Apa saja jenis investasi properti yang ada di pasar? Ada 8 jenis produk investasi properti yang terdapat di pasar. Mari kita bahas satu per satu jenis-jenis investasi tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Properti Memiliki Cakupan yang Luas

Ada banyak jenis properti yang dapat dijadikan instrumen investasi. Setiap jenis properti tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda mulai dari bentuk, target penyewa, kerumitan pemeliharaan dan faktor lainnya.

Dalam segi investasi ada tiga hal yang perlu difokuskan dalam memilih investasi properti. Ketiga faktor tersebut adalah berapa potensi yield (keuntungan tahunan), kemudahan membeli, menyewakan dan menjual properti serta biaya dan kerumitan pemeliharaan properti.

Mari kita bahas 8 jenis investasi properti yang ada di pasar berdasarkan ketiga faktor utama tersebut:

Bagaimana Kalau Kita Memulai Bisnis Properti Pa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Investasi Properti Sangat Menguntungkan]

 

#1 Investasi Tanah Kosong

Investasi tanah kosong maupun tanah kavling adalah investasi properti yang paling mendasar. Investasi ini sering digunakan orang sejak dulu untuk mewariskan harta pada keturunannya. Dari segi pembelian investasi ini tidak terlalu rumit. Hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan keabsahan sertifikat tanah tersebut.

Mulai dari kepemilikan, luas, batas-batas serta peruntukan tanah tersebut. Setelah mengecek keabsahan sertifikat Anda dapat bertransaksi pembelian tanah di notaris. Khusus untuk tanah kavling Anda juga harus mengecek izin pengembangan kavling. Pastikan Anda tidak akan terkendala ketika mengajukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) jika ingin mendirikan bangunan di atas tanah tersebut.

Investasi properti tanah kosong atau tanah kavling masih relatif mudah untuk dijual. Hingga saat ini investasi ini masih banyak diminati, apalagi jika Anda memiliki tanah atau kavling di tempat yang strategis. Investasi tanah kosong juga relatif mudah dijual karena tidak ada kepentingan keselarasan desain dengan keinginan pembeli. Berbeda halnya dengan investasi rumah atau bangunan yang memiliki lebih banyak variabel untuk dipertimbangkan.

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Berbinis Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Hanya saja yield yang ditawarkan relatif kecil. Umumnya yield dari menyewakan tanah kosong atau tanah kavling hanya sebesar ± 0,5% hingga 1% dari harga tanah tersebut. Pemeliharaan tanah kosong tidaklah terlalu sulit karena tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan. Anda hanya perlu menyewa tenaga kasar untuk membersihkan rumput atau tanaman-tanaman liar yang tumbuh di atasnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa sesekali Anda harus memastikan tidak ada yang menggunakan atau menyerobot tanah tersebut tanpa sepengetahuan Anda. Jika terlalu lama ditinggalkan dan tidak pernah dikontrol, mungkin saja ada pihak tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan Anda.

Khusus untuk investasi ini, Anda perlu memperhatikan peraturan pajak. Jika sebelumnya tanah kosong tidak dikenakan pajak seperti bangunan (Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB), berbeda dengan tahun ini.

Di tahun 2017 ada peraturan baru yang menyatakan bahwa tanah kosong yang didiamkan akan dikenakan pajak penghasilan progresif.

banner -investasi property asset atau liabilitas (1)

#2 Investasi Rumah Sewa

Investasi rumah sewa dapat dilakukan jika Anda memiliki lebih dari satu rumah dimana rumah tersebut tidak digunakan untuk tinggal pribadi. Penyewaan rumah biasanya dilakukan per tahun.

Dari segi pembelian rumah sewa tidak sesederhana pembelian tanah kosong. Selain mementingkan lokasi rumah, Anda juga harus mempertimbangkan banyak variabel lainnya. Misalnya luas rumah, jumlah kamar, desain rumah dan lain sebagainya. Pastikan detil rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar di sekitar lokasi itu. 

hati-hati-investasi-properti-yang-baru-dibangun-atau-cuma-jual-brosur-finansialku

 [Baca Juga: Hati-Hati Investasi Properti yang Baru Dibangun atau Cuma Jual Brosur]

 

Jika rumah tersebut disewakan, yield yang bisa didapatkan per tahun umumnya sebesar ± 3% – 5% per tahun dari harga rumah tersebut. Pangsa pasar penyewaan rumah biasanya adalah keluarga muda atau keluarga yang baru memiliki anak. Dapat dikatakan investasi rumah sewa menawarkan slow moderate return atau imbal lambat dan moderat.

Berbicara soal pemeliharaan rumah sewa sangat tergantung pada karakter penyewa. Jika penyewa menggunakan rumah dengan tidak apik maka kemungkinan biaya pemeliharaan yang harus Anda keluarkan akan besar. Walaupun jika ada kerusakan parah yang diakibatkan penyewa, Anda berhak meminta ganti rugi. Tetapi jika penyewa mampu merawat dengan baik Anda tidak perlu khawatir karena pemeliharaan tidak akan terlalu mahal dan merepotkan. Karena itu sebaiknya Anda cermat dalam menyeleksi kandidat penyewa rumah.

Jika rumah sewa pada akhirnya akan dijual, Anda perlu bersiap untuk menghadapi faktor-faktor subjektif dari calon pembeli. Umumnya lokasi dan desain rumah menjadi kendala yang membuat penjualan rumah sewa terkadang rumit.

 

#3 Investasi Rumah Kost (Indekos)

Ada dua jenis rumah kost yang sering digunakan untuk investasi. Kedua jenis tersebut adalah rumah kost yang berbentuk rumah biasa serta bangunan yang berbentuk seperti apartemen. Untuk pembelian rumah kost, lokasi merupakan pertimbangan utama. Jika ingin segera mendapatkan keuntungan dari sewa kost sebaiknya carilah lokasi yang dekat dengan universitas, perkantoran maupun tempat bekerja lain seperti pabrik.

Setelah menemukan lokasi yang strategis untuk rumah kost, Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan calon penyewa. Pastikan harga dan fasilitas kost yang akan Anda sewakan sesuai dengan kebutuhan calon penyewa di sekitarnya. Walaupun Anda membuat rumah kost yang sangat mewah dan nyaman, tidak akan ada yang mau menyewa jika harganya tidak sesuai dengan kemampuan calon penyewa.

12-biaya-yang-harus-anda-pertimbangkan-saat-berbisnis-properti-finansialku

[Baca Juga: 15 Biaya yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Berbisnis Properti di Indonesia]

 

Pemeliharaan rumah kost mirip dengan rumah sewa. Besar kecilnya biaya bergantung pada karakteristik penyewa. Perbedaannya pemeliharaan rumah kost sedikit lebih rumit karena Anda harus berurusan dengan beberapa penyewa sekaligus. Semakin banyak kamar yang Anda sewakan, semakin banyak penyewa yang harus Anda hadapi.

Sebuah rumah kost akan dihargai semakin tinggi jika seluruh kamarnya terisi penuh. Karena itu Anda harus mengoptimalkan pelayanan sewa rumah kost agar seluruh kamar penuh tersewa. Dengan begitu rumah kost Anda akan mudah dijual serta harganya pun tinggi.

Jika dipandang dari segi yield, investasi rumah kost memberikan keuntungan yang relatif lebih besar daripada rumah sewa. Umumnya penyewaan rumah kost dapat menghasilkan yield sebesar 5% – 7% dari harga rumah per tahunnya. Keuntungan tersebut didapatkan dengan menyewakan kamar kost per bulan seperti pada umumnya. Tetapi keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar jika Anda juga menyewakan rumah kost tersebut secara harian. Selain itu rumah kost juga memberi peluang usaha tambahan seperti layanan laundry, catering harian dan lain sebagainya yang akan bermanfaat bagi penyewa dan memberi keuntungan tambahan bagi Anda.

3-alasan-mengapa-investasi-properti-sangat-menguntungkan-finansialku

[Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Berbinis Properti]

 

#4 Investasi Ruko

Investasi ruko merupakan investasi properti dengan yield yang cukup tinggi. Yield yang dijanjikan umumnya sebesar 6% – 9% per tahun, karenanya investasi ruko termasuk investasi dengan quick return. Faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam pembelian ruko adalah lokasi. Karena ruko biasanya digunakan untuk usaha, Anda harus memastikan lokasi ruko yang akan dibeli strategis atau diprediksi akan strategis.

Penyewa ruko memerlukan lokasi strategis yang akan menarik klien atau customernya. Jika Anda memilih ruko dengan lokasi yang tidak strategis, kemungkinan besar akan sulit untuk menyewakannya. Jangka waktu penyewaan ruko umumnya adalah jangka menengah yaitu 3 – 5 tahun.

Jangan Asal Ikut-Ikutan Investasi Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kaya dengan Berinvestasi Properti]

 

Pemeliharaan ruko juga sangat bergantung pada penyewanya. Umumnya jika ruko disewa oleh perusahaan besar atau menengah, interior ruko akan dibuat sesuai standar perusahaan. Tidak jarang justru interior ruko akan direnovasi dengan bahan bangunan yang lebih baik seperti cat dinding, wallpaper, lantai kayu serta sanitari yang lebih baik.

 

#5 Investasi Unit Kios (Toko)

Investasi unit kios atau toko umumnya terletak pada pasar. Ada beberapa macam pasar yang dapat digunakan untuk membuka kios atau toko. Mulai dari pasar berkonsep tradisional seperti pasar basah hingga pasar yang berkonsep modern dengan fasilitas lift atau escalator. Investasi properti ini dapat memberikan yield sebesar ± 5% – 9% per tahun. Investasi ini termasuk golongan investasi dengan quick return.

Dalam memilih unit kios atau toko yang akan Anda beli, lokasi dan konsep pasar sangatlah penting. Anda harus mencari lokasi yang sekiranya akan sesuai dengan kebutuhan target market yang Anda harapkan. Bukan berarti Anda harus selalu mencari pasar yang mewah. Bisa saja menggunakan unit kios di pasar tradisional untuk berinvestasi jika memang target market Anda adalah orang-orang yang berbelanja kebutuhan basah dapur. Namun Anda perlu memastikan bahwa lokasi pasar tersebut memang strategis untuk calon pembeli.

Kaya dengan Berinvestasi Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku Website

[Baca Juga: Kaya dengan Berinvestasi Properti]

 

Harga yang disewakan untuk sebuah unit kios atau toko harus disesuaikan dengan fasilitas dan lingkungan sekitarnya. Tidak mungkin Anda mengenakan biaya yang sama untuk sebuah unit kios di pasar tradisional dengan sebuah unit toko di mall. Karena itu pastikan Anda mengenal lingkungan sekitar unit kios atau toko yang Anda miliki agar dapat menentukan harga yang sesuai.

Jika nantinya ingin menjual unit kios atau toko tersebut, sebaiknya Anda menjualnya setelah lebih dari 5 tahun. Hal ini dikarenakan sebuah pasar atau trade center umumnya masih berada dalam fase promosi selama 5 tahun. Selama masa promosi tersebut trade center masih dikenalkan kepada masyarakat. Setelah 5 tahun biasanya sudah ada banyak pelanggan setia sehingga kemungkinan keramaian pengunjung sudah meningkat pesat. Ketika sebuah pasar sudah ramai dan terkenal, umumnya investor lain akan lebih tertarik untuk membelinya. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya pada harga yang mahal dan mendapatkan keuntungan.

12-biaya-yang-harus-anda-pertimbangkan-saat-berbisnis-properti-finansialku

[Baca Juga: 15 Biaya yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Berbisnis Properti di Indonesia]

 

Untuk pemeliharaan unit kios atau toko biasanya menjadi tanggung jawab pemilik atau penyewa. Namun pihak pengembang pasar atau trade center akan menyediakan layanan kebersihan untuk gang di depan kios, kebersihan pasar secara keseluruhan serta keamanan. Anda hanya perlu membayar iuran tertentu yang biasanya ditagihkan setiap periode tertentu.

 

#6 Investasi Unit Ruang Perkantoran

Investasi ini belum terlalu marak di Indonesia. Umumnya investasi unit ruang perkantoran hanya banyak di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Praktek investasi ini biasanya berupa sebuah gedung yang terdiri dari banyak lantai dan banyak ruangan akan disewakan untuk keperluan perkantoran. Yield yang dijanjikan secara umum adalah ± 7% – 10% per tahun sehingga investasi ini termasuk dalam investasi dengan quick return.

Jika ingin membeli investasi ini, Anda harus mempertimbangkan lokasi yang strategis. Jika memungkinkan carilah properti yang berada di CBD (Central Business District) seperti kawasan Sudirman di Jakarta. Lokasi yang sangat strategis akan menarik perhatian perusahaan-perusahaan bonafide kelas nasional maupun internasional. Biasanya perusahaan besar seperti itu akan menyewa unit ruang perkantoran secara langsung untuk jangka waktu yang panjang. Paling tidak 5 tahun penyewaan sudah ada di tangan Anda.

cermati-4-hal-penting-ini-sebelum-membeli-asuransi-properti-1-finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Selain lokasi yang strategis, Anda juga sebaiknya mencari gedung perkantoran yang memiliki konsep superblock. Konsep superblock adalah konsep kawasan yang terdiri dari 3 atau lebih properti yang saling terintegrasi. Misalnya sebuah kawasan yang terdiri dari gedung perkantoran, apartemen serta mall. Konsep ini umumnya akan memudahkan karyawan perusahaan. Para karyawan dapat tinggal di apartemen, kemudian bekerja di gedung perkantoran serta membeli kebutuhan di mall yang berada pada satu lokasi yang sama.

Selain menarik bagi para calon penyewa, unit perkantoran di lokasi superblock juga akan menarik perhatian investor. Jika Anda ingin menjual properti tersebut suatu hari, peluang properti dibeli dengan harga yang menarik akan lebih tinggi daripada properti perkantoran yang tidak memiliki konsep tersebut.

Untuk pemeliharaan properti tidak terlalu berbeda dengan sistem pemeliharaan unit kios atau toko. Biasanya pengelola gedung akan memberikan fasilitas kebersihan serta keamanan. Sementara untuk pemeliharaan internal unit perkantoran Anda tergantung pada penyewa yang menggunakannya.

 

#7 Investasi Unit Apartemen

Saat ini investasi unit apartemen sudah semakin terkenal di Indonesia. Karena mobilitas masyarakat yang tinggi, lama-kelamaan dibutuhkan tempat tinggal yang berada di pusat kota. Jika membeli rumah di pusat kota harganya pasti sulit dicari. Jika ada pun harganya sudah setinggi langit. Karena itu kini apartemen sudah ada dimana-mana di Indonesia. Kelasnya pun beragam mulai dari apartemen kelas bawah, menengah hingga kelas atas.

3-alasan-mengapa-investasi-properti-sangat-menguntungkan-finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Investasi Properti Sangat Menguntungkan]

 

Untuk sistem penyewaan apartemen bisa beragam. Anda dapat menyewakan apartemen tersebut per hari, minggu, bulan maupun tahun. Semakin pendek jangka waktu penyewaan maka harga per harinya akan semakin mahal. Penyewaan ini dapat dikelola secara pribadi ataupun dititipkan pada agen yang biasa mengurus penyewaan apartemen. Umumnya pada satu gedung apartemen sudah ada agen yang ahli dan mengetahui seluk-beluk penyewaan apartemen tersebut. Jika merasa kesulitan untuk memasarkan penyewaan unit apartemen sendiri, Anda dapat menggunakan jasa agen tersebut.

Secara umum yield yang dapat dihasilkan dari penyewaan unit apartemen adalah sebesar ±7% – 12%. Angka ini merupakan angka yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan investasi properti lainnya. Hanya saja keuntungan besar bisa didapatkan jika Anda memilih apartemen yang strategis dan diminati penyewa.

Salah satu alasan mengapa orang ingin membeli atau menyewa apartemen adalah karena mobilitas yang tinggi. Karenanya mereka membutuhkan tempat tinggal yang lokasinya dekat dengan pusat kota atau tempat kegiatannya sehari-hari. Jika memungkinkan Anda dapat mencari apartemen yang terintegrasi dengan tempat lain seperti mall, sekolah, perkantoran, dll. Kemungkinan besar seseorang yang bekerja atau berkegiatan di properti yang terintegrasi tersebut akan sangat tertarik untuk menyewa unit apartemen Anda.

Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan kompetensi pengelola bangunan. Carilah pengelola yang bertanggung jawab sehingga penyewa unit apartemen akan merasa nyaman dan aman. Jika penghuni aman, mereka akan terus menyewa unit apartemen Anda.

hati-hati-investasi-properti-yang-baru-dibangun-atau-cuma-jual-brosur-finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati Investasi Properti yang Baru Dibangun atau Cuma Jual Brosur]

 

Dari segi pemeliharaan tidak berbeda jauh dengan unit kios atau toko dan unit ruang perkantoran. Pihak pengelola gedung apartemen akan memberikan layanan kebersihan, listrik, air dan layanan lainnya. Anda hanya perlu membayar biayanya setiap bulan. Tetapi jika apartemen Anda disewa per bulan, umumnya penyewalah yang akan membayar biaya-biaya tersebut pada pihak pengelola gedung. Tetapi kondisi dalam unit apartemen Anda sangat bergantung pada pihak penyewa.

 

#8 Investasi Unit Condotel (Villatel)

Condotel memiliki konsep yang mirip dengan apartemen. Perbedaannya adalah ada manajemen yang membuat unit condotel dapat disewakan seperti sistem hotel. Umumnya pengelola condotel akan menawarkan keuntungan pada investor yang berupa pembagian hasil penyewaan unit condotel.

Biasanya keuntungan tersebut dibagikan setiap 3, 4, 6 atau 12 bulan. Selain itu, investor juga biasanya diberikan kesempatan menginap di condotel dalam 28 poin hari setiap tahunnya. Poin hari ini ditentukan oleh pihak manajemen. Misalnya 1 hari biasa dianggap sebagai 1 poin hari, sementara 1 hari libur dianggap sebagai 2 atau 3 poin hari karena banyaknya peminat yang ingin menyewa unit condotel tersebut.

Umumnya condotel ada di daerah-daerah yang memiliki tingkat pengunjung sangat tinggi. Misalnya saja seperti Bali, banyak sekali pengembang yang berlomba-lomba membangun properti condotel di Bali karena banyaknya pengunjung yang berlibur ke Bali.

Sementara villatel sedikit berbeda dengan condotel. Jika condotel memiliki konsep yang mirip dengan apartemen, villlatel sedikit berbeda secara fisik. Umumnya villatel memiliki konsep sebuah kompleks vila yang bernuansa damai dan privat. Selain itu condotel dan villatel memiliki target market yang berbeda. Condotel umumnya ditujukan untuk pengunjung menengah ke bawah, sementara villatel lebih ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Untuk sistem penyewaan dan pemeliharaan villatel kurang lebih sama saja dengan sistem untuk condotel.

Bisnis Properti adalah Pilihan Tepat, Menurut Kiyosaki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Banyak Orang Suka Bisnis Properti?]

 

Pastikan Properti Sesuai dengan Kebutuhan Target Marketnya

Ada banyak ragam investasi properti yang tersedia di pasar. Masing-masing properti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu setiap properti bisa memiliki target market yang berbeda-beda pula. Jika ingin terus menghasilkan keuntungan, sebuah properti harus dibuat untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasarnya. Karena itu pastikan Anda menyesuaikan target market dengan properti yang akan Anda beli.

 

Menurut Anda, investasi properti apa yang memberikan keuntungan yang besar dengan risiko yang rendah? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Prabawa, I. B. A. 2016. Guide to Invest in Property. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

 

Sumber Gambar:

  • Family with house – https://goo.gl/UtLoaq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang