Sebagai kaum milenial, mungkin saja Anda melihat masa pensiun dengan pandangan yang berbeda dari orangtua Anda. Pada artikel ini, Finansialku akan membahas cara pandang milenial dalam melihat masa pensiun mereka dan apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai masa pensiun yang tenang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pandangan Kaum Milenial

Bagi orangtua Anda, mungkin masa pensiun berarti mereka bekerja hingga usia pensiun yaitu 55 atau 60 tahun dan kemudian melakukan hal yang mereka inginkan nantinya pada usia pensiun. Hal ini berbeda dengan pandangan kaum milenial yang berambisi tinggi.

Begini Gaya Kaum Milenial Menyiapkan Pensiunnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Berpikir Pensiun di Usia Muda, Jika 5 Hal Ini Belum Beres]

 

Mereka ingin mencapai segala sesuatunya sekarang, baik itu berarti mengikuti cita-cita, memulai usaha sesuai mimpi mereka, memulai proyek Anda sendiri atau bekerja untuk start-up yang Anda rasa menjanjikan. Anda menginginkan pekerjaan yang memberikan keseimbangan antar hidup dan tanggung jawab sehingga Anda dapat berlibur dan dapat menjalankan hobi Anda. Mungkin saja Anda juga tidak memikirkan masa pensiun karena Anda sangat mencintai apa yang Anda lakukan.

 

Mempersiapkan Masa Pensiun

Karena hal yang Anda inginkan jauh berbeda dari pandangan orang kuno, Anda membutuhkan cara lain untuk mempersiapkan dana pada saat semangat dan tubuh Anda sudah tidak mempunyai energi yang sama dengan sekarang. Ketiga cara ini berbeda dari masa depan yang Anda dambakan. Berikut adalah tiga cara yang dapat Anda pilih untuk mempersiapkan dana pensiun.

 

Cara 1: Pengusaha Atau Pegawai

Banyak milenial yang merasa bahwa mereka akan bekerja seumur hidup bukan karena paksaan atau tekanan ekonomi, tetapi karena mereka mencintai apa yang mereka lakukan dan mereka mempunyai passion pada bidang tersebut. Tetapi bekerja seumur hidup tidak berarti Anda tidak menabung demi masa depan Anda. Anda harus memiliki antisipasi apabila suatu saat nanti Anda tidak dapat bekerja karena penyakit atau karena disabilitas atau untuk pegawai, Anda dipecat dari perusahaan dan Anda sudah terlalu tua untuk diterima di perusahaan lain.

Pensiun dari Pekerjaan, Bukan dari Kehidupan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pensiun dari Pekerjaan, Bukan dari Kehidupan]

 

Bisa jadi suatu saat nanti, Anda berubah pikiran dan prioritas Anda menjadi berbeda seperti mengubah prioritas menjadi keluarga. Dengan menabung demi masa pensiun, Anda akan lebih siap menghadapi perubahan tersebut. Mulailah dengan investasi jangka panjang sejak usia dini. Semakin cepat Anda melakukan investasi, semakin sedikit pula dana yang perlu Anda alokasikan.

Investasi adalah cara yang tepat untuk membuat uang bekerja untuk Anda. Salah satu cara lain untuk mempersiapkan masa pensiun adalah dengan membeli produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau asuransi dana pensiun yang preminya dapat memberikan Anda dana setiap bulannya pada saat Anda sudah tidak mampu lagi bekerja.

 

Cara 2: Pensiun Di Usia Sangat Muda

Beberapa milenial ada yang melihat pensiun sebagai masa dimana mereka dapat menjalani hidup dengan menyenangkan, sehingga mereka ingin pensiun lebih cepat. Tentunya, pensiun di usia sangat muda bukanlah hal yang mudah, dan cara ini tidak untuk semua orang. Pensiun di usia dini berarti menghabiskan masa muda Anda untuk bekerja dan hanya fokus pada kebebasan finansial yaitu pensiun di usia dini.

Pensiun Dini Apakah Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pensiun Dini: Apakah Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya?]

 

Pertama-tama, Anda harus sangat membatasi seluruh pengeluaran rumah tangga dengan cara-cara yang ekstrem seperti tidak memiliki kendaraan, tidak pernah berlibur atau menganyam pendidikan dengan beasiswa. Dengan mengorbankan gaya hidup konsumtif, Anda dapat pensiun di usia yang sangat muda dengan menggunakan uang hasil simpanan Anda.

Selain menghemat pengeluaran rumah tangga, Anda juga harus bekerja sangat keras, sukses dalam membangun bisnis, atau mendapatkan keuntungan luar biasa dari investasi Anda. Walaupun terdengar sulit sekali, pensiun di usia yang sangat dini bukanlah hal yang tidak mungkin.

3 Fase Penyesuaian Diri Saat Seseorang Memasuki Masa Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 3 Fase Penyesuaian Diri Saat Seseorang Memasuki Masa Pensiun]

 

Anda dapat menyusun dan mengikuti anggaran ketat dengan disiplin serta berinvestasi pada indeks saham. Anda pun harus menghitung berapa jumlah dana yang Anda butuhkan pada saat pensiun. Selain itu, Anda harus memiliki asuransi kesehatan untuk mencegah uang Anda habis sia-sia serta menyediakan pos dana darurat.

 

Cara 3: Setengah Pensiun

Menjalani hidup setengah pensiun dapat mempunyai banyak arti, ada yang beranggapan bahwa mereka tetap dapat melakukan hal yang mereka inginkan sembari menabung untuk kenyamanan mereka di masa depan, ada juga yang bekerja tetapi dengan rutin mengambil cuti baik untuk berlibur atau melakukan aktivitas lainnya untuk menikmati hidup mereka.

Pensiun Sebelum Waktunya Pensiun, Karena Sudah Bebas Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pensiun Sebelum Waktunya Pensiun, Karena Sudah Bebas Keuangan]

 

Salah satu cara untuk mencapai pensiun dengan jenis ini adalah bekerja lepas waktu, di mana Anda dapat melakukan tugas Anda dengan waktu dan tempat yang fleksibel atau menggabungkan pekerjaan Anda dengan pekerjaan lepas waktu sebagai pekerjaan tambahan. Kunci agar Anda dapat menjalani masa hidup setengah pensiun ini adalah dengan anggaran yang ketat serta mengurangi pengeluaran hingga minimal.

 

Persiapan Pensiun

Menurut David J. Bradley, mempersiapkan masa pensiun harus dilakukan sepanjang hidup Anda, mungkin hal tersebut membutuhkan kerja ekstra dan membangun pendapatan pasif untuk masa depan Anda, tetapi hal tersebut tidak berarti Anda tidak dapat menjalankan hidup dengan cara yang Anda inginkan.

Menurutnya, keuntungan yang dirasakan pada masa pensiun seharusnya dimulai dari sekarang. Tetapi hal tersebut tidak berarti menghabiskan seluruh uang demi gaya hidup. Tetap fokus dengan cara Anda membelanjakan uang serta mencoba hal-hal dan pengalaman yang baru adalah cara yang tepat untuk menyeimbangkan hidup dengan pekerjaan.

 

Apakah Anda termasuk salah satu dari golongan milenial? Apa pendapat Anda mengenai masa pensiun? Apakah pandangan tersebut dapat diterima oleh semua orang? Silakan memberikan pendapat Anda pada kolom bawah ini! Bagikan setiap informasi dari artikel Finansialku.com kepada teman-teman dan kenalan Anda! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Amy Fontinelle. 27 Mei 2016. Retirement Planning the Millenial Way. Investopedia.com – https://goo.gl/7kfq8a

 

Sumber Gambar:

  • Grandfather – https://goo.gl/A1aPrN
  • Pensiun – https://goo.gl/bjJmYa

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang