Mengelola keuangan pribadi bisa terbilang susah-susah gampang. Berikut ini, beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu lakukan agar makin efektif.

Simak penjelasan selengkapnya di artikel Finansialku!

 

Ditinjau oleh Shierly, S.E., M.B.A.,CFP®

 

Summary:

  • Mengatur keuanga pribadi merupakan skill yang perlu setiap orang miliki, agar penghasilan yang diperoleh bisa teralokasi secara tepat.
  • Terdapat beberapa cara untuk mengatur keuangan pribadi yang perlu seseorang lakukan secara konsisten agar manfaatnya maksimal guna mewujudkan tujuan keuangan.

 

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Pribadi, Terapkan Yuk!

Sobat Finansialku, dari penghasilan yang kamu miliki tentu saja perlu dialokasikan secara tepat untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Namun, jika ada kebutuhan mendadak yang sifatnya insidental, tentu saja kamu harus memutar otak agar semuanya tercukupi.

Karena itulah, penting bagi kita untuk mengatur keuangan pribadi secara tepat. Dengan begitu, pengeluaran kamu akan lebih terarah dan juga efektif. 

Tapi, apakah kamu sudah tahu cara mengatur keuangan pribadi yang ampuh?

Berikut cara mengatur keuangan pribadi yang efektif dan bisa kamu coba terapkan mulai dari sekarang!

 

#1 Bedakan Kebutuhan dan Keinginan 

Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama adalah dengan memilah kembali antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini merupakan fondasi awal jika ingin mengatur keuangan pribadi secara efisien. 

Kamu bisa mulai memikirkan kembali kebutuhan apa saja yang harus terpenuhi untuk sehari-hari. Contohnya membeli makanan pokok, hingga ongkos ojek online ke tempat kerja. 

Tentunya pola pikir tersebut harus kamu imbangi dengan awareness dalam menentukan keinginan. Umumnya, keinginan merujuk pada lifestyle, seperti nongkrong bareng teman sampai belanja self reward. 

Dengan kemampuan membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kamu akan lebih tertata dalam mengelola keuangan.

Selain itu, kamu juga semakin aware dalam membeli sesuatu hal dan tentunya bisa menentukan kebutuhan sebagai top skala prioritas.

 

#2 Membuat Catatan Keuangan Personal

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan membuat catatan keuangan personal. Ini mungkin terlihat sederhana, tapi dampaknya luar biasa! 

Dengan membuat catatan keuangan, kamu bisa lebih mudah melakukan monitoring terhadap uang yang telah kamu habiskan. 

Sehingga dapat membantu kamu dalam menyusun strategi pengeluaran untuk kedepannya. 

Baca juga, Alasan Pentingnya Memiliki Tujuan Perencanaan Keuangan, Wajib Tahu!

 

#3 Terapkan Metode 40 : 10 : 10 : 30 : 10

Jika masih bingung dalam membagi pengeluaran per bulannya, mungkin kamu bisa terapkan metode yang satu ini, yaitu metode 40 : 10 : 10 : 30 : 10

Maksudnya kamu perlu membagi total pendapatan per bulan menjadi beberapa bagian, seperti berikut: 

  1. Mengalokasikan 40% pendapatan untuk kebutuhan harian, termasuk makanan, pemeliharaan rumah, kesehatan, dan perawatan anak.
  1. Mengalokasikan 10% untuk membayar cicilan, utang, pinjaman, dan sejenisnya.
  1. Mengalokasikan 10% pendapatan untuk membayar premi asuransi.
  1. Mengalokasikan 30% untuk menguatkan keuangan, seperti investasi atau menambah jumlah tabungan dana darurat.
  1. Mengalokasikan 10% untuk donasi.

 

Namun perlu kamu ketahui, bahwa teknik ini tidak mutlak dan perlu disesuaikan dari waktu ke waktu dengan kondisi keuangan dan tujuan keuangan setiap orang.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa diskusi bersama Perencana Keuangan Finansialku. Klik banner di bawah ini dan konsultasikan sekarang juga!

Banner Konsul Atur Keuangan

 

#4 Jangan Lupa Sisihkan untuk Dana Darurat

Dana darurat merupakan simpanan yang wajib kamu punya. Sehingga kamu bisa lebih aman ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya jatuh sakit.

Ketika kamu mengalami hal-hal tersebut, setidaknya ada dana darurat yang bisa menutupi kebutuhan tak terduga tanpa harus mengganggu cash flow keuangan.

Untuk besarannya sendiri, bisa kamu sesuaikan dengan tanggungan dan kondisi saat ini. Namun, ada beberapa aturan yang bisa dijadikan acuan, yakni: 

  • Untuk yang masih single atau belum berkeluarga, kamu perlu mengumpulkan sebesar 6 kali total pengeluaran per bulan.
  • Jika sudah berkeluarga namun belum memiliki tanggungan anak. Idealnya, kamu perlu mengumpulkan dana darurat sebesar 9 kali total pengeluaran bulanan.

 

Tentunya kamu bisa mengelola dana darurat ini secara terpisah. Kamu bisa siapkan rekening khusus agar tidak tercampur dengan pengeluaran harian.

 

#5 Hindari Utang 

Utang merupakan salah satu faktor krusial yang bisa menghalangimu mengelola keuangan dengan baik. Maka, usahakan untuk menghindari pinjaman uang kepada pihak lain.

Yuk, pertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk meminjam uang apalagi jika kebutuhannya tidak mendesak.

[Baca Juga: 12 Cara Ahli Mengatur Keuangan Pribadi Mereka, Yuk Kepoin!]

 

#6 Bijak dalam Menggunakan Paylater dan Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit dan paylater memang memberikan kemudahan untuk berbelanja.

Tetapi, jika kurang bijak menggunakannya, kamu bisa terseok-seok di akhir bulan yang nantinya mendatangkan masalah keuangan. 

Maka dari itu, kamu bisa pertimbangkan sebelum menggunakan kartu kredit dan Paylater. Pastikan hal-hal yang kamu beli, itu sifatnya darurat atau termasuk priotitas, ya!

 

#7 Mulai Berinvestasi

Investasi mempunyai manfaat yang begitu besar. Salah satunya sebagai aset jangka panjang di masa depan. 

Jika kamu menyimpan uang di bank, itu tidaklah cukup. Selain bunga cenderung kecil setiap tahunnya, kemungkinan besar juga terdampak inflasi.

Maka dari itu, investasi bisa menjadi alternatif dalam menabung. Kamu bisa mulai menyisihkan beberapa persen penghasilan untuk berinvestasi, seperti di reksa dana yang risikonya tergolong rendah.

Nah, jika kamu tertarik terjun ke dunia investasi, yuk, baca juga artikel berikut sebagai referensi Konsep Investasi: Cara Kerja, Cara Mengoptimalkan, dan Tips untuk Pemula.

 

#8 Miliki Asuransi 

Masih banyak yang beranggapan bahwa asuransi hanya buang-buang uang saja. Padahal asuransi bisa menjadi penolong kamu di masa depan nanti. 

Misalnya ketika kamu sakit dan memerlukan biaya cukup besar, maka asuransi bisa membantu menutupi kebutuhan tersebut.

Sehingga kamu tidak khawatir akan uang tabungan yang terkuras habis untuk menutupi biaya pengobatan.

Berikut ini beberapa manfaat ketika memiliki asuransi, antara lain:

  • Premi asuransi yang kamu bayarkan setiap bulannya dapat membiayai pengobatan atau perawatan.
  • Premi asuransi yang kamu bayarkan bisa melindungi aset dan mencegah kehilangan aset dan utang.
  • Premi asuransi yang kamu bayarkan dapat mengganti pembayaran cicilan dan utang
  • Asuransi bisa menambah dana untuk kebutuhan keluarga.
  • Kamu atau keluarga bisa lebih fokus dengan penyembuhan ketika sakit.

 

#9 Lunasi Cicilan dan Utang

Selanjutnya cara mengatur keuangan pribadi agar lebih efektif yakni dengan menyelesaikan semua cicilan dan utang yang kamu punya.

Dengan begitu kamu nggak akan kewalahan membayar cicilan dan utang yang kian membengkak. 

Daripada kamu menunda membayar cicilan dan utang, lebih baik kamu mulai menambah pemasukan supaya bisa mengatur keuangan pribadi secara lebih leluasa.

 

#10 Evaluasi

Cara mengatur keuangan pribadi yang terakhir adalah lakukan evaluasi keuangan. Kamu bisa melihat catatan keuangan, apakah pengeluaran kamu sudah sesuai atau jauh dari target di awal?

Dengan bagitu, kamu bisa terus melakukan improvement agar pengelolaan jauh lebih baik dan bijak dalam mengambil sikap ke depannya. 

 

 

Siap untuk Mengatur Keuangan Pribadimu? 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan pribadi. Tentunya kamu perlu konsisten dalam melakukannya. 

Nah, buat kamu yang masih bingung untuk mengaplikasikannya, kamu bisa diskusi lebih lanjut bersama Perencana Keuangan Finansialku.

Untuk dapatkan advice dan strategi terbaik dalam mengatur keuangan sesuai kondisimu saat ini. Buat janji dengan menghubungi WhatsApp 0851 5866 2940, yuk, konsultasi sekarang!

 

Sobat Finansialku masih punya pertanyaan seputar cara mengatur keuangan pribadi? Silakan tulis di kolom komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya! Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Surti Risanti. 6 Januari 2023. 6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Efektif. Fortune Indonesia. https://bit.ly/3HGBgsd.
  • Darwin. 17 Oktober 2022. Bebas Finansial dengan 8 Tips Mengatur Keuangan Pribadi yang Efektif. Julo. https://bit.ly/42foqsW. 
  • Siska Dewi Yanti. 6 April 2023. 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas, Simak Yuk!. Kita Lulus. https://bit.ly/3numAFP. 
  • Admin. n.d. Bukan Asal Nabung, Berikut 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Efektif!. Pina. https://bit.ly/44qXVCH. 
  • Syafira Maulida. 31 Maret 2023. 7 Tips Mengelola Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Efektif. Tanam Duit. https://bit.ly/42iVoII.