Apa saja untung ruginya jika ingin pensiun dini atau pensiun muda? Simak penjelasan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Untung Ruginya Pensiun Dini

Bagi sebagian orang bekerja adalah salah satu cara untuk mendapat pemasukan dan sekaligus pengakuan dari orang lain. Sebaliknya, ada beberapa orang lainnya sudah merasa bosan dengan pekerjaannya sekarang dan ingin pensiun dini. Kira-kria apa saja yang harus diperhatikan, apa saja untung ruginya pensiun dini?

Pensiun Dini  Apakah Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pertimbangan Sebelum Memutuskan Pensiun Dini]

 

5 Keuntungan Pensiun Dini

Berikut ini 5 keuntungan pensiun dini:

 

#1 Anda Tidak Perlu Lagi Menjalani Rutinitas 80% Masyarakat

Salah satu keuntungan pensiun dini adalah Anda tidak perlu bangun pagi, buru-buru ke kantor dan macet-macetan di jalan. Selah satu hal yang menyebabkan orang malas ke kantor karena kemacetan jalan raya pada saat jam berangkat kerja dan pulang kerja. Jika Kita pensiun dini dan dapat bekerja dari rumah, maka kita bisa berangkat beraktivitas pada jam-jam orang sudah masuk kantor.

[Baca Juga: Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di Rumah]

 

Termasuk Anda juga akan keluar dari permasalahan-permasalhan yang sebenarnya penting tidak penting, seperti: peraturan perusahaan yang kurang pas, kebijakan atasan yang aneh, politik dalam perusahaan, ketidak cocokan dengan teman kerja dan lain sebagainya.

 

#2 Punya Lebih Banyak Waktu untuk Bersosialisasi

Ketika Anda tidak terikat pada jam kerja dari 08.000 – 17.00, itu tandanya Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk bersosialisasi. Baik sosialisasi melalui online (social media) ataupun komunikasi langsung. Tentunya Anda harus hati-hati dalam menjaga anggaran bersosialisasi.

Mengatur Keuangan Keluarga ala Miliarder - Infografis 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Tips Keuangan: Berapa Anggaran untuk Bersosialisasi?]

 

#3 Punya Lebih Banyak Waktu untuk Mengembangkan Diri

Salah satu kekurangan orang yang bekerja di kantor, adalah tidak memiliki banyak kebebasan atas waktunya. Orang yang bekerja di kantor atau perusahaan, mau tidak mau harus menukar waktu, tenaga, pikiran dengan penghasilan. Terkadang mereka tidak punya sisa waktu untuk sekedar belajar sesuatu hal yang baru. Ketika Anda pensiun dini, tentu saja Anda memiliki lebih banyak waktu untuk belajar.

 

#4 Punya Lebih Banyak Waktu untuk Keluarga

Waktu yang dimiliki saat seseorang memutuskan pensiun dini juga dapat digunakan untuk memberikan waktu lebih banyak kepada pasangan dan keluarga. Anda dapat melihat dan mengikuti tumbuh kembangnya anak-anak. Bagi banyak orang, keutuhan dan keharmonisan keluarga adalah hal yang berharga.

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Selain itu Anda juga memiliki lebih banyak waktu untuk beraktivitas bersama dengan keluarga. Termasuk di dalamnya liburan bersama, menikmati perjalanan ke luar negeri, momen kebersamaaan dengan seluruh anggota keluarga dan lain sebagainya.

 

#5 Memiliki Kebebasan untuk Berkarya Sesuai dengan Misi

Salah satu keuntungan seseorang yang pensiun dini adalah mereka dapat menjalankan hal-hal yang mereka sukai. Mulai dari berkarya dan membangun bisnis sesuai dengan tujuan hidup (IKIGAI). Misal ada orang-orang yang ingin mencurahkan hidupnya untuk kehidupan sosial.

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jadikan Tujuan Hidup dan IKIGAI Anda Menjadi Sumber Pemasukan]

 

Di salah satu talk show di stasiun televise swasta, pernah mengundang seorang ibu yang memiliki misi sosial membina ibu-ibu penghuni lembaga pemasyarakatan (LP) untuk berkarya membuat boneka. Boneka-boneka tersebut kemudian dijual dan keuntungannya dibagi kepada ibu-ibu penghuni lembaga pemasyarakatan. Hal semacam itu tidak dapat dilakukan oleh banyak orang, hanya orang-orang yang memiliki perhatian dan dorongan besar untuk membantu sesama.

 

5 Kekurangan pensiun Dini

Berikut ini 5 kekurangan pensiun dini:

 

#1 Menjadi Lebih Tidak Sabar terhadap Macet dan Hal-Hal yang Sia-Sia

Jika Anda sudah terbiasa bepergian di luar jam sibuk (jam berangkat kantor dan jam pulang kantor), Anda akan menjadi lebih sensitive dan kurang sabar terhadap kemacetan. Tingkat toleransi Anda terhadap kemacetan dan kegiatan membuang waktu yang tidak berguna (diam dan menunggu) menjadi sangat kurang.

 

#2 Terkadang Merasa Sepi, Jika …

Jika Anda orang yang tidak pandai bergaul, pensiun dini dan bekerja di rumah bisa membuat Anda bosan. Sebagai makhluk sosial manusia memiliki kebutuhan untuk komunikasi dengan sesama. Anda dapat belajar cara berkawan dan berkomunikasi dengan teman, untuk dapat memperluas pergaulan.

 

#3 Risiko Besar Jika Anda Tidak Tahu Apa yang Akan Dilakukan saat Setelah Pensiun

Jangan sampai Anda memutuskan pensiun tanpa rencana apa yang akan dilakukan setelah pensiun dini. Itu kesalahan yang sangat-sangat konyol dan tidak dapat ditoleransi. Jangan pernah membuat keputusan pensiun dini, karena Anda merasa disakiti oleh teman kerja atau perusahaan.

 

Pensiun dini adalah putusan yang serius & harus diputuskan dengan kepala dingin, bukan… Click to Tweet

 

#4 Permasalahan Keuangan, Jika Tidak ada Rencana Matang

Permaslaahan berikutnya adalah pensiun dini bisa menjadi malapetaka dalam keuangan keluarga Anda, jika Anda tidak merencanakan dan mempersiapkan keuangan Anda. Sebelum Anda memutuskan pensiun dini, sebaiknya Anda cek kondisi kesehatan keuagan Anda (cek di sini), miliki dana darurat sesuai dengan kebutuhan Anda, miliki proteksi jiwa dan kesehatan, miliki penghasilan dari investasi dan penghasilan pasif.

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

#5 Liburan Menjadi Bukan Hal yang Mewah

Orang yang sudah bisa pensiun dini, memiliki lebih banyak waktu. Mereka dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk dapat liburan atau pergi traveling. Biasanya orang-orang yang kerja kantoran sangat sulit untuk mendapatkan waktu berlibur terlebih menyamakan waktu liburan kantor dan waktu liburan anak sekolah. Ketika seseorang sudah memasuki pensiun dini, maka liburan bukan lagi hal yang sulit.

 

Lakukan Pertimbangan dan Persiapan yang Matang, Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

Pensiun dini, boleh dibilang adalah pensiun sebelum waktu atau batas usia pensiun di sebuah perusahaan. Tentu saja setiap keputusan, termasuk keputusan pensiun dini memiliki keuntungan dan kerugiannya. Pastikan Anda sudah melakukan perencanaan yang matang, sebelum memutuskan pensiun dini.

 

Apa yang akan Anda lakukan pada saat pensiun nanti? Sudahkah Anda memiliki rencana untuk dana pensiun Anda?

 

Sumber Gambar:

  • Retirement Young – http://goo.gl/BwbK7S

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang