Bagaimana cara ampuh untuk mengajukan kartu kredit online? Saat ini, ternyata ada beberapa cara praktis anti ribet untuk mengajukan kartu kredit online.

Ingin tahu bagaimana step by step-nya? Yuk simak artikel berikut ini yang bisa jadi referensi bagi Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengajukan dan Membuat Kartu Kredit Online

Memiliki kartu kredit sudah menjadi hal lumrah di zaman sekarang.

Kartu kredit menjadi salah satu pilihan alat transaksi non tunai yang paling disukai karena praktis dan memberikan banyak kemudahan transaksi juga keuntungan berupa rewards points, diskon belanja, voucher, cashback, dan lain sebagainya. 

Namun, karena alat transaksi non tunai ini berbasis uang pinjaman dari bank atau penerbit kartu, maka pemakaian kartu kredit juga memerlukan kehati-hatian yang ekstra karena bunganya mahal.

Apalagi untuk denda keterlambatan pembayaran tagihan, dan biaya-biaya lainnya.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 02 Kartu Kredit 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Jadi, bila Anda berniat untuk memiliki kartu kredit, pastikan Anda sudah memahami cara terbaik memanfaatkan kartu kredit dan jangan sampai malah menjadi sumber bencana finansial.

Banyak orang yang terjerat masalah utang kartu kredit karena menganggap alat transaksi non tunai ini sebagai tambahan penghasilan.

Padahal limit yang disediakan oleh kartu kredit merupakan uang pinjaman dari bank dengan bunga mahal.

Bila Anda telah memahami cara terbaik untuk memanfaatkan kartu kredit, Anda bisa menimbang-nimbang untuk mengajukan kartu kredit. Kini cara buat kartu kredit sudah tidak sulit bahkan Anda dapat membuatnya secara online

 

Cara Ampuh Mengajukan dan Membuat Kartu Kredit Online

Bagi Anda yang shopaholic, kartu kredit merupakan benda yang sangat disarankan untuk Anda miliki.

Bahkan, bagi mereka yang suka bepergian, berlibur, dan berbelanja, memiliki kartu kredit juga akan menjadi keuntungan karena memberikan banyak fitur dan benefit.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengajukan permohonan kartu kredit online untuk pertama kalinya.

 

#1 Kunjungi Official Website

Cari website terlebih dahulu, kemudian search di pojok kanan atas untuk mencari tahu kartu kredit yang Anda cari.

Cari kartu kredit terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda, mulai dari kartu kredit reward, cashback, bisnis, travel, hingga lifestyle. Anda juga dapat menikmati kemudahan untuk menemukan berbagai informasi kartu kredit dari setiap bank penerbit kartu kredit di Indonesia.

Setelah menemukan rekomendasi dari kartu kredit pilihan, bandingkan setiap kartu kredit untuk mendapatkan pilihan yang terbaik bagi Anda. Klik tombol “Ajukan Sekarang” untuk langsung apply kartu kredit secara online.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Manfaatkan Fitur Pembanding

Jika Anda belum tahu kartu mana yang akan anda pilih, anda dapat memanfaatkan fitur perbandingan yang disediakan oleh pilih kartu.

Memilih kartu kredit itu susah-susah mudah. Anda harus teliti untuk memastikan pilihan tersebut jatuh kepada kartu kredit yang tepat.

Carilah kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan dan akses yang luas, begitu juga fitur-fitur yang mungkin anda butuhkan.

Perhatikan hal-hal seperti rewards, gratis iuran tahunan, dan bunga yang dikenakan secara jelas sebelum Anda menentukan pilihan kartu kredit Anda.

Anda juga dapat menghubungi customer service langsung dari bank penerbit kartu kredit yang Anda incar. Dari sana, Anda bisa menanyakan segala hal mengenai penerbitan kartu kredit bank tersebut.

Tanyakan syarat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh dari kartu kredit terbitan pihak itu. Atau Anda juga bisa meminta teman yang sudah punya kartu kredit untuk memberikan referensi pada Anda.

 

#3 Ajukan Kartu Kredit

Jika Anda telah menemukan kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan, maka Anda hanya perlu sekali klik untuk menuju ke halaman detail kartu kredit.

Ini berarti anda telah menyetujui untuk apply kartu kredit tersebut.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 03 Kartu Kredit 3 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini]

 

#4 Registrasi Online dan Siapkan Berkas

Kemudian anda akan diminta untuk melakukan registrasi online serta menyiapkan dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP/Paspor, fotokopi NPWP, slip gaji, mutasi rekening 3 bulan terakhir, dan yang lainnya.

 

#5 Pengiriman Dokumen

Setelah registrasi dan melengkapi dokumen-dokumen terkait, maka Anda bisa mengirimkan dokumen melalui email atau kantor pos, tergantung kebijakan dari Bank tempat Anda apply kartu kredit.

Jadi misalkan anda apply pada Bank BCA, BNI atau Mandiri, maka anda biasanya akan diminta untuk mengirim salinan dokumen tersebut ke alamat bank pusat terdekat sesuai wilayah anda berada.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 04 Kartu Kredit 4 - Finansialku

[Baca Juga: Saya Butuh Dana Pinjaman, Lebih Baik Kartu Kredit atau KTA Ya?]

 

#6 Tunggu Approval Kartu Kredit Anda

Anda akan dihubungi pihak bank terkait untuk proses selanjutnya. Anda hanya tinggal menunggu apakah pengajuan anda diterima atau tidak.

Biasanya bank akan memberikan kabar tersebut (via telepon atau SMS) atau bisa juga dengan email dan wawancara langsung, tergantung kebijakan dari bank tersebut.

Di tahap ini terdapat proses verifikasi bank, dimana hal ini adalah salah satu langkah terpenting yang tidak boleh diremehkan.

Anda harus siap sedia untuk mengangkat telepon agar bank bisa memastikan bahwa nomor tersebut benar-benar nomor telepon Anda.

Kemudian Anda harus bisa jawab pertanyaan dengan benar, seperti dimana alamat rumah atau kantor, dan data-data lainnya.

 

#7 Pengajuan Kartu Kredit Accepted

Setelah semua proses untuk apply kartu kredit telah selesai, anda sekarang cukup menunggu kabar baik dari bank.

Selama Anda sudah memenuhi syarat dan bisa menjawab pertanyaan saat verifikasi, yakin deh pengajuan Anda akan disetujui.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 05 Kartu Kredit 5 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Disepelekan! Banyak Manfaat Dari Asuransi Kartu Kredit]

 

Menghitung Rencana Pelunasan Utang Menggunakan Aplikasi Finansialku

Menghitung rencana pelunasan utang secara manual dengan memperkirakan asumsi memang cukup merepotkan dan Anda perlu melakukan pembukuan tiap periodenya, agar tidak ada data yang hilang.

Apabila Anda merasa bahwa cara manual terlalu rumit, Anda bisa mencoba dengan cara praktis dan otomatis menggunakan Aplikasi Finansialku.

Pertama-tama download terlebih dahulu Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis.

Kemudian bukalah aplikasi tersebut dan pilih fitur “Rencana Keuangan” untuk merencanakan proses pelunasan utang Anda pada beberapa waktu ke depan.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 06 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Kemudian pilihlah fitur “Dana Pelunasan Utang” dan isi data yang dibutuhkan pada setiap kolom. Tentukan jenis bunga pinjaman, pokok pinjaman, besar bunga pinjaman dan jangka waktu pinjaman.

Kemudian Anda bisa menekan tombol “Hitung” dan melihat hasil perhitungan yang menunjukkan berapa besar angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya untuk melunasi utang Anda.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 07 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Nah, itulah cara membuat rencana pelunasan utang menggunakan Aplikasi Finansialku. Sangat mudah dan praktis bukan? Karena itu download aplikasinya sekarang juga secara gratis di Google Play Store!

 

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Desember 2018. Apply Kartu Kredit Online. Pilihkartu.com – https://goo.gl/9zoVjz

 

Sumber Gambar

  • Kartu Kredit 1 – https://goo.gl/RmZQQK
  • Kartu Kredit 2 – https://goo.gl/iQeQxr