Dalam artikel kali ini Finansialku tertarik untuk membahas risiko – risiko yang akan Kita hadapi saat pensiun nanti, jika kita tidak mempersiapkan dana hari tua sejak usia muda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Saat Pensiun Hidup dari Persediaan yang Ada

Pernahkah Anda mendengar dongeng anak-anak, tentang semut dan belalang. Singkat cerita pada saat musim gugur, keluarga semut bekerja keras mengumpulkan bahan makanan untuk nanti saat musim dingin. Lain cerita dengan belalang yang kerjanya bermalas-malasan.

Ketika musim dingin tiba, semut tidak mati kelaparan, karena mereka sudah memiliki cadangan makanan. Belalang yang malas-malasan dan tidak memiliki persiapan, kesulitan mencari makanan dan akhirnya meninggal.

Hal yang sama terjadi seperti manusia, seorang ahli bernama Gene Perret yang mengatakan:

 

English

Retirement: It’s nice to get out of the rat race, but you have to learn to get along with less cheese.

Gene Perret

Risiko Jika Tidak Mempersiapkan Dana Hari Tua - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Indonesia

Saat pensiun: Suatu masa yang menyenangkan dapat keluar dari roda balapan tikus, tetapi Anda harus bertahan hidup dengan keju yang tersisa.

Gene Perret

 

Jangan khawatir, Finansialku akan menjelaskan perumpamaan roda balapan tikus (rat race) dan keju yang tersisa (less cheese).

 

Roda Balapan Tikus – Rat Race

Pada saat muda dan usia produktif, kita tentu memiliki sebuah siklus dalam keuangan, seperti pada gambar berikut ini:

Risiko Jika Tidak Mempersiapkan Dana Hari Tua - Rat Race - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Roda balapan tikus pada keuangan manusia di awali dari pendapatan. Pendapatan kita kemudian dipotong pajak dan segala potongan (termasuk untuk asuransi kesehatan dan dana hari tua). Setelah dipotong pajak, sisa uang kita donasikan (Zakat, Perpuluhan atau Donasi lainnya). Sisanya kita gunakan untuk pengeluaran bulanan, bayar utang dan cicilan jika ada. Tearkahir jika ada sisa baru ditabungkan dan diinvestasikan. Apakah Anda memiliki aliran keuangan yang sama seperti di atas? Tuliskan komentar Anda di bagian bawah artikel ini ya, terima kasih.

 

Bagaimana Jika Tidak Mempersiapkan Dana Hari Tua

Melanjutkan pembahasan di atas, pada saat kita pensiun ada beberapa hal yang berubah. Perubahan tersebut sangat signifikan, karena pendapatan aktif (pendapatan karena kita bekerja) menjadi hilang. Pada saat pensiun nanti kita hidup dari uang pensiun yang ada (keju yang tersisa). Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi jika Kita tidak mempersiapkan dana hari tua sejak sekarang? Bagaimana kalau dana yang kita persiapkan kurang?

 

Risiko Jika Tidak Mempersiapkan Dana Hari Tua

Risiko terburuk jika tidak mempersiapkan dana hari tua adalah kita harus menunda pensiun sementara atau selamanya. Masih ingat cerita semut dan belalang, jika tidak mempersiapkan dana hari tua sejak usia produktif (seperti belalang), nasib kita kurang lebih sama seperti bebelang di saat musim dingin.

Perencanaan Dana Hari Tua - Anda Yakin Bisa Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Di Indonesia banyak pensiunan yang harus bekerja, bersusah payah merintis usaha barunya atau mulai berinvestasi. Pelatihan yang biasanya diterima oleh karyawan saat menjelang pensiun adalah pelatihan untuk mulai berinvestasi atau mulai membangun bisnis. Menurut Anda, mana yang risikonya lebih besar, seseorang mulai berinvestasi atau membangun bisnis pada usia 25 tahun atau 56 tahun? Jika kita menunda mempersiapkan dana hari tua, katakanlah usia 54 tahun baru memikirkan pensiun, maka biaya yang harus kita investasikan jumlahnya sangat besar.

Solusinya sederhana: mulai mempersiapkan dana hari tua sejak usia muda (produktif). Tentu saja jika Anda mempersiapkan dana hari tua, persiapkan dalam jumlah yang tepat, pada kendaraan investasi yang tepat dan metode yang tepat.

Pak perusahaan saya sudah mempersiapkan dana hari tua saya dengan potongan dari gaji bulanan, berarti saya sudah mempersiapkan dana hari tua kan? Ya bagus jika perusahaan Anda sudah mempersiapkan dana hari tua, pertanyannya apakah jumlahnya sudah tepat?

 

Mempersiapkan Dana Hari Tua dengan Keluar dari Rat Race

Saya pribadi tertarik dengan pemikiran yang ditawarkan oleh Robert T. Kiyosaki (penasehat keuangan di Amerika). Izinkan kami untuk boleh berbagi pemikiran tersebut dengan Anda. Pemikiran tersebut juga saat ini sedang kami (saya dan teman-teman Finansialku) lakukan.

 

Ide sederhana: Keluar dari roda balapan tikus.

 

Bagaimana caranya? Pertama lakukan perencanaan keuangan dan pengetatan pengeluaran (jika dibutuhkan). Kedua mulai mengubah pendapatan aktif (pendapatan hasil kerja) menjadi pendapatan pasif atau pendapatan portofolio. Mulai mempersiapkan dana hari tua dengan cara membangun asset. Contoh: membeli waralaba yang sudah jalan (contoh ****mart, ayam goreng ***), membeli properti untuk disewakan (ruko, apartement, rumah kos dan lain sebagainya).

Masih ingat kata Gene Perret, ketika kita pensiun kita keluar dari roda balapan tikus dan kita hanya hidup dari keju yang tersisa. Dengan pemikiran Robert Kiyosaki, coba bayangkan kita memiliki sebuah mesin yang senantiasa dapat memproduksi keju. Nah bagaimana cara menyiapkan mesin tersebut?

 

Sederhana, kita hanya perlu merubah pola pengeluaran. Berikut ini alurnya:

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Pendapatan bulanan kita, dikurangi pajak, potongan kemudian didonasikan. Masih sama seperti roda balapan tikus. Setelah itu kemudian kita berinvestasi atau menabung untuk membeli asset. Ingat sebelum berinvestasi, pastikan Anda sehat secara keuangan. Setelah itu baru gunakan sisa uang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

 

Kesimpulan

Seperti kata Gene Perret, saat kita pensiun kita keluar dari roda balapan tikus dan hidup dari keju yang tersisa. Tetapi sangat menyenangkan jika kita memiliki mesin untuk memproduksi keju. Bagaimana kondisi pensiun Kita nanti, tergantung pada keputusan yang Kita ambil saat ini. Jika kita tidak mempersiapkan dana hari tua sejak usia produktif, jangan menyesal saat pensiun. Jika Anda ingin berdiskusi mengenai cara mempersiapkan dana hari tua dan kebutuhan perencanaan keuangan, silahkan hubungi Finansialku.

 

Jika saat ini Anda belum atau tidak mempersiapkan dana hari tua, apakah Anda sudah siap dengan segala konsekuensinya?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang