Diskusi mengenai cara meningkatkan pendapatan seseorang adalah dengan meningkatkan pendapatan aktif atau pendapatan pasif. Pendapatan ini adalah cara untuk mempercepat bebas keuangan (financial freedom)

timthumb pendapatan pasif

 

Pendapatan Aktif vs Pendapatan Pasif

Pendapatan aktif adalah pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan yang Kita lakukan. Contoh Kita bangun pagi kerja ke kantor dan melakukan pekerjaan harian, seseorang pemilik toko yang menunggui toko-nya, seorang pemilik pabrik yang harus datang mengecek produksi pabriknya atau seorang konsultan, dokter, pengacara yang harus mengurus klien-nya.

Pendapatan pasif adalah pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan pasif, contoh pemilik rumah kos yang mendapatkan pendapatan dari kos-kosannya, penulis buku yang mendapat royalti atas penjualan buku karangan-nya, dan lain-lain.

Gambar di bawah ini menjelaskan beberapa jenis pekerjaan yang tergolong aktif dan pasif.

Salah satu pendapatan pasif adalah adanya sebuah sistem. Ini tidak sama dengan bermalas-malasan terus dapat uang. Seseorang yang bekerja untuk memperbesar pendapatan pasif fokus pada sebuah SISTEM dan ASSET yang bekerja.

 

5 Jenis Pendapatan Pasif

Berikut ini adalah 5 contoh pendapatan pasif yang bisa dikerjakan oleh Kita (termasuk karyawan, wiraswasta, ibu-ibu rumah tangga dan mahasiswa).

 

Jenis Pendapatan Pasif #1 Menyewakan properti

Menyewakan properti adalah satu cara untuk meningkatkan pendapatan seseorang. Menyewakan properti dapat dilakukan dengan membuat rumah kos, menyewakan rumah, apartemen dan lain-lain. Keuntungan didapat adalah uang sewa atau uang kos bulanan yang bersifat arus kas bulanan.

 

Jenis Pendapatan Pasif #2 Royalti dan Paten

Royalti atau paten adalah pendapatan yang didapat dari hasil penemuan. Contohnya merk Microsoft memiliki beberapa jenis paten atau royalti. Pendapatan ini juga yang menyebabkan Microsoft menjadi salah satu perusahaan kaya di dunia.

 

Jenis Pendapatan Pasif #3 MLM

Menjalankan sistem MLM atau multi level marketing bagi sebagian orang adalah mesin pencetak uang, bagi sebagian lainnya MLM dianggap penipu.

Satu hal yang perlu diakui adalah ada banyak orang yang sukses dalam menjalankan bisnis MLM. Tidak ada salahnya bagi seseorang untuk belajar penjualan mulai dari MLM.

 

#4 Menjalankan sistem Waralaba

McDonalds_in_Moncton

[Baca juga : 12 Franchise Modal 10 Jutaan, Ada Kok! Ini Dia Daftarnya!]

 

Menjalankan bisnis waralaba adalah pekerjaan yang mudah. Hal yang paling sulit adalah mencari perusahaan yang akan kita waralaba.

Contoh perusahaan yang membuka waralaba adalah Mc. Donald. Siapa yang tidak tau merk Mc. Donald? Biasanya harga sebuah waralaba cukup mahal tetapi sistem telah teruji.

 

#5 Berbisnis Sendiri

Membuat sistem sendiri atau bertindak sebagai pemilik bisnis (business owner) adalah peerjaan yang cukup sulit. Keuntungan yang didapat dari bisnis sendiri adalah Kita dapat memodifikasi bisnis yang kita buat sendiri.

 

Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis penghasilan pasif yang bisa membantu mengakselerasi aset kekayaan Anda, yang perlu dilakukan adalah mencari jenis penghasilan pasif yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda saat ini dan di masa depan.

Apakah Anda memiliki rekomendasi bisnis atau pekerjaan lain? Silakan tuliskan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada keluarga, teman, atau saudara lainnya lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!