Bekerja dari rumah, saat ini menjadi sebuah tren di negara-negara maju. Salah satu tantangan dalam bekerja di rumah adalah bagaimana cara meningkatkan produktivitas? Tidak mudah lho, mengatur waktu dan kegiatan, jika kita bekerja dari rumah.

 

Artikel ini kerjasama antara Finansialku dan partner kami DuitPintar.com

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tren Bekerja dari Rumah dan Tantangan Utama

Beberapa tahun yang lalu ada sebuah iklan di televisi yang mengatakan kerja ga harus ngantor. Dan sekarang bekerja dari rumah sudah menjadi tren di negara-negara maju. Banyak perusahaan di Amerika yang memberikan kesempatan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Indonesia sebagai negara berkembang sedikit banyak juga sudah meniru tren memberikan kesempatan karyawan untuk bekerja dari rumah.

10 Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja dari Rumah 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Kebiasaan Miliarder yang Harus Kita Tiru]

 

Nicholas Bloom dalam tulisan ilmiahnya di Harvard Business Review mengatakan tren bekerja dari rumah memiliki banyak keuntungan untuk perusahaan dan karyawan. Salah satu keuntungan yang ditawarkan adalah mengurangi biaya. Perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dan biaya investasi seperti furniture dan lainnya. Disisi lain karyawan juga dapat mengurangi biaya transportasi, biaya keluar makan dan lain sebagainya. Sayangnya tidak semua perusahaan dapat memberikan penawaran bekerja dari rumah, karena beberapa pertimbangan salah satunya adalah produktivitas.

Dilihat dari segi karyawan, coba Anda bayangkan bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja, jika Anda bekerja dari rumah? Bekerja dengan menggunakan baju piyama, seperti dalam film my stupid boss.

10 Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja dari Rumah 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Kepemimpinan dari Bossman yang Patut Ditiru]

 

Tentu saja ada tips dan tricknya sendiri untuk meningkatkan produktivitas, saat kita bekerja dari rumah. Bagaimana ya caranya?

 

10 Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Anda Bekerja dari Rumah

Langsung saja berikut ini 10 trick meningkatkan produktivitas, jika kita bekerja dari rumah:

 

#1 Miliki Komitmen untuk Bekerja Lebih Efektif dan Produktif

Semuanya harus diawali dengan komitmen dan doa dengan niat baik. Buat komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan atau target yang diberikan oleh perusahaan. Bekerja dari rumah artinya bukan berarti untuk bermalas-malasan dan tidak menyelesaikan target pekerjaan. Bekerja dari rumah adalah harusnya disikapi dengan cara yang lebih dewasa, pekerjaan tetap beres sesuai dengan kualitas dan waktu, tanpa harus diawasi.

 

#2 Mulailah Bekerja Lebih Awal

Bangun pagi lebih awal, buat secangkir teh atau kopi dan segera mulai bekerja. Mulai sarapan saat Anda membutuhkan istirahat (break). Jika Anda sedang mengikuti diet OCD, Anda dapat memulai sarapan pada jam 11 pagi. Biasanya pagi hari adalah waktu yang cukup tenang untuk dapat berpikir dan bekerja plus tidak terlalu banyak gangguan dari lingkungan sekitar.

 

#3 Pilih Waktu yang Paling Tepat untuk Bekerja

Apakah Anda setuju, ternyata ada beberapa orang yang mampu bekerja lebih efektif saat malam hari hingga menjelang subuh? Ada yang efektif di pagi menjelang siang? Dan ternyata tidak semua orang bisa kerja efektif di siang hari, entah karena lebih lelah atau banyak gangguan. Salah satu keuntungan jika Anda bekerja dari rumah, adalah Anda dapat mengatur jam kerja yang paling cocok untuk Anda. Tetapi ingat jalankan dengan penuh komitmen.

 

#4 Anggap Seolah-Olah Anda di Kantor

Menganggap Anda bekerja di kantor adalah cara yang baik untuk meningkatkan produktivitas, contoh gunakan baju yang nyaman. Anda tidak harus menggunakan kemeja lengan panjang, dasi atau jas. Namun Anda juga jangan bekerja dengan menggunakan piyama atau baju tidur. Pakaian yang rapi, ternyata juga memberikan semangat untuk bekerja. Atur tempat Anda bekerja dengan cara yang nyaman, seperti menyiapkan meja, lampu, peralatan elektronik, internet dan lain sebagainya.

 

#5 Miliki Tempat Kerja yang Tetap

Milikilah ruang kerja sendiri yang tetap, simpan semua barang-barang yang Anda butuhkan untuk kerja di ruang tersebut. Sebisa mungkin jangan pindah-pindah, karena bisa jadi ada barang-barang yang tercecer atau terselip.

 

#6 Buat Daftar Pekerjaan atau Checklist 

Salah satu cara kerja yang efektif adalah bekerja dengan jadwal dan checklist. Mulai selesaikan satu persatu pekerjaan yang ada di checklist. Prioritaskan pekerjaan yang memang harus diselesaikan sekarang. Manfaatkan waktu dengan cara yang bijak.

 

#7 Atur Semua Sumber – Sumber Gangguan

Buatlah cara untung mengurangi sumber-sumber gangguang, seperti hilangkah social media dari bookmark browser, install aplikasi messanger (Whatsapp, Telegram, Skype) Anda di laptop dan buka email dari browser. Kurangi waktu untuk bolak-balik mengecek handphone. Hindari untuk bekerja dekat dengan televisi, meja makan dan tempat tidur.

 

#8 Pastikan Internet dan Komunikasi Tetap Tersambung

Bekerja dari rumah, bukan berarti Anda memutus komunikasi atau anti sosial. Anda tetap harus tetap berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan Anda, agar proyek atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Kebanyakan pekerjaan di kantor adalah pekerjaan tim atau teamwork, maka dari itu Anda harus tetap menjalin komunikasi yang efektif.

 

#9 Atur Waktu Istirahat Anda

Bekerja di rumah juga memungkinkan Anda mengatur waktu istirahat Anda. Buatlah waktu istirahat yang regular atau terjadwal, untuk memudahkan mengatur jam kerja. Seimbangkan waktu kerja dan kehidupan Anda (work and life balance). Contoh, atur jam untuk break pertama, makan siang dan break saat sore. Manfaatkan waktu istirahat Anda dengan cara yang optimal, misal tidur siang dan lain sebagainya. Fakta membuktikan tidur siang selama 15 – 30 menit akan membuat badan menjadi lebih bugar dan tentu saja kita dapat bekerja lebih efektif.

 

#10 Pilih Musik dan Hiburan yang Mendukung

Apakah Anda tipe orang yang suka bekerja dengan diiringi alunan musik? Jika Anda bekerja di rumah, Anda dapat memilih musik yang sesuai dan dapat bebas mengatur volume. Ada beberapa ahli yang mengatakan alunan music dapat menambah energy dalam melakukan pekerjaan.

 

Bekerja dari Rumah Bisa Lebih Efektif, Jika Dijalankan dengan Benar

Banyak pebisnis yang meragukan bahwa bekerja dari rumah bisa lebih efektif. Kenyataannya jika dikelola dengan baik dan dijalankan dengan komitmen, bekerja dari rumah memberikan banyak manfaat. Setidaknya seseorang bisa bebas menentukan jam kerjanya, asalkan pekerjaan dapat terselesaikan dengan kualitas dan waktu yang ditentukan. Intinya orang bekerja kan bukan keberadaannya di kantor, tetapi hasil pekerjaan yang dilakukannya bukan? Sudah siapkan Anda bekerja dari rumah?

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai bekerja dari rumah? Menurut Anda apakah bekerja dari rumah lebih menguntungkan, baik untuk perusahaan dan karyawan?

 

Sumber Artikel

  1. Erik Devaney. 30 Desember 2015. 20 Working From Home Tips to Boost Your Productivity. HubSpot.com – http://goo.gl/l2eF3o
  2. Fafa Khalifah. 28 Juni 2016. 5 Cara Agar Tetap Produktif Meski Bekerja dari Rumah. Duitpintar.com – http://goo.gl/AAeMqo
  3. Nicholas Bloom. 2014. To Raise Productivity, Let More Employees Work from Home. Harvard Business Review – https://goo.gl/XxyTKF

 

Sumber Gambar:

  • Work from Home – http://goo.gl/knHIXp
  • My stupid boss – https://goo.gl/T7gM2P

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang