, tanpa dipengaruhi lokasi atau bahkan terkadang tanpa harus mengandalkan koneksi internet untuk investasi tertentu.

 

#2 Generasi Milenial Merupakan Investor Yang Menghindari Risiko

Resesi besar yang pernah terjadi di tahun belakangan ini memberikan dampak yang cukup besar kepada tipe investor dari generasi milenial.

Hal ini memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya determinasi dan kreativitas di masa-masa yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian.

Hal ini juga membuat para investor menjadi lebih berhati-hati terhadap risiko, sehingga dengan sendirinya para investor hanya akan berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Perubahan lain yang terjadi di bidang keuangan oleh karena cara investasi generasi milenial, antara lain adalah bagi mereka para pencari modal.

Sekarang ini, para pengusaha memiliki beberapa pilihan alternatif untuk mendapatkan modal yang tersedia bagi mereka.

Pilihan alternatif untuk mendapatkan modal, seperti P2P Lending dan Crowdfunding, membuat para investor untuk memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan keinginan untuk mencari investasi yang lebih baik di masa-masa sukar.

 

#3 Generasi Milenial Mengelola Risiko Dengan Teknologi

Dari sudut pandang seorang investor, risiko merupakan hal yang tidak dapat dihindari, yang menjadi tantangan setiap harinya.

Tetapi bersamaan dengan platform jual beli online maupun mobile, terdapat pula fitur untuk mengelola risiko di dalamnya yang dapat diaktifkan dengan mudah.

Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Gaya Kaum Milenial Menyiapkan Pensiunnya]

 

Termasuk di dalamnya terdapat fitur yang dapat menghentikan kerugian (stop-loss), yang memungkinkan bagi pada investor untuk menentukan posisi dimana jual beli akan dihentikan secara otomatis apabila sebuah investasi mulai merugi.

Fitur ini sangat membantu para investor untuk mengelola kerugian yang dapat terjadi di masa modern seperti sekarang ini.

Artinya, mereka dapat menghadapi risiko dan bersamaan dengan itu melindungi modal mereka dari kerugian yang besar.

 

Generasi Milenial Adalah Generasi Teknologi

Dengan adanya teknologi, generasi milenial mulai mengalami perubahan dalam kebiasaan dan cara investasi.

Semua hal yang berhubungan dengan investasi atau pasar modal, yang mengharuskan investor untuk datang ke tempat tertentu (melakukan perdagangan) atau menghabiskan waktu yang banyak untuk mendapatkan informasi, sekarang dipermudah dengan adanya teknologi.

Oleh karena itu, baik Anda sebagai generasi milenial atau generasi sebelumnya, Anda juga harus mulai beradaptasi dengan teknologi yang ada sekarang ini. Ini akan membantu Anda dalam melakukan investasi dengan lebih mudah dan lebih baik.

 

Terima kasih karena Anda sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah artikel ini menambah pengetahuan Anda tentang generasi milenial? Apakah ada teman atau rekan Anda yang juga membutuhkan informasi ini?

Silakan bagi kepada mereka artikel ini untuk menambah wawasan mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2017. Siapa Itu Generasi Millennial? Rumahmillenials.com – https://goo.gl/5Vh5Si
  • Guest. 2 Juni 2017. The Investment And Trading Habits Of Millennials. Blog.seedly.sg – https://goo.gl/AV7zhZ

 

Sumber Gambar:

  • Generasi Milenial – https://goo.gl/wiLqmh
  • Cara Investasi dari Kaum Milenial – https://goo.gl/mbBDRQ

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang