Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin pensiun sebelum waktunya pensiun? Maksudnya adalah pensiun di usia muda dan pensiun sejahtera, aman dan nyaman secara keuangan?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pensiun Sebelum Waktunya Pensiun, Karena Sudah Bebas Keuangan

Masa pensiun merupakan salah satu tahapan dalam fase hidup seseorang (human life stage). Tentunya akan banyak sekali perubahan dalam kehidupan saat seseorang pensiun, seperti sumber pemasukan, pengeluaran dan lainnya.

[Baca Juga: 5 Ketakutan yang Dipikirkan Orang, saat Nanti Pensiun]

 

Ternyata jika kita perhatikan pensiun itu dapat dibedakan menjadi dua jenis:

  1. Pertama pensiun karena kemauan diri sendiri. Banyak karyawan yang menggunakan kesempatan untuk pensiun dini dan beralih profesi menjadi pengusaha.
  2. Jenis pensiun kedua adalah pensiun karena peraturan pekerjaan, misal batasan usia. Seperti di Indonesia batas usia untuk pensiun adalah 55 tahun (dan maksimum 60 tahun). Peraturan tersebut tertulis dalam UU No. 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Berbeda dengan di Indonesia, batas usia pensiun orang-orang Di Amerika adalah 65 tahun.

 

Baik pensiun dini maupun pensiun sesuai usia sebenarnya tidak ada yang salah. Satu hal yang menjadi masalah jika pada saat pensiun nanti, tidak dapat hidup dengan sejahtera. Saat ini harapan hidup orang-orang di Indonesia bisa mencapai usia 75 tahun. Hal ini berarti uang pensiun Anda (yang diterima pada usia 55 tahun) harus dikelola, untuk membiayai kehidupan selama 20 tahun.

Wow gimana bisa? Uang pensiun dari perushaaan untuk hidup 20 tahun? Semakin majunya ilmu perencanaan keuangan, memungkinkan seseorang dapat merencanakan dana untuk hari tuanya (dana untuk pensiun). Ada beberapa pendekatan persiapan dana hari tua, misalnya melakukan perhitungan kebutuhan saat pensiun dan mulai berinvestasi saat ini. Cara kedua adalah dengan menciptakan pendapatan pasif, pendapatan investasi sejak usia muda agar segera bebas keuangan.

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

Apakah Bisa Bebas Keuangan dan Segera Pensiun Sebelum Waktunya Pensiun ?

Seorang pebisnis Amerika bernama Robert Half, pernah menyampaikan kata bijaknya terkait dengan pensiun:

 

English

There are some who start their retirement long before they stop working.

Robert Half

 

Pensiun Sebelum Waktunya Pensiun, Karena Sudah Bebas Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kapan Saya Bisa Bebas Keuangan  – Financially Freedom?]

 

Indonesia

Ada beberapa orang yang dapat pensiun, jauh sebelum mereka berhenti bekerja.

Robert Half

 

Kondisi bebas keuangan (financially freedom) adalah kondisi seseorang tidak harus lagi bekerja untuk mendapatkan pemasukan (penghasilan aktif). Artinya orang tersebut memiliki sumber – sumber pemasukan lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, contoh: pemasukan dari hasil investasi dan pemasukan dari penghasilan pasif. Contoh paling sederhana dari penghasilan investasi adalah: orang-orang yang hidup dari bunga deposito. Selain itu ada juga orang-orang yang mendapatkan penghasilan pasif dari menyewakan rumah, menjalankan bisnis waralaba dan lain sebagainya.

Kapan seseorang bisa dikatakan bebas secara keuangan? Menurut penasehat keuangan Amerika, Robert T. Kiyosaki : seseorang bisa dikatakan bebas keuangan jika penghasilan investasi dan penghasilan pasifnya bisa lebih besar dari 2 kali pengeluaran.

 

Memiliki Pendapatan Pasif dan Pensiun Sebelum Waktunya Pensiun: Bukan Hal yang Mudah, Tetapi Tidak Mustahil.

Pada era 70 – 80 an banyak warga kelas menengah Amerika yang merasa kesulitan dengan masa pensiunnya. Kemudian banyak penasehat keuangan dan ahli keuangan yang melakukan penelitian bagaimana caranya agar seseorang bisa pensiun dengan sejahtera secara keuangan? Salah satu hasil temuan mereka adalah dengan memiliki penghasilan investasi dan pendapatan pasif yang dapat memenuhi pengeluarannya. Harus diakui hal tersebut bukan hal yang mudah, tetapi tidak mustahil. Segera mulailah merencanakan dana hari tau Anda sekarang.

 

Apakah Anda ingin bebas keuangan dan pensiun sebelum waktunya pensiun? Tuliskan komentar Anda pada kolom di bawah ini ya. Terima kasih.

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang