Siapa sih yang tidak ingin liburan murah? Apalagi para mahasiswa dengan kocek terbatas, pasti ingin berlibur dengan budget seminim mungkin.

Liburan merupakan salah satu kebutuhan setiap orang termasuk kamu yang masih mahasiswa.

Walaupun dana yang kamu punya tidak besar, kamu masih bisa liburan dengan asyik kok asalkan kamu bisa mengatur keuangannya dengan baik.

Yuk cek 5 tips liburan ala mahasiswa berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan Haruskah Mahal?

Liburan merupakan salah satu cara untuk melepas penat, stres, dan lelah. Dengan liburan kita bisa merilekskan tubuh dan pikiran kita sejenak.

Tapi perlu diingat, liburan bukan berarti kita harus menghabiskan banyak uang lho. Dana untuk liburan perlu dipersiapkan dengan bijak agar tidak menimbulkan utang dan malah memberatkanmu.

5-Tips-Liburan-Murah-Ala-Mahasiswa-Dana-Liburan-2-Finansialku

[Baca juga : 36 Fakta Unik dan Manfaat Travelling! Dijamin Anda Akan Langsung Merencanakan Liburan]

 

Nah, libur semester nanti kalian mau kemana nih guys? Sudahkah kamu menyiapkan rencana liburan? Liburan sebaiknya dipersiapkan lebih dahulu supaya semuanya terencana dengan baik.

Kita juga perlu mempunyai gambaran pengeluaran dan budget yang harus dipersiapkan.

Nah, kamu bisa menggunakan fitur Perencanaan Dana Liburan dari Aplikasi Finansialku yang dapat mempermudahmu mengatur dana liburan! Yuk segera download aplikasinya!

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tips Liburan Murah Ala Mahasiswa

Merencanakan liburan adalah hal penting yang perlu dilakukan sebelum pergi berlibur. Untuk menyusun rencana liburan, tentukan terlebih dulu tujuan berliburmu dan berapa lama waktu yang akan kamu habiskan untuk berlibur.

Setelah tujuan dan waktunya jelas, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan dalam menyiapkan liburan:

 

#1 Cari Tiket Murah

Setelah menentukan tujuan dan durasi berlibur, kamu bisa mencari tiket pesawat lewat berbagai aplikasi booking tiket online yang ada.

Manfaatkan berbagai promo yang menarik yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi online. Pada momen-momen tertentu biasanya akan ada banyak promo yang ditawarkan, misalnya saat 17-an atau saat Lebaran.

Harga tiket juga cenderung lebih murah saat kamu memesan tiket untuk perjalanan yang masih lama. Untuk itu, pesan dari jauh-jauh hari ya!

 

#2 Sesuaikan Budget Penginapan

Penginapan juga merupakan hal penting saat kamu liburan. Istirahat memang diperlukan saat liburan tetapi kamu harus memperhatikan budget dikantongmu juga, jangan sampai kantongmu jebol karena menginap di penginapan yang terlalu mewah.

20-Tips-Hemat-Pengeluaran-saat-Liburan-2-Museum-Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Menyenangkan dan Tidak Khawatir Mengenai Keuangan (Lihat Checklist-nya)]

 

Kamu tidak harus selalu menginap di hotel, kamu bisa menginap di homestay atau wisma yang harganya lebih murah. Yang perlu kamu perhatikan adalah kebersihan dan kenyamanan tempat kamu menginap.

Carilah terlebih dahulu informasi mengenai penginapan yang ada di kota destinasi wisatamu. Hal tersebut dapat membantu kamu memlih dan membandingkan antar penginapan mengenai harga, review pelanggan dan fasilitas yang diberikan.

 

#3 Bawa Mie Instan dan Snack Kering

Liburan memang merupakan waktu yang tepat untuk berwisata kuliner, tapi bukan berarti kamu harus selalu makan di restoran dan café.

Mie instan, snack, kerupuk, dan makanan siap saji lainnya yang dapat diolah dengan cepat bisa menjadi pilihanmu untuk menghemat biaya makan saat berlibur. Jadi, budget-mu tidak membengkak hanya untuk makan di restoran.

 

#4 Beli Apa yang Dibutuhkan

Saat-saat liburan tidak akan afdol jika tidak shopping atau belanja.

Apalagi saat ada barang yang sudah lama kamu idamkan tetapi tidak ada di kotamu, atau barang yang harganya jauh lmemebih murah daripada di kotamu.

Tetapi perlu diingat, belilah apa yang memang kamu butuhkan bukan apa yang sekadar kamu inginkan.

Jangan sampai lapar mata dan membeli semua yang kamu lihat, hal ini akan membahayakan kondisi keuanganmu nantinya!

Lebih baik buat list barang-barang yang nantinya akan kamu beli sesampainya di lokasi wisata.

Paket Liburan Lebaran Saat ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghemat Uang Makan Saat Liburan Dengan Tetap Makan Makanan Enak]

 

#5 Beli Oleh-oleh yang Bermanfaat

Liburan belum terasa lengkap jika kamu tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga dan para sahabat. Tapi, bukan berarti semua barang yang tidak ada di kotamu dapat dijadikan oleh-oleh bukan?

Kamu bisa membawakan makanan atau karya seni khas kota destinasi wisatamu. Pilihlah oleh-oleh yang bermanfaat dan tidak menguras kantongmu.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Destinasi Wisata ini Bisa Jadi Pilihanmu!!

Nah, setelah tahu tips liburan murah ala mahasiswa, apakah kamu masih bingung mau liburan kemana?

Jangan khawatir, Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan suku dan kebudayaannya. Ada banyak tempat mempesona di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Selain pemandangannya yang cantik, destinasi wisata tersebut dapat kamu kunjungi tanpa menguras kantong!

Berikut beberapa destinasi wisata murah di Indonesia yang dapat kamu pertimbangkan sebagai tujuan kamu berlibur:

 

#1 Yogyakarta

198-Wisata-Jogja-56.-Keraton-Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

 

Tentu kamu sudah kenal dengan destinasi wisata yang satu ini, ‘kan?

Ya, Yogyakarta memang sudah terkenal dengan wisata sejarahnya, objek wisata yang murah, serta harga makanan yang cukup bersahabat di kantong.

Untuk berkeliling kota pun, kamu tidak perlu bingung, tersedia bus trans yang sudah terintegrasi dengan bandara dan stasiun. Biaya untuk satu kali perjalanan sangat murah, yakni hanya Rp3.500.

Dengan bus trans, kamu bisa berkunjung ke beberapa objek wisata seperti Malioboro, Candi Prambananan, Museum Biologi, Tugu Yogya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

#2 Kediri

5-Tips-Liburan-Murah-Ala-Mahasiswa-Kediri-Simpang-Lima-Gumul-3-Finansialku

Monumen Simpang Lima Gumul, bangunan yang menjadi ikon Kediri karena bentuknya menyerupai Arc de Triomphe di Paris, Perancis.

 

Kediri juga merupakan salah satu kota untuk liburan murah. Kuliner kota Kediri juga patut di coba.

Kamu yang pernah mengambil kursus di Kampung Inggris, Pare, pasti sudah familiar dengan sajian kuliner murah di wilayah Kediri. Dengan uang Rp5.000 saja sudah dapat membuatmu makan sampai kenyang!

Banyak juga pilihan objek wisata yang dapat kamu kunjungi di Kediri, antara lain Kebun Bunga Matahari, Simpang Lima Gumul, Gunung Klotok, dan masih banyak lagi.

 

#3 Malang

60-Wisata-Malang-03.-Museum-Angkut

Museum Angkut Malang merupakan objek wisata dengan konsep edukasi yang menampilkan ragam angkutan lengkap dari jaman dulu hingga jaman modern.

 

Malang memiliki segudang objek wisata murah seperti kampung warna-warni Jodipan, kampong 3D, pantai, alun-alun, museum dan masih banyak lagi.

Objek wisata lain yang juga tak kalah terkenal adalah Museum Angkut. Di museum ini terdapat berbagai alat transportasi tradisional dari berbagai negara.

Selain itu, terdapat wisata alam yang juga tak boleh dilewatkan saat berlibur di kota Malang, yakni Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dan memiliki panorama alam yang indah.

Setelah asyik menikmati pemandangan, saatnya kamu memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner kota Malang yang beragam. Ada rawon, pecel, bakso Malang, orem-orem, wedang angsle, juga cwie mie Malang.

Kota Wisata Batu juga harus kamu kunjungi saat berlibur ke Malang. Di sana kamu dapat menikmati liburan yang lebih bervariasi, mulai dari beragam tempat liburan yang santai hingga ekstrem.

 

#4 Pulau Tidung

Wisata Jakarta - #4 Pulau Tidung - Finansialku

Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini merupakan salah satu spot yang wajib dikunjungi para wisatawan saat ke Pulau Tidung karena menyimpan daya tarik dari mitos yang melekat soal cinta

 

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau dari Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta.

Dengan nuansa pasir putih dan hamparan laut yang luas, Pulau Tidung juga punya keindahan bawah laut yang wajib untuk dieksplor.

Bagi warga Jakarta yang sedang penat dengan suasana kota Jakarta, Pulau Tidung bisa menjadi pilihan kamu untuk short escape dan refreshing sejenak. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta menjadi keuntungan karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi yang besar.

 

#5 Madura

5-Tips-Liburan-Murah-Ala-Mahasiswa-Jembatan-Suramadu-Surabaya-Madura-4-Finansialku

Jembatan Suramadu dengan panjang 5.438 meter adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura.

 

Pulau yang terletak di sebelah utara kota Surabaya ini sudah mulai dikenal akan keindahan wisata alam dan budayanya, seperti karapan sapi, api abadi, Gili Labak, Air Terjun Toroan dan masih banyak lagi.

Wisata kulinernya pun bersahabat dengan kantong. Ada bebek, rujak dulit, dan kaldu kokot yang sayang untuk kamu lewatkan.

 

#6 Solo

5-Tips-Liburan-Murah-Ala-Mahasiswa-Keraton-Kasunanan-Solo-5-Finansialku

Keraton Kasunan Surakarta terletak di pusat kota Solo, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Istana resmi Kasunanan Surakarta ini dibangun pada 1744.

 

Saat berwisata di Solo kamu tidak perlu mengkhawatirkan transportasi dalam kota, karena terdapat bus trans sama halnya dengan di Yogyakarta.

Solo juga memiliki beragam wisata menarik seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, Kebun Binatang Taru Jurug dan lain-lain.

Nah, untuk yang mempunyai waktu dan budget lebih kamu bisa mengunjungi Solo dan Yogyakarta sekaligus. Jaraknya cukup dekat, kamu bisa menggunakan kereta lokal untuk perjalanan dari Solo ke Yogya atau sebaliknya.

Harga tiket keretanya juga sangat terjangkau yaitu Rp8.000, tiket bisa mulai dipesan H-7 sebelum keberangkatan melalui loket reservasi atau situs Prameks.com.

 

#7 Banyuwangi

5-Tips-Liburan-Murah-Ala-Mahasiswa-Kawah-Ijen-Banyuwangi-6-Finansialku

Kawah Ijen yang terletak di Gunung Ijen, Banyuwangi menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara karena fenomena blue fire atau api biru yang muncul pada malam hari. Fenomena langka ini hanya dapat disaksikan di dua tempat di dunia, yakni Banyuwangi dan Islandia.

 

Bagi kamu yang belum tau, kota Banyuwangi mendapatkan penghargaan United Nation World Tourism Organization (UNWTO) yang diselenggarakan PBB tahun 2017, lho!

Kota ini memiliki segudang objek wisata indah seperti Waduk Bajulmati, Gunung Raung, Gunung Ijen, Pantai Plenkung, dan sebagainya.

Harga tiket masuk wisatanya pun tergolong murah dan aksesnya pun mudah dijangkau.

Kamu juga bisa menikmati wisata kuliner sekaligus menikmati pemandangan, salah satunya adalah di Pondok Indah Banyuwangi yang memiliki pemandangan layaknya di Ubud. Keren banget ya?

 

#8 Padang

5-Tips-Liburan-Murah-Ala-Mahasiswa-Jam-Gadang-Padang-6-Finansialku

Jam Gadang merupakan salah satu ikon khas Kota Padang yang terletak di Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Jam ini digerakkan secara mekanik oleh mesin jam yang hanya ada 2 unit di dunia, yaitu Big Ben di London dan Jam Gadang itu sendiri.

 

Ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu berlibur dengan murah.

Pasalnya saat ini banyak penawaran tiket pesawat murah ke Padang. Biaya penginapan di Padang pun relatif terjangkau.

Beberapa tempat wisata legenda yang bisa kamu kunjungi di Padang antara lain:

 

  • Pantai Air Manis

Di Pantai Air Manis ini terdapat batu yang di percaya sebagai lokasi legenda Malin Kundang. Pantai ini terbuka untuk umum dan gratis.

 

  • Jembatan Siti Nurbaya

Di dekat jembatan ini terdapat sebuah taman yang dinamakan Taman Siti Nurbaya. Kamu data berfoto-foto sambal menikmati suasana alam sekitar yang indah.

 

 

Selain wisata legenda, ada juga wisata alam yang dapat menjadi pilihanmu saat berlibur ke Padang:

 

  • Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau yang cukup terkenal. Danau ini terkenal karena terbentuk dari aktivitas vulkanik ribuan atau bahkan ratusan ribu tahun yang lalu.

 

  • Puncak Lawang

Jika kamu ingin mendapatkan foto dengan pemandangan Danau Maninjau, maka kamu harus pergi ke Puncak Lawang. Dari sini, kemegahan Danau Maninjau terlihat jelas. Tiket masuknya hanya Rp10.000

 

Kota-kota di atas hanya sebagian kecil destinasi wisata di Indonesia. Masih banyak kota lain di Indonesia yang tak kalah mempesona untuk dikunjungi!

 

Rencanakan Liburan Murahmu Sekarang Juga!

Yuk buat kamu mahasiswa segera rencanakan liburanmu dengan 5 tips liburan murah di atas! Jangan lupa rencanakan dan atur dana liburanmu dengan memanfaatkan Aplikasi Finansialku!

Selamat merencanakan liburanmu guys!

 

Apakah tips di atas sudah cukup jelas? Silakan berikan pertanyaan dan komentarmu di kolom bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Hazna Deva. 3 Januari 2018. 5 Tips Hemat Travelling Untuk Kamu Yang Masih Mahasiswa! Idntimes.com – https://goo.gl/ZkGWF4
  • Deni Yudiawan. 29 Agustus 2017. Liburan Murah ke 5 Kota Indonesia Ini dibawah Rp 1 Juta. Pikiran-rakyat.com – https://goo.gl/NEAfLS
  • Reza Iqbal. 2 Desember 2017. 7 Kota Paling Murah sebagai Destinasi Liburan, Cocok untuk Mahasiswa! Idntimes.com – https://goo.gl/K5ZSt1

 

Sumber Gambar:

  • Berlibur – https://goo.gl/pKBNix
  • Dana Liburan – https://goo.gl/JpJx6n
  • Simpang Lima Gumul Kediri – https://goo.gl/kptyYZ
  • Jembatan Suramadu – https://goo.gl/5JGx1P
  • Keraton Kasunanan Surakarta – https://goo.gl/KBQhLU
  • Kawah Ijen Banyuwangi – https://goo.gl/KBQhLU
  • Jam Gadang Padang – https://goo.gl/AFyrEo