Setelah Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga Kemudian

Setelah cek kondisi kesehatan keuangan keluarga kemudian … Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih dalam apa yang harus dilakukan atau langkah selanjutnya setelah tahu kondisi kesehatan keuangan keluarga.

 

Sudahkah Anda Tahu Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga?

Apakah Anda sudah tahu kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda? Jika belum Anda dapat melakukan cek kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda.

 

Cek Kesehatan Keuangan Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Cek Sekarang!

 

Anda juga dapat melihat ukuran ideal dari masing-masing ukuran:

Bawah Infographic Cek Kesehatan Keuangan Keluarga Atas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Lihat Infografisnya

 

Setelah Tahu, Selanjutnya Bagaimana?

Setelah Anda mendapat laporan kondisi kesehatan keuangan keluarga, Anda akan mendapati beberapa angka. Perbaiki angka-angka yang masih merah. Pertahankan dan/atau tingkatkan angka-angka yang sudah hijau. Mari kita bahas secara singkat satu persatu rasio pada laporan kondisi kesehatan keuangan keluarga.

 

 

  1. Rasio Likuiditas, jika lebih kecil dari 3 kali, maka sebaiknya Anda menambah uang kas. Jika lebih besar dari 6 kali, maka sebaiknya Anda menginvestasikan uang Anda.
  2. Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan, jika nilai rasio ini lebih kecil dari 15%, maka sebaiknya Anda dapat meningkatkan asset likuid.
  3. Rasio Tabungan, jika lebih kecil dari 20%, sebaiknya tingkatkan tabungan atau investasi bulanan Anda.
  4. Rasio Perbandingan Utang terhadap Asset, jika lebih besar dari 50%, sebaiknya kuragi jumlah utang Anda.
  5. Rasio Kemampuan Pelunasan Utang, jika nilai rasi ini lebih dari 50% (jika utang property Anda besar) atau 35% (jika utang Anda sifatnya konsumtif), maka sebaiknya Anda meningkatkan pendapatan. Jika memungkinkan untuk melakukan negosiasi dengan pihak yang memberikan Anda kredit, agar dapat mengurangi total pembayaran pinjaman atau cicilan.
  6. Rasio Kemapuan Pelunasan Utang Non Hipotek, jika nilai rasio ini lebih dari 15%, maka sebaiknya Anda meningkatkan pendapatan.
  7. Rasio Perbandingan Nilai Bersih Asset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan, jika nilai rasio ini kurang dari 50%, Anda disarankan meningkatkan asset investasi.
  8. Rasio Solvabilitas, jika nilai rasio ini di bawah 50%. Sebaiknya Anda berusaha meningkatkan total nilai bersih kekayaan atau mengurangi utang (terlebih utang konsumtif).
  9. Pendapatan Pasif, jika nilainya belum mencapai 50%, maka tingkatkan pendapatan pasif Anda.
  10. Pendapatan Pasif dibandingkan Pengeluaran, jika belum mencapai 50%, maka tingkatkan pendapatan pasif Anda.

 

Kesimpulan

Jika Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga Sudah Cukup Baik

Jika kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda sudah cukup baik, maka Anda dapat mempertahankan atau meningkatkannya. Jika kedelapan rasio pertama, sudah sehat (bewarna hijau), Anda dapat mulai fokus pada komponen ke 9 dan 10.

 

Jika Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga Belum Baik

Jika kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda belum cukup baik, maka Anda dapat memperbaikinya. Kami sarankan Anda dapat bekerja sama dengan orang yang ahli di bidang keuangan. Seperti perencana keuangan independen. Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku untuk membicarakan hasil diagnose kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda.

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

Hubungi Finansialku

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Maret 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download