Apa saja yang harus dilakukan sebelum memutuskan pensiun dini? Kali ini Finansialku.com akan membahas pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan pensiun dini (retire young).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Berencana untuk Pensiun Dini?

Pensiun dini dan kaya (retire young, retire young) adalah mimpi bagi setiap orang di dunia. Tidak hanya mimpi seorang karyawan tetapi juga mimpi sebagai pengusaha. Jangan dikira pengusaha juga tidak butuh pensiun. Sebelum membahas mengenai pensiun dini (retire young), ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan.

Sebelum Putuskan Pensiun Dini, Anda Harus Pertimbangkan 6 Hal Ini Ya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Risiko Jika Tidak Menyiapkan Dana untuk Pensiun]

 

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang ingin pensiun dini, antara lain terpikir ide untuk wiraswasta (menjadi entrepreneur), seorang karyawati yang harus menjadi ibu rumah tangga atau pindah tempat tinggal, perusahaan memberikan penawaran pensiun dini dan penetapan pensiun dini dari perusahaan tempat bekerja. Seorang karyawan yang mendapatkan penawaran pensiun dini dari perusahaan, memiliki hak untuk mengambil penawaran tersebut atau menolaknya. Lain cerita jika perusahaan memutuskan atau menetapkan untuk pensiun dini, maka karyawan mau tidak mau harus menerimanya.

Tentunya pensiun dini bukanlah keputusan yang mudah, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan. Termasuk faktor keuangan harus dipikirkan dengan matang. Berikut ini hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memutuskan pensiun muda:

 

#1 Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Anda

Langkah pertama Anda harus tahu dimana Anda berdiri saat ini. Anda harus tahu apakah Anda sudah sehat secara keuangan atau masih ada yang harus diperbaiki, contoh:

  • Bagaimana kondisi rasio likuid Anda?
  • Bagaimana dengan rasio utang terhadap aset?
  • Bagaimana rasio tabungan dan investasi Anda?
  • Bagaimana rasio solvabilitas keuangan Anda?
  • Bagaimana rasio pendapatan pasif Anda?

 

Anda dapat mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda di sini. Setelah mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda saat ini, lakukan perbaikan pada bagian – bagian yang masih kurang sehat.

 

#2 Cek Dana Darurat yang Anda Miliki

Sebelum Anda memutuskan pensiun dini, kami sarankan Anda mengecek jumlah dana darurat Anda. Jika Anda saat ini sudah berkeluarga dengan beberapa anak, sebaiknya Anda memiliki 12 x pengeluaran bulanan Anda. Dana darurat ini bertujuan sebagai pengaman atau buffer untuk menjaga kehidupan bulanan Anda.

 

#3 Memiliki Rencana Keuangan (Financial Plan)

Tidak cukup hanya mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda saat ini. Anda tentunya juga memiliki tujuan-tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan. Anda juga harus memiliki rencana keuangan. Rencana tersebut yang fungsinya memandu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

#4 Sebisa Mungkin Kurangi Utang Konsumtif dan Pengeluaran Konsumtif

Ketiga, Anda harus memperbaiki arus kas (cash flow) keluarga Anda. Mulai kurangi dan bahkan sebisa mungkin lunasi utang-utang konsumtif. Buat daftar utang – utang Anda saat ini, cek kembali mana yang tergolong utang konsumtif dan utang produktif. Fokus untuk melunasi utang-utang konsumtif. Lunasi utang konsumtif sebelum Anda pensiun dini, karena uang pensiun tidak disarankan untuk melunasi utang. Uang untuk pensiun lebih baik digunakan untuk membeli aset yang dapat menghasilkan pemasukan.

[Baca Juga : Dua Jenis Utang, Utang Produktif dan Utang Konsumtif]

 

Selain itu Anda juga harus mulai menjaga ketat pengeluaran-pengeluaran Anda. Silahkan habiskan gaji Anda untuk pengeluaran produktif. Lakukan penghematan untuk pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya konsumtif. Anda harus memegang kontrol atas kondisi keuangan keluarga Anda.

[Baca Juga: Jangan Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

#5 Cari Tahu Sumber Pemasukan Setelah Pensiun Dini

Poin kelima ini adalah poin yang paling penting, yaitu bagaimana pemasukan Anda setelah pensiun. Sebenarnya pemasukan seseorang dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pendapatan aktif, pendapatan hasil investasi dan pendapatan pasif.

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

Sedikit penjelasan mengenai ketiga penghasilan tersebut:

  • Penghasilan aktif adalah penghasilan karena seseorang bekerja, menukar keringat, tenaga, pikiran, waktu untuk mendapatkan uang.
  • Penghasilan investasi adalah penghasilan karena investasi dan/atau uang yang Anda miliki bekerja menghasilkan pemasukan.
  • Penghasilan pasif adalah penghasilan karena aset yang dimiliki seseorang bekerja dan menghasilkan pemasukan.

 

Seseorang dikatakan pensiun dan/atau pensiun dini jika orang tersebut berhenti bekerja dan otomatis penghasilan aktifnya berkurang (bahkan berhenti). Jika Anda memiliki penghasilan investasi dan penghasilan pasif, setidaknya Anda sudah bisa tenang.

 

#6 Manfaatkan Uang Pensiun Sesuai dengan Rencana

Terakhir Anda harus dapat memanfaatkan uang pensiun sesuai dengan rencana dan cara yang bijak. Karyawan yang memutuskan pensiun dini, tentunya akan mendapatkan sejumlah penghargaan dari perusahaan. Biasanya perusahaan memiliki aturan main mengenai penghargaan kepada karyawan yang memutuskan pensiun dini. Anda dapat memanfaatkan uang tersebut sesuai rencana keuangan Anda, membeli aset yang dapat menghasilkan pemasukan.

 

Pensiun Dini Bukanlah Hal yang Buruk (Jika Direncanakan)

Pensiun dini, bukanlah hal yang buruk jika Anda memang sudah merencanakan. Seorang penasehat keuangan dan penulis buku di Amerika, bernama Robert T. Kiyosaki pernah merilis buku berjudul pensiun muda, pensiun kaya (retire young, retire young). Beliau menyarankan seseorang untuk segera pensiun dini, jika sudah mencapai kondisi kebebasan keuangan.

[Baca Juga: Kapan Saya Bisa Bebas Secara Keuangan?]

 

Menurut penjelasan Beliau di dalam bukunya, kebebasan keuangan (financial freedom) itu bukan hal yang mudah, tetapi bukan hal yang mustahil. Kebebasan keuangan adalah kondisi yang layak untuk kita perjuangkan. Jika Anda memang sudah merasa cukup dana untuk pensiun, memiliki penghasilan investasi, penghasilan pasif dan sudah bebas secara keuangan maka tidak ada ruginya Anda mengajukan pensiun dini.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai pensiun dini? Apakah Anda setuju dengan program perusahaan yang menawarkan pensiun dini kepada para karyawannya?

 

Sumber Gambar

  • Pensiun Dini – http://goo.gl/QKGlDC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [/fusion_text]

Download Sekarang